Qlue Raih Banyak Penghargaan Internasional, Pertumbuhan Bisnis Naik Pesat dan Punya Tempat Kerja Yang Menyenangkan Lho!

pertumbuhan bisnis qlue selama 2019
Ekspresi bahagia mendengar pertumbuhan bisnis Qlue yang naik pesat di atas 50% selama 2019

Raih banyak penghargaan internasional dan pertumbuhan bisnis yang naik pesat, tidak membuat Qlue puas diri. Mengatasi polusi udara dan kemacetan di kota kota besar menjadi target Qlue ditahun mendatang.



Qlue berharap bisa menjangkau lebih banyak kota di Indonesia, saat ini sudah lebih dari 40 kota. Dan bersinergi lebih banyak dengan pihak swasta maupun pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Smart Nation.


Holla..

Ada yang sudah mengenal Qlue? Qlue merupakan perusahaan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia yang menerapkan berbagai solusi teknologi kota pintar untuk sektor pemerintah dan swasta di Indonesia.

Jadi Qlue ini menawarkan solusi teknologi kota pintar, karena Qlue punya cita cita untuk mewujudkan Indonesia menjadi smart nation. Nah, untuk menuju smart nation, bisa dicapai melalui smart city terlebih dahulu.

Apakah kota kamu sudah menjadi smart city? coba deh cek apakah kota kamu sudah Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, dan Smart Environment.

Qlue Solusi Teknologi Smart City

Untuk menuju smart city tidak mudah, harus kerjasama antara pemerintah juga warganya. InshaAllah smart city bermanfaat untuk seluruh masyarakat sehingga bisa mendapatkan hidup yang lebih baik.. aamiin.

Lalu apa saja sih solusi Qlue untuk mewujudkan smart city? saat ini solusi Qlue terdiri dari :
  • QlueApp (aplikasi pelaporan warga)
  • QlueVision (analisis video CCTV berbasis kecerdasan buatan)
  • QlueWork (aplikasi untuk meningkatkan koordinasi antar instansi yang efektif)
  • QlueDashboard (platform visualisasi data)
  • QlueSense (solusi produk berbasis IoT).

Tuh banyak ya solusi teknologi smart city yang ditawarkan Qlue. Saya sudah sangat familiar dengan QlueApp yaitu aplikasi pelaporan warga. Melalui QlueApp warga dapat menyampaikan keluhan terhadap layanan maupun fasilitas publik lainnya.

Jadi, jangan ragu jika kamu melihat layanan atau fasiitas publik yang kurang baik, kamu bisa melalui melakukan pelaporan melalui QlueApp.

Pertumbuhan Bisnis Qlue Selama 2019

Qlue, menutup tahun 2019 dengan pertumbuhan bisnis di atas 50% dibandingkan tahun 2018. Wow sebuah pencapaian yang sangat luar biasa ya.

Pencapaian positif Qlue tentu dicapai dengan kerja keras. Mas Rama Raditya, Founder & CEO dalam Qlue Open House, Selasa 17 Desember 2019 di Kantor Qlue menjelaskan bahwa ada tiga faktor pendorong petumbuhan bisnis Qlue, yaitu :
  1. Fokus pengembangan produk solusi smart city
  2. Ekspansi bisnis di dalam dan luar negeri
  3. Kolaborasi dengan mitra bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi.
“Qlue mencatat pertumbuhan bisnis yang luar biasa dengan meningkatnya pendapatan perusahaan diatas 50% dengan jumlah klien yang meningkat 89% menjadi 85 klien yang terdiri dari instansi pemerintah dan swasta. Pencapaian ini hasil dari setiap QlueWarga yang telah bekerja dengan sepenuh hati dan terus berinovasi sehingga membawa dampak luar biasa di 2019 ini,” Rama Raditya, Founder & CEO Qlue.
pertumbuhan bisnis qlue selama 2019
Rama Raditya, Founder dan CEO Qlue

Stategi Qlue di Tahun 2019

Mas Rama Raditya berharap bisa Qlue menjadi market leader yang menawarkan solusi komprehensif di industri smart city.

Untuk mewujudkan hal tersebut sudah dilakukan beberapa stategi Qlue di tahun 2019 yaitu mengembangkan solusi smart city berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), Internet of Things (IoT), dan mobile workforce membawa perkembangan positif bagi perusahaan.

Qlue Raih Penghargaan Intenasional

Tahukah kamu bahwa dampak sosial yang diciptakan oleh Qlue sepanjang tahun 2019 membuat Qlue meraih berbagai apresiasi dari berbagai asosiasi atau instansi di dalam dan luar negeri lho.

Ini dia beberapa penghargaan internasional yang telah diraih Qlue sepanjang tahun 2019.
  • Best M-Government Service Awards di The World Government Summit 2019
  • Startup of The Year 2019 dari Jumpstart Magazine Hong Kong
  • Indonesia Best IoT Startup 2019 dari ASEAN Rice Bowl Startup Awards 2019
  • The Innovator Awards 2019 dari Majalah Forbes Indonesia.

pertumbuhan bisnis qlue selama 2019
Rama Raditya (Founder dan CEO Qlue), Maya Irvini (Chief Commercial Officer Qlue) dan Andre Hutagalung (Co-Founder dan Chief Technology Officer Qlue) saat Open House, (17/12/19)

Selain itu Qlue juga mendapatkan dukungan dari berbagai badan dan asosiasi baik dari luar maupun dalam negeri seperti GSMA, Microsoft, NVIDIA, Facebook, hingga Gojek.

Menurut mas Rama, dukungan dari khalayak internasional semakin memantapkan Qlue untuk terus berekspansi di luar negeri.

Berbagai apresiasi tersebut telah menjadi inspirasi dan penyemangat Qlue untuk terus mengembangkan bisnis dan teknologi Qlue di masa mendatang.

Baca juga : Kerjasama Qlue dengan NVIDIA

Pengguna Teknologi Qlue Saat Ini

Co-Founder dan Chief Technology Officer Qlue, Andre Hutagalung, menjelaskan saat ini pengguna aplikasi Qlue telah mencapai lebih dari 750 ribu orang di seluruh Indonesia.

Saat ini Qlue telah melayani di lebih dari 40 provinsi, kota dan kabupaten. Sepanjang 2019 Qlue telah membawa dampak positif dilebih dari 30 kota dan kabupaten baru, antara lain Minahasa, Tarakan, Kupang dan 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Belitung.

Solusi CCTV & Video Analytics QlueVision juga telah digunakan oleh tiga Balai Besar Jalan Nasional untuk mendapatkan analisis mengenai jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan nasional di Banten, Mataram, dan Papua.

pertumbuhan bisnis qlue selama 2019
Andre Hutagalung, Co-Founder and Chief Technology Officer Qlue saat Open House (17/12/19)



Analisis tersebut digunakan oleh Kementerian PUPR untuk menganggarkan perbaikan jalan secara akurat. Selain itu, Qlue juga telah mengembangkan aplikasi Polisiku dan command center yang telah diterapkan di 22 Polda dan 5 Polres di seluruh Indonesia dan digunakan di lebih dari 86 ribu personel polisi.

Implementasi command center dan aplikasi Polisiku di 34 Polda dan seluruh Polres di Indonesia ditargetkan akan selesai pada pertengahan 2020 sehingga seluruh personel polisi dapat melakukan koordinasi dengan baik antara petugas di lapangan dengan command center.

"Qlue mengembangkan solusi smart city yang dapat membantu instansi pemerintah dan swasta untuk semakin cepat dan responsif dalam menerima laporan dan masalah. Dengan memanfaatkan platform berbasis kecerdasan buatan dan IoT, serta integrasi data maka klien dapat meningkatkan produktivitas kerja dan bekerja lebih efisien dalam menangani permasalahan kota,” Andre Hutagalung – Co-Founder and Chief Technology Officer Qlue.

Qlue Terus Kembangkan Kecedasan Buatan AI, IoT dan Machine Learning

Permasalahan dalam setiap kota yang ada di Indonesia tentu berbeda beda, namun masalah seperti kemacetan, keamaan dan lingkungan menjadi masalah yang terjadi di seluruh kota di Indonesia.

Dengan terus mengembangkan berbagai solusi smart city berbasis kecerdasan buatan Artificial Intellgence (AI), Internet of Things (IoT) dan machine learning diharapkan dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan di Indonesia, khususnya masalah kota seperti kemacetan, keamanan, dan lingkungan.

Menurut Mas Andre, pada awal 2020, Qlue berencana untuk menggarap sektor smart environment dengan menciptakan produk yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Wah kira kira apa yang produk barunya Qlue?

Baca juga : Teknologi Qlue di Smart Netizen Day 2019

Ekspansi Bisnis Qlue Dalam dan Luar Negeri

Jika berbicara tentang bisnis Qlue, ada sosok wanita dalam jajaran pimpinan Qlue nih yaitu Mba Maya Arvini, Chief Commercial Officer Qlue.

Mba Maya mengatakan bahwa ekspansi bisnis di dalam dan luar negeri yang dilakukan oleh Qlue didukung oleh performa tim pengembangan bisnis yang melakukan penjualan secara langsung dan dibantu oleh mitra bisnis yang memiliki kesamaan visi dengan Qlue, mulai dari system integrator, penyedia platform dan perangkat keras, hingga firma konsultan.

Dari 85 klien Qlue saat ini, terdiri dari instansi pemerintah sebesar 55% dan swasta sebesar 45%. Tahun 2020, Qlue fokus untuk terus melakukan ekspansi di sektor swasta, dengan meningkatkan target 60% dari sektor swasta dan 40% dari instansi pemerintah.

Qlue menargetkan akan melakukan implementasidi lebih dari 100 kota di Indonesia, dan di lima kota di Asia dan Eropa.

pertumbuhan bisnis qlue selama 2019
Maya Arvini, Chief Commercial Officer Qlue

“Kami merasa bersemangat karena telah berhasil menutup tahun ini dengan berbagai pencapaian luar biasa baik dari segi bisnis maupun pengembangan teknologi. Dengan berbagai inovasi teknologi Qlue yang terus kami kembangkan, kami optimis untuk tetap fokus menargetkan pertumbuhan bisnis lebih dari 50% di 2020. Qlue saat ini telah memiliki kantor perwakilan di Kuala Lumpur, Malaysia. Kami menargetkan Qlue terus melakukan ekspansi di luar negeri, dengan mengincar pasar Asia dan Eropa pada tahun 2020 mendatang,” Maya Arvini - Chief Commercial Officer Qlue.

Qlue Tempat Kerja Menyenangkan Jaman Now

Beruntungnya saya dapat menghadiri Qlue Open House pada Selasa, 17 Desember 2019 di kantor Qlue, Pejaten, Jakarta Selatan.

“Selamat datang Elly” itu kalimat sapaan mesin IT saat saya menuju Qlue Open House. Memang beda ya kantor IT dengan kantor kantor lainya.. baru datang sudah mendapatkan first impression yang sangat luar biasa.

pertumbuhan bisnis qlue selama 2019
Qlue tempat kerja menyenangkan jaman now


Ish kok bisa sih itu mesih mengenali siapa yang datang? Jadi sebelum saya memasuki ruangan Open House, terlebih dahulu saya mengisi data diri berupa nama dan dilakukan foto wajah dari berbagai sisi (depan, samping kanan dan kiri).

pertumbuhan bisnis qlue selama 2019
Qlue tempat kerja menyenangkan jaman now


Nah dari data tersebut, teknologi yang ada di kantor Qlue bisa mendeteksi setiap tahu yang datang ke kantornya. Ngga hanya tamu lho, karyawan juga demikian. Sampai karyawan yang sering datang telat semua data terekam dengan baik lho, cctv ada diberbagai sudut ruangan kantor Qlue.

pertumbuhan bisnis qlue selama 2019
Saat sebelum memasuki kantor Qlue, untuk keperluan face regocnition



--

Kesimpulan

  1. Qlue, startup teknologi yang menghadirkan solusi kota pintar paling komprehensif di Indonesia.
  2. Dengan misi mempercepat perubahan positif di seluruh dunia, Qlue membangun platform solusi smart city berbasiskan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), Internet of Things (IoT) dan Mobile Workforce.
  3. Qlue terus berkomitmen untuk menerapkan berbagai solusi teknologi kota pintar untuk sektor pemerintah dan swasta di Indonesia.
  4. Solusi Qlue saat ini terdiri dari QlueApp (aplikasi pelaporan warga), QlueVision (analisis video CCTV berbasis kecerdasan buatan), QlueWork (mobile workforce management), QlueDashboard (platform visualisasi data), dan QlueSense (solusi produk berbasis IoT).
  5. Solusi teknologi Qlue membantu pemerintah dan swasta dalam pengambilan keputusan berbasis data.
  6. Saat ini, Qlue dipercaya oleh lebih dari 50 klien dari lembaga pemerintah, organisasi bantuan bencana, kota satelit, perusahaan swasta di berbagai industri, dan agen pemerintah di Indonesia.
  7. QlueApp tersedia di dalam App Store dan Google Play secara gratis

Itulah oleh oleh dari Qlue Open House, dengan banyaknya penghargaan internasional yang telah diraih oleh Qlue dan pertumbuhan binisnya yang sangat pesat, yakin kamu ngga mau bergabung dengan Qlue?

Yuk kita aminkan semoga Qlue dapat mewujudkan Indonesia sebagai smart nation.. aamiin

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

20 komentar:

  1. Qlue emang start up keren banget nih yang memahami kebutuhan jaman now ya, layak banget nih dapet penghargaan tuh.
    Sukses buat Qlue.

    BalasHapus
  2. Keren pake banget mah kerja di sini, salut ama inovasi-inovasi zaman now, selalu tahu apa yang dibutuhkan masyarakat, kalau kantornya menyenangkan gini mah, kerja jadi makin semangat.
    Pantas banget dapat banyak penghargaan :)

    BalasHapus
  3. Aplikasi qlue sangat bermanfaat bagi warga. Bangkitnya clue di jakarta pada zaman kepemimpinan gubernur btp. Keren deh aplikasi ini

    BalasHapus
  4. Widiiigh, ini visioner bnget nih yg punya ide sekaligus jadi CEO di Qlue.
    Keren khanmaeeenn.
    Semoga makin banyak smart city d Indonesia yaaaa

    BalasHapus
  5. Qlue ini semacam startup di bidang jasa lembangunan & konstruksi ya Mba? Aku baru denger hehe

    BalasHapus
  6. Banyak yang udah rekomendassin Qlue mb. Aku pun akui kalau Qlue ini aplikasi yang bermnafaat banget

    BalasHapus
  7. Always amazed sm startup keren kaya gini. Dulu awal tahu Qlue pas jamannya Ahok sih pake sistem ini dan guna bgt jd banyak laporan warga yang cepat ditindaklanjuti. Keep up, Qlue. Seru pula kantornya.

    BalasHapus
  8. Teknologi pintar ini. Semoga ke depannya lebih banyak lagi yang menggunakan Qlue, sehingga warga bisa berinteraksi langsung ya.

    Kantornya nyaman dan kekinian banget, mba.

    BalasHapus
  9. Alamak.
    Asli, aku ketinggalan informasi. kebanyakan hibernasi.
    Wah, aplikasi ini bisa jadi referensi, nih

    BalasHapus
  10. Baru denger tentang qlue mbak. Jadi dia jasa pelayanan eh untuk mensupport pembangunan atau kontruksi di ibu kota gtu yaa.

    Keknya belum byk sosialisasi tentang ini. Moga makin tersebar luas ya mbak

    BalasHapus
  11. Kerja di Qlue antara bangga dengan pencapaian selama 2019 dan gak bisa bolos. Sampe Ada face recognition. Kalo tidur pas jam kerja bakal ketahuan :D

    BalasHapus
  12. Wah keren sekli start up Qlue ini, pantas sudah mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak. Ini aplikasi yang mengerti kebutuhan jaman now ya. Sukses terus untuk Qlue.

    BalasHapus
  13. Di daerah aku Medan Qlue sepertinya belum disosialisasikan ya, padahal manfaatnya luar biasa banget ya

    BalasHapus
  14. Baru tahu dengan Qlue ini. Dan wow, prestasinya luar biasa. Semoga semakin banyak yang memanfaatkan teknologi Qlue ini ya. Biar kota dan lingkungan hidup kita semakin nyaman.

    BalasHapus
  15. Keren sekali ya aplikasi Qlue ini. Kita bisa pakai untuk menyampaikan aduan jika ada layanan fasilitas umum yang butuh perbaikan. Memang harus gini ya agar pemerintah tau kondisi sebenarnya di lapangan.

    BalasHapus
  16. Manfaatnya luas banget ya dari tingkat provinsi, kota, sampai kabupaten. Ikut mendoakan semoga Indonesia jadi smart nation! Aamiin

    BalasHapus
  17. Wah beneran belum tau tentang qlue ini, ketertinggalan banget akutu..semoga makin banyak pihak yg memanfaatkannya ya hingga manfaatnya bs menyebar luas.

    BalasHapus
  18. Baru tahu tentang Qlue dan berharap kota tempat saya tinggal sekarang bisa jadi smart city, walaupun kota kecil tapi punya potensi juga

    BalasHapus
  19. Aplikasi yang penuh kejutan.
    Ternyata dengan mempelajari teknologi akan membawa kita ke dunia yang tak terbayangkan sebelumnya.

    Sukses terus Qlue!

    BalasHapus
  20. Wah tempat kerjanya asik gini, inovasinya canggih, sesuai kalo banyak penghargaan. Btw, Surabaya kota yang juga nerapin command center kak :) Semoga Qlue makin tumbuh dan berkembang :)

    BalasHapus

Instagram