Pasar Terapung Banjarmasin

Ketika mendapatkan kesempatan untuk tugas kantor ke daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan, saya langsung teringat pada salah satu stasiun televisi di Indonesia (yang Oke itu) pernah memvisualisasikan sebuah pasar yang tidak biasa yaitu pasar terapung dan saya sangat tertarik untuk dapat mengunjungi pasar tersebut. Alhamdulillah pada hari Jum'at, 23 November 2012, setelah semua tugas kantor selesai dijalankan, maka saya dan beberapa rekan kerja mengunjungi pasar terapung.

Di beberapa pasar terapung yang ada di Kalimantan Selatan, yang menjadi objek wisata yang terkenal adalah pasar terapung muara kuin di Banjarmasin. Pasar terapung ini adalah pasar tradisional yang berada di atas sungai barito di muara sungai kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tak ingin melawatkan kesempatan ini, kami berangkat dari hotel tempat kami menginap pada jam 3:30 pagi, kenapa pagi hari, karena pasar terapung jam operasionalnya ya pagi hari hehe, sebelum kami mengapung, bertransaksi di atas air dan melihat secara langsung aktifitas dan kesibukan di pasar terapung, kami melaksanakan shalat shubuh di Masjid Sultan Suriansyah, lokasi masjid ini sangat dekat sekali dengan tempat kami menyewa perahu (klotok) yang akan membawa kami menuju lokasi pasar terapung. Range biaya sewa perahu (klotok) adalah Rp.150.000,- hingga Rp. 250.000,- untuk kapasitas maksimal 25 orang.

upss.. silau flash camera.. suasana diluar sana masih gelap gulita.. (:

See.. masih sangat gelap kami menuju lokasi pasar terapung, membutuhkan waktu + 20 menit untuk mencapai lokasi pasar terapung, kuin, banjarmasin.

Mari kita mulai bertransaksi di atas air nya.. pisang berapa harganya ya acil?

Ini dia nih pemandangan yang langka.. ngupi-ngupi diatas perahu.. tsaahh.. mantap cuy ahaha

hey acil.. tetap semangat yah.. kiss :*

Ini adalah centeng Pasar Terapung, Kuin, Banjarmasin.. ahahaha

Di sepanjang pinggiran sungai Barito ini, juga terdapat pemukiman penduduk, saya dapat menyaksikan secara langsung aktifitas mereka, seperti mandi, mencuci pakaian dan bahkan berjualan atau berdagang.

Sekian laporan pandangan mata saya di Pasar Terapung, Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.