Agar Anak Tetap Aman dalam Bereksplorasi, Gunakan Mitu Baby Tisu Basah Antiseptik

agar anak tetap aman dalam bereksplorasi gunakan mitu baby tisu basah antiseptik

Pada balita di usia 3-4 tahun, keinginan bermain dan bereksplorasi sangat tinggi. Keinginan untuk mencoba hal baru dalam bermain maupun menjelajah lingkungan disekitarnya.

Namun, apakah yang menjadi tempat bereksplorasi si kecil tersebut aman dari kuman atau bakteri lainnya.

Lalu apakah orangtua harus melarang si Kecil untuk bereksplorasi karena takut terhadap kuman? sedangkan kegiatan eksplorasi bagi si kecil dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan si kecil serta membangun sistem imun yang baik.

Anak-anak tidak memiliki pengetahuan untuk memahami apa itu kebersihan. Oleh karena itu, tugas orang tua untuk mengajarkan pada anak-anak tentang pentingnya kebersihan dan kebiasaan menjaga kebersihan yang baik.

Bermain di Luar Rumah Itu Sumber Kuman Penyakit

pentingnya eksplorasi bagi si kecil

Mungkin Bunda beranggapan bahwa bermain di luar rumah bisa menimbulkan penyakit, karena berbagai alasan seperti benda-benda diluar rumah yang penuh kotoran merupakan tempat berkembang biak kuman, virus, serta bakteri.

Ada banyak kasus anak-anak menderita beragam penyakit karena sering bermain ditempat umum atau bersentuhan dengan benda kotor, seperti diare, flu, demam, dan lain sebagainya.

Hal tersebut yang menjadikan orang tua untuk melarang anak-anaknya menjauhi berbagai macam benda atau tempat kotor. Bahkan cenderung menghalangi mereka melakukan eksplorasi. Akibatnya, Si Kecil menjadi anak yang pasif, kurang kreatif, sulit bergaul, belajar, dan mengekspresikan diri sendiri.

Apakah bermain di dalam rumah lebih aman dari kuman penyakit?

Bunda, ternyata bermain di luar rumah atau didalam rumah, keduanya berpotensi menimbukan penyakit, banyak barang-barang di dalam rumah yang menjadi sumber kuman lho bunda seperti mainan anak, remote tv dan lain sebagainya.

Tentang sumber kuman ada dimana saja, saya dapatkan ketika saya menghadiri edukasi tentang Kebersihan dan Kesehatan anak bersama Mitu Baby pada Selasa, 8 Mei 2018 di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

agar anak tetapaman dalam bereksplorasi gunakan mitu baby tisu basah antiseptik

Dr. Herbowo A. F. Soetomenggolo, Sp.A(K), doker anak dan syarat anak RS Hermina Jatinegara, Jakarta, memberikan informasi kepada para bunda yang hadir dalam edukasi tentang kebersihan dan kesehatan anak diawali dengan Fakta yaitu Angka kematian balita : 26 per 1000 kelahiran hidup yang disebabkan oleh Kuman dapat berupa bakteri, virus, jamur dan parasit.

Duh, ngga mau kan bunda hal tersebut terjadi pada keluarga kecil bunda atau bahkan keluarga besar kita. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah menyerap sebanyak-banyaknya informasi agar terhinar dari hal-hal yang mematikan terhadap balita.

Dr. Bowo juga menjelaskan penyebab kematian terbanyak pada balita :
  • Pneumonia
  • Diare
  • Meningitis
  • Demam berdarah dengue
  • Campak
  • TBC
  • Malaria
Bunda, penyebab kematian diatas dapat dicegah jika kita sebagai orang tua mengetahui dimana saja sumber kuman berada dan dengan memberikan edukasi kesehatan sejak dini kepada si kecil tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Dimanakah Kuman Paling Banyak Berada?

  • Toilet umum
  • Sekolah
  • Tempat penitipan anak
  • Transfortasi umum
  • Rumah sakit
Dari ke 5 tempat diatas, Sekolah dan Toilet umum menjadi tempat yang sering anak-anak saya temui. Anak-anak memang masih belum mengerti tentang konsep kebersihan, tetapi Bunda dapat memberikan edukasi agar anak selalu mencuci tangan ketika selepas melakukan aktifitas dan dengan membekali anak dengan pembersih tangan antiseptik.

Sumber Kuman Disekitar Anak

Sumber kuman itu ada dimana-mana tidak hanya diluar rumah saja, tetapi didalam rumah juga banyak lho bunda :

Didalam rumah:Handuk, lantai, mesin cuci, handphone/gadget lainnya, spons pencuci piring,sikat gigi atau tempat penyimpanan sikat gigi, keran dapur, hewan peliharaan 
Diluar rumah :Carseat, Botol tempat saus/kecap ditempat makan umum

Dr. Bowo juga mempresentasikan hasil riset tentang tempat tempat yang menjadi sarang kuman :
  • 19% stoller
  • 13% pacifier/sippy cup
  • 12% plush toy
  • 11% diaper bag
  • 8% buku anak
  • 8% tempat mainan anak
  • 7% remote tv
  • 7% gagang kunci
  • 4% kunci mobil
tempat sarang kuman maka gunakan mitu baby tisu basah antiseptik

Awalnya saya mengira gadget menjadi tempat sarang kuman yang paling banyak, tetapi ternyata stroller dan mainan anak menjadi tempat bersarang kuman yang paling banyak lho bunda.

Wah harus rajin membersihkan stroller dan mainan anak nih bun.. saya termasuk yang jarang mencuci stroller nih, kalo bunda gimana?

Macam-Macam Bakteri Berbaya Bagi Anak

Bunda, setelah mengetahui tempat-tempat bersarang kuman, sebagai orangtua juga penting mengetahui macam-macam bakteri yang berbahaya bagi anak, agar kita semua dapat mencegahnya. 
Ini ya bunda macam-macam bakteri berbahaya bagi anak.
  • Bakteri pada stoller Streptokokus penyebab infeksi tenggorokan, pneumonia, meningitis, infeksi telinga 
  • Bakteeri pada dot E.Coli penyebab diare
  •  Bakteri pada tas popok Kokus penyebab pertusis atau batuk rejan

Cara Mencegah Kuman

cara mencegah kuman dengan menggunakan mitu baby tisu basah antiseptik
Bunda, ternyata banyak cara agar si kecil terhindar dari kuman, peranan Ayah dan Bunda sangat penting, ngga mau kan si kecil sakit  karena orangtua lalai dalam hal menjaga kebersihan dan kesehatan si kecil, jadi harus bersama-sama mencegahnya.. setuju ya Ayah dan bunda!

Kuman dapat dicegah dengan melakukan hal-hal berikut, yaitu :
  • ASI Ekslusif
  • Imunisasi
  • Makanan Bergizi
  • Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
Dalam menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, Ayah dan Bunda juga dapat memberikan edukasi sejak dini kepada si kecil tentang pentingnya mencegah penyebaran kuman, yaitu dengan selalu :
  • Menutup mulut saat bersin atau batuk
  • Menggunakan produk dengan kandungan ANTISEPTIK
  • Mencuci tangan
  • Tidak menyentuh, mata, hidung, mulut setelah menyentuh barang di area umum
  • Membersihkan benda yang digunakan di area umum

Keinginan si kecil, Pilihan Berat untuk Bunda

gunakan mitu baby tisu basah antiseptik agar anak tetap aman bereksplorasi
Dilema ngga sih bun, di satu sisi membiarkan akan bereksplorasi untuk pertumbuhan dan perkembangannya, namun disisi lain bunda juga ngga mau si kecil terkena kuman.

Untuk menjawab dilema para bunda khususnya saya yang masih bunya balita usia 4 tahun, Mitu Baby Tisu Basah Antiseptik bisa menjadi solusi agar anak dapat bereksplorasi dan bunda tidak perlu khawatir tentang kuman. Karena Mitu Baby Tisu Basah Antiseptik ampuh membasmi kuman penyebab penyakit.
agar anak tetap aman dalam bereksplorasi gunakan mitu baby tisu basah antiseptik

Mitu Baby Antiseptic Wipes, dengan formula antiseptik alami dengan fungsi 3 in 1 yaitu

  • Tea Tree Oil (Antiseptik alami, teruji melindungi kulit bayi dari bakteri)
  • Embossed Wipes (Permukaan bertekstur  yang membersihkan lebih bersih)
  • Moisturizer (Menjaga kulit bayi tetap lembut)
mitu baby tisu basah antiseptik

Gunakan Mitu Baby Tisu Basah Antiseptik untuk Jaga si Kecil dari Kuman

Bermain bagi anak dapat menunjang tumbuh kembangnya, tetapi ada baiknya bunda tetap memperhatikan kebersihan dan kesehatan dimana si kecil bermain.

Dimanapun tempat bermain anak, bunda dapat melakukan beberapa hal agar si kecil terhindar dari kuman penyakit  dan tetap bisa bebas bermain.
  • Mengecek tempat bermain si Kecil apakah berbahaya atau tidak, layak atau tidak layak.
  • Mengenakan pakaian yang nyaman dipakai, seperti kaos santai, celana pendek, sepatu, dan topi kalau perlu.
  • Biasakan Si Kecil membersihkan tangan, kaki dan wajah ketika selesai bermain dengan tisu basah bayi antiseptik
gunakan mitu baby tisu basah antiseptik untuk jaga si kecil dari kuman

Anak bereksplorasi itu baik, peran bunda tetap mengawasi si kecil ketika bermain, perhatikan terlebih dahulu tempat bermainnya, dan pastikan kalau si kecil tidak melakukan hal berbahaya. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan, kaki dan mainan si kecil dengan menggunakan MITU Baby Antiseptic.

Sekarang Ayah dan bunda tidak perlu khawatir dan cemas lagi ketika anak-anak ingin bermain, bereksplorasi baik di dalam rumah maupun di luar rumah, karena sudah mengetahui upaya untuk mencegah si kecil terkena kuman penyakit.

Semoga bermanfaat ya bunda.
Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

34 komentar:

  1. Kuman ada di mana-mana, makanya kalau mau kemanapun mesti bawa Mitu tisu basah antiseptik biar kuman bisa cepat kita usir dan ga bikin masalah untuk kesehatan anak kita ya mba..

    BalasHapus
  2. Dulu sebelum tahu kalau kuman itu ada dimana-mana, biasa saja loh saya eh ternyata pas tahu kuman E-Coli ada dan sangat mengancam ihhh aku jadi takut dan selalu sedia Mitu Baby

    BalasHapus
  3. Aku kalau pergi sama Hill boros tisue basah nih. Dikit-dikit lap, anaknya demen megang yang aneh2. :'(

    BalasHapus
  4. Tulisane apik mbaaa, jadi makin tahu kalau ternyata diumurnya kita harus dukung si kecil agar sesuai tumbuh kembangnya ya mba. Untung aku juga sedia mitu, jadi tenang

    BalasHapus
  5. Suka banget sama harum dan lembutnya mitu. Sedia selalu buat bepergian. Kadang suka rebutan sama Ponakan, hahah

    BalasHapus
  6. Ibu dengan anak kecil mah kemana-mana wajib membawa tisu basah karena yang namanya anak-anak apa saja dipegang sebagai rasa ingin tahu dan saya pun juga mengalaminya

    BalasHapus
  7. karena kuman ada dimana-mana jadi kita wajib selalu sedia mitu baby selalu untuk membersihkan dan menjaga si kecil dari kuman

    BalasHapus
  8. Mitu baby tisu basah memang praktis setiap bepergian saya pasti kalau bisa. Apalagi kalau mendaki gunung, stok tisu basah itu wajib. Kadang tidak ada anduk tak mengapa asal jangan tidak ada tisu basah...

    BalasHapus
  9. Ngeri ya sama kuman, tapi juga ga baguscmembatasi anak bermain. Aku suka mitu, simpel dan bikin nyaman karena kuman pergi denfan mitu hehe. Pokoknya ga lupa klo jalan-jalan pun bawa mitu

    BalasHapus
  10. Jadi inget dulu wkt anak2 kecil kemana-mana selalu bawa Mitu hehe..

    BalasHapus
  11. Betul kebersihan harus salah satu yg dijaga dan diedukask biar terhindar dr bakteri

    BalasHapus
  12. Aku dari anak masih bayi sampe mwreka udah SMA juga selalu sedia mitu. Banyak kepakenya.

    BalasHapus
  13. Duh, berasa diingatkan nih. Aku biasanya cuek banget sama masalah kayak gitu. Asal anak main anteng, dan gak gatal2 misalnya, aku pasti ngebiarin. ternyata ya, di sana itu banyak banget kuman yang mengancam kesehatan anak-anak. Serem. :(

    BalasHapus
  14. Iya ya mba. Ga nyangka kamar yg dikira tempat paling aman justru tempat paling monster karena menyimpan banyak bakteri ya. Ahh suka pake mitu karena lembut dan wanginya pas.

    BalasHapus
  15. Aku selalu sedia mitu tissu basah di tas setiap.kali bepergian. Hati menjadi tenang karena begitu membutuhkan tangan yg bersih, tinggal keluarin tissu dan bersihan tangan dg tissu basah

    BalasHapus
  16. Aku biasa pakai mitu yang pink kak,,jadi pengn coba wanginya mitu hijau ini.

    BalasHapus
  17. Makanya anak kalau nggak penting nggak usah di ajak kerumah sakit ya karena satu dari sekian tempat yang banyak kuman ya. Senang anak anak itu bebas eksplore ya tanpa batasan. Asal kita jaga aja setelahnya buat terhindar dari kuman ya

    BalasHapus
  18. Anak bereksplorasi itu sedang belajar..jangan terlalu melarang mereka kalau cuma mainan kotor..tangan kotor n baju kotor.

    Mereka belajar dari sana.., nah setelah main kan bisa mandi n bersih2 ..jangan lupa mitu basah untuk bersih2..gak cuma wangi tapi usir kuman .

    BalasHapus
  19. Miyu baby penyelamat ibu dikala sempit hihi aku selalu sedia ini kalau lagi bepergian praktis gak perlu repot cari air untuk cuci tangan deh ya

    BalasHapus
  20. Di dalam tas saya selalu sedia Mitu. karena suka sebel kalau ada lengket atau kotoran di tangan. Untuk anak-anak juga aman..

    BalasHapus
  21. waahhh narasumbernya Dr.Herbowo ^__~ itu dokter anak2ku, mba.. nyaman banget deh berobat sama dokter herbowo. menyenangkan, informatif, komunikatif, anak2 suka dikasih stiker. ahhh pokonya the best. cuma harus rela antri ajaaa. hihi. btw aku sampe skrg masih selalu bawa tisu basah mitu loh ke kantor jg, bukan cuma pas bawa anak2 doang.

    BalasHapus
  22. Dulu pakai mitu yg pink dan niru buat bersih2. Ternyata skrg ada yg lebih bagus lagi yaa komposisinya utk membasmi kuman. Mengandung tree tea oil buat antiseptiknya.

    So ga ragu lagi deh membiarkan anak bereksplorasi dimana pun. ^_^

    BalasHapus
  23. Mitu pas bgt ya buat dibawa jalan sama anak2.

    BalasHapus
  24. Aku aja kemana-mana bawa tisu basah Mitu, manfaat banget. Aromanya juga wangi dan sehat pastinya

    BalasHapus
  25. Mba, apa tisu warna lain gak sebagus yang ini kah? saya make tisu basah mitu juga, tapi yang pink. milihnya karena suka pink aja sih. haha. jadi kepikiran sama detail manfaatnya.

    BalasHapus
  26. Membebaskan anak berEKsplorasi juga memang penting ya mba. Tapi ya itu tidak mengabaikan kebersihan anak

    BalasHapus
  27. Mbak Elly perasaan aku dah komen di semua postingan mitu kok yg ini ketinggalan ya hehe. Gak nyangka ya sumber kuman tu banyak banget di sekeliling anak, trus dampaknya jg gk baik buat anak kalau terkena kuman, ngeri :(
    Makanya penting banget ya sering2 bebersih dan sedia mitu antiseptic di rumah TFS

    BalasHapus
  28. Bener ya, orangtua sering rewel kalo anaknya main di luar banyak kotorannya, padahal di dalam rumah siapa yg jamin bebas kuman. Untung sekarang ada Mitu Baby Antiseptik

    BalasHapus
  29. Apalagi kalo main pasir gitu ya.. wajib dielap pake tisu basah.

    BalasHapus
  30. Aku juga nggak takut lagi kalau anak bereksplorasi di luar atau di dalam rumah. Sedia tisu basah kayak Mitu gini sudah cukup menjaga kebersihannya.

    BalasHapus
  31. Ternyata bakteri pada kereta bayi paling banyak ya..aku baca tulisannya tuh bisa menyebabkan meningitis, infeksi telinga dll. Untung ada Mitu baby. Dulu hingga sekarang aku tiap bulan masih terus beli Mitu. Bermanfaat banget buat aku juga anak2. Praktis...bisa dibawa jalan2 ��

    BalasHapus
  32. Awalnya aku tuh dikit2 parnoan soal kotor, gak mau Alfath kena virus atau bakteri. Tapi kalau apa2 serba dilarang kan Alfath jd gak bisa eksplor ya. Untungnyaaa ada Mitu ini, tisu basah praktis yg aku bisa bawa kemana2. Hush hush virus dan bakteri deh, hihi

    BalasHapus
  33. aku kira sama aja yg ijo cuma beda rasa cuma pori porinya ini lebij besar dan seratnya lebih baik yah. biasa beli yang biru soalnya.

    BalasHapus
  34. aku kalo jalan2 selalu bawa mitu,, untuk pengganti saya mandi hehe

    BalasHapus

Instagram