Rekomendasi Waktu Lari Saat Puasa

rekomendasi waktu lari saat puasa

Puasa bukan halangan untuk tetap aktif berolahraga, apalagi olahraga lari. Pilihlah waktu yang tepat, agar badan tetap fit selama puasa.

Masing masing pilihan waktu lari saat berpuasa memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, silahkan mencobanya terlebih dahulu, sebelum memutuskan kapan waktu lari saat puasa yang paling pas untuk tubuh kamu.


Holla..

 
Bagi penggemar olahraga lari seperti saya, tentu ingin tetap menjalankan olahraga lari saat berpuasa. Tapi kapan ya waktu yang tepat untuk lari saat puasa?.
 
Setelah membaca dari berbagai sumber tentang kapan waktu lari saat puasa, akhirnya saya menemukan beberapa pilihan waktu lari saat puasa yang bisa dicoba sehingga nantinya bisa diputuskan kapan waktu lari yang tepat untuk masing-masing tubuh.
 
Karena setiap orang memiliki aktifitas yang berbeda-beda, jadi pilihan waktu lari saat puasa bisa disesuaikan kesanggupan serta dengan waktu luang masing-masing pelari.
 
 

Rekomendari Waktu Lari Saat Puasa

Setelah Sahur

Setelah sahur, tubuh memiliki tenaga lebih banyak dari makanan sahur yang kita makan. Pilihan waktu lari saat sahur juga menantang, karena setelah lari setelah sahur kita tidak bisa makan atau minum dan berlari setelah sahur juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi.


Sebelum Berbuka

Lari sebelum berbuka puasa adalah waktu yang baik buat bakar kalori (1 jam sebelum berbuka), saat ini juga kita memiliki kesempatan untuk makan dan minum yang waktunya dekat dengan waktu berbuka puasa.


Saat berlari sebelum berbuka, tubuh hanya memiliki sedikit asupan nutrisi, sehingga tenaga dan kemampuan berlari cenderung menurun.


Setelah Berbuka

Setelah berbuka puasa adalah waktu yang ideal juga buat lari, karena tubuh sudah terhidrasi setelah kita berbuka puasa. Tapi lari setelah berbuka puasa juga memiliki tantangan tersendiri, yaitu berlari saat perut baru terisi makanan.


Saat berlari setelah berbuka puasa harus memperhatikan asupan yang tepat sebelum lari, hindari waktu lari 1-2 jam sebelum tidur, agar adrenalin (hormon stress) turun sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik
 

--

 

Itulah rekomendari waktu lari saat puasa, silahkan memilih waktu yang tepat yang disesuaikan dengan kemampuan tubuh juga ya.. jangan dipaksakan yang justru dapat berakibat kurang baik untuk kesehatan tubuh.

 
Setelah mengetahui waktu lari saat puasa, berikut adalah tips lari saat puasa agar puasa lancar dan olahraga lari tetap lancar dong ya..
 

Baca juga : Manfaat Olahraga Lari Saat Hamil


Tips Lari Saat Puasa

  • Pastikan makan (terutama serat) dan hidrasi yang cukup saat sahur.
  • Tidur cukup dan berkualitas malamnya.
  • Untuk lari pagi, 1-2 jam setelah makan sahur, lakukan dengan intensitas ringan dan durasi tidak lebih dari 60 menit (ini tergantung dengan kemampuan tubuh masing-masing ya).
  • Untuk lari sore, bisa naikan intensitas lari dan selesai lari beberapa menit menjelang waktu berbuka puasa.
  • Jika memilih lari malam setelah berbuka, pastikan berjarak 1-2 jam dari waktu tidur agar tidak mengganggu istirahat malam.
  • Konsultasikan dengan pelatih lari jika sedang dalam training dan target spesifik.
  • Nikmati lari sebagai usaha untuk stay fit and healthy di bulan puasa.

 

Baca juga : Pentingnya Pemanasan Sebelum Lari

 

Itulah rekomendari waktu lari saat puasa dan tips lari saat puasa, jadi, mana waktu favorit kamu buat lari saat puasa?

 
Salam hangat,

Elly Nurul

Tidak ada komentar