Inspiring Journey : 30 Tahun Perjalanan Shafira, Kreatifitas dan Kepercayaan menjadi Kunci Kesuksesan Shafira

inspiring journey 30 tahun perjalanan shafira

Perjalanan Shafira di industri fashion Indonesia sudah hampir 30 tahun dan telah menghadirkan koleksi fashion muslim yang modis sejak tahun 1988.

Membesarkan sebuah brand busana, apalagi brand busana muslim tidak mudah, dibutuhkan kreatifitas serta kepercayaan. Shafira telah mendapatkan kepercayaan masyarakat atas hasil karya-karya yang kreatif dan inovatif.  


Dear Ladies,

Ada yang pernah mendengar brand busana muslim Shafira? atau adakah yang telah menjadi pelanggan setia produk-produk fashion dari Shafira?

Saya mengenal brand fashion Shafira sejak 3 tahun lalu, saat itu saya aktif dalam komunitas hijabers dan sering menghadiri fashion show dari desainer-desainer di Indonesia salah satunya Shafira. Saya mengenal Shafira hanya sebatas brand fashion muslimah tetapi belum mengenal lebih dekat dengan Shafira.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Shafira

Saat mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih dekat dengan Shafira, saya langsung kepoin instagram Shafira @shafiramuslimfashion dan “Subhanallah” merupakan kata pertama yang keluar dari mulut saya, karena karya-karya Shafira sangat elegant, fashionable dan berkelas.
inspiring journey 30 tahun perjalanan shafira
Instagram Shafira Fashion Muslim

Karya-karya shafira telah menghipnotis saya dan membuat rasa penasaran untuk mengetahui sosok dibalik brand busana muslim Shafira dan bagaimana bisa menghasilkan karya-karya yang menurut saya sangat luar biasa, teman-teman bisa melihat tentang koleksi Shafira melalui official website Shafira di www.shafira.com

Setelah melihat koleksi Shafira di website, membaca sekilas informasi tentang Shafira dan mencari tahu tentang informasi terkini dari Instagram Shafira, akhirnya saya menemukan nama Feni Mustafa sebagai founder dan desainer atau sosok dibalik maha karya Shafira.

Tidak ragu lagi langsung saya klik instagram dari Founder dari Shafira yaitu @feni.mustafa mmm.. menurut saya Ibu Feni Mustafa adalah sosok wanita yang ramah dan supel, saya belum pernah bertemu dengan Ibu Feni Mustafa sebelumnya, namun tergambar dengan jelas dari berbagai aktifitas yang beliau share di Instagramnya dan raut wajahnya.

inspiring journey 30 tahun perjalanan shafira
Instagram Feni Mustafa, Founder Shafira

Alhamdulillah, pada saya berkesempatan untuk mengenal lebih dekat dengan Shafira pada acara Shafira's Intimate Sharing Session dengan tema "Inspiring Journey" yang berlangsung pada hari Kamis, 23 Agustus 2018 di Twin House Cipete, Jakarta Selatan.

Saat itu Ibu Feni tidak hadir, namun Mba Seli Maulani, Marketing Communications of Shafira telah membuat saya mengenal lebih dekat dengan Shafira dan mulai jatuh hati dengan koleksi dari Shafira yang ternyata semua produk dari Syafira itu sangat eksklusif dan dan dibuat secara detail dan handmade.

Selain itu juga semua koleksi Shafira menggunakan bahan premium, maka harga produk Shafira juga sebanding dengan kualitas dan juga pengerjaannya yang detail dengan quality control yang sangat baik dengan koleksi Shafira sangat nyaman dan awet digunakan.

inspiring journey 30 tahun perjalanan shafira
Mba Seli Maulani, Marketing Communications of Shafira saat menjelaskan tentang 30 tahun perjalanan Shafira

Menurut Mba Shelly, perwakilan dari Shafira bahwa inovasi terus menerus dilakukan oleh Shafira mulai dari penggunaan bahan premium juga bekerjasama dengan perusahaan swarovski sejak tahun 2012. Jika saat ini brand busana muslim banyak menggunakan kristal dari swarovski sebagai hiasan pemanisnya, Shafira sudah lebih dulu menggunakan Swarovski.

Selain bahan kualitas premiun, untuk jilbab Shafira juga bisa request menggunakan inisial nama kita dengan menggunakan kristal swarovski, duh sangat ekslusif ya.. dan saya belum punya jilbab yang berinisila seperti ini lho.. jadi pengen buat deh.

inspiring journey 30 tahun perjalanan shafira
Jilbab bisa request menggunakan inisial nama kita dengan menggunakan kristal swarovski,
sangat ekslusif ya

Shafira Brand Busana Muslim Pertama di Indonesia

Shafira adalah brand busana muslim pertama di Indonesia dan terus berkembang, tak hanya terbatas di Indonesia, namun hingga ke berbagai pelosok dunia. Shafira telah menginspirasi keindahan Islam melalui karya busana muslim yang mempesona.

Ketekunan seorang Feni Mustafa selama bertahun-tahun membangun bisnis menjadikan Shafira menjadi Shafira yang sekarang cukup dikenal di kalangan pencinta busana muslimah dan telah memiliki lebih dari 20 gerai Shafira di seluruh Indonesia.

Ibu Feni juga mengembangkan bisnisnya dengan mengelola brand Zoya yang sebelumnya bernama Lamara dan hingga kini telah memiliki 140 toko di seluruh Indonesia. Ibu Fenni juga sering berpergian ke Eropa seperti Paris, Amerika Serikat dan wilayah negara lainnya untuk terus mempelajari tren busana dunia untuk mendapatkan rujukan busana muslimah modern yang akan dihadirkan Shafira dan Zoya.
30 tahun perjalanan shafira
Koleksi Shafira pada IFW tahun 2018
(Foto sumber Instagram @shafiramuslimfashion)

30 tahun perjalanan shafira
Koleksi Shafira pada IFW 2017
(Foto sumber Instagram @shafiramuslimfashion)

Harapan Ibu Feni adalah, semua muslimah selain shalehah juga dapat terlihat cantik dan fashionable, karena brand busana muslim Shafira dan Zoya dibuat untuk para muslimah sebagai bentuk kepedulian dari Ibu Feni terhadap seluruh muslimah di Indonesia baik kalangan muda maupun kalangan yang lebih dewasa.

Koleksi Shafira dan Zoya selain bisa didapatkan di gerai-gerai yang ada dikota-kota besar di Indonesia, koleksi Shafira dan zoya dapat ditemukan secara online yaitu di www.shafira.com dan www.zoya.co.id

koleksi shafira ngabaraga
Koleksi Shafira Ngabaraga
(Foto sumber Instagram @shafiramuslimfashion)

koleksi shafira ifw 2014
Koleksi Shafira IFW 2014
(Foto sumber Instagram @shafiramuslimfashion)

Kegiatan Menjelang 30 tahun Perjalanan Shafira.

Sebagai rasa terima kasih Shafira terhadap terhadap kesetiaan pelanggannya yang sudah mencapai lebih dari 100 ribu yang sejak awal Shafira berdiri selalu menanti koleksi terbaru, maka Shafira membuat “Logo Desain Competition” seluruh pelanggan Shafira diberi kebebasan untuk menuangkan idenya untuk desain logo Shafira yang baru.

Shafira”Logo Desain Competition” telah berhasil mengumpulkan 700 usulan logo dari seluruh pelanggan Shafira di seluruh Indonesia, logo desain terpilih nanti akan di sampaikan kepada publik, InshaAllah pada bulan Maret 2018 saat acara gathering bersama para influencer fashion di Jakarta.
Inilah pemenang logo 30 tahun perjalanan Shafira
(Foto sumber Instagram @shafiramuslimfashion)

Selain Logo Desain Competition, Shafira juga rutin melaksanakan gathering atau pertemuan dengan komunita-komunitas khususnya komunitas perempuan yang memiliki minat pada fashion. DIY, Fotography menjadi salah satu kegiatan bersama komunitas perempuan, tujuannya adalah bagaimana menjadi perempuan yang kreatif serta mandiri dalam menjalankan perannya sebagai orangtua maupun sebagai individu.

inspiring journey 30 tahun perjalanan shafira
 Community Gathering, Saya beserta peserta lainnya dalam Inspiring Journey, 30 tahun Perjalanan Shafira

Mengenal Allah dan Fashion Bersama Nadiah Fatimah

Nadia fatimah adalah seorang surivival lupus, kisah kehidupannya begitu menginspirasi banyak orang. Ketika usia muda, Nadiah termasuk sosok wanita yang beruntung, dari pekerjaanya Nadiah bisa mendulang pundi-pundi uang yang besar. Tak hanya itu, perkerjaan Nadiah saat itu mengharuskan Nadia pergi ke tempat-tempat yang tidak disukai Allah.
inspiring journey 30 tahun perjalanan shafira
Nadiah Fatimah saat sharing tentang perjalanan hidupnya yang pernah tidak bisa berjalan semala 11 bulan karena penyakit lupus

Perjalannya Hijrahnya berawal dari, ketika dirinya belum menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya, punya pekerjaan bagus dan banyak uang ternyata belum membuat seorang Nadiah merasa bahagia. Doa Nadiah adalah semoga dirinya mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya.

Pada akhir tahun 2018 Nadiah menikah dan pada hari pertama menikah, Nadiah mendapat vonis dokter menderita penyakit lupus yang menyebabkan tubuh Nadiah lumpuh sebagian yaitu dari bagian perut hingga kaki dan Nadiah tidak bisa berjalan selama 11 bulan.

Selama11 bulan tersebut, Nadia banyak mengambil hikmah, dan ini adalah jawaban dari doa Nadiah untuk mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya, yaitu dengan diberi ujian agar Nadia semakin mengenal dan mencintai Allah SWT.

Selain doa yang tidak pernah putus kepada Allah SWT yang telah menciptakannya, Nadia juga berupaya dengan terus melakukan pengobatan, pengobatan yang tidak mahal. Nadiah menghabiskan uang sebesar 50 juta setiap bulannya untuk mendapatkan obat atas penyakit lupusnya. Sampai Akhirnya Nadiah bisa kembali berjalan setelah lumpuh selama 11 bulan.

Dulu Nadiah merasa cantik saat dirinya diperhatikan oleh orang lain, namun setelah penyakit dan dideritanya dan pernah merasakan nikmat Allah SWT yang tidak bisa berjalan hingga 11 bulan, Nadia menemukan arti kecantikan fashion yang sebenarnya, yaitu berpakaian hanya untuk terlihat cantik oleh Allah SWT dan koleksi dari Shafira sangat mewakili para muslimah di Indonesia yang ingin terlihat cantik di hadapan Allah SWT.

--

Bagaimana teman-teman, semoga kisah perjalanan 30 tahun Shafira ini dapat menginspirasi ya.. bahwa kesuksesan tidak secara instan, tapi butuh perjuangan, kerja keras, kepercayaan serta kreatifitas, hingga mendapatkan tempat di hati masyarakat khususnya para pelanggan setianya.

Dan semoga kisah Nadia Fatimah juga menjadi inspirasi bagi kita semua, bahwa ada hikmah dalam setiap ujian yang Allah SWT berikan dan sebaik-baik manusia adalah yang mengambil hikmah dari setiap ujian dan menjadi lebih baik setiap harinya.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

23 komentar:

  1. aku udah kenal Shafira dah lama mba dan koleksi Zoya juga masih kugandrungi sampai sekarang :)
    btw kisah mba Nadia terserang lupus mirip dengan rekan kerjaku mba yang pada akhirnya hijrah sesungguhnya karena Alloh saat ini rekan kerjaku masih menjadi pejuang Lupus meski hampir tiap bulan absen terus tapi kusalut semangat hidupnya untuk sembuh luar biasa :)

    BalasHapus
  2. Ibu Feni ini hebat ya. Ternyata Shafira ini pelopor paKaian muslinah di Indonesia. Skrg Zoya pun sudah punya sekitar 140 toko..wah keren �� Bu Feni bepergian ke luar negeri sambil mencari inspirasi kekinian ttg desain terbaru mungkin ya hebebe.

    BalasHapus
  3. wah udah 30 tahun ya. Koleksi shafira kalau di mataku serius. Mungkin ini yang memang mba Fenny tanamkan sebagai brandingnya dengan warna-warga dasar.

    BalasHapus
  4. Brand Shafira sangat dikenal dengan kualitasnya yang bisa dipercaya.
    Aku sudah cukup lama kenal Shafira, sejauh ini memang bagus prosuknpr

    BalasHapus
  5. Benar sekaliiii, kesuksesan itu ga ada yang instan. Suka salut sama perempuan hebat yang mengembangkan bisnis fashion, termasuk Shafira.

    BalasHapus
  6. Cakep cakep ya busananya, warnanya juga lembut.

    BalasHapus
  7. Sudah lama juga ternyata ya, aku kenal Shafira ya pas familiar dengan internet dan pindah ke Ibu kota. Salut dengan perempuan2 inovatif yang inspiratif... Semoga terus jaya dalam menjalani usahanya

    BalasHapus
  8. Suka sama warna-warnanya soft banget ya

    BalasHapus
  9. Shafira ini sudah kukenal sejak 16th lalu ada butik di pondok gede yg masih keliatan kecil tapi apik, dan memang harganya premium, untuk memiliki 1 baju saja aku harus nabung dulu hehe.. Keren deh skrg udah ada ratusan toko, mantap

    BalasHapus
  10. Shafira memang sudah identik dengan produk pakaian yang memang kelas premium. Aku senang walaupun premium, Shafira selalu identik dengan ilegan dan tetap syarii

    BalasHapus
  11. Wah brand ini udah lama yaaaa, kirain brand baru gtu mbak :D
    Luar biasa bisa bertahan 30 tahun, mungkin krn kualitas premiumnya senantiasa dijaga itu yaaaa...

    BalasHapus
  12. Sebagai pionir di usaha baju muslim, Shafira memang tetap punya positioning ya. Walaupun, aku kalau beli baju Shafira cuma setahun sekali pas Lebaran :)

    BalasHapus
  13. Shafira gamis branded pertama yg dulu kupunya. Itupun beli seken dadi bosku hahaha.... Udah lama juga yaa Shafira berdiri.

    BalasHapus
  14. Wah busananya emang elegan banget ya, jadi pengen kenalan juga dengan Ibu Fenny biar bisa belajar membangun bisnis

    BalasHapus
  15. Aku sdh ckp lama mengenal Shafira. Rutin sih melipir ke outlet Shafira setiap Ramadhan krn ibuku paling sukak dg model dan jahitan Shafira.

    BalasHapus
  16. Ibu Feni is so inspiring! Nggak nyangka kalau Zoya itu berada dalam perusahaan yang sama dengan Shafira. Salut dengan kerja keras beliau membangun Shafira sehingga sampai pada titik ini. Semofa Shafira bisa terus menginspirasi dan membuat muslimah tetap cantik fashionable and syari ya

    BalasHapus
  17. Udah lama banget ya Saphira ini.
    Seingatku di tahun 90an dulu harganya rasanya udah mahal banget buat kantongku. Maklum waktu itu baru mulai merintis karier.. Heheh

    BalasHapus
  18. Bisa bertahan selama 30 tahun di dunia fashion yang persaingannya ketat seketat manset ��, adalah prestasi yang luar biasa yaa.
    Aku suka designnya shapira, elegant dan feminin sekali.

    BalasHapus
  19. Aku ingat banget waktu masih SMP gitu,, ummiku setiap lebaran selalu belanja di butik shafira,, udah lama bangettt mmg .. biasa sekeluarga seragam beli koleksi shafira. Dan sampemskrg baju2 yg dibeli di shafira itu awet awet masih kepake dan ga ketinggalan jaman dong stylenya.
    Inspiratif banget kisah kesuksesannya yaa.. masyaAllah. Bener2 apa yg dari hati bakal menyentuh hati jg . Semoga terus berkembang shafira brand, terus menginspirasi muslimah di Indonesia

    BalasHapus
  20. Keren banget yah Shapira skrg bsa sampai 30thn. Berrti sebelum sy lahir Shapira udah ada. Design shapira jg salah satu favorit aku nih 😆

    BalasHapus
  21. 30 tahun bukan waktu yang sebentar ya..apalagi tren hijab sedang menanjak saat ini..keren deh koleksinya

    BalasHapus
  22. brand safira ini bagus-bagus ya, banyak lagi modelnya bisa yang casual sehari-hari sampai yang resmi

    BalasHapus
  23. Kisah kak Nadiah memang inspiring sekali ya kak. Aku sampai berkaca-kaca pas dengerinnya

    BalasHapus

Instagram