RUPS Holcim Indonesia, Lakukan Peluncuran Produk dan Solusi Baru Sebagai Diferensiasi

rups holcim indonesia
Direksi dan Komisaris PT Holcim Indonesia Tbk saat Rapat Umum Pemegang Saham (17/05/18)

Inovasi dan pengambilan langkah-langkah efisiensi terkadang dilakukan sebuah perusahaan untuk mengimbangi tekanan persaingan dan biaya inflasi.

Bagi perusahaan go public, melakukan paparan publik tentang capaian, kondisi keuangan serta langkah langkah stategis tahunan dapat memberikan manfaat positif bagi perusahaan.

Haloo semuanya..

Tema tulisan saya kali ini tentang “Paparan Publik” sebuah perusahaan yang sudah go public.

Sebagai manusia jaman now, harus banyak belajar apapun, apalagi belajar tentang pertumbuhan ekonomi yang menyangkut hajat hidup orang banyak, InshaAllah ngga ada ruginya.

Bagi saya yang telah 11 tahun bergelut dalam bidang pendidikan, menghadiri sebuah paparan publik sebuah perusahaan menjadi pengalaman pertama dan sangat berharga. Apalagi sebuah perusahaan go public yang sudah cukup lama berada di Indonesia.

Selain mendapatkan informasi tentang perkembangan terkini tentang pasar, persaingan dan keuangan, saya juga belajar bagaimana sebuah perusahaan melakukan langkah-langkah stategis dalam upaya untuk mengimbangi tekanan yang terjadi pada sebuah perusahaan.

PT Holcim Indonesia Tbk menjadi perusahaan publik pertama yang saya hadiri ketika mereka melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 17 Mei 2018 di Grand Sheraton Gandaria, Jakarta.

rups holcim indonesia
 "Holcim, Yang Pasti Aja", Keliatan banget ya happy banget bisa menghadiri RUPS Holcim

Tentang PT Holcim Indonesia Tbk

PT Holcim Indonesia Tbk  (Holcim Indonesia) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia dimana mayoritas sahamnya (80,65%) dimiliki dan dikelola oleh LafargeHolcim Group, yang berbasis di Swiss, produsen bahan bangunan dan penyedia solusi global terdepan di dunia dengan total lebih dari 80,000 karyawan dan beroperasi di lebih dari 80 negara di seluruh benua.

Sebagai salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk menjalankan usaha yang terintegrasi terdiri dari semen, beton siap pakai, dan produksi agregat.

Perusahaan mengoperasikan empat pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat,  Cilacap, Jawa Tengah, Tuban di Jawa Timur dan Lhoknga, Aceh dengan total kapasitas  gabungan per tahun 15 juta ton semen, dan mempekerjakan lebih dari 2,500 orang.

PT Holcim Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan jaringan penyedia bahan bangunan terbesar di dalam negeri, yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan Holcim dan solusi-solusi bernilai tambah lainnya.

Jajaran Komisaris beserta Direksi PT Holcim Indonesia Tbk saat RUPS 17 Mei 2017

rups holcim indonesia
Jajaran Komisaris dan Direksi PT Holcim Indonesia Tbk
(Kiri-Kanan) Surindro Adi Kalbu - Sales Director, Farida Helianti Sastrosatomo - Corporate Secretary and Legal Affairs Director, Kuntoro Mangkusubroto - President Commissioner & Independent Commissioner, Gary Schutz - CEO, Mark Schmidt - CFO

Walaupun rapat berjalan dalam suasana formal, tetapi tidak menyurutkan semangat saya untuk mengenal lebih dekat dengan PT. Holcim Indonesia Tbk.

Sebagai peserta yang hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham 2017, saya sangat menikmati setiap tahapan pelaksanaan rapat, suasana formal bagi saya tidak asing, tetapi paparan tentang perkembangan perusahaan yang langsung dilakukan oleh para Komisaris dan Direksi PT Holcim Indonesia Tbk memiliki kesan tersendiri. Merupakan pemandangan sekaligus pengalaman yang sangat langka bagi saya.

Paparan Publik Tahunan PT. Holcim Indonesia Tbk

Paparan awal disampaikan oleh Corporate Secretary and Legal Affairs Director yaitu Farida Helianti Sastrosatomo yang menyampaikan tentang beberapa hal, yaitu
  • Penyampaian Agenda Tahun 2017
  • Kinerja Keuangan Kuartal Pertama Tahun 2018
  • Pertumbuhan di Tahun 2017
  • Pengembangan Inovasi Tahun 2017
  • Solusi Bernilai Tambah Tahun 201
  • Proyek Pencakar Langit Tahun 2017
  • Pengembangan Tim Penjualan Sales Academy
  • Program Duta Holcim
  • Penyederhanaan dan Pencapaian Kinerja Tahun 2017
  • Kesehatan dan Keselamatan di Tahun 2017
  • Keterlibatan Karyawan Tahun 2017
  • The 2030 Plan
  • Inovasi dan Solusi Ramah Lingkungan 
  • Penghargaan Tahun 2017
  • Strategi 2022 "Membangun untuk Pertumbuhan"
  • Pandangan 2018-2020 Makroekonomi
  • Kesiapan Era Digitalisasi 
Wow banyak banget ya agendanya.. sangat detail dan menyeluruh, begitulah perusahaan yang sudah go public harus memaparkan agenda yang telah dilakukan berikut pencapaiannya kepada para pemegang saham, sehingga transparan dan untuk kebaikan perusahaan pada masa mendatang.

Setelah pemaparan dilakukan dilanjutkan dengan tanya jawab, disini semua peserta yang hadir yaitu para pemegang saham, analis, media dan juga blogger diijinkan untuk bertanya seputar program dan capaian PT Holcim Indonesia Tbk tahun 2017.
Gary Schutz Presiden Direktur Holcim Indonesia
Gary Schutz - CEO of PT Holcim Indonesia Tbk
"Situasi pasar di Indonesia pada kuartal pertama 2018 masih berat terutama dengan kondisi kelebihan pasokan di pasar semen. Namun kami tetap optimis dan berharap terjadinya peningkatan volume sebesar 6% hingga akhir tahun termasuk pertumbuhan sebesar 25% dari unit bisnis Agregat dan Bahan Bangunan khususnya produk produk inovatif dan solusi bernilai tambah seperti SpeedCrete, ThruCrete". -Gary Schutz, CEO of Holcim Indonesia-

Tahun 2017 memang tahun yang berat bagi Holcim, penurunan penjualan tidak membuat Holcim berdiam diri, justru mencari solusi dan terus berinovasi.

Sebagai langkah antisipasi atas kondisi pasar, Holcim akan terus melakukan efisiensi biaya dan mengambil langkah-langkah transformasi komersial. Holcim saat ini berada  dalam posisi yang baik berkat jaringan yang lebih luas serta kehadiran produk baru yang semakin melengkapi lini produk untuk memberikan nilai tambah dan solusi bagi pelanggan.

Kehadiran terminal semen yang baru di Palembang pada tahun ini diharapkan dapat semakin memperluas jaringan Holcim di wilayah yang memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi. Holcim siap untuk melayani pasar serta memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari pemilik rumah hingga proyek infrastruktur dan proyek pembangunan gedung bertingkat.

Komitmen Holcim adalah untuk menyediakan solusi-solusi inovatif dan bernilai tambah bagi pelanggan. Hal inilah yang membedakan Holcim dari pesaing lainnya. 

Solusi Inovatif

Holcim terus berupaya untuk menawarkan solusi inovatif, menurunkan biaya serta mengambil langkah-langkah efisiensi untuk kebutuhan operasional agar dapat mengimbangi tekanan persaingan dan biaya inflasi.

Dengan memiliki sejumlah lini produk yang memiliki spesifikasi khusus, menjadikan Holcim Indonesia sebagai inovator dan pemimpin dalam industri bahan bangunan karena siap untuk menghadapi perubahan pasar yang dinamis.

SpeedCrete, ThruCrete dan ApexCrete

SpeedCrete, ThruCrete dan ApexCrete merupakan solusi bernilai tambah yang inovatif karena keunggulan yang dimilikinya, yaitu :
  • SpeedCreate : merupakan solusi perbaikan jalan dalam waktu 7 jam pada malam hari 
  • ThruCreate : merupakan solusi perkerasan beton berpori yang ramah lingkungan sehingga dapat mencegah timbulnya genangan di permukaan
  • ApexCreate : Merupakan inovasi dari Holcim Indonesia yang mengaplikasikan beton performa tinggi dengan menggunakan peralatan teknologi terkini sehingga dapat mengerjakan bidang lantai yang luas dalam waktu singkat.
Solusi dan inovasi diatas telah berhasil melakukan perbaikan pembangunan jalan raya, jalur pejalan kaki, area taxiway di bandara dan area pergudangan dengan kekuatan struktur yang tinggi.

Produk Terbaru Berbasis Aplikasi

rups holcim inovasi berbasis aplikasi
Ini loh WallMax, PowerMaxx

Komitmen Holcim dalam menyediakan solusi bernilai tambah melalui inovasi, yaitu dengan peluncuran beberapa produk baru berbasis aplikasi seperti PowerMax dan WallMax.

Kehadiran PowerMax dan WallMax diharapkan dapat merubah kebiasaan pelanggan menggunakan produk semen umum ke produk berbasis aplikasi.

PowerMax dengan Micro Filler Particle dan Strength Agent memberikan manfaat untuk mengisi rongga struktur dan menghindari keropos, lebih cepat keras, memiliki kuat tekan lebih tinggi dibandingkan beton biasa tanpa tambahan bahan lain, sehingga lebih hemat biaya perawatan dalam jangka panjang.

WallMax dengan Micro Filler Particle dan Smooth Agent menghasilkan adukan yang lebih pulen dan lebih mudah diaplikasikan, warnanya lebih terang, lebih lekat, meminimalisasi retak rambut, dan hasil akhir dinding yang lebih halus serta tahan lama.

Geocycle, Industri Pengelolaan Limbah

rups holcim geocycle pengelolaan limbah

Selain berfokus pada sektor bisnis infrastruktur dan perumahan, Holcim juga memiliki unit bisnis yang menjalankan usahanya di industri pengelolaan limbah bernama Geocycle.

Untuk proses pengelolaan limbah yang dilakukan Geocycle adalah menggunakan metode co-processing, sebuah proses dengan metode pengelolaan limbah yang ramah lingkungan, menggunakan tanur semen di pabrik Holcim yang bersuhu tinggi sampai dengan 2.000 derajat celcius dan stabil, sehingga dapat memusnahkan limbah tanpa meninggalkan residu apapun.

Limbah yang dapat diolah dengan metode ini antara lain limbah industri, bahan yang tidak memenuhi syarat, produk kadaluarsa serta jenis limbah lain yang tidak dapat didaur ulang dengan proses biasa.

Perubahan Manajemen

rups holcim bersama direktur penjualan holcim yang baru
Bersama Bapak Surindro Kalbu Adi, Direktur Penjualan Holcim yang baru

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, pemegang saham telah menyetujui penunjukkan Surindro Kalbu Adi untuk menggantikan Raden Ali Permadiono Sumedi sebagai Direktur Penjualan yang baru.

Penunjukan Direktur Penjualan yang baru diharapkan dapat membawa perubahan serta perkembangan ke arah yang lebih baik lagi bagi perusahaan.

Bapak Surindro memiliki pengalaman dan keahlian yang luas di bidang penjualan. Beliau juga pernah bekerja di beberapa perusahaan multinasional dan menduduki beberapa posisi di manajemen senior. 

Gimana, panjang ya sharing informasi hasil dari saya menghadiri Paparan Publik PT Holcim Indonesia Tbk. Buat kamu-kamu yang tertarik bidang industri pembangunan dan pengelolaan limbah, bisa dapatkan info terbaru lho, follow aja sosial media Holcim, yaitu :

Facebook Fanpage : @solusiholcimindonesia
Instagram : @solusiholcim
Twitter : @solusiholcim

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

30 komentar:

  1. Baru tahu RUPS Holcim ngundang blogger, hehehe. Biasanya yang hadir pemegang saham atau wartawan. Keren nih, mbak Elly :)

    BalasHapus
  2. Wah keren mbak elly mainnya ke holcim nih. Jadi banyak tau hal-hal baru yaks seputar perekonomian dan pertumbuhan bisnis di Indonesia terutama bidang bahan bangunan.

    BalasHapus
  3. Aku pun berharap penunjukan Direktur Penjualan yang baru diharapkan dapat membawa perubahan baik kepada perusahaan. Tapi di satu sisi, rekam jejak Holcim sudah bagus banget

    BalasHapus
  4. Keren ni bun bisa menghadiri acara sepenting ini. Apalagi Holcim, perusahaan yg udah terbilang sukses di kancah perbisnisan

    BalasHapus
  5. Aku nunggu agenda Inovasi dan Solusi Ramah Lingkungan. Kali aja ada rekomendasi dari Holcim.

    BalasHapus
  6. Baru tau ade kalau Holcim dari Swiss. Ade pikir perubahan nama dr oabrik semen di Indonesia. Ternyata bukan ya.. Banyak juga ya cabangnya sampai 80 negara dan memiliki 80K karyawan. Priduknya bagus berarti kalau bs berkembang sebanyak itu perusahaannya.

    BalasHapus
  7. Kemarin renovasi genteng, tukang menganjurkan pakai Holcim, alasannya emang paling pulen ngacinya jadi gampang, minim kebocoran dinding

    BalasHapus
  8. Wah keren nih mba Elly. Ikut rapat pemegang saham. Kalo kecipratan sahamnya.

    BalasHapus
  9. Holcim nih keren,bangunan yang paje prodaknya kokoh dan ramah lingkungan

    BalasHapus
  10. Wah teknologi Geocycle-nya menarik ya, jd bisa bebas limbah gtu. Apa bisa ya diterapkan buat pabrik2 yang lain? Jd kan lbh ramah lingkungan...

    BalasHapus
  11. Holcim produk terkenal dengan kualitasnya

    BalasHapus
  12. Jadi pengen ke Pabriknya lahi. sudaj sesuai untuk standar ramah linhkungan sih, tapi harus di edukasi para pembangun mengenai pembuangan semen ini. dengan adanya aplikasi semoga info yang di dapat jadi lebih mudah

    BalasHapus
  13. Solusi dari holcim ini keren banget ya, apalagi SpeedCreate-nya, mantap jiwa!

    BalasHapus
  14. Holcim dulunya semen merk apa ya? semoga aja buruh pabrik semen holcim lebih sejahtera aja deh

    BalasHapus
  15. Ini Holcim yang dulunya semen tiga roda bukan sih?

    BalasHapus
  16. Aku kenal Holcim karena dulu rumah ku sebelah nya percis pabrik Holcim mba Elly. Rasanya Holcim sudah lama banget ya dan menjadi pilihan keluarga di Indonesia. Sekalipun mungkin tahun ini begitu berat bagi Holcim, aku rasa tetap menjadi pilihan para pelanggannya.

    BalasHapus
  17. Holcim mulai saya kenal 2 tahun lalu. Pas renovasi rumah mama mertua yang kini kami tempati. Tukang bilang ini jenis baru ya? Soalnya di kampung banyaknya pakai semen 3 roda. Sejak itu mulai banyak yang tahu holcim ini. Tambah ada mucul iklan di tv juga.

    BalasHapus
  18. Berat banget ya bahasannya mba, tapi dengan begitu jadi bisa menilai kalau Holcim merupakan perusahaan yang well done dan dapat diandalkan, jadi calon customer juga ga ragu untuk memilih Holcim sebagai mitra...

    BalasHapus
  19. Kalau bicara Holcim tahunya produk semen aja hahaha. Asyik ya undangan acara ini tahu secara detail dalamnya jajaran kepengurusan.

    BalasHapus
  20. Holcim produk yang bagus..semen sudah terkenal kualitasnya...

    Yakin deh..masyarakat pasti banyak yg ilih holcym..
    .apalagi gak pernah ada komplain dari konsumen

    BalasHapus
  21. Holcim perusahaan besar. Kalo dia memaparkan isi dapurnya ke publik itu pasti menarik sebab banyak yang ingin tahu. Keren bisa hadir di sana yaa

    BalasHapus
  22. Sebagai orang yg dekat dengan pabrik holcim saya merasakan banget manfaat dr holcim.

    Dengan pemaparan program kerjanya kepada publik menunjukkan holcim perusahaan profesional dan transparan

    BalasHapus
  23. Saya suka dengan komitmen Holcim "menyediakan solusi-solusi inovatif dan bernilai tambah bagi pelanggan", seperti pembangunan jalan yang lebih cepat kering itu ngebantu masyarakat banget loh.

    BalasHapus
  24. Keren bisa ikut Rapat pemegang saham Holcim. Jadi ingat dulu pernah supply beberapa alat lab untuk holcim....

    BalasHapus
  25. Kalau dengar kata Holcim, langsung kebayangnya semen wkwkwk. Wih asik ya bisa ikut rapat pemegang saham, jd tahu ya seperti apa sih rapat pemegang saham di sebuah perusahaan besar.

    BalasHapus
  26. Wah, menambah wawasan nih tulisannya. Banyak jhal baru yang didapat. Keren ya inovasi Holcim. Di zaman kompetitif begini, inovasi memang harus dilakukan agar produk bisa lebih unggul dari kompetitor.

    BalasHapus
  27. Inovasi jadi bagian dari perusahaan untuk mengembangkan usahanya, agar bisa menjawab tantangan jaman yang terus berkembang

    BalasHapus
  28. Sering dengar dan lihat iklan di televisi mengenai Holcim, tapi jujur saja saya belum pernah menggunakan produknya. Tapi sepertinya terpercaya dan kompeten ya mba Elly.

    BalasHapus
  29. Saat dengar semen saya langsung terjutu sama Holcim dan ternyata udah lumayan lama ya di Indonesia.

    BalasHapus
  30. Produk holcim ini memang ramah lingkungan, aku jadi ingat taman pandang istana yang dibangun dengsn bahan dari holcim. Kokoh dan memang ramah lingkungan sampai air hujan masih bisa meresap

    BalasHapus

Instagram