Solusi Mudah Makan Buah Untuk si kecil dengan Milna Nature Delight

solusi mudah makan buah untuk si kecil dengan milna nature delight

Manfaat buah tidak hanya mampu menjaga daya tahan tubuh, mencegah obesitas, serta menjaga kesehatan pencernaan, tetapi buah juga merupakan salah satu sumber mikronutrien terbaik untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Masyarakat Indonesia tergolong kurang makan sayur dan buah. Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menyebutkan bahwa 93,5% penduduk berusia di bawah 10 tahun, tidak mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran. Padahal, konsumsi sayur dan buah, sangat penting untuk gizi seimbang Si Kecil.

Hi bunda,

Bagaimana kabar si kecil, sudahkah konsumsi sayur dan buah hari ini? apakah si kecil termasuk mudah dalam mengkonsumsi sayur dan buah atau sebaliknya? dan bagaimana cara bunda untuk memenuhi kebutuhan buah harian si kecil untuk tumbuh kembangnya?

Jangan merasa sendirian ya bunda, anak saya Dastan saat ini usianya 4 tahun juga termasuk yang sulit konsumsi sayur dan buah, suka pilih-pilih sayuran dan buah sebelum di konsumsi. Tekstur yang kasar dan rasa asam menyulitkan Dastan menggemari sayur dan buah.

Padahal Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan anak balita dan anak usia sekolah untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per orang per hari dan untuk remaja hingga dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari.

Menurut berbagai penelitian membuktikan bahwa kebiasaan konsumsi sayur dan buah harus dilakukan sejak dini yaitu sejak bayi pertama kalinya diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MPASI. Kebiasan tersebut akan memudahkan si kecil dalam konsumsi sayur dan buah dimasa-masa pertumbuhan selanjutnya.

Pentingnya Konsumsi Buah

solusi mudah makan buah untuk si kecil

Manfaat buah tidak hanya mampu menjaga daya tahan tubuh, mencegah obesitas, serta menjaga kesehatan pencernaan, tetapi buah juga merupakan salah satu sumber mikronutrien terbaik untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Lalu sebaiknya berapa jumlah konsumsi buah dalam sehari? konsumsi buah untuk si kecil usia 12 bulan keatas = 720-150 gram/hari setara dengan satu buah apel ukuran sedang atau satu mengkuk potongan buah.

Bunda, membiasakan si kecil mengkonsumsi buah-bahan setiap hari sangat penting, agar konsumsi buah menjadi kebiasaan baik, maka harus dimulai sejak usia dini yaitu saat pemberian makanan pendamping ASI.

Hal ini saya dapatkan saat saya menghadiri edukasi kesehatan anak bersama Kalbe Nutritional dengan narasumber Dokter Anak dengan tema “Cara Mudah Makan Buah untuk Si Kecil” pada tanggal 5 Mei 2018 di kawasan SCBD, Jakarta.

Bunda, ternyata jika si kecil kekurangan serat dan vitamin dari buah, bisa mengakibatkan masalah serius untuk kesehatan si kecil lho bun seperti :
  • Gangguan pencernaan seperti konstipasi
  • Gangguan tumbuh kembang
  • Kelebihan berat badan
solusi mudah makan buah untuk si kecil

Sayur dan Buah dalam Makanan Pendamping ASI atau MPASI

solusi mudah makan buah bagi si kecil
Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K), dokter spesialis anak dan Christofer Samuel Lesmana, Brand Manager Milna dalam bincang sehat tentang Cara Mudah Makan Buah untuk Si Kecil (05/05/2018)

Pada saat sikecil berusia 6 bulan, bunda bisa berikan makanan pendamping ASI atau MPASI yang bertekstur cair dan lembut terlebih dahulu seperti bubur buah atau bubur sayuran yang dihaluskan sesuai dengan daya terima si kecil.
"Belum ada acuan kecukupan serat pada bayi di bawah usia 1 tahun, namun berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan terhadap sayur dan buah secara berulang membuat penerimaan terhadap sayur dan buah menjadi lebih mudah di masa selanjutnya,” - Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K) -

Berikut adalah Panduan Makanan Pendamping ASI mulai usia 6 bulan yang saya dapat dari berbagai literasi ya bunda :
  • Berikan si kecil MPASI porsi kecil terlebih dahulu dengan tekstur halus dan lembut agar si kecil tidak tersedak
  • Hindari penggunaan makanan yang merangsang sistem pencernaan si kecil seperti hindari pemberian buah asam seperti lemon, stroberi
  • Hindari penggunaan garam dan gula. Utamakan memberikan MPASI dengan rasa asli makanan, karena bayi usia 6-7 bulan fungsi ginjalnya belum sempurna
  • Jangan terlalu banyak mencampur jenis makanan pada awal pemberian MPASI, namun cukup satu persatu saja. Berikan dulu dalam 2-4 hari untuk mengetahui reaksi bayi terhadap setiap makanan yang diberikan, untuk mengetahui jika bayi memiliki alergi terhadap makanan tertentu
solusi mudah makan buah bagi si kecil

Jenis-Jenis Makanan Pendamping ASI atau MPASI

  • Buah, pemberikan buah merupakan salah satu cara untuk mengenal berbagai jenis rasa. Pada tahap awal bunda bisa memberikan buah yang bertekstur lembut atau cair seperti sari jeruk,pisang, pepaya dan lainnya. Untuk pemberian apel atau pear, sebaiknya di kukus terlebih dahulu, lalu di blender dan disaring
  • Biskuit, selain sumber kalori, pemberian buah dapat diberikan sebagai variasi. Sebaiknya bunda memilih biskuit khusus bayi yang mudah larut, bergizi lengkap serta menstimulasi pertumbuhan gigi. Pemberian biskuit juga dapat dicampur dengan sari buah atau air.
  • Bubur bayi, selain sebagai sumber energi, bubur juga merupakan sumber gizi pendamping ASI yang diperlukan dalam tumbuh kembang bayi.
jenis makanan pendamping asi

Camilan Sehat untuk si kecil

Ngemil itu tidak selalu jadi hal yang buruk lho bun, justru Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan pemberian camilan sehat untuk si kecil sebanyak 2 kali sehari di sela waktu makan utama, lalu bagaimanakan cara memilih camilan sehat dan bergizi bagi si kecil :
  • Bebas dari bahan tambahan pangan berbahaya
  • Mengandung Karbohidrat, Protein dan lemak secara seimbang
  • Camilan juga bisa berupa puree buah atau buah potong

Agar si kecil Gemar Makan Buah

Manfaat buah untuk si kecil memang tidak perlu diragunakan lagi, denan rutin mengkonsumsi buah-buahan, si kecil akan memiliki berat badan ideal, pencernaan yang lebih baik, serta lebih terlindungi dari penyakit.

Tapi sayangnya tidak semua anak suka makan buah-buahan, berikut adalah cara untuk menyiasati agar si kecil bisa makan buah :
solusi mudah makan buah bagi si kecil

Karena sudah tidak diragukan lagi, buah-buahan memiliki beragam manfaat baik untuk tumbuh kembang sikecil. Bunda dapat mencoba Milna Nature Delight sebagai cara mudah makan buah yang lezat sekaligus bernutrisi tinggi.

Milna Nature Delight

Bunda tentu ingin memberikan beragam manfaat buah untuk si kecil, bunda dapat memberikan Milna Nature Delight, produk terbaru dari Milna Ahlinya Makanan Bayi yaitu Cara mudah makan buah yang terbuat dari buah pilihan dengan kandungan 100% buah asli. Tak hanya bermanfaat tetapi waktu makan buah si kecil juga menjadi menyenangkan.

Keungulan Milna Nature Delight

  • 100% buah asli
  • Tanpa bahan pengawet
  • Tanpa Penambahan Gula
  • Melalui Proses Advanced Pasteurization Technology
  • Dalam Kemasan Praktis
solusi mudah konsumsi buah untuk si kecil
3 Varian Rasa Milna Nature Delight, yaitu Varian Banana Strawberry Apple, Varian Apple Peach dan Varian Carrot Apple Pumpkin

Ada 3 varian rasa Milna Nature Delight yang telah disesuaikan dengan kebutuhan buah Si Kecil yaitu:
  • Varian Banana Strawberry Apple
  • Varian Apple Peach
  • Varian Carrot Apple Pumpkin
"Terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa yang akan digemari dengan ukuran dan bentuk kemasan yang nyaman untuk digenggam Si Kecil. Sangat praktis untuk dibawa serta tidak mengandung pengawet ataupun gula tambahan,” - Christofer Samuel Lesmana, Brand Manager Milna -

Tahukan bunda bahwa setiap warna pada buah dapat menunjukan manfaat yang di kandungnya lho, yuk kenali kandungan buah dari warnanya :
  • Warna merah seperti apel dan strawberry mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit
  • Warna kuning seperti pisang, menunjukan kandungan kalium dan asam folat yang dapat menjaga kesehatan mata.
  • Warna hijau seperti kiwi, selain kandungan flavonoid, buah yang berwarna hijau memiliki kandungan asam alegat yang fungsinya sebagai antoksidan dan mampu memengaruhi tekanan darah.

Siapa Saja yang Bisa Mengkonsumsi Milna Nature Delight?

Milna Nature Delight sudah bisa diberikan kepada si kecil mulai dari usia 6 bulan hingga 5 tahun.

Alhamdulillah, untuk usia Dastan yang saat ini sudah 4 tahun, masih bisa konsumsi buah dan sayur dengan Milna Nature Delight, sehingga kebutuhan konsumsi buah harian dapat terpenuhi, khususnya saat berpergian.

solusi mudah makan buah untuk si kecil

Kenapa dalam Kemasan Tertulis untuk Anak 1-5 Tahun?

Karena Milna Natural Delight merupakan puree dengan 100% buah asli tanpa bahan pengawet dan tanpa tambahan sehingga aman dikonsumsi usia 6 bulan keatas dan untuk keterangan usia 1-5 tahun disesuaikan dengan regulasi BPOM.

Apakah Milna Nature Delight Menyebabkan Alergi?

Milna Nature Delight tidak mengandung protein susu sapi sehingga aman dikonsumsi oleh anak alergi karena terbuat dari 100% buah asli, tanpa bahan pengawet.

solusi mudah makan buah untuk si kecil

Bagaimana Daya Tahan Milna Nature Delight?

Setelah bunda membuka kemasan Milna Nature Deligth, harus disimpan didalam lemari pendingin dan harus dihabiskan sebelum 48 jam, tapi lebih baik habiskan setelah kemasan dibuka.

Cara Mudah Konsumsi Milna Nature Delight

Sebelum membuka dan mengkonsumsi Milna Nature Delight, jangan lupa mengkocok terlebih dahulu ya bunda. Ada 3 (tiga) cara mudah mengkonsumsi Milna Nature Delight, yaitu
  • Dikonsumsi secara langsung
  • Dituang kedalam mangkok
  • Dituang kedalam sendok
cara mudah mengkonsumsi buah bagi si kecil

Solusi Makan Buah Saat Berpergian

solusi mudah makan buah saat berpergian
Saat kami berpergian ke pantai, Dastan ngemil sehat puree buah dari Milna Nature Delight
 
Bunda sering ngga sih jika berpergian lupa atau bahkan tidak sempat menyiapkan buah untuk konsumsi harian si kecil, saya termasuk yang sering tidak sempat menyiapkan buah saat sebelum berpergian.

Waktu berangkat berpergian yang terlalu pagi, repot  dan banyaknya barang yang dibawa merupakan faktor utama tidak menyiapkan buah saat berpergian. Karena anak-anak saya maunya praktis jadi semua buah harus saya potong-potong terlebih dahulu lalu disiapkan dalam wadah khusus.

Jika sudah dilokasi tempat rekreasi dan tempat liburan lainnya biasanya repot potong-potong buahnya, saya lebih banyak menjaga anak-anak, maklum anak saya dua-duanya laki-laki dan sangat super exited terhadap hal-hal baru yang dilihatnya, jadi sebagai orangtua saya dan suami harus menjaga anak-anak.

Sejak ada Milna Nature Delight, saya sudah tidak khawatir lagi, karena sudah ada cara mudah makan buah untuk si kecil. Dikemas secara praktis agar mudah dibawa dan cocok untuk dikonsumsi saat berpergian.
solusi makan buah saat berpergian
Dastan sangat menikmati puree buah dari Milna Nature Delight, Yeay kini makan buah lebih mudah

Harga dan Tempat Pembelian Milna Nature Delight?

membeli milna di kalbe store
Milna Nature Delight bisa dibeli melalui online di www.kalbestore.com

Bunda, Milna Nature Delight sudah bisa didapatkan di Alfamart, Farmers, Foodhall, RanchMarket, AEON, Carrefour atau bisa beli secara online www.kalbestore.com

Berat netto 80 gr dan harga jual yang disarankan adalah Rp. 15.000,- dan jika bunda membeli melalui KalbeStore saat ini sedang harga diskon lho bun, menjadi Rp. 9.500,- lumayan kan bun lebih hemat.

Informasi lengkap dan terbaru dari Milna ahlinya makanan bayi, bunda bisa dapatkan melalui :
Website : www.milna.com
Facebook: MilnaID
Instagram : @milnaid
Twitter : @BundaMilna

solusi makan buah untuk si kecil
Bersama Milna Indonesia membantu generasi bangsa Indonesia dengan produk yang bernutrisi tinggi serta inovatif agar dapat memberikan momen makan pertama yang terbaik untuk generasi bangsa.

Semoga sharing informasi bagaimana saya mendapatkan solusi mudah makan buah untuk Dastan dapat bermanfaat ya bun.

Lalu bagaimana pengalaman bunda dalam mencari solusi mudah makan buah untuk si kecil? boleh banget lho bunda kita saling berbagi pengalaman di kolom komentar.

Yuk bunda, jadikan makan buah si kecil lebih mudah dan menyenangkan.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

18 komentar:

  1. Dastan doyan ya sama Puree buah dari Milna Nature Delight. Pas banget buat cemilan selama bepergian ke pantai ya

    BalasHapus
  2. jangankan dastan, aunty pun suka nak sama Milna Nature Delight ini, enyakkkkk ...

    BalasHapus
  3. pas sekali buat keponakan yang susah makan sayur, sehari-hari kebanyakan makan daging dan karbo

    BalasHapus
  4. Pembiasaan pada buah-buahan memang harus sejak dini ya

    BalasHapus
  5. Waah Dastan main pasir di mana itu. Salim jg masih susah makan buah nih.

    BalasHapus
  6. Kalau ada yang praktis tapi pas buat anak memang jadi pilihan ya. Apalagi Milna memang pas buat anak karena terjamin

    BalasHapus
  7. Milna Nature Delight ini praktis buat cemilan sehat anak. kadang mamak malas bikinnya hehehe

    BalasHapus
  8. Wah kalau traveling bawa puree buah Milna ini jadinya praktis ya mbak? Balita tetep bisa makan, emak sennag krn gak perlu repot seduh2 bubur hehe

    BalasHapus
  9. Anak2ku dulu aku kasih Milna juga. Kandungan gizi dan nutrisinya banyak dan berkualitas. Jadi ga ragu deh trus ada biskuitnya juga beraneka rasa.

    BalasHapus
  10. Wow... keren ya sekarang Milna dengan inovasi baru.Zaman anak saya dulu varian Milna baru bubur dan biskuitnya saja. Pastinya enak ya yang rasa buah dan ini membiasakan anak jadi suka buah

    BalasHapus
  11. Milna nature delight juga enak loh dibuat puding

    BalasHapus
  12. Praktis buat dibawa2 ya kemasannya, gak khawatir tumpah2 juga. Boleh nih jadi asupan tambahan buat adik bayi nanti :))

    BalasHapus
  13. Asyiik ada cara mudah mengenalkan buah bagi bayi. Bentuknya juga praktis dan bisa dibawa kemana2.

    BalasHapus
  14. Praktis sekarang yg mba,, milna inovasinya ok, bikin ibu2muda ngga repot, zaman aku dulu kan mesti ngejuice buat kidos

    BalasHapus
  15. Waah enaknya, Dastan makin pintar deh rajin makan buah, aku juga mau deh beli ini untuk anak-anak

    BalasHapus
  16. pengen banget coba nih kemasannnya unyuk dan tinggal putar putar praktis dibawa.

    BalasHapus
  17. Milna Delight ini menjadi solusi utk makan buah dengan enak dan menyehatkan

    BalasHapus
  18. bisa jadi solusi kalau pas lagi traveling ya biar si kecil tetap bisa dapat asupan buah dan sayur secara praktis

    BalasHapus

Instagram