Liburan Singkat ke Singapore, Ini Tempat yang Wajib di Kunjungi

Hello from singapore :)
My litle family.. walupun kurang lengkap, tanpa Mas Keenan

Singapore menjadi pilihan saya dan suami untuk mengajak putra kedua kami yang berusia 3.5 tahun untuk kali pertama menggunakan alat transportasi udara yaitu pesawat terbang. Bahagia saya karena putra kami selalu berbagi cerita tentang pengalaman pertamananya tersebut.

Wajah-wajah belum mandi, karena flight pagi dan bangun kesiangan :(

Sebelum Pesawat Boarding Ke Singapore

Pesawat kami boarding jam 6:45 pagi melalui bandara Soekarno Hatta. Rencana kami berangkat dari rumah kami di Depok jam 04:00 pagi, jadi sampai bandara Soekarno Hatta jam 05:00 pagi bisa melaksanakan shalat subuh dan sarapan. Tapi pada kenyataannya, kami baru berangkat jam 05:00 pagi, alias bangun kesiangan, padahal kami sudah pasang alarm jam 3:30 pagi, tapi entah mengapa, kami terlelap tidur dan terbangun tepat jam 4:45 pagi. Dalam waktu 15 menit saya dan suami hanya sikat gigi dan ganti baju.  Alhamdulillah semua perlengkapan lainnya sudah kami persiapkan termasuk passport yang paling penting sudah siap dalam tas. Oh iya, anak saya langsung saya ajak ke mobil dan ganti bajunya di mobil.

Sampai bandara Soekarno Hatta jam 5:45 pagi, saya dan anak saya turun terlebih dahulu masuk bandara untuk segera ke bagian imigrasi, Alhamdulillah, suami saya sebelumnya sudah melakukan chek in jadi lebih mudah. Sementara suami saya masih berada diluar bandara untuk memarkirkan kendaraan kami. Pada bagian imigrasi terlihat antrian yang cukup panjang, lalu saya bertanya kepada petugas bandara untuk membantu kami, petugas mengarahkan kepada salah satu kantor di sisi sebelah kiri bagian imigrasi, tapi ternyata mereka baru saja pergantian shift dan tidak dapat membantu kami.

Dengan muka tebal alias ngga tau malu, akhirnya saya meminta ijin kepada calon penumpang pada antrian paling ujung (terdekat dengan petugas imigrasi) untuk kami bisa melewati petugas imigrasi terlebih dahulu karena pesawat kami akan segera berangkat. Alhamdulillah, kami diijinkan masuk, tak henti-henti saya mengucapkan terima kasih kepada para calon penumpang antrian paling ujung tersebut, walaupun tidak saling kenal, tapi mereka sangat pengertian.

Setibanya kami diruang tunggu sebelum masuk pesawat, kami hanya sempat untuk buang air kecil dan cuci tangan, karena petugas sudah memanggil para penumpang untuk segera memasuki pesawat. Bersyukur atas kebaikan Yang Maha Kuasa kepada kami hari ini, telah memberikan kemudahan dalam perjalanan menuju bandara hingga ruang tunggu penumpang untuk persiapan naik pesawat terbang.

Welcome To Singapore

Tiba di Singapore jam 9:45 pagi, kami istirahat sejenak dan sarapan lagi hehe, laper berat nih padahal di pesawat sudah makan lasagna, tapi masih laper. Dan Dastan seneng banget di bandara changi, lari sana sini, liat ini liat itu hehe namanya juga anak-anak yess suka meng-eksplore hal-hal baru. Kami berada di Singapore selama 2 hari, dan untuk memudahkan transportasi selama berada di Singapore, kami menggunakan Singapore Tourist Pass (STP) untuk 2 hari yaitu sebesar USD $16 dengan refundable rental deposit sebesar USD $10 jadi total USD $26 untuk 1 orang.

Singapore Tourist Pass (STP) dapat digunakan pada Singapore Public Tranportation seperti Bus, MRT dan LRT. Dari Changi Airport kami langsung menuju hotel tempat kami menginap, karena waktu singapore sudah mendekati jam check in hotel.

Singapore Tourist Pass (STP)

Tidak sabar untuk mengunjungi tempat-tempat indah di Singapore, setelah beristirahat selama 2 jam di hotel, kami langsung mengunjungi beberapa tempat yang sudah kami list sebelumnya dan tentunya dengan membaca panduan serta peta jalur MRT dan LRT yang menjadi moda trasportasi utama di kota Singapore.

Haji Lane

Selain gedung-gedung pencakar langit yang menghiasi kota Singapore, lokasi haji lane sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan singkat ke Singapore loh, lokasi ini instagramable banget!. Deretan toko-toko bergaya kontemporer serta hiasan mural pada dinding toko membuat pengunjung betah untuk berlama-lama ditempat ini, untuk hanya sekedar mengabadikan momen dan juga menikmati makanan pada restoran atau cafe ditempat ini. Haji lane sangat dekat dengan hotel tempat kami menginap yaitu di Ibis Singapore Bencoolen, dengan berjalan kaki sekitar 10 menit kami tiba di haji lane.

Marlion Park

Belum dikatakan mengunjungi kota Singapore jika belum mengabadikan moment di tempat ini, apalagi liburan singkat ke Singapore. Marlion park masih menjadi tempat yang memiliki daya tarik tinggi bagi para wisatawan, selalu ramai dan menjadi tempat wajib berfoto bersama patung singga putih icon kota Singapore.

Bugis Street

Selama di Singapore, tempat ini selalu kami lewati, karena lokasi hotel kami tepat berada di daerah bugis street, kami membeli makanan, minuman dan oleh-oleh ditempat ini. Mau cari apa saja ada.. hehe puas deh belanja ditempat ini, 1 kantong besar kami bawa pulang di Indonesia isinya oleh-oleh semuaaa.

Haji Lane, Marlion Park menjadi destinasi liburan singkat bersama keluarga di Singapore pada hari pertama, tidak ada kendala dalam transportasi, akses mudah dan cepat sampai di lokasi tujuan dan anak saya Dastan sangat menikmati perjalanan ini. Pengalaman pertamanya menikmati transportasi  MRT dan LRT menjadi tambahan energinya untuk bersiap menikmati perjalanan di Kota Singapore pada esok hari.

Hari Kedua di Singapore

Universal Studio Singapore (USS)

Pagi hari setelah sarapan sekitar jam 9 pagi waktu Singapore kami menuju Universal Studio Singapore (USS), tidak masuk untuk menikmati wahana yang ada didalam USS tapi hanya sampai berfoto di depan bola dunia besar Universal Studio Singapore hehe. Untuk dapat sampai ke USS yang berada di Sentosa Island sebenernya bisa menggunakan Bus, Jalan kaki atau menggunakan dari Mono Rail. Kami memilih menggunakan Mono Rail dengan membayar tiket masuk sebesar USD $4 per orang, untuk anak usia 3 tahun ke atas sudah membayar 1 tiket ya.

Tiket Masuk Sentosa Island, Tempat Universal Studio Singapore Berada :)

Jika ada yang tanya, "Ih sayang banget deh, kenapa ngga sekalian masuk kedalam USS sih?" Jawaban saya “Nanti next kunjungan InsyaAllah kami dapat menikmati wahana dalam USS, karena kami hanya membawa 1 anak dan masih berusia 3.5 tahun dan anak pertama kami tidak ikut karena sedang mengikuti ujian sekolah dan jadwal imunisasi MR di sekolah”

Liburan keluarga sebaiknya dilakukan pada saat liburan sekolah, sehingga tidak menggangu jadwal sekolah anak, liburan kami kali ini sifatnya singkat dan untuk mengenalkan alat transportasi udara pesawat terbang kepada anak kedua saya yang saat ini bercita-cita menjadi seorang pilot pesawat terbang.. :)

Marina Bay Sands

Desain yang modern dan menunjukkan bahwa kota Singapore adalah kota yang maju, terlihat dari hasil mahakarya bangunan Marina Bay Sands. Kami tidak sampai ke paling atas gedung untuk menikmati indahnya kota Singapore dari gedung berlantai 55 ini, tapi kami hanya menikmati pemandangan dari bawah gedung Marina Bay Sands saja.

Yeay, itulah cerita liburan singkat ke Singapore keluarga kami yaitu tanggal 30 & 31 Agustus 2017, iya hanya 2 hari tapi Alhamdulillah dapat berkunjung ke beberapa tempat dan anak kami Dastan sangat menikmati liburan singkat ini, tidak terlihat lelah pada wajahnya walaupun beberapa kali kami tawarkan untuk digendong, karena kami tidak membawa stroller, ketinggalan sih tepatnya karena bangun kesiangan hehe. Tetapi Dastan tetap tidak mau di gendong, sangat menikmati keindahan kota Singapore, Alhamdulillah.

Semoga cerita liburan singkat kami ini menjadi referensi liburan singkat ke Singapore bersama keluarga yaa.. jika ada yang tanya "Kenapa ngga lama sih liburannya?" Jawaban saya “Karena kami tidak membawa anak kami yang satu lagi, anaknya masih sekolah dan kami sudah kangen banget ini.. dan InshaAllah kunjungan berikutnya lengkap bersama keluarga kecil kami

Sampai jumpa lagi Singapore :)