Sarapan Bergizi Seimbang dan Gaya Hidup Aktif untuk Awali Hari Baik


sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik

Mengkonsumsi sarapan tidak hanya dengan makanan lezat, tapi juga memiliki nilai gizi yang seimbang sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi harian dengan baik.


Gaya hidup aktif dan sehat dengan memperbanyak aktivitas fisik, bisa membuat tubuh bugar dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

 

Dear Moms,

Yakin sarapan moms dan keluarga sudah bergizi baik dan seimbang? Cukup ngga ya sarapannya untuk memenuhi energi dalam memulai aktivitasnya seharian? Sarapan asal kenyang saja tidak cukup lho.

Sarapan bagi sebagian orang rutin dilakukan, namun ada juga lho yang melewatkan sarapan, karena tidak terbiasa sarapan pagi karena berbagai alasan.

Melewatkan sarapan sering banget dialami oleh teman saya, maklum ya teman saya itu masih single dan tinggal di kostan. Bangun tidurnya aja jam 10an.. akhirnya sarapan dilakukan menjelang makan siang deh. Duh ini jangan ditiru ya..

Bagaimana dengan keluarga saya, apakah rutin sarapan? memiliki suami dengan 2 orang anak, menuntut saya mempersiapkan kebutuhan harian keluarga salah satunya sarapan pagi. Roti dan nasi goreng yang sering saya siapkan untuk keluarga dirumah.

Lalu apakah sarapan yang saya siapkan untuk keluarga dirumah sudah cukup bergizi seimbang? Nah ini yang aku belum yakin hehe.. masih dalam tahap yang penting sarapan, suami dan anak-anak kenyang.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
 Roti, menu sarapan yang sering saya siapkan untuk keluarga dirumah


Pentingnya Sarapan Bergizi Seimbang


Kenapa sarapan menjadi rutinitas harian saya dan keluarga, karena sarapan pagi adalah sebagai sumber energi. Setelah semalaman kita tidur, ketika pagi hari, maka tubuh membutuhkan sarapan bergizi seimbang untuk awali hari baik.

Menurut berbagai literasi yang saya baca, sarapan itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan sarapan dapat memenuhi 15-30%  kebutuhan gizi harian lho.

Berikut adalah beberapa manfaat sarapan pagi menurut berbagai literasi yang saya baca, yaitu:

Lebih Fokus

Sarapan itu bisa membuat seseorang lebih fokus dan juga 4 kali meningkatkan konsentrasi belajaranak disekolah lho. Jika kita sudah makan pagi, mau mikir apa aja juga lancar, perut  kenyang dan otak bisa dipakai kerja keras.

Melindungi tubuh dari penyakit

Risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah, karena sarapan pagi membuat asupan kalori lebih sedikit dibandingkan yang melewatkan sarapan.

Membantu menurunkan berat badan

Sarapan bergizi seimbang dapat membantu menurunkan berat badan. Kita tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. Namun sebaliknya, jika melewatkan sarapan pagi, maka akan lebih mudah tergoda mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalori namun tidak mengenyangkan.

Meningkatkan mood

Orang yang mudah kesal atau marah itu disebabkan karena perut lapar, maka memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stres di pagi hari dapat diatasi.

Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Orang yang melakkan sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Pentingnya Gaya Hidup Aktif

Moms, bicara tentang gaya hidup aktif apa sih yang ada di benak moms, apakah gym, fitnes atau latihan ekstrim lainnya?

Ternyata gaya hidup aktif tidak melulu tentang olahraga yang mahal lho, tapi bisa dilakukan dalam aktifitas harian moms, misalnya.. membeli sayuran harian, ngga cuma nunggu tukang sayur lewat, atau menggunakan sepeda motor, tapi bisa jalan kaki untuk membeli sayur.. lumayan lho itu beberapa langkah berjalan kaki.

Berikut adalah beberapa manfaat gaya hidup aktif yang saya rangkum dari berbagai literasi.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
 Aktif bergerak untuk awali hari baik

Mengurangi Stres

Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan, orang stres biasanya jadi banyak makan, nah over-makan itu yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Meningkatkan Produktifitas

Dengan aktif bergerak, otak menjadi lebih aktif dan otak yang aktif membuat lebih mudah untuk belajar dan menyimpan informasi.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Orang yang aktif bergerak, akan menularkan aura positif dan membuat orang lain ikut tergerak mengikutinya. Jika kita dapat menggerakkan orang lain untuk melakukan hal positif, maka kepercayaan diri kita juga akan meningkat

Lebih Nyaman

Jauh dari stres, produktifitas meningkat, kepercayaan diri juga meningkat, maka kita akan lebih nyaman dalam menjalankan hidup aktif.


PESAN (Pekan Sarapan Nasional)


Moms, hasil Riset Kesehatan Dasar 2010 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI menunjukan bahwa 76% orang Indonesia yang belum mengonsumsi menu makanan bergizi seimbang. Padahal, sarapan pagi itu punya fungsi memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian lho.

Tahukan moms, untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya sarapan, pemerintah memiliki program Pekan Sarapan Nasional (PESAN). Pekan Sarapan Nasional ini berlangsung selama 14-20 Februari setiap tahunnya.

Pada awalnya Pekan Sarapan Nasional dideklarasikan oleh ada empat lembaga, yaitu Perhimpunan Peminat Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), dan Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI).

Awali Hari Baik dengan Netsle

Saat ini, Pekan Sarapan Nasional sudah diramaikan dengan dukungan dari banyak perusahaan, salah satunya Nestle Indonesia. Pada, Minggu 17 Februari 2019, Nestle Indonesia meluncurkan kampanye Awali Hari Baik dengan Nestle serentak di 9 kota, (Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Bitung, dan Makassar).

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
 Peluncurkan kampanye Awali Hari Baik dengan Nestle” (7/2/19)


Tidak hanya berhenti di tanggal 17 Februari 2019, peluncuran kampanye "Awali Hari Baik Dengan Nestle" juga dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan di 40 kota di Indonesia hingga 31 Maret 2019 lho. Moms juga bisa mengecek daftar kota dan tanggal pelaksanaanya di link ini https://www.sahabatnestle.co.id/awaliharibaik/

Saat peluncuran Pekan Sarapan Nasional 2019 bersama Nestle Indonesia di Taman Menteng, Jakarta, saya turut hadir disana, selain berolahraga, silaturrahmi sekaligus juga mendapatkan edukasi tentang sarapan bergizi seimbang.. wah seneng deh jadi bagian dari peluncuran kampanye Awali Hari Baik dengan Nestle.

Acara dimulai jam 6:30 pagi dan diawali dengan zumba, senam maumere, talkshow kesehatan pangan tentang Sarapan Bergizi Seimbang bersama Mba Eka Herdiana, Corporate Nutritionist Nestle Indonesia dan keluarga selebriti The Baldys lalu dilanjutkan dengan sarapan bersama dengan kreasi menu sarapan yang kita buat sendiri dengan menggunakan produk dari Nestle Indonesia.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
 The Baldys turut membuat kreasi sarapan bergizi bersama Nestle



Moms, menurut Mba Nola, sarapan di keluarganya menjadi momen krusial, kadang waktu sempit, sarapan jadi buru-buru, dan gizi yang masuk jadi apa adanya atau kurang maksimal deh. Nah ini nih.. jadi masalah banyak keluarga, termasuk dikeluarga saya.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
Zumba sebelum membuat kreasi sarapan bergizi bersama Nestle
 

Prinsip ABC

Agar sarapan bergizi seimbang, Nestle Indonesia memperkenalkan prinsip ABC (Atur-Baca-cukupi). Pendekatan yang mudah diterima ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk sarapan bergizi seimbang, yaitu:

Atur porsi

Pastikan jumlah asupan makanan cukup (tidak berlebih dan tidak kurang) sesuai dengan kebutuhan energi setiap individu dewasa atau anak-anak, sehingga mendukung aktivitas setiap hari.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
 Atur porsi, jangan lebih jangan juga kurang 

Baca label

Pahami apa yang dikonsumsi dengan membaca label kemasan makanan (informasi gizi, kandungan bahan makanan, aturan penyajian, serta penyimpanan yang tercatat di label produk) agar berbagai kebaikan produk dapat dinikmati dengan maksimal.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
 Baca label, perhatikan kandungan gizi dan cara penyajian

Cukupi asupan gizi

Makan tidak hanya untuk membuat kenyang, namun yang lebih penting adalah memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung berbagai zat gizi yang berimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan cara mengonsumsi beragam jenis makanan.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
 Cukupi asupan gizi, konsumsi beragam jenis makanan.



Moms, prinsip diatas memang dibuat sederhana supaya mudah diingat dan dipraktekkan. Intinya, bukan asal sarapan dan asal kenyang. Tapi, sarapan jadi baik kalau yang masuk ke tubuh juga baik.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
 Bersiap untuk membuat kreasi sarapan bergizi seimbang bersama Nestle Indonesia

Kreasi Sarapan Bersama Nestle

Moms, agar sarapan lebih menyenangkan dan tentunya mengandung gizi seimbang, moms bisa membuat kreasi sarapan dengan produk-produk dari Nestle lho.. berikut adalah beberapa kreasi makanan yang bisa moms lakukan untuk sarapan keluarga dirumah.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
Nestum ditambah dengan potongan buah pisang, strawberry dan kiwi

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik
Koko Krunch ditambah dengan susu Bear Brand

 

5 Kebiasaan Hidup Sehat

Moms, selain sarapan, dengan menjalankan 5 perilaku baik berikut dapat membantu meminimalisir risiko malnutrisi baik itu gizi kurang maupun gizi lebih pada anak, yaitu:

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang dan Beragam Jenis

Mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung gizi seimbang adalah kunci utama dalam menikmati kebiasaan makan sehat. Libatkan anak dalam memilih, membeli dan menyiapkan makanan bergizi seimbang sesuai dengan usia anak.

Orang tua dapat menyediakan pilihan-pilihan makanan bergizi seimbang, serta mendorong konsumsi bergizi di rumah seperti mencontohkan konsumsi buah dan sayur sebagai makanan selingan ataupun sebagai makanan utama.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik

Mengatur porsi

Membantu anak dalam memilih jenis makanan dalam jumlah atau porsi yang tepat dalam menanamkan kebiasaan makan sehat.

Moms dapat mengacaku pada "Piring Makanku" yang diperkenalkan oleh Kemenkes RI melalui buku Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan dalam mengatur porsi di setiap waktu makan

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik

Konsumsi Air Putih

Air adalah pilihan terbaik untuk menghidrasi dan mengatur temperature tubuh, selain itu juga sangat penting khususnya bagi anak yang memiliki aktivitas yang padat dan banyak beraktivitas fisik, apalagi di iklim tropis.

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik


Aktif Bergerak

Pola hidup aktif tidak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga memiliki manfaat lainnya bagi anak, seperti membantu mengembangkan kemampuan motorik, kemampuan mengambil keputusan, fokus dan kerjasama.

Yuk Moms, motivasi anak-anak untuk menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bergerak dan mengurangi kegiatan yang lebih banyak dilakukan sambil duduk seperti bermain komputer. 

sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik

Menikmati Makan Bersama Keluarga

Tidak hanya apa dan seberapa banyak anak makan, dimana, dengan siapa dan berapa lama ia makan juga berperan penting dalam menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

Makan bersama keluarga membantu orang tua untuk memantau jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi anak. Selain itu, dengan makan bersama tentunya akan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga sehingga bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak.


sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik



--

Kesimpulan

  1. Jangan lewatkan sarapan, karena sarapan dapat memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian
  2. Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi
  3. Gaya hidup aktif tidak melulu dengan olahraga mahal, cukup dimulai dari aktifitas harian
  4. Terapkan prinsip ABC (Atur-Baca-Cukupi) dari Nestle Indonesia untuk mewujudkan sarapan bergizi seimbang
  5. Lakukan 5 Kebiasaan Hidup sehat untuk meminimalisir risiko malnutrisi pada anak

Yuk Moms, lakukan sarapan bergizi seimbang dan gaya hidup aktif untuk awali hari baik, agar tetap produktif, konsentrasi terjaga dan otak bekerja maksimal.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

56 komentar:

  1. Sarapan gak asal kenyang & asal makan aja ya tapi juga harus bergizi supaya ada tenaga menjalani aktivitas seharian sebelum makan siang. Anak-anak juga cepet kalau sarapannya pakai roti dibandingkan nasi, nah tinggal dikasih isian yg bergizi aja deh.

    BalasHapus
  2. Kalau ga sarapan rasanya gak bisa mikir. Kalau telat makan sy lgsg sakit biasanya jadi panas dingin.. hehe.. uraiannya sangat bagus mba.. suka 😍

    BalasHapus
  3. Kalau di keluarga saya, sarapan itu wajib. Bisa pada lemes kalau gak sarapan. Tetapi, kalau hari sekolah, sarapan yang praktis aja. Cereal dengan susu juga udah cukup. Saya juga pernah cobain NESTUM. Kalau yang manis, enak dikasih topping buah dan yogurt. Kalau rasa yang plain dikasih topping kayak bubur ayam

    BalasHapus
  4. Sarapan memang sangat penting ya. Orang puasa saja disunnahkan untuk sahur sebagai sarapannya.

    Gizi seimbang ini yang belum banyak diketahui masyarakat khususnya di daerah. Di tempat saya misalnya. Mereka sarapan selalu, tapi lebih banyak karbohidrat daripada serat dan protein. Malah bilangnya belum sarapan kalau belum makan nasi meski sudah minum teh, susu, makan roti, bubur dan atau ketupat. Hehehehe

    BalasHapus
  5. ABC merupakan cara kita belajar untuk bisa baca label pemakaian. Bahakan Mpo lihat jam kalau masak buat ngikut tingkat kematangan suatu masakan yang harus sesuai dengan tabel kemasan

    BalasHapus
  6. Kalau di keluarga Miss selalu sarapan walaupun hanya makan bakwan sayur.

    Jika tidak sempat masak , Mak I membeli bakwan sayur, makanan kesukaan None M

    BalasHapus
  7. memang harus banyak bergrak niiih kalau udah sering duduk makan banyak duh.. kayak gue hehe.. mudah2n bisa banyak olahraga n makan seimbang

    BalasHapus
  8. Iyap bner bngt sarapan itu ya untuk memulai aktivas untungnya anak2ku suka sama produk Nestle jd aman nih

    BalasHapus
  9. Sarapan itu wajib banget, jangan sampai terlewat. Penting banget untuk membaca label kemasan makanan, karena dari situ kita bisa tau info kelengkapan gizi

    BalasHapus
  10. Sarapan jadi gaya hidup... oke banget yakk..

    BalasHapus
  11. Budaya sarapan adalah baik untuk keluarga. Apalagi di pagi hari menuju siang hari dibutuhkan energi yang lumayan. Nah, sarapan dengan nestle boleh juga tuh memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh di pagi hari.

    BalasHapus
  12. Bener banget, sarapan itu penting deh. Bikin seharian jadi bersemangat dan bertenaga kalo sarapan. Dan tentu, sarapannya kudu yang pas gizinya. Gak terlalu berat karena bikin jadi ngantuk, tapi juga jangan yang terlalu ringan karena takutnya gak cukup. Roti bakar dan secangkir kopi atau susu, pas buat saya :D

    BalasHapus
  13. Sayangnya sarapan yang paling sering dilewatkan oleh masyarakat Kita. Ternyata malah sangat penting sekali y. Byk ragam sarapan praktis bergizi jg. Jd ga usah pusing ya harusnya

    BalasHapus
  14. Sarapan pagi memang jangan di skip ya meskipun sedang diet, sarapan pagi selalu diutamakan.

    BalasHapus
  15. Aku kalo skip sarapan malah bisa gemetaran sepanjang hari kak, makanya aku biasakan anak anak juga untuk sarapan tiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan karena sarapan tuh pagi hari yang amat dekat dengan kehectic-an para ibu ibu makanya aku selalu milih sarapan yang praktis kak, makasih loh artikelnya jadi nambah deh satu referensi sarapan keluargaku

      Hapus
  16. wah thx infonya mba. iya nih aku sarapan seadanya aja, makanan ga teratur, mesti dirapikan kembali nih

    BalasHapus
  17. Daku juga gitu kak, sebelum melakukan kegiatan diusahakan buat sarapan dulu, dan ternyata manfaatnya banyak bukan hanya membuat kenyang saja, tapi juga kepala jadi nggak kleyengan

    BalasHapus
  18. Aku jarang sarapan kak. Huhu jadi sadar deh pentingnya sarapan.
    Btw kepo deh aku sama menu sarapan sehat yg dibuat kak elly. Enak banget keliatannya

    BalasHapus
  19. Begitu pentingnya sarapan pagi ya mbak. Namun juga harus memperhatikan asupan gizinya agar tubuh pun sehat dan kembali bersemangat menjalani aktivitas.

    BalasHapus
  20. Sepakat dengan Mbak Elly, sarapan gizi seimbang penting buat keluarga. Aktivitas pagi hari butuh energi supaya bisa fokus dan optimal. Anak-anak biasanya sarapan apa?

    BalasHapus
  21. Aku sambil baca ini sambil boboin Zalwa, eh Zalwa ngintip ada Koko Krunch jadi minta deh ����
    Btw sarapan emang penting banget ya mba elly

    BalasHapus
  22. Sarapan pagi wajib banget apalagi buat anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan supaya pertumbuhan otak bisa maksimal dan perkembangan nya juga optimal

    BalasHapus
  23. Banyak banget ternyata ya mba manfaat sarapan. Aku nih sering skip karena mikirnya mending sekalian makan siang nanti. Lagian kalau pagi tuh suka bingung mau nyiapin sarapan aja, plus suka keteter juga waktunya.

    Untung sekarang ada Nestum atau Koko Krunch yang bisa dijadikan sarapan sehat.

    BalasHapus
  24. Eh bener ya kl sarapan ga bener siangnya bakal lapar tingkat dewa dan malah ngegendutin ya. Tp ku kadang suka moody kl sarapan. Bawaannya males ngunyah. Nah makan cereal mmg jd pembuka selera kata aku mah. Nestum nya nestle inovasi di Indonesia aja kayanya ya. Nyesuain sama lidah org indo. Coba kl ada disini udah aku beli buat stock sarapan.

    BalasHapus
  25. Bagus banget mbak kalau banyak acara beginian. Memdukung kita untuk hidup sehat. Soalnya kadang kalau niat kan diri utk hidup sehat itu halangannya pasti ada aja. So, good buat nesle.

    BalasHapus
  26. Sepakat mba, sarapan itu wajib banget kalau di rumahku, biarpun cuma makan buah2an kayak pepaya atau pisang, tapi perut sudah harus isi sebelum jam 9. Selain buah biasanya aku kasih sereal seperti kokokrunch atau nestum

    BalasHapus
  27. Banyak banget manfaat sarapan yah mbak,
    Di rumah juga selalu prioritas untuk sarapan, walopun cuma roti atau telor ceplok yang penting perut terisi dan bisa aktivitas yah mbak :)

    BalasHapus
  28. Sarapan memang pengennya yang simple tapi tetap kayak gizi ya, sarapan dengan nestle bisa jadi pilihan sarapan sehat dan praktis juga

    BalasHapus
  29. Bunda juga alhamdulillah sdh membiasakan Cucu bunda utk sarapan Koko Krunch disiram segelas susu coklat Dancow atau yg merk lain.

    BalasHapus
  30. Bener Mak, kalo pagi gak sarapan dl, produktifitas berkurang n moodnya jg gak baik utk beraktifitas seharian

    BalasHapus
  31. Senang baca blog mbak Elly, selalu ada dibuat sarat informasi. Lovee

    BalasHapus
  32. Anak-anak tuh sejak SMA dulu, sudah mulai minta sarapan yang praktis. SEperti roti bakar, atau choco crunch. Enggak mau lagi sarapan nasi. Kadang malah minta kayak aku, sarapan buah. Tapi aku tetap bawakan mereka bekal nasi untuk dimakan saat istirahat

    BalasHapus
  33. Seluruh keluarga harus terpenuhi kebutuhan gizinya dengan sarapan sehat dan lezat. Karena sarapan dapat membantu meningkatkan kinerja otak dan fisik.

    BalasHapus
  34. Sarapan itu memang penting bangat, tapi benar sih, sarapan bukan hanya yang penting kenyang, tapi kita juga harus memilih makanan yang memiliki kandungan gizi yang banyak agar tubuh kita semakin sehat dab juga kuat beraktivitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama mas Awan jd gak sekadar mengenyangkan tapi jg memperhatikan nilai gizinya yaaa

      Hapus
  35. Sejak kecil udah dibiasakan sama ortu untuk sarapan dan ternyata manfaat dari sarapan ini penting banget ya mbak. Sampai bisa memenuhi 15-30% kebutuhan gizi kita.

    Btw thanks for sharingnya mbak, kapan2 boleh juga nih sarapan dengan nestle, apalagi praktis juga membuatnya.

    BalasHapus
  36. Di rumahku sarapan jg wajib, seringnya kalau gak ada masakan siap pagi ya telur, roti, trus koko krunch itu wajib ada.
    Kalau Nestum aku blm pernah nyobain :D
    Sarapan itu penting supaya bisa dapat bahan bakar utk beraktivitas ya mbak?

    BalasHapus
  37. Anak2 yg pola makan saat sarapan pagi tiu bagus biasanya kebiasaan makannya seumur hidup juga bagus lo.

    BalasHapus
  38. Aku termasuk yang wajib sarapan pagi kalo ga pusing. Suka deh sama sarapan bergizi ituuh ternyata emang bener ga asal kenyang aja tapi bner pilihan bergizi seimbang yaaa.
    Btw itu aku suka liat buibu yang energiik iihhh...

    BalasHapus
  39. sarapan itu pentingg... kalo ga sarapan gue bisa ga fokus seharian... dan harus seimbang asupan gizinya ya kaaa

    BalasHapus
  40. Aku dari dulu selalu dibiasakan sarapan tiap pagi walau hanya sesendok ibaratnya. Jadi sampai sekarang terbiasa. Kalau bisa tetap sarapan seimbang makin mulai hari juga semangat

    BalasHapus
  41. Sarapan memang penting ya untuk siapa saja, mau anak dewasa semuanya sama. Saya bela belain masak pagi biar anak dan suami makan sebelum aktifitas, biar tetap.semangat sampai tiba istirahat lagi dan lanjut sampai Zuhur.

    Btw seru ya acaranya. Jadi ajang acara keluarga ini ya. Mantap

    BalasHapus
  42. Sarapan pagi memang gak boleh dilewatkan yaa, Mba. Saya nih kalo gak sarapan, bisa uring-uringan deh di kantor dan gak akan konsentrasi kerjanya. Makanya setiap hari gak pernah alpa sarapan :)

    BalasHapus
  43. Sarapan itu wajib banget kak kalau ga gitu biasanya pusing hehe makanya sebisa mungkin setiap hari anak-anak harus sarapan sebelum berangkat sekolah.

    BalasHapus
  44. Dan yang paling penting, walau porsi sarapan gak sebanyak makan siang, gizinya tetap harus diperhatikan yaa :)

    BalasHapus
  45. Tadi pagi anakku juga sarapan Koko Krunch dan susu. Praktis banget dan pas porsinya. Gak kekurangan maupun kekenyangan.

    BalasHapus
  46. Betul mba, memang yang namanya sarapan itu penting banget ya. Supaya lebih bisa konsentrasi menghadapi pelajaran di sekolah

    BalasHapus
  47. Untuk sarapan aku juga saklek banget ke anak mba, harus sarapan pokoknya. Kadang anak kan suka males-malesan tuh sarapan. Iya sih, memang pagi hari tuh kondisi lambung masih ga enak banget. Tapi ya gimana kan, saat sekolah butuh asupan nutrisi yang bagus. Kalau enggak sarapan bisa lemes.

    BalasHapus
  48. Wah boleh nih dicoba kreasi sarapan biar ga bosan itu-itu aja, tapi seringnya itu kebiasaan sarapan pagi mesti nasi terus, padahal sumber energi bukan dari nasi aja

    BalasHapus
  49. Wah kreasi makanannya lezat sekali ada buahnya kiwi lagi kesukaanku. Sepakat banget ada olahraga juga

    BalasHapus
  50. Sarapan emang penting banget yaaa tapi perlu juga jadi fokus bagaimana sarapan yang baik hehe

    BalasHapus
  51. Nestum + Koko Krunch + susu + buah.
    Lengkap banget itu sarapannya Mbaa. :)

    BalasHapus
  52. yups setuju banget kak, sarapan itu harus sehat bukan harus banyak ya kak hehehehe, kurangi karbo perbanyak serat biar gak ngantuk juga deh ;D

    BalasHapus
  53. Saya setuju dengan pemaparan mba Elly. Sarapan itu menjadi satu pondasi penting untuk memulai hari oleh karenanya kandungan yg dikonsumsi pun harus memenuhi standar gizi yang tepat. Orang yg terbiasa dgn sarapan sehat biasanya mood nya jauh lebih baik dab untuk usia anak lebih fokus terima pelajaran dan aktif bergerak

    BalasHapus
  54. Bener banget paling utama itu harus sarapan pagi ya Mba. Supaya dalam beraktifitas maupun di sekolah tetap fokus. Dan asupan gizi pun terpenuhi.

    BalasHapus

Instagram