Manfaat Teknologi Tes DNA dalam Industri Kecantikan

manfaat tes dna dalam industri kecantikan

Perkembangan teknologi mempengaruhi industri kecantikan dan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan pengguna media sosial.

Teknologi Tes DNA menjadi terobosan terbaru dalam dalam industri kecantikan. Manfaat teknologi Tes DNA selain dapat mengetahui perawatan kulit yang tepat sesuai jenis kulit, pengecekan DNA kini bisa dilakukan sendiri dengan mudah dan akurat.


Dear ladies,

Sadar ngga sih, saat ini kita terkepung dengan banyaknya produk perawatan kulit? gencarnya promosi serta review dari para penggiat media sosial dalam bidang kecantikan, membuat kita sukarela mencoba sampai bingung mau mencoba yang mana!

Karena banyaknya pilihan produk perawatan yang dipaparkan setiap hari lewat media sosial, justru kita semakin bingung, semua bilang bagus, tapi setelah mencoba justru timbul masalah kulit.

Ladies setuju ngga sih kalo memilih perawatan yang sesuai dengan jenis kulit itu bukan hal yang gampang? Berdasarkan pengalaman saya mengikuti trend industri kecantikan selama 5 tahun terakhir, selalu saja timbul permasalahan kulit setelah mencoba produk perawatan kulit. 

Ada aja masalah saat saya mencoba menemukan produk perawatan yang tepat (customer pain points), seperti ngga cocok di kulit, kulit menjadi iritasi bahkan timbul jerawat. Lalu mencoba produk lain, karena rekomendasi teman, tapi hasil di kulit sendiri berbeda hasilnya dengan kulit teman (trial and eror).

manfaat tes dna dalam industri kecantikan
Manfaat Tes DNA dalam Industri Kecantikan


Belum lagi biaya (cost) untuk membeli produk perawatan kulit, semakin bagus ya semakin mahal huhu.. kadang saya harus menabung sekian bulan hanya untuk membeli produk kecantikan idaman lho.

Memang ya.. untuk menemukan produk perawatan yang tepat itu seperti mencari jodoh hehe.. harus sabar menemukannya dan ngga juga asal memilih, nanti bisa berdampak waktu terbuat percuma karena hal yang kurang penting (time spent).

Lalu sampai kapan ya terus menerus mencari produk perawatan yang tepat, sudah mencoba (trial and eror), keluar biaya banyak untu produk perawatan kulit (cost) bahkan sampai hilang waktu (time spent) demi menemukan produk perawatan yang tepat?.

manfaat tes dna dalam industri kecantikan
Manfaat Tes DNA Dalam Industri Kecantikan


Identifitasi Jenis Kulit


Ladies, dari pengalaman yang menyulitkan dalam memilih produk perawatan yang tepat, menurut dr. Leslie Baumann, seorang peneliti dan ahli kecantikan dari Amerika bahwa sebaiknya mengidentifikasi jenis kulit kita.

Jenis kulit itu dibagi berdasarkan 4 kategori dasar, yaitu:
  • Sebum
  • Sensitifitas
  • Pigmentasi
  • Elastisitas
manfaat tes dna dalam industri kecantikan
Manfaat Tes DNA dalam Industri Kecantikan

Dari 4 kategori dasar inilah, kita akan mendapatkan 16 jenis kondisi kulit yang berbeda. Wow, ternyata banyak juga ya jenis kondisi kulit setiap orang.



Pertimbangkan Dalam Memilih Produk

Dalam memilih perawatan yang tepat, ada banyak faktor lain di luar jenis kulit yang harus dipertimbangkan dalam memilih produk, seperti:
  1. Apakah produk menjawab kebutuhan spesifik kulit (menghilangkan noda hitam)
  2. Apakah bahan aktif kandungannya, aman untuk jenis kulit kita?
Jadi memilih produk perawatan kulit juga harus mempertimbangkan banyak hal, jangan hanya sekedar ikutan tren kecantikan dan belum tentu cocok dengan jenis kulit kita.

Ngga mau kan wajah jadi bahan percobaan (trial and eror), uang tabungan terkurang untuk membeli produk yang belum tentu cocok (cost) dan akhirnya produk tersebut ngga cocok dikulit wajah kita (spending time).

Manfaat Tes DNA dalam Industri Kecantikan

DNA merupakan asam nukleat yang menyimpan semua informasi tentang genetika.

Hasil test DNA bisa mengungkapkan potensi, risiko dan kebutuhan unik setiap pribadi yang berkaitan dengan banyak hal seperti: suplemen, nutrisi, olahraga hingga perawatan kulit yang sesuai dan masih banyak lagi.

Tahukan ladies, bahwa ada teknologi baru berkaitan dengan DNA, yaitu pengecekan DNA kini bisa dilakukan dari rumah, tanpa harus datang langsung ke laboratorium, dan tetap mendapatkan hasil yang akurat untuk mengetahui karakter genetik kulit kita lho.

manfaat tes dna dalam industri kecantikan
Manfaat Tes DNA dalam Industri Kecantikan


Salah satu manfaat dari pengecekan DNA adalah untuk menjawab kebutuhan spesifik dari kondisi kulit kita yang sebenarnya lho.

Sebagai organ tubuh paling luar, kulit merupakan lapisan pelindung yang bekerja 24/7 dan paling rentan terpapar oleh faktor eksternal seperti matahari dan polusi. Pengecekan DNA kulit bisa memberikan informasi yang akurat mengenai kualitas kolagen, elastisitas kulit, pigmentasi kulit, dan sebagainya.

Tes DNA kulit sudah umum dilakukan di negara maju, untuk mengenal kondisi kulit dan mendapatkan perawatan yang tepat dan sesuai.


Hasil Survei JakPat.net Mengenai Teknologi DNA

Ladies, tentang peran tes DNA sebagai solusi untuk mengenal kondisi kulit dan mendapatkan perawatan yang tepat, bukan isapan jempol atau hanya wacana semata lho.

Ada hasil surveinya yang telah dilakukan oleh JakPat pada tanggal 5 – 10 July 2019 terhadap 537 responden.

Menurut Bapak Aska Primardi, Head of Research Jakpat bahwa "DNA sudah menjadi subjek global yang telah dijajaki oleh para pakar kesehatan kulit, agar menjadi solusi bagi konsumen dalam memahami kondisi kulit".

Survei dilakukan secara online untuk mengetahui tentang pemahaman responden akan kondisi kulit dan pendapat responden akan manfaat teknologi pada konteks perawatan kulit.

Ladies, penasaran ngga sih dengan hasil risetnya? Aku sih penasaran banget, ini nih hasil riset yang diadakan JakPat menunjukkan pentingnya tes DNA kulit.

Dalam konteks penggunaan produk perawatan wajah

  • 15% responden yang mengatakan bahwa kinerja produk yang mereka gunakan, sesuai dengan harapan.
  • Sisanya mengatakan bahwa mereka masih menderita masalah yang mengganggu seperti jerawat, iritasi, kulit kering, kulit berminyak, dan lainnya.
  • 30% Responden juga merasa belum puas dengan kondisi kulit mereka saat ini, kendati telah menggunakan berbagai macam produk perawatan.
  • Hasil riset lainnya menunjukkan bahwa para responden sudah selektif dalam mencoba produk perawatan kulit, untuk mencegah terjadinya masalah kulit dan menghindari terbuangnya uang dan waktu dengan sia-sia.
manfaat tes dna dalam industri kecantikan
Manfaat Tes DNA dalam Industri Kecantikan

Dalam konteks menemukan produk perawatan yang tepat

50% responden setuju untuk memeriksakan kondisi kulit mereka dan secara umum memilih untuk pergi ke dokter kulit atau dermatolog.

manfaat tes dna dalam industri kecantikan
Manfaat Tes DNA dalam Industri Kecantikan


Dalam konteks skin DNA treatment

  • 85% responden percaya akan hasil tes DNA kulit
  • 90% responden memiliki minat untuk mencoba perawatan kulit dengan teknologi tinggi (hi-tech)

manfaat tes dna dalam industri kecantikan
Manfaat Tes DNA dalam Industri Kecantikan


Tentang JAKPAT

JakPat atau JAjak pendaPAT sebagai Platform Survei Terbuka, adalah perusahaan lokal yang dapat menghubungkan marketer dengan lebih dari 380 ribu database responden pengguna seluler, untuk mendapatkan pendapat, wawasan dan pemahaman mereka, hanya dalam beberapa jam.

JakPat menyadari bahwa usaha marketer dalam melakukan riset pasar, relatif mahal dan memakan waktu. Dengan JakPat, kami melakukan riset pasar secara terbuka, cepat, dengan hasil yang bisa diandalkan dan harga yang terjangkau.

JakPat telah melakukan lebih dari 10.000 proyek survei dengan para pengguna seluler, untuk lebih dari 100 perusahaan dari berbagai industri seperti FMCG, Layanan Konsumen, Telekomunikasi, E-Commerce, IT, Konsultasi Bisnis dan Agen Periklanan dari perusahaan global, multinasional hingga lokal.

Platform JakPat juga digunakan oleh semakin banyak mahasiswa dan peneliti dari universitas terkemuka baik di Indonesia maupun di luar negeri. Untuk memahami lebih lanjut tentang cara kerja JAKPAT, silakan buka: https://jakpat.net/.

--

Kesimpulan

  1. Tes DNA secara global telah memberikan manfaat bagi individu yang ingin memahami kondisi kulit mereka dengan mudah.
  2. Untuk meminimalisir pengalaman pain points konsumen, teknologi tes DNA bisa menjadi solusi terbaik karena tes DNA dapat menjelaskan kondisi dan kebutuhan spesifik kulit konsumen yang sesuai dengan hasil tes DNA.
  3. Teknologi baru berkaitan dengan DNA, bahwa pengecekan DNA kini bisa dilakukan dari rumah, tanpa harus datang langsung ke laboratorium, dan tetap mendapatkan hasil yang akurat untuk mengetahui karakter genetik kulit kita.
  4. Hasil test DNA bisa mengungkapkan potensi, risiko dan kebutuhan unik setiap pribadi yang berkaitan dengan banyak hal seperti: suplemen, nutrisi, olahraga hingga perawatan kulit yang sesuai dan masih banyak lagi.
  5. Salah satu manfaat dari pengecekan DNA adalah untuk menjawab kebutuhan spesifik dari kondisi kulit kita yang sebenarnya.
  6. Merujuk pada Informasi yang jelas mengenai teknologi DNA untuk kulit bisa ditemukan di www.smartskinsolution.com.
manfaat tes dna dalam industri kecantikan
Manfaat Tes DNA dalam Industri Kecantikan

Semoga informasi tentang manfaat teknologi tes DNA dalam industri kecantikan ini dapat bermanfaat ya, sehingga tidak ada lagi salah pemakaian produk kecantikan apalagi waktu dan biaya terbuang untuk mencari produk perawatan yang tepat dan sesuai.

Sehingga 3 Consumer Pain Points yaitu Trial and Eror, Cost and Time Spent dapat teratasi dengan mengetahui manfaat teknologi tes DNA dalam industri kecantikan.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

24 komentar:

  1. Ternyata tes DNA tidak hanya untuk mengetahui gen keturunan secara biologis ya, hehehe tapi bisa juga mengecek kondisi kulit kita.
    Terimakasih infonya Mbak. Ini ilmu baru buat saya yang tinggal di daerah.

    BalasHapus
  2. Ahaiiii asyik bgt kalo ada tes DNA yg tujuannya utk perawatan kulit. Ini pastinya sangaaattt personal.

    BalasHapus
  3. Jadi penasaran dengan tes DNA untuk kecantikan kulit ini. Memang perlu banget mengenal jenis kulit wajah sendiri ya, biar nggak gonta-ganti skincare juga haha

    BalasHapus
  4. Nanti aku mau lihat2 dulu deh JAKPAT ini ternyata punya inovasi baru nih yang bikin penasaran para hawa

    BalasHapus
  5. Identifikasi jenis kulit, itu yang sering dilupakan oleh aku,, hehe. Aku main pakai aja kalau perawatan atau bahkan riasan. Makasih mba Elly, kaya diingatkan saja jadinya

    BalasHapus
  6. semakin canggih ya mba aku kenal tes DNA ya dari sinetron buat nentuin anak kandung apa ga wkwkwk sekarang sudah buat nentuin jenis kulit jadi ya tepat sasaran ya kalau bueli skin carenya

    BalasHapus
  7. Saya nunggu banget nih teknologi ini. Soalnya masih bingung cari skincare yang cocok

    BalasHapus
  8. Iya, sih. Dari dulu kan yang namanya oerawatan wajah pake cara trial and error. Kalau dengan tes dna ini jadi lebih tepat ya hasilnya

    BalasHapus
  9. Keren banget kemajuan industri kecantikan. Selama ini taunya tes DNA itu di kepolisian, prosedur rumit dan lama.

    BalasHapus
  10. serius aku baru tau info ini kak, aku pikir tes dna tuh cuma buat cek garis keturunan aja… heheh...

    BalasHapus
  11. teknologi sekarang emang berinovasi yang keren . Biasanya tes DNA untuk mencari keturunan , sekarang merambah ke perwatan kecantikan jadi penasaran lebih

    BalasHapus
  12. Butuh banget nih teknologi tes DNA. Aku walaupun kulit cenderung kering, tapi kadang ada jerawat juga. Pengen tahu yang tepat buat kulit wajahku apa

    BalasHapus
  13. SEkarang untuk melakukan pengecekan jenis kulit wajah udah lebih canggih ya dengan menggunakan tes DNA. Itu pun bisa dilakukan dari , nggak perlu datang ke klinik

    BalasHapus
  14. Asli, baru tahu, kalau tes DNA juga bisa membantu menemukan jenis perawatan skincare agar terhindar dari Consumer Pain Points. Bisa dari rumah lagi! Da best!

    Alhamdullillah, ini nih salah satu benefit ikut WAG blogwalking, wawasan ikut terdongkrak^^

    Baidewei, subway,
    Mba sudah coba tes DNA dari rumahkah?

    BalasHapus
  15. Teknologi tes DNA ini jadi efektif banget ya untuk menentukan perawatan wajah yang cocok. Jadi enggak buang-buang duit, waktu, dan risiko kulit wajah yang rusak :)

    BalasHapus
  16. Ternyata jenis kulit bisa sampai 16 gtu ya, kirain aku ya berminyak, normal, kering, mungkin kombinasi hehe. Penasaran sama teknologi DNA buat cek kulit ini kyk apa, ke webnya ah

    BalasHapus
  17. asyik bangeeet sih bias pakai teknologi DNA untuk memastikan mana perawatan kulit yang paling baik untuk kita ya mba

    BalasHapus
  18. Pigmentasi jadi salah satu masalah kulit wajahku nih, kak, yang sampai sekarang belum menemukan solusinya. Kayaknya mesti coba pakai tes DNA kali ya untuk menemukan perawatan wajah yang paling tepat

    BalasHapus
  19. Pingin tahu juga nih hasil test dna aku jadinya cocoknya pake skin care apa ya? Penasaran jadinya

    BalasHapus
  20. Baru tau nih ttg ini DNA ternyata berpengaruh banget buat nentuin perawatan kulit selanjutnya ya

    BalasHapus
  21. Teknologi di dunia perskincare-an semakin maju yaa, Mba. Masalah kulit wajah kita tentu lebih mudah teratasi dengan metode DNA ini

    BalasHapus
  22. Kalo berbasis DNA memang bisa lebih tepat sasaran ya Mbak. Waktu itu aku tau tes berbasis DNA untuk diet juga bakal lebih efektif untuk ngatasin masalahnya.

    BalasHapus
  23. Ini aku banget sih kak elly, aku sering banget tergoda iklan iklan ituh dan akhirnya gonta ganti skincare deh. Pengen tes dna deh akuu

    BalasHapus
  24. Aku baru tau kalau Teknologi DNA ini bisa juga ya menunjukan jenis kulit kita, yang aku pikir dulu kalau DNA itu ya masalah keturunan gitu aja sih hehe,

    BalasHapus

Instagram