Agar Anak Tidak Mudah Sakit dan Daya Tahan Tubuh Meningkat

agar anak tidak mudah sakit

Anak-anak sangat rentan tertular penyakit, cuaca, tempat bermain dan lingkungan sekolah adalah faktor yang sering menjadi penyebab anak tertular penyakit.



Penyakit apa saja yang sering terjadi pada anak dan bagaimana agar anak tidak mudah sakit dan agar daya tahan tubuh anak meningkat?


Dear Moms,

Bagaimana kabar anak anak dirumah? adakah anak atau anggota keluarga dirumah yang sedang sakit? semoga moms, anak anak dan anggota keluarga lainnya dirumah senantiasa dalam keadaan sehat ya.

Memang musim pancaroba saat ini kurang baik untuk kesehatan, daya tahan tubuh harus tetap dijaga ya moms agar anak tidak mudah sakit.

Berbicara tentang kesehatan anak-anak, setuju ngga sih mom, kalo anak anak itu sangat rentan tertular penyakit? Apalagi setelah musim liburan berakhir dan waktunya anak-anak kembali ke sekolah.

Sebagai orang tua, tentu perlu waspada terhadap berbagai penyakit yang rentan menular di sekolah maupun tempat bermain. Ditambah dengan faktor cuaca yang sedang kurang baik, orangtua sebaiknya memberikan perlindungan maksimal untuk anak anak.. setuju ya moms!

Anak-anak yang berusia di bawah lima tahun memang lebih rentan untuk terkena penyakit karena daya tahan tubuh yang masih belum sempurna. Tapi, bukan berarti bagi anak anak yang di atas usia lima tahun aman dari penularan penyakit ya moms.

Orangtua juga perlu mengetahui apa saja penyakit yang sering terjadi pada anak, dengan demikian orangtua menjadi lebih berhati-hati dan senantiasa memberikan perlindungan agar anak tidak mudah sakit dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Penyakit yang sering terjadi pada anak

Moms, beruntungnya saya pada Jum’at, 6 September 2019 di Kembang Goela Resto, Jakarta Selatan, saya menghadiri edukasi kesehatan anak dengan tema “Kenapa Anak Mudah Sakit?” dengan narasumber yaitu Bapak Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K).

agar anak tidak mudah sakit
Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K), Narasumber Edukasi Kesehatan Anak "Kenapa Anak Mudah Sakit?" 6/9/19


Menurut Bapak Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) ada beberapa penyakit yang sering dialami anak-anak seperti:

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

Faktanya 7 dari 10 anak berobat karena ISPA, wow banyak juga ya moms dan data lain yag membuat saya terkejut adalah bahwa ISPA merupakan 40% kematian anak usia 1 bulan sampai dengan 4 tahun.

Jadi moms, jangan anggap sepele ISPA pada anak ya.. jika ada gejala langsung berobat ke dokter ya.. supaya sejak dini anak mendapat penanganan yang tepat.

Tuberkolosis (TB)

4 dari 10 orang di Indonesia pernah menderita Tuberkolosis (TB) dan penyakit TB Indonesia tertinggi ke 3 di Dunia.

Menurut Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) bahwa orang Indonesia masih enggan berobat ke dokter, baru 53% kasus yang diobati, nah jika masyarakatnya enggan berobat, maka akan semakin banyak orang yang menderita TB.

Varicella/Cacar Air

Penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini juga mudah menular lewat udara maupun kontak langsung. Biasanya anak anak yang didiagnosis cacar air disarankan untuk istirahat di rumah 7–10 hari dan tidak bertemu dengan yang lain sampai benar-benar sembuh.


Moms, beberapa penyakit diatas dapat menyebabkan sistem imun anak terganggu.. jika dalam satu lingkungan keluarga saja yang merupakan lingkungan terkecil ada yang sedang sakit, maka anggota keluarga lainnya bisa juga tertular penyakit.

Sering ya moms dirumah mengalami kondisi sang kakak sakit batuk dan pilek eh sang adik tertular juga.. terkadang sang ibu juga bisa tertular jika daya tahan tubuh atau sistem imum sedang terganggu.

Penyebab Sistem Imun Terganggu

Moms, memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan sudah mengikuti imunisasi secara lengkap adalah kunci agar terhindar dari penyakit yang sering dialami anak-anak.

Dari paparan Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K), berikut adalah penyebab sistem imun terganggu, yaitu:
  • Toksin
  • Polusi
  • Jamur
  • Virus
  • Bakteri

Lalu, dimana biasanya penyebab sistem imun anak dapat terganggu? ternyata faktor cuaca, tempat bermain dan lingkungan sekolah yang menjadi penyebab sistem imun anak dapet terganggu lho moms.

Faktor cuaca, tempat bermain dan sekolah menjadi tempat kuman, bakteri, dan virus dapat dengan mudah berpindah antara seorang anak dan anak anak lainnya.

Saat batuk atau pilek biasanya anak tetap bersekolah meskipun tidak dalam keadaan sehat agar tidak ketinggalan pelajaran. Kelihatannya penyakit ringan, namun ada kemungkinan penyakit ini bisa menular ke anak yang lain secara tidak langsung lho moms.

agar anak tidak mudah sakit
Tempat Bermain Anak Merupakan Salah Satu Sumber Penyakit


Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Menurut Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) ada beberapa cara agar anak tidak mudah sakit, yaitu:
  1. Pencegahan infeksi
  2. Hindari obat obatan tertentu kecuali dengan resep atau pengawasan dokter
  3. Gizi yang baik
  4. Hindari kontak langsung dengan terdiagnosis penyakit
  5. Pemberian Stimuno Imunomodulator
Stimuno syrup adalah obat yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh (sistem imun). Obat ini mengandung bahan aktif meniran hijau (Phyllanthus niruri). 

Berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh untuk melindungi badan dari infeksi dan penyakit Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, Stimuno anak dapat mencegah penyakit atau mempercepat penyembuhan penyakit, seperti batuk pilek atau TBC.

agar anak tidak mudah sakit
Agar Anak Tidak Mudah Sakit


Kapan Stimuno Imunomodulator diberikan?

  1. Bila anak sakit berikan 3x sehari
  2. Bila ada gejala sakit, ada anggota keluarga dirumah yang terkena cacar, agar anak tidak tertular, maka berikan stimuno 1x sehari
  3. Jika anak dalam keadaan sehat maka sebaiknya imunomodulator ini tidak diberikan, juga ketika anak sudah sembuh dari sakitnya.

Sudah jelas ya Moms, Stimuno imunomodulator ini obat jadi berikan ketika sakit atau jika ada gejala sakit. Stimuno imunomodulator ini uga bukan vitamin ya moms, penggunaan dalam jangka panjang dan dalam dosis berlebih malah dapat merangsang respon kekebalan pada tubuh yang berlebihan.

Jika sering sering diberikan juga dapat merangsang reaksi aleri dan hipersensitifitas pada penderita alergi menjadi mengingkat. Jadi pemakaian tidak tepat dapat merugikan tubuh dan merangsang timbulnya alergi.

agar anak tidak mudah sakit
Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Cara Kerja dan Kelebihan Stimuno

  1. Mengaktifkan semua lapisan sistem imun. Stimuno bekerja mengaktifkan sistem imun non-spesifik dan sistem imun spesifik
  2. Satu-satunya imunomodulator dengan standar FITOFARMAKA (telah uji klinik)
  3. Meniran (Phylanthus niruri) sebagai bahan dasar Stimuno dibudidayakan dengan teknologi modern mengikuti standar GAP (Good Agriculture Practices) dan diproses mengikuti standar c-GMP (current-Good Manufacturing Practices) dan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) sesuai standar industri farmasi
  4. Stimuno aman digunakan untuk pemakaian jangka panjang dan dapat dikonsumsi bersama dengan obat atau vitamin
  5. Dipercaya oleh para dokter, Stimuno sudah diresepkan dokter dengan baik selama 5 tahun.
  6. Stimuno hadir untuk anak dan orang dewasa, dalam bentuk sirup dan kapsul yang memiliki khasiat yang luar biasa.

 

Varian Stimuno

Stimuno Imunomodulator terbagi menjadi 2, yaitu untuk anak dan dewasa.

Untuk anak anak ada 2 varian yaitu
  • Sirup (rasa original, jeruk beri dan anggur) 
  • Stick Pack 

Stimuno dalam bentuk kapsul (khusus dewasa)

--

Kesimpulan

  1. Stimuno adalah obat yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh (sistem imun)
  2. Bila anak sakit berikan 3x sehari, bila ada gejala sakit, ada anggota keluarga dirumah yang terkena cacar, agar anak tidak tertular, maka berikan stimuno 1x sehari
  3. Stimuno bukan vitamin, Stimuno bekerja langsung memperkuat sistem imun dengan memperbanyak produksi antibodi seperti tentara yang menjaga benteng pertahanan tubuh (imunomodulator).
  4. Sistem imun yang kuat akan mencegah penyakit dan pada orang yang susah terserang penyakit, sistem imun yang diperkuat akan membantu mempercepat penyembuhan
agar anak tidak mudah sakit
Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Moms, sudah semakin tercerahkan ya dengan berbagai jenis penyakit anak yang mudah menular, dan bagaimana cara agar anak tidak mudah sakit.

Orangtua berperan penting untuk tetap menjaga kesehatan anak dengan makanan bergizi dan juga pemberian stimuno imunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Pastikan pula anak beristirahat yang cukup ya moms, sehingga anak tidak mudah sakit dan tetap dapat melakukan aktivitas hariannya dengan baik.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

19 komentar:

  1. Imunomodulator yg paling kredibel ya STIMUNO ini ya Mba
    Aku juga pakai Stimuno buat anakku yg remaja
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Stimuno memang ok ya mba..dan bersyukur sekali sudah ada stimuno anak juga...

    BalasHapus
  3. Aku juga lagi kasih anak2 stimuno nih karena cuaca lagi gak oke sementara ada 1 anak yg sakit.
    Biar gak ketularan :))

    BalasHapus
  4. Stimuno adalah obat, bukan vitamin, harus diingat oleh Mommy ya.
    Minumnya minimal ada gejala paparan penyakit agar daya tahan tubuh anak meningkat. Pemakaian tepat akan mendapatkan manfaat maksimal ya. Siip.

    BalasHapus
  5. Stimuno selalu saya siapkan khususunya kalau mau bawa anak naik gunung. Alhamdulillah meski cuaca ekstrem tapi anak terbantu daya tahan tubuhnya

    BalasHapus
  6. Stimuno emang bagus buat tingkatin daya tahan tubuh anak. Dulu waktu anakku masih kecil juga udah minum Stimuno. Sampai sekarang dia kuliah, masih kadang-kadang minum. Jadi tak mudah sakit kalau daya tahan tubuh terjaga dengan baik ya, Mbak

    BalasHapus
  7. Wah sepertinya ini musim kemarau panjang, blm pncaroba nih...anak2 memang hrs didoping nih daya tahan tubuhnya supaya tdk tpt sakit..

    BalasHapus
  8. Pas banget ini saki lagi sakit batpil, lagi males makan juga, mungkin tenggorokannya bermasalah karena batuk membuat radang tenggorokan juga.

    Jadi kepikiran buat sediakan stimuno untuk saki. Untuk anak usia 2 tahun boleh kan ya mbak Ely? Dosisnya berapa apakah sama dengan yang tertera dipenjelasn di atas?

    BalasHapus
  9. Pentinvg, nih, untuk sedia Stimuno di kota obat rumah agar bisa siaga jika anak alami gejala hendak sakit. Mana kemarau gini udara kering bikin anak bisa kena batuk pilek karena paparan dari luar ditambah kalau jajan sembarangan di sekolahnya.
    Saya suka kotak bentonya, varian isi dibentuk cakep.

    BalasHapus
  10. Heran kenapa sih penyakit maunya deket-deket sama anak-anak terus ya. Untungnya sebagai orangtua punya penolaknya ya supaya daya tahan tubuh mereka lebih kuat, pakai stimuno. Itu kemasan baru ya yang sachet

    BalasHapus
  11. aku pake stimuno juga di rumah sejak anak2 masih pada kecil sampe anak2 dah pada besar sekarang

    BalasHapus
  12. rasanya tuh sampai anak2 mencapai usia 12 tahun kita sebagai orang tua harus terus waspada ya akan kesehatan mereka.

    BalasHapus
  13. Kemana aja aku ya baru tau kalo stimuno ini tuh adalah imunomodulator, hehehe, aku pikir Stimuno itu multivitamin aja tau kak

    BalasHapus
  14. Selain makan sama olahraga perlu multivitamin juga ya kaya Stimuno ini biar anak-anak ga gampang sakit dan sehat selalu.

    BalasHapus
  15. Kalau sistem imunitas kita terganggu biasanya ya udah yaa.. pasti sering banget sakit. Mari kita jaga selalu

    BalasHapus
  16. Oohh.. jd stimuno ini bagus juga untuk pencegahan penularan penyakit klo ada yg cacar ya Mba. Kebetulan kemaren ponakan lg cacar, jd dikasih aja biar gak nular ya. noted Mba

    BalasHapus
  17. Tadinya kirain Stimuno ini vitamin lho mba hehehe... thanks untuk informasinya. Ternyata Stimuno itu masuk kategori obat ya, hanya diberikan ketika kondisi anak sedang drop. Jika sehat enggak boleh diberikan yaaa...

    BalasHapus
  18. Alhamdullilah nih Pijat kena batuk pilek 2 hari minum stimuno sembuh. Sekarang pendar nih ngeluh tenggorokannya sakit dan lagi kukasih stimuno

    BalasHapus
  19. Anak saya akhir2 ini sering sakit. Mungkin karena daya imunnya rendah kali ya so baca ini jadi dapat rekomendasi obat yang tepat. Boleh dicobain nih klu anak sakit lagi. Btw ternyata ada stimuno untuk org dewasa juga ya.

    BalasHapus

Instagram