Memilih Pangan Sehat, Aman dan Bebas dari Cemaran bagi Milenial

memilih pangan sehat, aman dan bebas cemaran bagi generasi milenial

Di era industri 4.0 memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat khususnya generasi milenial dalam memperoleh berbagai produk pangan.


Generasi milenial perlu memastikan legalitas, keamanan dan keaslian produk pangan yang akan dibeli agar terhindar dari pangan yang tidak aman.


Holla..

Tahukah kamu bahwa tanggal 16 Oktober merupakan Hari Keamanan Pangan Dunia atau World Food Day (WFD). Nah, tema WFD tahun ini adalah Our Actions are Our Future, Healthy Diets for a #zerohunger world.
 
Melalui tema tahun ini diharapkan seluruh masyarakat dunia dapat menghapuskan kelaparan dan memastikan kebutuhan pangan yang aman dan bergizi untuk semua.

Bicara tentang pangan yang aman dan bergizi nih, sadar ngga sih bahwa saat ini anak-anak dan remaja generasi milenial khususnya di daerah perkotaan dapat dengan mudah mendapatkan pangan dipinggir jalan dengan harga yang terjangkau dan beragam.

Selain produk makanan banyak ditemui dipingir jalan, juga bisa dengan mudah dibeli secara online lho, kapanpun dan dimanapun dapat dengan dengan mudah mendapatkan produk pangan yang diinginkan.

Namun apakah generasi milenial memiliki kesadaran untuk mengkonsumsi pangan yang sehat, aman dan bebas cemaran?.

Tantangan Produk Obat dan Makanan yang Dijual Online


Banyaknya market places yang menawarkan produk pangan maupun obat, hal ini menjadi tantangan saat ini. Sebagai generasi milenial sudah selayaknya memahami mana produk yang aman dan mana produk yang tidak aman untuk di konsumsi.

Karena pangan yang tidak memenuhi aspek keamanan, mutu dan gizi dapat menimbulkan masalah kesehatan diantaranya penyakit tidak menular (diabetes, hipertensi, dan lainnya).

Tahukah kamu bahwa 10 hingga 22 juta kasus diare di Indonesia disebabkan karena pangan tercemar dan jajanan siap saji menjadi penyebab kedua tertinggi kejadian luar biasa akibat keracunan makanan.

 

Urban Five Feet Fest (U3F)  “Healthy Street Foods on The Go”

Untuk untuk memberikan wawasan dan inspirasi kepada generasi milenial terkait pangan aman, bergizi dan bermutu, FAO membuat suatu event di Jakarta yaitu Urban Five Feet Fest (U3F)  “Healthy Street Foods on The Go” 

Badan POM sangat menyambut baik event tersebut dan juga sebagai upaya untuk memperkuat kemitraan dengan lintas sektoral dalam Pengawasan Obat dan Makanan.

Untuk mendukung Urban Five Feet (U3F), Badan POM  melalui Deputi Bidang Pengawasan pangan Olahan berpartisipasi aktif dalam edukasi keamanan, mutu dan gizi pangan kepada generasi milenial dan pelaku usaha pangan khususnya PKL.

memilih pangan sehat, aman dan bebas cemaran bagi generasi milenial
10 hingga 22 juta kasus diare di Indonesia disebabkan pangan tercemar


Ngobrol Asyik Bersama Badan POM (Makan sehat ala generasi cerdas)

Pada Sabtu, 9 November 2019 di Mitra Terrace, Karet, Jakarta Selatan dilaksanakan kegiatan eduksi keamaan, mutu dan gizi pangan dalam bentuk talkshow “Ngobrol Asyik Bersama Badan POM (Makan sehat ala generasi cerdas)".

Hadir sebagai narasumber yaitu Kepala BPOM RI, Ibu DR. IR. Penny K. Lukito, MCP dan Guru Besar Teknologi Pangan IPB, Bapak Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi.

Mitra Terrace sabtu sore dipenuhi oleh generasi milenial, hadir perwakilan siswa dan siswi dari SMAN 3 Jakarta, SMAN 6 Jakarta dan SMAN 28 Jakarta.

memilih pangan sehat, aman dan bebas cemaran bagi generasi milenial
Antusias Generasi Milenial untuk mengetahui tentang pangan sehat, aman dan bebas cemaran


Mereka hadir tidak hanya mendengarkan edukasi keamanan, mutu dan gizi pangan saja lho, tapi mereka sudah bersiap dengan yel yel tentang pangan sehat dan yel yel ini juga diperlombakan lho.. wah seru banget ya.. duh jadi teringat jaman sekolah dulu hehe.

memilih pangan sehat, aman dan bebas cemaran bagi generasi milenial
Yel yel tentang pangan sehat dan bergizi, persembahan dari SMAN 6 Jakarta


Pangan Sehat, Aman dan Bebas Cemaran

Berdasarkan Undang Undang Pangan No 18 Tahun 2012 tentang definisi kemanan pangan.

Keamanan pangan yaitu kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah Pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.  

Lalu bagaimana cara generasi muda dalam memilih pangan yang tidak hanya sehat tapi juga aman bebas dari cemaran?

Jadi, menurut Bapak Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, pangan aman yang dipilih haruslah bebas dari 3 cemaran, yaitu

  1. Cemaran biologis, seperti bakteri berbahaya
  2. Cemaran kimia, seperti penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berlebihan, bahan kimia berbahaya yang disalah gunakan pada pangan, seperti formalin, boraks, dan pewarna tekstil
  3. Cemaran benda lainnya/fisik, seperti penggunaan staples pada pembungkus pangan, kerikil, rambut.

Menjawab Tantangan di Era Industri 4.0 

Era Industri 4.0 saat ini memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat khususnya generasi milenial dalam memperoleh berbagai produk Obat dan Makanan.

Untuk itu, Badan POM telah bekerja sama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan beberapa marketplace seperti Bukalapak, Halodoc, Klik Dokter, Grab, dan Gojek.

Kerjasama ini merupakan hasil pengawasan Badan POM melalui tim Cyber Patrol yang menunjukkan bahwa banyak produk Obat dan Makanan yang tidak memenuhi standar keamanan, manfaat, dan mutu yang diperjualbelikan melalui berbagai platform marketplace.

memilih pangan sehat, aman dan bebas cemaran bagi generasi milenial
Cerdas Membeli Produk Obat dan Makanan Online

Kerja sama ini diharapkan akan meningkatkan efektivitas pengawasan keamanan, kualitas dan mutu serta kebenaran informasi dari produk obat dan makanan yang beredar secara online sehingga masyarakat terhindar dari produk yang tidak memenuhi syarat dan berisiko terhadap kesehatan.  
Badan POM juga bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) lho. Masyarakat diminta tidak membuat dan/atau ikut menyebarkan hoax Obat dan Makanan, karena akan merugikan banyak pihak dan meresahkan masyarakat luas. 

Penerapan 2d Barcode Untuk Menghindari Pemalsuan Produk


Badan POM juga telah berupaya membuat terobosan dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu melalui penerapan 2D Barcode. Di era digital saat ini, sistem 2D Barcode memberikan manfaat bagi masyarakat terkait kemudahan akses informasi legalitas produk.

Di sisi pelaku usaha, sistem ini dapat menghindarkan terjadinya pemalsuan atau diversi. Bagi Badan POM selaku lembaga pengawas tentu sangat memudahkan dalam operasional pengawasan.

Dengan melakukan scan barcode melalui aplikasi BPOM Mobile, konsumen dapat memastikan legalitas produk Obat dan Makanan.

Badan POM mengajak masyarakat untuk menjadi Konsumen Cerdas dengan mengonfirmasi terlebih dahulu kebenaran setiap informasi terkait produk Obat dan Makanan yang diisukan berbahaya.


memilih pangan sehat, aman dan bebas cemaran bagi generasi milenial
Dengan melakukan scan barcode melalui aplikasi BPOM Mobile, konsumen dapat memastikan legalitas produk Obat dan Makanan.



Cek KLIK Sebelum Membeli Produk Pangan Kemasan


Selain itu, masih ada cara untuk memilih pangan olahan nih, Ibu DR. IR. Penny K. Lukito, MCP, Kepala BPOM RI mengajak kita untuk senantiasa  cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa) sebelum membeli produk pangan kemasan.


  • Cek Kemasan produk pangan, pastikan tidak ada bocor/kembung/penyok.
  • Cek Label, baca informasi yang terdapat pada Label produk pangan terutama Informasi Nilai Gizi, pastikan produk yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Cek Nomor Izin Edarnya, Nomor Izin Edar (NIE) produk pangan olahan terkemas dapat berasal dari Badan POM (BPOM RI MD untuk produk pangan terkemas yang di produksi dalam negeri dan BPOM RI ML untuk produk pangan terkemas yang diproduksi di luar negeri) dan dari Bupati/Wali Kota c.q. Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (P-IRTP untuk Industri Rumah Tangga Pangan)
  • Cek Kedaluarsa, tanggal kedaluarsa produk tertera pada kemasan produk, jadi usahakan untuk senantisa mengecek tangga kedaluarsa produk ya.. dan jangan beli produk yang sudah kedaluarsa.
Jika menemukan berita-berita terkait produk makanan berbahaya yang belum jelas kebenarannya, masyarakat dapat langsung menghubungi Badan POM melalui Halo BPOM 1500533 atau berbagai platform media sosial official Badan POM.

 
--

Bagaimana, semoga informasi tentang bagaimana memilih pangan sehat,aman dan bebas cemaran ini bisa bermanfaat ya.. apalagi bagi generasi milenial, ngga mau dong ya mengalami masalah kesehatan karena salam memilih pangan.

Semoga masyarakat di Idonesia khususnya dan masyarakat dunia pada umumkan senantia menyiapkan dan mengonsumsi pangan yang aman dan bermutu, sehingga harapan untuk #zerohunger world dapat terwujud ya.. aamiin

Yuk jadi konsumen yang cerdas dalam memilih pangan yang dikonsumsi sehari-hari, dan jangan lupa untuk senantiasa mengkonsumsi aneka ragam pangan secara bervariasi juga ya.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

17 komentar:

  1. Terobosan yang bagus dari bppom. Semoga semakin banyak produk umk yg terdaftar di bppom agar legalitasnya diakui

    BalasHapus
  2. Generasi milenial jamannya sudah berbeda mulai makanan dan aturan semua berbasis digital ya.
    Tapi tentu saja kita juga justru dituntut bisa menjadi bagiannya karena kalau tidak, bisa diam ditempat atau bahkan tertinggal. Jangan sampai ya...

    BalasHapus
  3. asyik kalo ada terobosan macam gini.
    soalnya penyakit2 sekarang juga serem2 ya Mba
    Penyakit degeneratif banyak menyerang yg usia muda juga

    BalasHapus
  4. Setiap ada masalah pasti ada inovasi. Sukses terus untuk bppom. Selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen khususnya generasi milenial.

    BalasHapus
  5. keren banget nih edukasinya di sma, jadi generasi milenial juga bisa aware dan ngasih tau ke adek2nya juga kan.
    bpom keren juga euy inovasinya, udah ada digitalnya

    BalasHapus
  6. Semoga informasi tentang KLIK ini banyak yang tahu ya mba karena manfaat banget bisa tahu tentang produk2 yang aman dibeli

    BalasHapus
  7. Sebagai ibu, aku memang lama kalau belanja bahan pangan,meski cuma snack . Packagingnya aku bolak balik buat cari info produk & kubaca betul2. Jadi ibu2 cuek aja kalau dijulidin belanjanya lama demi kesehatan keluarga.

    BalasHapus
  8. Seru banget kegiatannya mbak. Memang perlu utk cek dan ricek makanan apa yg kita masukkan ke dalam tubuh. Baca betul2 deh info produk

    BalasHapus
  9. Jaman sekarang memang harus ektra hati - hati ya mba.. tidak sulit untuk mengecek keamanan makanan kitaa

    BalasHapus
  10. Nah aku agak-agak ngeri awalnya beli bahan pangan secara online soalnya gak bisa lihat langsung. Baca ingredien & produk dengan detil penting banget ya

    BalasHapus
  11. Suka dengan BPOM yang menggandeng kaum millenial untuk edukasi keamanan, mutu dan gizi pangan.
    Begitulanh seharusnya!

    BalasHapus
  12. jadi ingat dulu pernah kena diare waktu liburan, rasanyatidak seru. Memang ya kita harus memahami dan BPOM makin kece aja

    BalasHapus
  13. Sayang banget yah kalau generasi milenial harus mengkonsumsi pangan yang sudah tercemar, ad baiknya memang melakukan sosialisasi, awareness dan pengecekan akan makanan yang kita konsumsi

    BalasHapus
  14. penting banget mengecek makanan yang hendak kita konsumsi yaa, Mba, karena kalo salah-salah makan, akibatnya bisa bikin sakit

    BalasHapus
  15. Wah benar nih Mbak, sebagai generasi milenial kita juga dituntut harus cerdas ya. Termasuk cerdas dalam membeli jangan asal membeli kemasan pangan sembarangan. Setidaknya harus dicek KLIK dulu sebelum dibeli agar terjamin keamanan dan kesehatannya.

    BalasHapus
  16. Milenial memang terkenal ingin yang serba praktis dan cepat. Termasuk soal makanan. Padahal belum tentu makanannya sehat ya...
    Semoga dengan sosialiasi tentang memilih makanan sehat aman dan bebas cemaran, generasi milenial bisa menerapkan pola hidup sehat.

    BalasHapus
  17. Generasi sekarang memang suka yang praktis-praktis, tapi di sisi lain ternyata juga perlu aware ya terutama terkait obat dan makanan yang dibeli. BPOM bagus juga nih karena sering bikin acara edukasi betapa pentingnya kita memilih makanan sehat dan aman. Semoga deh kegiatan edukasi begini terus berlanjut

    BalasHapus

Instagram