Kenali Tanda Kosmetik Bermerkuri

tanda kosmetik bermerkuri

Kulit kering, kasar, kelupas, kemerahan pada kulit, rasa terbakar, gatal, panas, sensitif terhadap sinar matahari, hati-hati itu tanda jika kosemetikmu bermerkuri.

Wanita Seringkali abai, menganggap tanda tanda tersebut sebagai proses wajar dari penggunaan kosmetik, padahal itu adalah tanda bahwa kosmetik tersebut mengandung bahan berbahaya.


Holla..

Dear ladies, siapa yang masih beranggapan bahwa cantik itu harus putih? lalu tergoda untuk memiliki wajah putih dengan cara instan?

Banyak masyarakat yang mengimani bahwa wanita cantik itu punya kulit putih dan itu masih menjadi persepsi khususnya wanita yang terkadang membuat wanita tidak percaya diri.

Rasa tidak percaya diri tersebut yang menyebabkan wanita tergoda untuk menjadikan kulitnya menjadi lebih putih. Padahal menurut dokter kulit bahwa kulit manusia itu tidak bisa berubah menjadi putih, tapi bisa menjadi lebih cerah.

Semoga setelah membaca tulisan ini hingga selesai, anggapan cantik itu harus putih terbantahkan dengan fakta dan pengakuan dari para korban kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya yaitu merkuri.

tanda kosmetik bermerkuri
Cantik itu tidak harus putih

 

Mengenal Merkuri

Tidak rugi jika kita mengenal apa itu merkuri dan apa saja bahayanya jika tubuh kita terpapar merkuri. Informasi ini saya dapatkan saat mengikuti CosmeTalk  Talkshow Webinar bersama Badan POM RI tentang "Stop Kosmetik Bermerkuri" petaka dibalik putih dalam sekejap, pada Rabu, 16 September 2020.

Beruntungnya saya mengikuti talkshow webinar tersebut, yang membuat saya lebih mengenal merkuri dan bahaya bagi kesehatan yang dijelaskan oleh narasumber yaitu :

  1. Dra. Mayagustina Andarini, Apt, M.Sc, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional Suplemen Kesehatan dan Kosmetik
  2. dr. Listya Paramita, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Apa itu merkuri dijelaskan dengan sangat lengkap oleh Ibu Dra. Mayagustina Andarini, Apt, M.Sc, dan yang perlu diketahui bahwa merkuri menjadi salah satu bahan terlarang atau berbahaya jika terpapar dalam tubuh manusia, efeknya tidak hanya jangka pendek tapi juga jangka panjang.

Buat para wanita yang sangat dekat dengan kosmetik, penting banget nih kita mengenal merkuri dan bahayanya bagi kesehatan.

tanda kosmetik bermerkuri
Apa itu merkuri?

Merkuri adalah :

  1. Cairan logam perak/air raksa/hydrargyrum
  2. Satu-satunya logam dalam keadaan alami pada suhu kamar berwujud air
  3. Warna keperakan, tak berbau, mengkilap dan menguap pada suhu 37dc
  4. Tersebar dalam batu-batuan, biji, tambang, tanah, air dan udara
  5. Ditemukan pada produk kosmetik dan perawatan kulit karena mampu memutihkan kulit

Gimana nih setelah mengenal merkuri, apa pendapat kamu tentang merkuri? duh ngga kebanyang sih jika cairan logam tersebut masuk lalu mengendap dalam tumbuh kita.


Fakta Tentang Kosmetik Bermerkuri

Tahukan kamu bahwa selama tahun 2019, Badan POM RI menemukan :

  • 32 miliar rupiah kosmetik ilegal mengandung bahan dilarang atau bahan berbahaya. Temuan didominasi oleh kosmetik yang mengandung Merkuri dan Hidrokinon.
  • Ada 4 jenis kosmetik ternotifikasi mengandung bahan dilarang atau bahan berbahaya yaitu pewarna Merah K3 yang dilarang.

fakta tentang merkuri
Fakta tentang merkuri

 

Faktanya lagi bahwa bahwa merkuri dapat menyebabkan kanker (karsinogenik), kelainan pada janin (teratogenik), dan iritasi kulit.

fakta kosmetik bermerkuri
Bahaya kosmetik bermerkuri


Tanda Kosmetikmu Bermerkuri

Kosmetik bermerkuri selain merusak wajah, juga dapat menyebabkan kanker, gangguan janin, gangguan syaraf dan penyakit ginjal kronis.

Kenali tanda kosmetikmu berbahaya jika beberapa hal ini terjadi pada kulit wajah kamu setelah kamu menggunakan kosmetik:

  • Kulit kering, kasar, kelupas, kemerahan pada kulit, rasa terbakar, gatal, panas dan sensitif terhadap sinar matahari
  • Kulitmu rusak, mengalami dermatitis, hiper pegmentasi, baboon syndrome, erythema persistance, dan gangguan sistemik
tanda kosmetik bermerkuri
Tanda kosmetik bermerkuri

Kenapa Kosmetik Ilegal Bermerkuri Masih Beredar

Suka geram nggak sih, kenapa kosmetik illegal bermerkuri masih beredar di masyarakat? Ternyata penyebab masih beredarnya produk kosmetik ilegal bermerkuri karena tersedianya pasokan (supply) dan adanya permintaan (demand).

Nah ini, bisa jadi masyarakat masih belum tahu bahanyanya kosmetik bermerkuri buat Kesehatan dirinya.
 
stop kosmetik bermerkuri

 

Lalu apa saja upaya yang dilakukan Badan POM untuk mengintervensi pasokan kosmetik bermerkuri ilegal?

Ibu Penny K.Lukito, Kepala Badan POM.Badan POM RI menjelaskan pada saat pembukaan Talkshow Webinar "Stop Kosmetik Bermerkuri" bahwa Badan POM terus melakukan penguatan terhadap pengawasan kosmetik, baik pada saat notifikasi sebelum diedarkan, serta pada saat setelah diedarkan (post-market).

Berikut adalah beberapa upaya yang dilakukan Badan POM RI agar peredaran kosmetik ilegal bermerkuri dapat berkurang bahkan menghilang:

  • Penindakan hukum bagi yang melanggar.
  • Mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengurangan dan Penghapusan Merkuri (RAN PPM).
  • Melakukan edukasi kepada masyarakat agar dapat melindungi dirinya dan orang di sekitarnya dari bahaya kesehatan akibat penggunaan kosmetik bermerkuri.


“Jika tidak ada lagi permintaan terhadap kosmetik bermerkuri, artinya masyarakat sudah paham dan tidak mencari lagi kosmetik bermerkuri, tentunya produk tersebut akan hilang dengan sendirinya, dan ini sangat membantu upaya dari penghapusan merkuri di kosmetik” Penny K.Lukito, Kepala Badan POM RI.
 

Cerdas Memilih Kosmetik

Sudah tahu kan apa itu merkuri dan bahayanya? yuk kita bersama-sama melindungi diri dari kosmetik bermerkuri.

Lalu bagaimana canya agar kita terhindar dari kosmetik ilegal bermerkuri? yuk jadi konsumen cerdas dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Ingat selalu Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa). Pastikan kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk yang tertera pada labelnya, memiliki Izin edar Badan POM, dan tidak melebihi masa kedaluwarsa.
  2. Tidak terobsesi dengan kulit putih, cantik tidak harus putih
  3. Tidak terobsesi dengan iklan kosmetik yang menjanjikan efek instan (termasuk online)
  4. Laporkan ke Badan POM jika mengetahui ada kegiatan produksi dan perdagangan kosmetik bemerkuri

 

cerdas memilih kosmetik
Cerdas memilih kosmetik


Atau untuk informasi lebih lanjut tentang kosmetik ilegal bermerkuri kamu bisa menghubungi:

  • Contact Center HALOBPOM di nomor telepon 1500533
  • SMS 0-8121-9999-533
  • WhatsApp 0811-9181 533
  • E-mail halobpom@pom.go.id
  • Twitter@BPOM_RI
  • Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia

--

Kesimpulan

  1. Kosmetik bermerkuri selain merusak wajah, juga dapat menyebabkan kanker, gangguan janin, gangguan syaraf dan penyakit ginjal kronis.
  2. Kenali tanda kosmetikmu berbahaya seperti kulit kering, kasar, kelupas, kemerahan pada kulit, rasa terbakar, gatas, panas dan sensitif terhadap sinar matahari.
  3. Tanda lainnya kulitmu menjadi rusak, mengalami dermatitis, hiper pegmentasi, baboon syndrome, erythema persistance, dan gangguan sistemik.
  4. Jadi konsumen cerdas dengan selalu Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa). Pastikan kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk yang tertera pada labelnya, memiliki Izin edar Badan POM, dan tidak melebihi masa kedaluwarsa.
  5. Tidak terobsesi dengan kulit putih, cantik tidak harus putih
  6. Tidak terobsesi dengan iklan kosmetik yang menjanjikan efek instan (termasuk online)
  7. Laporkan ke Badan POM jika mengetahui ada kegiatan produksi dan perdagangan kosmetik bemerkuri

Semoga setelah membaca tulisan ini, kita semakin memahami risiko bahaya yang bisa dialami jika menggunakan kosmetik bermerkuri, sehingga kita bisa melindungi diri untuk tidak menggunakan kosmetik bermerkuri dengan kenali tanda kosmetik bermerkuri.

Salam hangat,
Elly Nurul


Elly Nurul

24 komentar:

  1. HArus tau tanda-tanda kosmetik mengandung merkuri ya supaya gak membahayakan buat kitahnya juga. Mudah-mudahan mulai skr gak ada yang menganggap wanita cantik itu yang putih aja padahal semua kulit sama cantiknya

    BalasHapus
  2. Banyak orang Indonesia yang menginginkan kulitnya putih kayak orang bule. Ada juga yang ingin seputih kapas orang Korea hehehe... Padahal kulit perempuan Indonesia itu bagus dan ada kelebihannya. Memang mesti berhati2 memilih kosmetik. Kudu diperhatikan BPOM nya, kedaluarsa, halal atau ga nya dll serta bahan2nya apa aja. TFS mb Elly, jadi nambah wawasan deh.

    BalasHapus
  3. Duh ngeri banget ya efek kosmetik yang mengandung merkuri. Apalagi kalau dipakai oleh ibu hamil. Efeknya gak hanya ke diri sendiri, tapi juga ke janin

    BalasHapus
  4. Jadi inget itu krim-krim yang dijual kiloaan, haha. Gak paham tapi kok laris yaa. Serem bangett. Boro-boro BPOM, merknya aja aja ga jelas. Yang bikin gak ada background yang proper. Semoga makin banyak yang tercerahkan soal kandungan berbahaya di make up dan skin care ih. Serem

    BalasHapus
  5. Kalau aku pengen cerahin muka, ga usah putih. Karena nanti ngeri kalau keputihan eh gimana? hahaha.... maksudku ngeri sama kosmetik pemutih. Suka lihat di IG olshop yang jualan krim muka. Agak gimana gitu, envy lihat muka dari foto yang kasih testy. Tapi selalu mikir dua kali. Jangan-jangan itu kosmetik berbahaya

    BalasHapus
  6. Wah iya ya..
    Pilih kosmetik harus makin jeli..
    Harus cek kandungan bahan pembuatnya

    BalasHapus
  7. Ashiapp, semoga dengan tulisan tulisan begini membuat masyarakat melek merkuri juga ya. Seperti Bu Penny Lukito yg tak bosan bosan memberi edukasi ke masyarakat seputar kosmetik yang tidak sehat seperti mengandung merkuri ini.

    Nah bener banget harusnya kalau masyarakat melek ya akan menurunkan pasar merkuri nya sehingga usahanya akan tumbang dengan sendirinya. Duhh ngeri banget nih merkuri yang merupakan logam berwujud cair di suhu kamar. Makanya ga boleh kepengen instan

    BalasHapus
  8. Ngeri amaat sampai 32 miliar rupiah. Sebagai perempuan tuh kudu cerdas, bukan hanya dalam kelola financial saja, tapi saat memilih kosmetik aman untuk kulit. Nakutin kalau sampai langganan merkuri, kan.

    BalasHapus
  9. Sejak bergabung dengan komunitas blogger, alhamdullillah aku kini jadi teredukasi, sebagai pemakai skincare, untuk filter awal, selalu mencari tanda BPOM dan label halal di kemasan.

    Kira-kira, apakah ini bisa menjamin bahwa skincare ini sudah zero bahan-bahan berbahaya, mba?

    BalasHapus
  10. luar biasa ulasannya....sangat informatif....keren

    BalasHapus
  11. Datanya mengerikan ya tentang penggunaan kosmetik bermekuri di Indonesia ini...duh!!
    Beneran mesti jadi konsumen cerdas dengan selalu Cek Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa. Juga kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk yang tertera pada labelnya, memiliki Izin edar Badan POM, dan tidak melebihi masa kedaluwarsa. Pokoknya enggak ngasal pakai kosmetik abal-abal. Duh reminder bener ini!

    BalasHapus
  12. Bener banget ya masyarakat butuh edukasi tentang kosmetik berbahaya mbak, nggak asal tergiur iklan kosmetik fantastis dengan harga murah apalagi diiklankan artis dan selebgram

    BalasHapus
  13. Mbak, edukasi seperti ini emang penting banget. Apalagi di media sosial banyak banget iklan kosmetik yang klaim bisa memutihkan kulit, ngakunya ada izin BPOM ternyata abal-abal huhuhu.

    BalasHapus
  14. Merkuri itu tak berbau jadi ketika dicampurkan di dalam kosmetik, gak ada bau aneh-anehnya.
    Nah, jadi konsumen memang harus cerdas.

    BalasHapus
  15. Nah mba aku pun aneh deh kenapa sih masih banyak produk kosmetik ilegal berbahaya masih beredar? Padahal udah jelas jelas mudaratnya ;?:(

    BalasHapus
  16. Padahal, malah serem sebenarnya kalau kulitnya jadi putih banget. Kalau kembali ke kulit aslinya (seperti kulit paha/ lengan yang jarang terpapar matahari sih gpp, lbh cerah gtu.
    Apalagi kalau bahannya mengandung merkuri, risiko kesehatannya terlalu tinggi ya?

    BalasHapus
  17. Kemaren tuh nonton channel youtube yang bahas skincare bermerkuri gini. Tau nggak mak harganya berapa? Rp 8.000. Bayangin deh. Gimana ngga tergiur tuh orang2. Mulusnya sebentar, tapi kerusakan kulitnya bisa permanen.

    BalasHapus
  18. Skincare bermerkuri gini memang promonya gila-gilaan. Di daerahku banyak banget yang jual di kalangan ibu-ibu gitu. Harga terjangkau, hasil instan langsung kinclong. Siapa yang tidak tergiur coba? Memang pengetahuan tentang bahaya kosmetik bermerkuri ini perlu disebarkan seluas-luasnya biar makin banyak yang mengetahui bahayanya.

    BalasHapus
  19. Kalau kosmetik yang menjanjikan putih instan di kulit ( pernah lihat pakai sabun apa gitu langsung putih) saya malah takut. Gak papa gak putih asal sehat ya kulitnya. Tapi emang kosmetik bermerkuri ini laku di Indonesia karena sebagian mindset wanita Indonesia adalah cantik itu ya putih

    BalasHapus
  20. Ya Allah dulu pernah banget mengalami hal ini. Kulit terasa terbakar, kemerahan dan lapisan paling luar terkelupas. Ternyata itu ada merkurinya.

    BalasHapus
  21. Ingat sekali dulu saat kuliah pernah uji kosmetik yang mengandung bahan merkuri.
    Dan hasilnya memang sungguh mencengangkan, bahkan dari beberapa merk yang gak asing.

    BalasHapus
  22. Jd keinget masa sekolah dulu, pas awal2 coba2 skincare dan make up. Teman2 ada yg wajahnya mendadak putih gitu, ternyata dia pakai yg bermerkuri dan saat itu belum ngeh kan. Syukurlah gak lama...jd gak sampai jd efek buruk

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah, saya ga ada tanda2 diatas, berarti wajah bebas dr merkuri ya. Bener banget, Mba outih tidak menjamin cantik. Cantik itu lebih ke sehat, bersih dan berakhlak mulia. Baru deh keliatan cantiknya

    BalasHapus
  24. Serem banget ih efeknya dan ternyata masih banyak wanita yang pakai kosmetik mengandung bahan berbahaya hanya karena pengen putih...iiih

    BalasHapus

Instagram