5 Cara Menabung Yang Paling Efektif

menabung yang efektif
Cara Menabung Yang Paling Efektif. Pic source by Freepik

Bagaimana memiliki tabungan yang lebih tahan lama dan tabungan yang dapat menghasilkan? Lalu bagaimana cara menabung yang efektif dan efisien?.

Menabung merupakan persiapkan untuk segala kemungkinan seperti dana darurat, dana pendidikan dan berbagai keperluan lainnya.


Holla..

Setiap orang tentu ingin mempersiapkan kehidupan yang lebih baik untuk masa depannya dong. Namun, untuk mempersiapkannya diperlukan berbagai cara, salah satunya dengan menabung. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu cara menabung yang efektif dan efisien.

Dengan menabung kita dapat mempersiapkan segala kemungkinan seperti dana darurat, dana pendidikan dan berbagai keperluan lainnya dapat kamu persiapkan dari tabungan yang dimiliki.

Tetapi bagaimana sih memiliki tabungan yang lebih tahan lama dan tabungan yang dapat menghasilkan?. Karena itu, kita akan membahasnya cara menabung yang efektif:

Untuk yang Selalu Gagal, Ini Cara Menabung yang Paling Ampuh

Buat Rencana Tabungan

cara menabung yang efektif
Buat Rencana Tabungan, Cara Menabung Yang Paling Efektif. Pic source by Freepik

Pastikan mengetahui berapa banyak dana yang akan kita tabungkan, idealnya kita sisihkan 20% hingga 30% pendapatan bulanan untuk ditabung. Lalu, sekiranya kamu dapat menabung hingga memiliki dana untuk menutupi biaya hidup enam bulan kedepan untuk dijadikan dana darurat.

Kenapa harus 6 bulan? Karena, jika terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kita dalam tahap sedang tidak mampu untuk bekerja, waktu 6 bulan adalah waktu yang paling efektif untuk kita agar pulih kembali secara finansial.

Gunakan Sistem Debit Otomatis

cara menabung yang efektif
Debit  Otomatis, Cara Menabung Yang Paling Efektif. Pic source by Freepik

Gunakan sistem menabung secara otomatis. Sistem debet otomatis ini sudah digunakan hampir seluruh Bank yang ada di Indonesia.

Penggunaannya pun cukup mudah, biasanya saat memutuskan untuk menggunakan debet otomatis ini nasabah membuat sebuah kesepakatan terlebih dahulu dengan pihak perbankan terkait berapa nominal yang dipotong, berapa lama waktu debit otomatis ini dan beberapa kesepakatan lainnya.

Nah, untuk kamu yang boros akan sangat terbantu agar lebih disiplin menabung karena sistem ini. Sistem ini juga biasanya tidak dapat melakukan penarikan dalam jangka waktu bulanan, setidaknya minimum penarikan ini 1 kali pengambilan dalam 1 tahun. Namun, ini kembali lagi kepada kebijakan setiap Bank lho ya.

Batasi Penggunaan Kartu Kredit

cara menabung yang efektif
Batasi Penggunaan Kartu Kredit, Cara Menabung Yang Paling Efektif. Pic source by Freepik

Penggunaan kartu kredit memang terbilang dapat membantu pengeolaan keuangan bulanan, tetapi memang penggunaan kartu kredit ini harus lebih bijak.

Karena dengan menggunakan kartu kredit biasanya penawaran dan potongan harga jauh lebih besar dibandingkan melakukan pembayaran secara tunai. Ini yang tanpa kita sadari penggunaan kartu kredit menjadi bengkak dan menyebabkan keuangan terganggu.

Untuk terhindar dari jerat hutang ataupun pengelolaan keuangan yang berantakan, tutup akun kredit milik kamu, lalu gunakan pembayaran melalui tunai maupun debit.

Pilih Barang yang Memiliki Diskon

cara menabung yang efektif
Piih Barang Diskon, Cara Menabung Yang Paling Efektif. Pic source by Freepik

Hal yang paling utama membuat kita sulit menabung adalah dengan seringnya melakukan pembelian barang belanjaan. Memang untuk hal yang satu ini terbilang cukup sulit menahan keinginan untuk berbelanja, karena itu kamu dapat coba melakukan tips yang satu ini agar pengeluaranmu dapat lebih terjaga.

Cara mudahnya adalah dengan membeli barang yang memiliki potongan harga atau diskon. Dengan memilih barang-barang yang diskon, kamu dapat sisihkan dananya untuk menabung deh.

Lakukan Investasi

cara menabung yang efektif
Investasi, Cara Menabung Yang Paling Efektif. Pic source by Freepik

Investasi adalah cara menabung terbaik untuk mengembangkan dana milikmu. Tidak hanya sekedar menyimpan dana, tapi dengan investasi kamu juga dapat menikmati imbal hasil dari kegiatan tersebut.

Saat memilih investasi diperlukan yang benar-benar cocok untuk kebutuhanmu, seperti apakah tujuan menabung ini jangka pendek atau jangka panjang.

Lalu, seperti yang sudah kita katakan sebelumnya kamu dapat mulai menyisihkan 20%-30% pendapatan bulanan untuk investasi, dana tersebut itulah yang dapat kamu sisihkan untuk investasi secara bulanan.

Seperti contoh jika kamu menabung secara bulanan dengan nominal Rp1 juta dalam kurun waktu 6 bulan, maka dana yang terkumpul senilai Rp. 6.000.000,-. Bandingkan jika kamu melakukan investasi dengan nominal dan jangka waktu yang sama di platform P2P Lending yang memiliki imbal hasil 20% per tahun, maka dana kamu akan menjadi Rp.6.359.886,- Lumayan, dong?

Menabung memang penting, namun lebih penting lagi mengetahui cara menabung yang efektif dan efisien. Pilih dengan bijak tempat menabung yang paling cocok, sesuai dan dapat memberikan keuntungan untukmu.

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Melalui Akseleran!


Bagi kamu yang ingin mengembangkan dana tabungan sekaligus membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya.

akseleran
Mengembangkan dana untuk UKM di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

Sebagai alternatif investasi pendanaan dengan imbal hasil hingga 21% per tahun kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

Sebagai platform P2P Lending, Akseleran pun sudah berizin resmi dari OJK, jadi semua transaksi diawasi oleh lembaga pengawas negara. Selain itu, dana yang kamu taruh pun mendapatkan proteksi asuransi.


Yuk! Gunakan kode promo BLOGELLYNURUL saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran dan dapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu yang bisa kamu coba kembangkan di platform P2P Lending Akseleran.

Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke cs@akseleran.co.id.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

51 komentar:

  1. Aku juga memilih tabungan yg autodebet berjangka diawal bulan supaya bisa konsisten nabung dan ga gampang tergoda ngambil isi tabungan. Hehehe.. Selanjutnya tinggal belajar investasi yang masih ketunda-tunda

    BalasHapus
  2. Hmm bener juga ya autodebit tiap bulan biar nggak rempong lagi misahinnya. Investasi aku baru mulai nih mbak, walo sekarang lagi turun banget perekonomian gara-gara Corona. Huhu.

    BalasHapus
  3. Masih belum disiplin banget nih nabungnya aku, huhuhu... Nah, baru tahu nih, ternyata ada ya alternatif nabung yang juga sekalian mendukung usaha kecil dan menengah. Manfaatnya jadi dobel-dobel, ya.

    BalasHapus
  4. Saat resesi seperti sekarang tabungan sangat diandalkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak, yg kerja dirumahkan. Yg sekolah dipulangkan belajar di rumah. Sementara makna minum tetap. Tabungan ini penting, apalagi yg tidak punya pekerjaan tetap

    BalasHapus
  5. tips menabung ini memang penting untuk diketahui dulu apa tujuannya ya kak, dan sekarang udah hadir P2P ini sebagai jalan kita saving

    BalasHapus
  6. Kalau lagi kondisi krisis begini, kerasa banget deh pentingnya dana darurat. Tapi alhamdulillah belum sampai jebol. Aku pribadi masih menabung biasa di bank, belum pernah coba P2P lending. Terima kasih atas penjelasannya ya Mba.

    BalasHapus
  7. Terakhir yang masih aku berusaha coba Mom, investasi. Mencari rekomendasi investasi terpercaya. Terimakasih sharingnya mom.

    BalasHapus
  8. bermanfaat bgt nih kak sharingnya aku jd makin semangat buat nabung nih biar bisa invest juga

    BalasHapus
  9. Duh, investasi ini nih yang belom aku lakukan. Padahal ya, ini juga sangat penting. Kerasa banget di saat kayak sekarang. Ketika ekonomi menurun, kita butuh sesuatu yang bias diandalkan. Ya kayak investasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk investasi P2P, aku belom pernah nyoba. Kepengen denger langsung dari yang udah biasa. Kudu banyak baca juga. Supaya makin yakin dan menguntungkan pastinya.

      Hapus
  10. Aku dah gunting kartu kredit wkkwwk. Pakai CC virtual aja lbh nyaman dan kalau butuh banget CC minjem temen #eh
    Nah bener mbak debet otomatis membantu sekali, ya buat bayar utang ya buat simpen2 buat ntr kalau butuh ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang berinvestasi juga makin gampamg sekali ya mbak. Bisa juga dimulai dari modal kecil. Asal tetep selidikin dulu track record platformnya. Kalau aman jalan terus.

      Hapus
  11. Pernah denger tentang akseleran tapi belum paham bgt keunggulannya. Skrg lagi booming bgt P2P Lending alias fintech tapi kudu hati2 karena harus diawasi dan terdaftar oleh OJK baru bisa dipercaya. Untung akseleran sdh terjamin oleh OJK

    BalasHapus
  12. Mbak ... di tengah situasi kesehatan seperti ini, UMKM sepertiku kena imbasnya. Huhu ... maunya nabung rutin tiap bulan terutama buat dana darurat itu lho, penting banget buat saat-saat tak terduga.

    BalasHapus
  13. Investasi jadi penting banget memang, terlebuh saat kindisi seperti ini. Wabah, ekonomi kacau, huhuhu. Semoga semua berlalu

    BalasHapus
  14. Kebetulan banget aku mau nabung lagi mulai bulan depan dan mau memperbaiki keuangan. Thank you for sharing mbak, tulisannya membantu aku banget.

    BalasHapus
  15. Aku juga suka beli produk yg diskon karena memang jadinya lebih hemat banget. Lumayan kan. Malah kadang suka nyetok kalau lagi promo. Hehe

    BalasHapus
  16. Saya dulu pernah pakai sistem tabungan yang auto debet, dengan kontrak berjangka waktu 5 tahun. Setelahnya, berhenti.

    Kalau asuransi, saya pakai auto debet, menghindari "khilaf" bayar premi soalnya

    BalasHapus
  17. aku pernah auto debet, cuma bisa beberapa tahun aja, hahaha banyak godaan. kalo sekarang, nabung dalam bentuk emas aja deh, tiap bulan beli emas 1 gram udah cukup. hehe

    BalasHapus
  18. Kartu kredit kalau tidak dibatasi bawaannya memang belanja terus, kalau bisa sih memang nggak perlu digunakan ya. Kadang aja dengan debit ya belanja juga, haha. Jadinya kudu diri juga yang membatasinya

    BalasHapus
  19. Yang paling jitu tipsnya bagi aku cuma, debit otomatis setiap bulannya, aman deh duit kalau habis gajian

    BalasHapus
  20. Starts from 100K aja, ringan banget!
    Wahh millenials wajib banget nih invest di Akseleran.
    Gampiiil dan menguntungkan ya

    BalasHapus
  21. Iyaa ku udah mempraktekan tabungan autodebet semenjak kerja di dewaseo, kalo ga gitu bisa habis kecampur aduk sama keperluan dirumah, jajan kopi, jajan sayur mayur dll ahhhh..

    Waah, mulai dari 100k enak yaa masih terjangkau..

    BalasHapus
  22. Saya baru tau yang tentang sistem auto debit itu, Kalau saat ini, saya berusaha mengurangi kredit. Malah kayaknya udah lama gak pakai. Tinggal melunasi aja

    BalasHapus
  23. Apalagi di masa2 sekarang...nabung terasa bermanfaat banget. Dan investasi juga emang perlu

    BalasHapus
  24. kalo aku biar aman ya bikin 2 rekening. yg satu khusus nabung, satunya lagi khusus keluar masuk pengeluaran. hehe.. Investasi juga perlu sih apalagi ada p2p landing akseleren. lumayan investasi disitu ya..

    BalasHapus
  25. saya pakai cara no 1 mbak, debit otomatis, jadi setiap akhir bulan begitu terima uang tgl 1 nya langsung di debit otomatis ke rekening berbeda :)

    BalasHapus
  26. Membatasi penggunaan kartu kredit bener banget aku cuma buat autodebet tagihan bulamnan aja trus dibayar full supaya memudahkan aja sih. Nah ini menabung yang efektif ya melalui peer to peer landing

    BalasHapus
  27. Kemarin aku sempat berpikiran mau buat tabungan yang autodebet tapi makin ke sini kok kebutuhan eh keinginan makin banyak, wkwkk Wah kudu atur ulang lagi nih XD

    BalasHapus
  28. Akseleran ini ngebantu banget buat yang mau inovasi investasi tanpa ribet. Aku pun udah mampir ke websitenya mbaa

    BalasHapus
  29. Keren juga nih Mba, investasi yang lebih bermanfaat ya, membantu para UMKM untuk lebih maju.
    Insha Allah bermanfaat buat kita sendiri, maupun orang-orang yang lebih membutuhkan :)

    BalasHapus
  30. investasi sekarang sangat mudah banget ya,mbak. Bisa auto debet juga, hihihi. Mau cari tau juga ahhh :)

    BalasHapus
  31. terima kasih tipsnya, aku juga sekarang beli barang nunggu diskon dulu biar untung dan bisa dibeliin yang lain yang juga dibutuhkan sisa dari diskonannya hihihi

    BalasHapus
  32. Kalau urusan pinjam meminjam dana, memang kudu berizin resmi dari OJK.
    Biar aman karena semua transaksi diawasi oleh lembaga pengawas negara ini.
    Apalagi kalau mendapatkan proteksi asuransi, semakin yakin aman ya.

    BalasHapus
  33. Saya belum nyoba yang auto debet ini jadi pengen nyoba juga sisanya biar bisa dikeep untuk tabungan. Investasi di saham sdh lama kutinggalkan pengen memulai lagi sih karena memang penting.

    BalasHapus
  34. P2p lending ini program investasi keren karena tujuannya juga buat bantu perekonomian umkm di Indonesia ya kak

    BalasHapus
  35. Sangat perlu menabung demi kebutuhan di masa yang akan datang, salah satunya berinvestasi menabung sambil mendapatkan penghasilan ,btw aku udah coba Akseleran ini dn memang recomended untk berinvestasi

    BalasHapus
  36. Serius, fitur Autodebet itu memang savior banget ya Mbak. Jadi kaya "memaksa" kita untuk menabung dan setting pikiran untuk adjust pola konsumsi kita setelah menabung dulu. Hihihi, buat saya yang nggak bisa lihat duit nganggur ini berhasil banget tips menabungnya!

    BalasHapus
  37. Menabung dengan debit otomatis belum pernah coba sih,soalnya cicilan ga terlalu banyak. Kalau menabung dengan cara investasi sudah mulai saya lakukan demi masa depan pendidikan anak dan kebutuhan keluarga

    BalasHapus
  38. Salah satu yang sering diterapkan adalah memilih barang yang diskon mbak karena secara pengeluaran akan terbantu banget. Nah, sekarang menabung dalam bentuk investasi yang selalu diperjuangkan hehe

    BalasHapus
  39. ahhh, makasih kaka elly, liat situasi sekarang yang seperti ini bikin aku makin bulat untuk nabung. biar kalau ada apa apa, setidaknya aku tidak kepusingan hehehe. TFS ya kak

    BalasHapus
  40. Aku juga sekarang jarang banget belanja mba Elly, wkwkwk kecuali ada diskon aduh langsung dah siap-siap narik. Tapi ya narik ATM harus waspada jangan sampe kalap. INvestasi penting bagnet juga ya mba, thanks sudah mengenalkan akseleran

    BalasHapus
  41. Cara investasi baru nih ya mba. Memulainya pun tak sulit amat, butuh modal yang masih terjangkau banget. Penting nih buat para milenial untuk mulai berpikir punya investasi sejak muda.

    BalasHapus
  42. Penting sekali ya, memiliki tabungan itu. Terutama di situasi seperti sekarang. Saya juga lagi berusaha untuk punya investasi. Mulai yang kecil saja dulu

    BalasHapus
  43. Kalau nominal keuntungannya sekitar 20% wah lumayan banget ya Mbak daripada ditabung.

    BalasHapus
  44. Investasi itu sekarang banyak caranya ya. Yang penting mau belajar pasti ketemu yang pas sama keuangan keluarga kita.

    BalasHapus
  45. Aku pengen investasi tapi bingung investasi apa yang mudah dan bisa dipercaya ya

    BalasHapus
  46. Jadi menggunakan Akseleran ini kita bisa berinvestasi alias menabung dengan keuntungan ya mba. Aku tahunya cuma nabung biasa aja nih.

    BalasHapus
  47. Nice info, kunjungi juga website kami di https://bpr-bba.com/

    BalasHapus
  48. investasi sangat bermanfaat untuk masa depan apalagi di masa depan

    BalasHapus
  49. tipsnya bermanfaat banget buat aku yang boros

    BalasHapus

Instagram