Damnoen Saduak Floating Market, Pasar Apung Eksotis Khas Thailand

Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah pasar apung. Untuk melihat pasar tradisional di atas air ini, beli tiket Garuda Indonesia dengan rute menuju Kalimantan Selatan. Di sana kamu bisa menjelajahi Pasar Muarai Kuin, Pasar Lok Baintan, atau Pasar Siring Piere Tendean untuk menemukan keindahan tradisi Indonesia dalam bentuk floating market.

Tapi ternyata pasar  apung nggak hanya ada di Indonesia. Ada juga floating market di luar negeri, yaitu Damnoen Saduak yang terdapat di Thailand. Pasar ini bisa jadi destinasi alternatif kamu setelah puas bermain di pantai-pantai yang indah dan jalan-jalan di daerah perkotaan Bangkok.

Penasaran ingin ikutan belanja di Damnoen Saduak Floating Market? Ketahui tips dan triknya di bawah ini.

Harus Betah Keramaian

Namanya pasar, pasti bakal ramai dengan aktivitas jual-beli antara pedagang dan penjual. Jadi nggak usah heran kalau kamu datang dan disambut dengan riuh-rendah masyarakat yang berada di sana

Konon, pasar ini sudah ada sejak pemerintahan Raja Rama IV di abad ke-19, lho. Bahkan saat ini Damnoen Saduak juga disebut sebagai pasar apung terbesar dan teramai di Asia Tenggara.

foto: bangkok.com

Aksesnya Mudah

Untuk menemukan Damnoen Saduak Floating Market, kamu tinggal naik bis saja dari terminal Sai Tai Mai, atau Bangkok Southern Terminal. Lama perjalanan kira-kira 60 menit hingga sampai di pasar apung tersebut.

foto: thailandlife.com

Lebih Seru Datang di Pagi Hari

Kapan waktu yang paling asik untuk menikmati keramaian di Damnoen Saduak Floating Market? Sebaiknya setelah mendarat dengan modal tiket Garuda Indonesia, datanglah di pagi hari sekitar jam tujuh sampai sembilan.

Ya, sama seperti Indonesia. Orang Thailand juga senang belanja kebutuhan di pagi hari. Selain itu, bakal lebih seru lagi kalau datang di akhir pekan, saat pasar ini lagi ramai-ramainya dan banyak penjual yang menawarkan dagangannya.

foto: dailymail.co.uk

Sewa Perahu untuk Petualangan Terbaik

Namanya juga pasar apung, berarti bakal lebih sempurna lagi kalau petualanganmu di atas perahu sambil berinteraksi langsung dengan para penjual. Ada jasa sewa perahu motor yang sudah banyak tersedia di sana dengan tarif 1.500-2.000 Baht, atau sekitar Rp. 600-800 ribuan per jam.

Jangan pasrah karena ternyata harga ini bisa ditawar hingga di bawah 1.000 Baht. Bila ingin lebih murah lagi, sewa perahu dayung dengan rate 100-150 Baht. Dengan perahu dayung kamu bisa berkelana lebih bebas, tapi hanya di sekitar area pasar apung saja.

foto: asia-discovery.com

Tempat Kuliner dan Belanja Oleh-Oleh

Di Damnoen Saduak Floating Market kamu bisa berburu kuliner khas Thailand, seperti manisan, sate, seafood, minuman kelapa muda, atau yang populer, mango sticky rice. Selain itu untuk kamu yang ingin mencari oleh-oleh bisa diantar menuju beberapa stand souvenir yang ada di sekitar pasar apung.

Oya, perlu diingat bahwa Damnoen Saduak Floating Market ini agak jauh dari lokasi ATM. Jadi sebaiknya bawa uang tunai sebelum berangkat ke pasar apung ini. Jangan lupa untuk melakukan penawaran di setiap pembelian. Siapa tahu, kamu bisa dapatkan harga terendah.

foto: seriouseats

Yuk, siapkan Damnoen Saduak Floating Market sebagai agenda liburan musim terdekat kamu. Segera pesan tiket Garuda Indonesia dan penginapan yang punya akses mudah menuju pasar apung ini. Biar nggak buang duit terlalu banyak untuk transportasi lainnya.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram