Jangan Biarin Numpuk, Atasi Susah BAB dengan Dulcolax

jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax

Aneka tajil seperti lontong, gorengan tahu, bakwan, kolak hingga es kelapa muda sudah tersedia diatas meja makan, seakan memanggil manggil untuk segera disantap sesaat setelah kumandang adzan maghrib.



Belum lagi makanan berat lainnya yang sudah siap disantap seperti nasi, rendang, ayam bakar, soto ayam. Rasanya lapar dan haus seharian berpuasa terbalas sudah pada saat berbuka puasa.


Terkadang saat berbuka puasa, dijadikan saat membalas dendam, setelah seharian setelah menaham lapar dan haus. Makanan apa saja yang terhidang diatas meja makan, semua dimakan dan semua terasa nikmat.

Makanan diatas memang terasa nikmat dilidah dan mengeyangkan perut. Tapi bagaimana dengan kesehatan pencernaan? termasuk makanan yang mudah dicerna atau sulit dicerna? makanan jangan biarin numpuk dalam perut, kalo sudah susah BAB bagaimana?

jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Memang lezat sih makan gorengan saat berbuka puasa, tapi sayangnya tidak tepat dikonsumsi saat perut masih kosong (illustrasi foto freepic)


Duh, kalo sulit dicerna ini nih yang paling ngga enak, dalam perut terasa numpuk, susah BAB berhari hari bahkan lebih dari seminggu ngga BAB.

Kebayang ngga sih makanan menumpuk selama satu minggu dalam perut, yang seharusnya sudah keluar tapi belum bisa keluar? pasti ada masalah dalam pencernaan yang meyebabkan makanan menumpuk dalam perut sehingga susah BAB.

Mmmm.. kira-kira apa ya yang menyebabkan seseorang susah BAB, apa yang harus dilakukan saat kita susah BAB dan bagaimana tips mencegah susah BAB pada saat berpuasa?

Kenapa Susah BAB

Keluhan kesehatan yang paling banyak dialami masyarakat Indonesia saat bulan ramadan salah satunya adalah sembelit atau susah BAB. Maka penting bagi masyarakat Indonesia mendapatkan edukasi kesehatan terkait susah BAB saat bulan ramadan tiba.

Dalam rangka menyambut bulan ramadan dan Word Digestive Health Day atau hari kesehatan pencernaan dunia, Dulcolax bersama Fimelahood mengadakan Talkshow Edukasi Kesehatan Pencernaan dengan tema "Puasa Lancar, Perut Nyaman" di Kedai Kopi 89, Jakarta (3/5/19).

jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Komitmen Dulcolax untuk kesehatan masyarakat serta menyambut bulan ramadan dan Word Digestive Health Day atau hari kesehatan pencernaan dunia


Ada beberapa kondisi yang dapat dikatakan seseorang susah BAB, seperti BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu. Hal ini disampaikan oleh dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Sanofi Medical Expert saat Talk Show Edukasi Kesehatan Pencernaan bersama Dulcolax dan Fimelahood.

Selain BAB kurang dari tiga kali seminggu, juga disertai dengan keluhan medis lain yaitu ketika BAB harus mengejan atau susah mengeluarkan feses, seharusnya tidak terlau mengejan, feses keluar dengan lancar dan rilexs.

Kemudian, seseorang dikatatakan dalam kondisi susah BAB ketika mengeluarkan feses, ada rasa yang mengganjal atau feses ada yang belum keluar tuntas, terkadang kondisi tersebut membuat seseorang harus menggunakan bantuan “jari” untuk membantu pengeluaran BAB.

jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Seseorang dikatakan sembelit atau susah BAB jika kurang dari 3 kali seminggu tidak BAB (Illustrasi foto freepic)


Sudah jelas ya, jika BAB kurang dari tiga kali seminggu, membutuhkan waktu lama dalam mengejen dan feses tidak keluar dengan sempurna, patut diwaspadai dan segera lakukan tindakan, jangan biarin numpuk dalam perut yang dapat menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan lainnya.
Siapa Yang Beresiko Sembelit atau Susah BAB.

Menurut data yang disampaikan oleh dr. Riana, siapa saja yang dapat beresiko sembelit atau susah BAB, yaitu
  • Wanita labih gampang beresiko sembelit atau susah BAB, karena faktor hormonal
  • Wanita hamil
  • Seseorang dengan aktititas yang kurang atau jarang beraktifitas
  • Seseorang yang kurang sayur, serat dan buah
  • Lansia, yang sudah sulit bergerah dan biasanya hanya tidur di ranjang
jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
Ibu Debi Widianti selaku Senior Brand Manager Dulcolax, Nycta Gina selaku selebritis dan mom, dan dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Sanofi Medical Expert, Narasumber edukasi kesehatan dengan tema “puasa lancar, perut nyaman”

Kenapa Puasa Menyebabkan Susah BAB

Ketika puasa Ramadan, bayak orang mengalami sembelit atau Susah BAB, dikarenakan puasa dalam waktu panjang atau sebulan yang menyebabkan metablisme tubuh berubah.

Awalnya makan teratur 3 kali menjadi 2 kali sehari, asupan makanan dan cairan juga kurang, metabolisme tubuh menjadi lambat serta aktifitas fisik berkurang karena sedang berpuasa.

Ditambah lagi dengan kurangnya menjaga asupan makanan saat berbuka puasa, seperti makan makanan gorengan.. ternyata konsumsi makanan berlemak saat berbuka puasa akan meningkatkan risiko gangguan pencernaan berupa sembelit

jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Konsumsi makanan berlemak saat berbuka puasa akan meningkatkan risiko gangguan pencernaan berupa sembelit (Illustrasi foto freepic)
 

Gorengan dapat menyebabkan tubuh berat dalam mencerna makanan berlemak, usahakan menu takjil dengan makanan yang paling mudah dicerna oleh pencernaan.

Memang lezat sih makan gorengan saat berbuka puasa, tapi sayangnya tidak tepat dikonsumsi saat perut masih kosong setelah seharian berpuasa, perut akan sulit beradaptasi dengan makanan berat, apalagi jika gorengan dikonsumsi berlebihan.

Kurangnya asupan makanan dengan serat tinggi, kurang sayur, buah ditambah lagi saat puasa, seseorang cenderung mengurangi aktifitas fisik, kondisi mager alias males gerak ini nih juga menyebabkan seseorang yang berpuasa beresiko sembelit atau susah BAB.

Duh ngga mau deh sembelit atau susah BAB dapat menyebabkan ibadah ramadan terganggu, menjaga asupan makanan saat ramadan memang sudah paling tepat ya.. agar puasa lancar dan perut juga nyaman.

Sembelit Saat  Hamil

dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Sanofi Medical Expert meyebutkan bahwa wanita hamil beresiko sembelit atau susah BAB, dan hal ini di iyakan oleh Nycta Gina, seorang artis, ibu dengan dua anak dan juga seorang dokter yang akrab disapa dengan mama doel.

Saat hamil anak pertama dan kedua, Gina mengalami sembelit atau susah BAB, dikarenakan dirinya tidak suka makan sayur dan buah. Padahal wanita hamil harus cukup asupan nutrisi seperti tinggi serat, sayur dan buah.

jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Nycta Gina sharing pengalamannya ketika masa kehamilan anak pertama maupun kedua mengalami sembelit atau susah BAB


Saat mengalami sembelit atau susah BAB, Gina merasakah begah diperut dan mengalami iritasi diujung anus karena susah BAB.

Gina sadar, karena dirinya tidak suka makan sayur dan buah pada masa kehamilan meyebabkan sembelit atau sudah BAB. Tidak ingin membiarkan sisa makanan menumpuk dalam perut, maka Gina bekonsultasi ke dokter dan mengkonsumsi obat pencahar dilakukan Gina agar pencernaannya kembali lancar. 

Tips Agar tidak sembelit Saat Puasa

dr. Riana kembali mengingatkan bahwa puasa dengan durasi waktu yang panjang, menyebabkan seseorang beresiko mengalami sembelit atau sudah BAB, maka perlu memperhatikan hal-hal berikut agar puasa lancar dan perut nyaman:
  • Minum air putih 2 liter sehari
  • Banyak makan sayur dan buah
  • Olahraga 150 menit seminggu, itu merupakan waktu yang paling ideal
  • Kurangi stress, karena sistem pencernaan sangat terkait dengan otak.
  • Gunakan obat pencahar jika sudah tidak bisa dengan makanan, karena jika dibiarkan atau tidak segera diobati, khawatir bisa menimbulkan gangguan kesehatan lain seperti ambeyen, sumbatan usus dan hinhha pendarahan.
jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Makan sayur dan buah atar tidak sembelit atau susah BAB


Memilih Obat Pencahar

Bijak memilih obat juga sangat penting, karena menyangkut kesehatan. Obat pencahar sebagai opsi terakhir ketika sembelit atau susah BAB tidak bisa diatasi dengan makanan. Maka pilihkan obat pencahar yang:
  • Terdaftar BPOM
  • Sudah teruji efektif bagi anak mapun orang dewasa

Dolcolax Obat Pencahar Atasi BAB

Ibu Debi Widianti selaku Senior Brand Manager Dulcolax menyampaikan bahwa, untuk mengatasi BAB mulailah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan perubahan gaya hidup. Lakukan aktivitas fisik atau olahraga setiap hari, karena aktivitas fisik yang teratur, akan meningkatkan aktivitas otot dalam saluran cerna.

Jangan menyepelekan sembelit atau sudah BAB, jika dalam seminggu tidak BAB maka berkonsultasilah ke dokter dan mengkonsumsi Dulcolax obat pencahar sesuai dengan kebutuhan
Dulcolax global, sudah terpercaya lebih dari 60 tahun, sudah ada ujin klinis, maupun khasiat dan terpercaya.

jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Dulcolax secara global sudah terpercaya lebih dari 60 tahun, sudah ada ujin klinis untuk khasiatnya


Dulcolax adalah obat untuk mengatasi sembelit atau susah BAB, dengan kandungan bahan aktif bisacodyl. Dulcolax memiliki 3 varian produk, yaitu:
  • Dulcolax Bisacodyl 5mg dalam bentuk tablet untuk mengatasi konstipasi dengan cara diminum sesuai aturan. Ada yang kemasan 4 dan 10 juga.
  • Dulcolax Bisacodyl 10mg supositoria untuk mengatasi konstipasi yang berupa kapsul dan dimasukkan melalui dubur.
  • Dulcolactol Lactulosa memabantu melancarkan BAB dalam bentuk sirup yang bisa digunakan semua usia, baik anak-anak, dewasa dan lansia.
Dulcolax sudah teruji klinis untuk khasiat dan keamanannya, cara kerja setiap varian juga berbeda lho, yaitu:
  • Dulcolax tablet bisa ditelan langsung atau dikunyah, waktu kerja 6-12 jam
  • Dulcolax Supositoria bisa gunakan dengan keadaan berbaring menyamping dan masukkan kapsul, diamkan 15 sampai dengan 30 menit.
  • Dulcolactol mengandung lactulosa yang bekerja menaikkan tekanan osmosa dan suasana asam sehingga feses menjadi lunak. Konsumsi Dulcolactol bisa dicampur dengan air, susu atau sari buah.

jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Dengan kandungan bahan aktif bisacodyl, Dulcolax mampu atasi sembelit atau susah BAB. Duclolax memiliki 3 varian produk yang bisa digunakan masyarakat sesuai kebutuhan

Kesimpulan

  1. Sembelit atau susah BAB adalah suatu keadaan dimana BAB dialami kurang dari 3 kali dalam seminggu.
  2. Sembelit atau susah BAB bisa menjadi kronis atau menahun dalam 3 bulan terakhir mengalami BAB kurang dari 3 kali seminggu, BAB keras dan cenderung dipaksakan, merasa seakan-akan ada sesuatu yang menghalangi di daerah ujung dubur sehingga menghalangi atau menyebabkan kesulitan mengeluarkan feses, merasa bab selalu tidak sampai tuntas, seperti masih ada sisa feses di dalam usus besar dan terkadang membutuhkan tekanan pada perut untuk mengeluarkan semua sisa feses saat BAB.
  3. Segera konsultasi ke dokter, jika selama seminggu susah BAB
  4. Perbanyak konsumsi sayur, buah, cukup konsumsi air putih
  5. Jangan stress, karena sistem pencernaan sangat terkait dengan otak.
    karena sistem pencernaan kita sangat terkait dengan otak.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Stres Bisa Memicu Sembelit?", https://lifestyle.kompas.com/read/2015/11/07/100000023/Mengapa.Stres.Bisa.Memicu.Sembelit..
    karena sistem pencernaan kita sangat terkait dengan otak.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Stres Bisa Memicu Sembelit?", https://lifestyle.kompas.com/read/2015/11/07/100000023/Mengapa.Stres.Bisa.Memicu.Sembelit..
jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Saya saat memberikan testimoni acara "Puasa Lancar, Perut Nyaman"

Yuk ah, jangan biarin menumpuk sisa makanan dalam perut, dengan menjaga pola makan seperti tidak makan gorengan secara berlebihan saat buka puasa, perbanyak makan sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih 2 liter sehari dan juga hidup sehat dengan tetap aktif bergerak.

Tidak ada salahnya untuk selalu sedia Dulcolax dirumah yang sudah terpercaya dan terbukti efektif mengatasi sembelit atau susah BAB.

jangan biarin numpuk atasi susah bab dengan dulcolax
 Sedia Dulcolax dirumah yang sudah terpercaya dan terbukti efektif mengatasi sembelit atau susah BAB


Semoga kita semua terhindar dari sembelit atau sudah BAB, sehingga puasa lancar perut nyaman

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

29 komentar:

  1. Dulcolax ini juga menjadi andalan saya sekeluarga mba, mesti ada pas bulan ramadhan kayak sekarang. susah BAB nya suka menyerang sih apalagi kalo makannya sembarangan hahaha

    BalasHapus
  2. Duh, saya nih sering banget makan gorengan pas buka puasa. Dan jujur selama bulan puasa ini BABku jadi gak teratur.
    Hhmm, saatnya beli Dulcolax, berarti!

    BalasHapus
  3. Sementara sampai sekarang saya belum bisa mengurangi makan yang namanya gorengan. Duh PR banget ini.

    Susah BAB rasanya sangat tidak nyaman. Adanya obat pencahar di rumah bisa jadi antisipasi ya. Apalagi bulan puasa seperti sekarang ritme makan drastis berubah

    BalasHapus
  4. Duh ga enak banget ya kaau susah bab saat lagi hamil... Untung ada dulcolax ya mbak:)

    BalasHapus
  5. Aku sering banget susah pup Mbak. Mungkin ya karena suka goreng-grengan.

    BalasHapus
  6. Wah asiknya nih saat puasa tidak kena BAB. Alhamdulillah Mpo sekeluarga suka makan sayur dan buah.

    Karena pengalaman alm mama yang pernah sulit BAB makanya kita rajin makan sayur.

    Dulcolax cara mudah biar BAB lancar

    BalasHapus
  7. Aih betul banget, wanita hamil tu rawan sembelit ya Mbak. Saya yang dulu nggak pernah sembelit pun, saat hamil sempat susah BAB.Tapi saya baru tahu lo, kalau Dulcolax ada varian sirupnya.... Thanks infonya ya Mbaaak....

    BalasHapus
  8. Makasih tips2nya mba Elly.. wah seminggu harus olahraga min.150 menit yaa? *mulai ngitung sehari butuh berapa menit

    BalasHapus
  9. wow, sembelit saat hamil ini pasti menyiksa ya kak, emang benr sih soal saluran cerna itu urusannya sama makanan ya kak.

    BalasHapus
  10. Iya sembelit ini emang nyebelin banget ya.. Apalagi pas hamil aku sering bgt ya allah

    BalasHapus
  11. aku punya temen anaknya suka sembelit kata dokter karna suka minum sufor terlalu kental, trus dikasi dulcolax ni sama emaknya jadi penasaran emang dulcolax bisa buat anak2 ya?

    BalasHapus
  12. Right. Dulcolax ini efektif bangetttt. Tmnku harus minum tiap hari krn masalah susah babnya udh separah itu. Untungnya gada efek samping di dia. Jd nice bgt

    BalasHapus
  13. Sembelit kalau gak diatasi bisa bahaya jugaya, harus minum ducolax & menjaga pola makan dengan memperbanyak serat

    BalasHapus
  14. Pernah sekali sembelit waktu kuliah dulu, dih rasanya nggak karu karuan. Sekarang kl sembelit sudah nggak perlu risau kagi ya, atasi dengan dulcolax aja

    BalasHapus
  15. Mbak sepupuku pernah sembelit abis lahiran, kasihan deh. Jadi harus minum obat pencahar dari dokter waktu itu. Aku terbiasa konsumsi buah tiap pagi, jadi belum pernah mengalami sembelit gini. Sehari aja bisa BAB sampai dua kali, hihiii

    BalasHapus
  16. Whua kemarin waktu hamil sembelit, eh sekarang menyusui pun sembelit. Solusinya memang pakai dulcolax, memang kalau sembelit cuma ingat brand ini mbak karena berkhasiat banget.

    BalasHapus
  17. Kenapa kujadi merasa ini tulisan buat aku banget yaa...
    Iya,
    Aku sesusah itu kalau pup.
    Sampai Ibu menyarankan untuk bikin WC yang jongkok, karena kalau WC duduk, suka agak susah ngedennya.

    Remfong yaa...
    Harusnya tinggal ngemut Dulcolax tablet aja, bereeess..

    BalasHapus
  18. Baca ini aku jadi ingat ibuku selama sakit 4 bulan BAB nya terganggu pernah sampai 10 hari nggak BAB. Biasanya ibuku selalu konsumsi Dulcolax pil dan pernah pakai yang dimasukin dari anus. Senangnya sekarang ada yang sirup ya, ntar aku stok buat ibuku.

    BalasHapus
  19. tahaaan... tahaaannn... ini godaan

    setiap liat gorengan, lontong, bihun sama sambel kacang aku selalu lemah hati el, tapi kalau bayangin udahannya yang bakal susah BAB jadi ngerem2 deh, untung ada dulcolax di rumah buat jaga jaga kalau sembelit hehe

    BalasHapus
  20. Ooh ini yang namanya dulcolax.. pernah denger beberapa kali ada buibu yg nanyain aku via DM. Akunya ga paham wkwk ini tipe yg diminum gitu ya mba? Berarti mengatasinya dari dalamnya. Sip sip

    BalasHapus
  21. Ahbiya aku pernah sembelit akut sembuh langsung dengan dulcolax ini ..

    BalasHapus
  22. Huhu, aku nih, puasa sering sembelit. Padahal udah banyak makan sayur dan buah. Tapi gak khawatir sih, aku juga minum Dulcolax. Bikin sembelit jadi lancar. Dan tanpa perut melilit.

    BalasHapus
  23. bener ya mba, kadang pas buka agak kalap gitu padahal ga semua makanan boleh dimakan serta merta apalagi yang namanya gorengan. Jadi sembelit deh.

    BalasHapus
  24. Nah, buka puasa yang kalap memang potensial bikin sembelit dan susah BAB ya mba. Memang harus dijaga pola makan dengan memperhatikan kandungan gizi yang ada pada makanan plus tinggi serat.

    BalasHapus
  25. Nggak mau lagi deh susah BAB. Nggak enak banget dan kayak nyimpen kotoran. Mending ubah lifestyle dan sedia Dulcolax.

    BalasHapus
  26. Aku pernah ngerasain sembelit yang parah banget. Emang gak enak deh ga bisa BAB. Kalo sekarang aku rutin makan buah dan sayur. Alhamdulillah lancar BAB nya

    BalasHapus
  27. Benar sekali, aku pernah sembelit waktu hamil trimester ketiga. Dan alhandulillah sih minum dulcolax bisa bikin BAB lancar setiap hari.

    BalasHapus
  28. Andalan aku nih mulai anakku usia 7 bulan sampai dia kelas 6 SD. Dua hari sekali mesti pakai Dulcolax karena anakku atresiaani. Dan sampai sekarang produk yang satu ini tetap selalu ada stok di rumah

    BalasHapus
  29. Waahh, jangan kalap ya kalo berbuka. Hehehe tapi kalo udah ada dulcolax mah aman yaaa mau makan apa aja.

    BalasHapus

Instagram