Belajar tentang Gotong Royong dalam Teknologi Informasi di Smart Netizen Day 2019

belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019

Smart Citizen Day hadir untuk mendorong gotong royong serta meningkatkan partisipasi publik, pemerintah, dan swasta.

Indonesia membutuhkan kota yang smart, kota yang dapat tumbuh secara positif yang didukung regulasi, teknologi dan infrastruktur, yang dinamakan smart city.


Hollaa..

Berawal dari ajakan teman, berakhir dengan kata “sangat puas” dan bermanfaat, khususnya bagi saya sebagai warna yang tinggal di kota besar atau dengan sebutan masa kininya “Netizen”

Ya, Smart Netizen Day 2019 telah menyadarkan saya tentang sebuah konsep Smart City, yang mana “Smart City” sebelumnya tidak asing ditelinga saya, namun hati ini belum tergerak untuk memahaminya lebih mendalam.

Apa itu smart city? yaitu kota yang tumbuh secara positif yang didukung regulasi, teknologi dan juga infrastruktur.

belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019


Beruntungnya saya dapat menghadiri acara Smart Netizen Day 2019, hari itu berkumpul tokoh-tokoh muda inspiratif dan juga beberapa Menteri. Sebuah rangkaian kegiatan yang sangat padat dan berisi, ingin rasanya saya membelah diri untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dalam Smart Netizen Day 2019.

Sebelum saya berbagi informasi tentang apa saja yang saya temukan dalam Smart Netizen Day 2019, ada baiknya kita mengenal apa itu Smart Netizen Day 2019. Informasi ini saya dapatkan dari smartcitizenday.id official website acara Smart Citizen Day 2019.

Tentang Smart Citizen Day 2019


Smart Citizen 2019 merupakan hasil kolaborasi antara Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) RI. Kegiatan ini merupakan perayaan puncak deklarasi dan selebrasi untuk menciptakan smart city dan mendukung gerakan Smart Citizen di Indonesia.

Smart Citizen Day 2019 mengumpulkan berbagai individu kunci di berbagai industri mulai dari pemerintah, korporasi, KOL/Influencer, akademisi, startup dan unicorn, investor, pengusaha sosial, dan media untuk memberikan berbagai ide secara gotong royong untuk mewujudkan Indonesia Smart Citizen dan mendorong perubahan pelayanan publik agar lebih transparan dan akuntabel.


belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019
 E-Poster Smart Citizen Day 2019


Qlue sebagai perusahaan terdepan dalam ekosistem smart city, bersinergi dengan Kominfo melalui inovasi teknologi mendorong gerakan yang berfokus memberikan dampak sosial terhadap masyarakat.

Saat ini solusi teknologi Qlue siap mendukung program 100 smart city Indonesia. Qlue telah diaplikasikan di berbagai kota, institusi, dan perusahaan untuk penerapan konsep smart city.

Smart Citizen Day merupakan gerakan smart citizen pertama di Indonesia dan dunia. Diawali deklarasi menjadi smart citizen oleh 34 pemuda terpilih yang telah menciptakan dampak sosial positif secara gotong royong di daerahnya.


belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019


Pembacaan Naskah Deklarasi menjadi smart citizen oleh 34 pemuda terpilih perwakilah provinsi yang ada di Indonesia


Setelah pembacaan deklarasi, maka naskah diberikan kepada Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informasi RI dan juga Rama Raditya, Founder & CEO Qlue.

belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019
 Naskah deklarasi diberikan kepada Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informasi RI dan juga Rama Raditya, Founder & CEO Qlue

 
Penyelenggaraan Smart Citizen Day (SCD) 2019:
Tanggal  : 28 Maret 2019
Tempat  : The Tribata, Jakarta
Waktu  : 09.00 - 17.00 WIB

Peresmian Pembukaan Smart Citizen Day 2019


Kegiatan ini rencananya akan dibuka sekaligus diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, namun karena ada tugas negara yang tidak bisa ditinggalkan maka Smart Netizen Day 2019 resmi dibuka oleh Bapak Darmin Nasution, Menteri Koordinator Perekonomian RI sekaligus sebagai Keynote Speaker Smart Citizen Day 2019.

belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019
Smart Netizen Day 2019 resmi dibuka oleh Bapak Darmin Nasution, Menko Perekonomian RI 
 

Awalnya saya kecewa karena Presiden RI berhalangan hadir, namun karena kemajuan teknologi, Presiden RI hadir menyapa peserta Smart Netizen Day 2019 melalui  teknologi “hologram”.

Wow sebuah teknologi yang baru pertama aku rasakan, selama ini hanya melihat melalui sebuah film, namun teknologi hologram ini nyata saya lihat dan rasakan. Sebagai netizen, saya bangga atas kemajuan teknologi hologram ini.

belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019
 Sambutan Presiden RI, Bapak Joko Widodo melalui teknologi “hologram" dalam Smart Netizen Day 2019


Bapak Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informasi RI juga turut hadir, beliau menerima naskah deklarasi sekaligus menjadi narasumber dalam diskusi panel dengan tema Leader’s Talk: Budaya Gotong Royong Dalam Mendorong Pembangunan di Era Digital.

Diskusi Panel

Setelah Smart Netizen 2019 resmi di buka, acara selanjutnya adalah diskusi panel yang menghadirkan beberapa narasumber yaitu
  1. Leader’s Talk: Budaya Gotong Royong Dalam Mendorong Pembangunan di Era Digitaloleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI
  2. Innovator Talk: “Akselerasi Perubahan Positif Melalui Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat” oleh Rama Raditya, Founder & CEO Qlue
  3. Inspirational Talk: “Peran Mindset Inovatif Dalam Berpartisipasi Membangun Ekonomi” oleh Leontinus Alpha Edison, Co-founder Tokopedia
  4. Entrepreneur Talk: “High-Impact Entrepreneurship Untuk Dampak Sosial dan Ekonomi Indonesia” oleh Harun Hajadi, Board of Director Endeavor Indonesia, Managing Director of Ciputra Group
  5. Motivational Talk: “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Mewujudkan Smart Disaster Management” oleh Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data & Informasi Bencana, BNPB

belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019
Diskusi Panel dalam Smart Netizen Day 2019
 

Kegiatan ini juga menghadirkan kisah inspiratif lebih dari 20 pembicara kunci lintas sektor yang akan memberikan inspirasi bagaimana membuat akselerasi perubahan positif, inovasi dan kreasi bisnis di era digital, hingga mewujudkan smart business di Indonesia.

Dalam diskusi panel ini, dapat disimpulkan bahwa secanggih apapun kemajuan teknologi, jika tidak didukung oleh masyarakat, maka tidak dapat terwujud. Contohnya aplikasi ojek online atau aplikasi belanja online lainnya, jika tidak ada masyarakat yang mau menggunakan jasa ojek online atau tidak belanja di toko-toko online maka perekonomian tidak bisa berjalan.
 

Bermedia di Era Digital: antara Tantangan dan Peluang

Dalam Smart Netizen Day 2019 juga mempersembahkan berbagai kisah inspiratif dari berbagai narasumber sukses. Saya berkesempatan untuk mendengarkan kisah inspiratif tentang "Bermedia di Era Digital: antara Tantangan dan Peluang" bersama beberapa narasumber seperti:
  1. Hugo Diba, CEO Kumparan.com
  2. Edi Taslim, CEO Kaskus
  3. Karaniya Dharmasaputra, Founder & Chairman, Bareksa
  4. Rama Mamuaya, CEO DailySocial.id
  5. Moderator: Jerry Arvino
belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019
Bermedia di Era Digital: antara Tantangan dan Peluang


Dalam era digital media saat ini menawarkan banyak peluang-peluang yang justru tidak bisa ditawarkan oleh konvensional media. Dibutuhkan komitmen dalam pengelolaan di era digital media teknologi.

Tantangan adalah betapa besar peran media di era pilkada, pileg dan pilpres dan juga tentang hoax dan isu sara lainnya. Jangan sampai media digital digunakan untuk hal-hal yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa

RembuQ CEO – Mewujudkan Smart Business di Indonesia

Tak puas dalam satu sessie kisah inspiratif, dalam Smart Netizen Day 2019, saya berkesempatan untuk mendengarkan kisah inspiratif tentang "RembuQ CEO - Mewujudkan Smart Business di Indonesia" bersama beberapa narasumber seperti:
  • Anton Wirjono, CEO The Goods Dept
  • Angkie Yudistia, Founder & CEO Thisable Enterprise
  • Gerry Mangentang, Co-Founder & CEO IZY
  • Tyo Guritno, Co-founder & CEO Inspigo
  • Moderator: Jonathan Davy, Corporate Strategy, Qlue
belajar tentang gotong royong dalam teknologi informasi di smart netizen day 2019
RembuQ CEO - Mewujudkan Smart Business di Indonesia

Kisah-kisah dari ke-empat CEO diatas sangat inspiratif, semuanya setuju bahwa teknologi telah membawa perubahan positif, khususnya yang berdampak membantu dan mewujudkan smart business di Indonesia. 

Hal ini diamini juga oleh Mba Angkie Yudistia, Founder & CEO Thisable Enterprise, sejak awal beliau merintis bisnis, sudah meyakini bahwa kemajuan teknologi khususnya internet akan memberikan dampak yang sangat positif bagi bisnis di Indonesia.

--

Semoga tujuan dari Smart Netizen Day ini dapat terwujud, yaitu meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia. Arus informasi di era digital sangat besar, hal ini membuat masyarakat harus smart untuk menyaring informasi.

Melalui Smart Citizen 2019 ini diharapkan literasi digital di Indonesia semakin meningkat. Dengan gotong royong dalam teknologi informasi dapat mewujudkan Indonesia menjadi smart nation.

Salam hangat,
Elly Nurul


Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

19 komentar:

  1. Senangnya kalau Indoensia sudah sepenuhnya menjadi smart city di berbagai kota. Wah yang hadir di smart netizen day keren-keren ya mereka berhasil di bidangnya masing-masing.
    Semoga masyarakat bisa mengikuti perkembangan dunia digital ke depannya

    BalasHapus
  2. Acara smart netizen masuk acara berdaging nih. Semoga dengan era digital ini Indonesia semakin maju ya

    BalasHapus
  3. Acaranya sangat menarik ya. Beruntung sekali bisa hadir di acara seperti ini.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah kita hidup dalam era yang semakin lebih baik dalam hal teknologi ya. Bayangkan, jaman dulu, mau telepons aja susahnya minta ampun. Mulai dari berikirim surat , email sampai dengan teknologi hologram yang dilakukan di smart nitizen day, luar biasa keren. Jadi penasaran bagaimana prosennya tuh teknologi hologram. Mungkin suatu saat nanti, setiap orang juga bisa ya berhologram gitu.

    BalasHapus
  5. Wow...
    Aku perhatikan satu per-satu pembicara dalam diskusi panel ini...rasanya seru sekali yaa...melihat mereka berdiskusi mengenai era saat ini.
    Kebutuhan terkini yang ditangkap baik oleh para pengusaha.

    Keren...
    Andaikan ada hologramnya Lee Min Ho ((looh? apa hubungannyaa?? hahaha~ mulai halu..))

    BalasHapus
  6. Aku tuh suka iri kak sama rang obukota. Eventnya banyak babget uang manfaat kaya gini. Prngen banget bisa okut acara macam ni kak

    BalasHapus
  7. Pembicara di acara ini orang-orang yang mumpuni di bidangnya. Beruntung banget yang bisa hadir, bisa sekalian transfer ilmu tentang teknologi. Terima kasih sudah menuliskannya ya, Mbak Elly, jadi bisa ikutan belajar juga.

    BalasHapus
  8. Penasaran sama yang teknologi hologram. Asyik ya udah ada teknologi sekeren itu. Jujur, saya sampai takjub Mbak pas baca tulisan Mbak tentang gambaran acara ini. Pulang dari sana alamat bisa kenyang lah ya isi kepala.

    BalasHapus
  9. Penasaran sama yang teknologi hologram. Asyik ya udah ada teknologi sekeren itu. Jujur, saya sampai takjub Mbak pas baca tulisan Mbak tentang gambaran acara ini. Pulang dari sana alamat bisa kenyang lah ya isi kepala.

    BalasHapus
  10. Udah lama banget engggak ketemu Pak Darmin, dulu hampir setiap bulan ke kantornya mbak bicara soal keuangan hehe. Bagus banget acaranya, apalagi gotong royong untuk membangkitkan dunia literasi di era digital.

    BalasHapus
  11. Acaranya padat ya. Semoga aja semua kota di Indonesia bisa menjadi Smart City. Sehingga Indonesia bisa menjadi negara maju nih.

    BalasHapus
  12. Keren banget kegiatannya Mbak. Dan lagi meski bapak Presiden berhalangan hadir secara langsungt tapi tetap bisa menyapa peserta yang hadir lewat teknologi hologram. Bener-bener mantap nih. Yah, semoga tujuan dari Smart Netizen Day ini bisa terwujud ya mbak

    BalasHapus
  13. Kece banget mba kegiatannya, senang deh bacanya, bikin melek tentang smart city. Semoga semua kota di Indonesia bisa menjadi smart city ya.

    BalasHapus
  14. Semoga smart citizen juga sering diadakan di berbagai kota lainnya agar masyarakat teredukasi literasi digital.

    BalasHapus
  15. Wow aku takjub Indonesia udah ada teknologi hologram, soalnya aku jg suka liatnya di pilem2 hehe.
    Moga2 makin banyak penemuan teknologi di negeri ini dan paling penting masyarakat bisa menggunakannya ya mbak :D

    BalasHapus
  16. Wah semoga bisa semakin serung diadakan dan menyebar merata sehingga banyak yg bs menikmati edukasi ini..

    BalasHapus
  17. Teknologi science fiction semakin lama bukan akan bukan lagi sebagai fiction belaka, ya. Dan sekarang semua serba smart. Manusianya pun harus semakin smart.

    BalasHapus
  18. Wooww, kereeenn banget ya Mbak, sampai pembukaannya pun langsung oleh Presiden walau dibantu dengan kecanggihan teknologi, mantul banget dah.
    Baru pembukaan aja udah gambarin smart city banget ini mah ya :)

    BalasHapus
  19. Wih, ada pembicara sebanyak itu yg menghadiri acaranya ya. Puyeng pasti klo aku ikut dr awal sampai akhir hihihi... :D

    Btw acaranya Smart Citizen Day waktu itu memang hanya diskusi & sharing, atau ada zona expo-nya juga mbak?

    BalasHapus

Instagram