Bekal Anak Bertumbuh dengan Buku dan Read Aloud

 
buku dan read aloud bekal anak bertumbuh

Adakah yang sudah pernah mendengar istilah “read aloud”? Read Aloud adalah metode membacakan buku untuk anak yang diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya The Read Aloud Handbook.


Metode Read Aloud mengajarkan membaca yang paling  efektif untuk anak-anak, kegiatan yang menyenangkan, menambah kosakata dan menanamkan kegemaran membaca.


Holla..


Pertama kali saya mendengar tentang read aloud itu tahun lalu, saat mengikuti webinar “kelas dasar mendongeng”. Saat itu narasumbernya adalah penulis buku cerita anak dan juga pendongeng, karena saya tidak memiliki anak balita, jadi metode read aloud ini jarang saya terapkan pada anak anak dirumah.


Beberapa waktu lalu saya kembali mengikuti webinar dengan tema “Buku – Bekal Anak Bertumbuh” dan salah satu narasumbernya menjelaskan tentang manfaat buku dan read aloud sebagai bekal anak bertumbuh. 

 

Kembali diingatkan bahwa membaca buku dan metode read aloud itu sebagai sarana yang efektif untuk menumbuhkan minat baca anak sehingga bisa menjadi bekal anak bertumbuh menjadi anak yang cerdas.


Alhamdulillah saat ini saya sedang mengandung, sudah saatnya membacakan buku dengan metode read aloud karena metode ini dapat dilakukan sejak bayi dalam kandungan khususnya pada trisemeter ketiga lho.. senang mendengarnya dan sudah tidak sabar rasanya untuk menerapkan metode read aloud ini.


Hasil mengikuti webinar tentang “Buku – Bekal Anak Bertumbuh” akan saya rangkum dalam tulisan ini ya, harapan saya semoga kita semua khususnya orangtua dapat mengenal serta menerapkan metode read aloud kepada anak-anak dirumah.

mengenal read aloud

Baca juga : Bagaimana Cara Meningkatkan Minat Baca Anak


Mengenal Read Aloud dan Manfaatnya.

Merujuk pada website Kemdikbud RI, "Read Aloud merupakan salah satu metode membacakan buku untuk anak. Metode ini diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya The Read Aloud Handbook".


Read Aloud merupakan proses menuangkan kemampuan literasi usia dini, pembelajaran terjadi secara lebih otentik, menyenangkan, menarik, terdeferensiasi dan natural”. Roosie Setiawan, Founder Komunitas Reading Bugs


Sebelum menerapkan metode read aloud pada anak anak dirumah, ternyata harus memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal seperti memilih buku yang disesuaikan dengan tahapan usia anak dan yang paling penting adalah orangtua memahami tujuan dari read aloud itu sendiri.


Mulai read aloud dengan buku cerita anak yang orangtua pahami, suka dengan ceritanya dan yang utama cerita dari buku tersebut memiliki value yang bisa diambil oleh anak.


Selain itu, orangtua juga perlu mempersiapkan jawaban-jawaban jika nantinya muncul pertanyaan-pertanyaan dari anak anak terkait dengan buku cerita yang sedang dibacakan.


Dengan demikian, ada interaksi antara orangtua dan anak sehingga momen membaca menjadi lebih menyenangkan dan anak anak akhirnya mulai meminta dibacakan kembali buku cerita dan budaya membaca jadi bertumbuh dalam diri anak anak.

apa itu read aloud


Manfaat Metode Read Aloud

Manfaat read aloud antara lain dapat membangun keterampilan literasi  melalui pengenalan bunyi, intonasi, kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Read Aloud juga membantu anak menambah kosa kata, terutama kosa kata bahasa buku yang dipergunakan untuk membaca.

 

manfaat read aloud


Kedekatan orang tua dengan anak juga bisa dicapai karena anak terbiasa dengan suara orang tua dan terdapat ‘skin to skin contact’ ketika membacakan cerita, serta terdapat juga kedekatan dengan buku. Orang tua yang membacakan cerita kepada anak juga langsung menjadi contoh membaca bagi anaknya (reading role model).

manfaat read aloud

Baca juga : Manfaat Sentuhan Ibu dan Mendongeng


Kapan Metode Read Aloud Diterapkan Pada Anak Anak?

Orangtua dapat menerapkan metode read aloud pada anak anak saat usia emas (golden age), yaitu 0-5 tahun, karena ada golden are anak akan dapat menyerap dengan sangat cepat. Metode read aloud dapat dimulai sejak dini, bahkan sejak semester ke-3 kehamilan.


Semakin dini buku diperkenalkan, maka hasilnya akan semakin optimal dalam upaya menumbuhkan kecintaan anak pada buku dengan bonusnya anak akan bisa membaca dengan sendirinya.

waktu penerapan read aloud


Yang harus diperhatikan saat memperkanalkan read aloud sejak dini adalah lakukan dengan cara yang tidak membuat anak stress bahkan terbebani seperti anak harus bisa membaca, melainkan membuat anak suka membaca. 


Lalu adakah waktu yang paling ideal untuk menerapkan metode read aloud? read aloud dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bisa di rumah saat hendak tidur, sepanjang perjalanan berkendara, saat menunggu antrian di supermarker atau antrian dokter dan masih banyak lagi.


Yang perlu diperhatikan dalam read aloud adalah waktu penerapan dan konsistensi dalam penerapan read aloud, dilakukan secara rutin dan menjadi kebiasaan baik momen kebersamaan dengan anak adalah kunci utama keberhasilan read aloud.

waktu ideal read aloud

Baca juga : Buku Mengajarkan Anak Banyak Hal Seperti Bijak Berplastik


Yang Harus Dilakukan Orangtua Saat Melakukan Read Aloud

Ibu Roosie Setiawan, Founder Komunitas Reading Bugs, berbagi informasi apa saja yang harus dilakukan orangtua sebelum melakukan read aloud, yaitu :

  • Mulai dengan percakapan pembuka, tidak langsung membacakan buku cerita, namun bangun suasana menyenangkan sebalum membacakan buku
  • Tunjukan sambul buku atau bacaan yang akan dibacakan dan menyebutkan gambaran singkat cerita akan membuat anak melakukan prediksi tentang isi cerita buku tersebut.
  • Sebut judul buku, pengarang dan ilustrator dari buku yang akan dibacakan
  • Gali pengetahuan latar atau pengetahuan umum anak-anak sebelum membacakan buku
  • Mulai menyusuri ilustrasi jika terdapat dalam buku bacaan, ini akan melatih anak berimajinasi

 

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan orangtua saat melakukan read aloud, sehingga tujuan dari read aloud itu sendiri dapat tercapai sehingga anak mendapatkan value dari buku yang dihasilkan serta menjadikan momen membaca menjadi aktivitas yang menyenangkan.


Mengapa Perlu Mengenalkan Buku Pada Anak

Mengapa sih orangtua perlu mengenalkan buku pada anak? Menurut Ibu Rosie Setiawan, orangtua perlu mengenalkan buku pada anak, karena buku memiliki peran penting untuk masa depan anak anak, seperti :

Buku Sebagai Cermin

  • Menemukan cermin untuk mencerminkan identitas diri
  • Melihat orang orang seperti diri mereka dalam cerita (refleksi)
  • Membentuk persepsi anak tentang diri dan potensi mereka
  • Tokoh dalam buku yang melakukan hal hal hebat, membantu anak membayangkan bahwa mereka dapat melakukan hal hal hebat.

 

Buku Sebagai Jendela

Memberi pengetahuan, buku yang kaya dan bermakna tentang beragam tokoh, kejadian kejadian yang dapat diterima atau diluar pengalaman normal anak, dapat membuka pintu tentang hal hal baru pada anak.

kunci keberhasilan read aloud


Mengenal Let’s Read

Pada saat webinar webinar dengan tema “Buku – Bekal Anak Bertumbuh” selain lebih memahami apa itu metode read aloud, saya juga jadi mengenal Let’s Read.

Apa itu Let's Read?

Let's Read adalah perpustakaan digital buku cerita anak persembahan komunitas literasi dan The Asia Foundation.

Let's Read! diprakarsai oleh Books for Asia, yakni program literasi yang telah berlangsung sejak 1954. Program tersebut menerima U.S. Library of Congress Literacy Awards atas inovasi dalam promosi literasi pada Desember 2017.

Ratusan koleksi cerita bergambar Let's Read! dapat dibaca, diunduh, disebarkan, dan diterjemahkan secara bebas melalui situs www.letsreadathome.org maupun aplikasi Android.

Untuk info koleksi terbaru serta diskusi dan pelatihan terkait literasi, sila ikuti media sosial Let's Read! di Instagram dan Facebook dengan nama akun: @letsread.indonesia.

Jadi melalui Let's Read kita bisa mendapatkan :

  • Cerita bergambar digital
  • Untuk PAUD dan SD kelas rendah
  • Diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa
  • Dapat diunduh dan dicetak
  • Dapat diakses melalui android dan website
  • Praktis dan Gratis
  • Boleh mengunduh let's read tapi bukan untuk diperjualbelikan ya.

 

Diperbolehkan

  • Mengunduh
  • Mencetak
  • Merekam kegiatan membacakan nyaring dengan menyebutkan atribusi


Tidak Diperkenankan

  • Menjualbelikan buku cerita lets read dalam bentuk pdf atau cetak
  • Merekam tanpa menyebutkan atribusi

--

Kesimpulan

  1. Metode read aloud sangat penting dilakukan oleh orang tua untuk menciptakan momen membaca menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak.
  2. Metode read aloud dapat membangun banyak keterampilan dasar yang penting, memperkenalkan kosakata, memberikan model membaca yang lancar dan ekspresif, dan membantu anak-anak mengenali apa itu membaca
  3. Read aloud dilakukan secara rutin dan menjadi kebiasaan baik momen kebersamaan dengan anak adalah kunci utama keberhasilan read aloud
  4. Let's Read adalah perpustakaan digital buku cerita anak persembahan komunitas literasi dan The Asia Foundation.
  5. Ratusan koleksi cerita bergambar Let's Read dapat dibaca, diunduh, disebarkan, dan diterjemahkan secara bebas melalui situs www.letsreadathome.org maupun aplikasi Android.

 

Semoga hasil dari mengikuti webinar tentang "Buku - Bekal Anak Bertumbuh" ini dapat bermanfaat ya.. kita sebagai orangtua dapat menerapkan metode read aloud.

Yuk jadikan buku dan read aloud sebagai bekal anak bertumbuh, dan untuk mendapatkan berbagai koleksi buku cerita anak bergambar secara digital bisa melalui let's read.


Salam hangat,
Elly Nurul

31 komentar

  1. Ini kebiasaan yang sudah aku terapkan juga ke anak dari kecil mba. Sampai sekarang kami punya beberapa buku favorit untuk dibacakan :)

    BalasHapus
  2. Habis baca ini jadi pengen beliin buku baca buat ponakan-ponakanku. Ada 1 ponakanku yang sempat speech delay, baru bisa ngomong usia 2 tahun lebih, tp sekarang usia 3 tahun udah lancar ngomongnya. Ponakanku itu punya adek lagi,makanya pengen beliin buku. Kayaknya dgn read aloud sejak dini bisa mengurangi resiko speech delay yah.

    BalasHapus
  3. Mbaaaa, makasii makasiii
    artikel ini super enligheting bangett

    Metode Read Aloud mengajarkan membaca yang paling efektif untuk anak-anak, kegiatan yang menyenangkan, menambah kosakata dan menanamkan kegemaran membaca.

    ada nih, adek sepupuku yg punya balita, tapi magerrr abis kalo kudu bacain buat bocah.

    aku sodorin artikel ini ah, aku minta dia buat baca, resapi dan praktikkan!

    BalasHapus
  4. klo eike bukan aloud tapi loud..hahaha. Jadi baca sambil teriak-teriak..hehehe becanda sis! Baiklah nt diterapin pada anak kedua wkwkw

    BalasHapus
  5. saya kalau baca cerita buat anak juga nyaris teriak2 mba, soalnya anaknya ikutan ngomong wkwkwk jadi balapan sama dia :)

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah sudah membiasakan read aloud ke anak dan anak jdi ketagihan, cma utk pake lets read yv belum kucoba nih

    BalasHapus
  7. Wah aku baru tau mba Elly lagi hamil lagii, congrats! Hehe. Aku jadi tau ada metode read aloud ini, jadi bikin aku makin semangat buat bacaan buku buat anak-anak!

    BalasHapus
  8. meski anakku baru satu, semoga ya dikasih lagi sama allah aamiin, aku seantusias gitu saat sesi membacakan buku cerita anak dengan nyaring dan lantang disertai ekspresi dan intonasi yang mengikuti alur cerita

    BalasHapus
  9. read aloud sebenarnya sudah aku terapkan pas anak2 masih kecil, tapi pas udah agak gedean kok susah banget anak2 banyak membaca ya. kadang bingung juga...
    lets read udah lama tau tapi blm nyoba2 nih.penasaran

    BalasHapus
  10. Ketrampilan literasi melalui read alound ini bagus sekali dan harus biarkan anak melakukan ini sejak dini. Semangat belajar membaca anak juga makin baik

    BalasHapus
  11. Aku aja seneng baca-baca cerita di aplikasi let's Read apalagi anak-anak. Gambarnya full color jadinya menarik untuk dibaca. Banyak cerita rakyat juga di sana ya...

    BalasHapus
  12. Read aloud atau membaca nyaring saya praktikan bersama anak saat anak masih di masa belajar baca. Setelah anak bisa baca, ia ga mau membaca nyaring. Justru katanya jadi ga fokus. Apalagi kalau ke perpustakaan, dia mencontohkan di sana malah ga boleh berisik, bukan?
    Hehehe...

    BalasHapus
  13. Memang kaya manfaat ya mba soalnya anak-anak cinta buku karena metode ini cuma sayang kadang akunya yang mager wkwkwk apalagi tenaga udah capek tapi mengingat manfaatnya jadi cambukann lagi biar membacakan nyaring

    BalasHapus
  14. Read aloud pada anak² banyak sekali manfaatnya ya, mbak. Aku pun tiap malam selalu bacain cerita utk anak2. Apa lagi sejak tau ada aplikasi let's read, jadi semakin sering bacain cerita utk mereka ��

    BalasHapus
  15. Ketika anak-anak saya masih kecil, saya selalu membacakan cerita dengan cara ini. Tetapi, dulu gak tau kalau namanya read aloud. Merasakan aja memang seru dan banyak manfaatnya

    BalasHapus
  16. Jadi gimana kak Elly? Apakah kita akan menerima tawaran kak Desy untuk bikin podcast Read a Loud? Nampaknya seru ya tapi aku lagi mikirini suaraku, wakakakaka...

    BalasHapus
  17. aku juga senang menerapkan metode ini ketika membacakan cerita buat anak2ku mbaa.. mereka pun ketagihan. sukaa banget dibacakan cerita.. tapi belum pada mau buat belajar mengeja atau kenal alfabet hehe

    BalasHapus
  18. Saya lagi suka nih Read aloud ke anak-anak setiap hari, mudah-mudahan kelak mereka suka buku

    BalasHapus
  19. Nice share Mba. Saya juga mulai belajar membiasakan baca nyaring juga ke anak, memang terasa manfaatnya, anak sedikit sedikit memahami konteks cerita jadi bukan sekadar membaca huruf saja.

    BalasHapus
  20. Aku sudah praktikin ke anak2ku dulu Mba..Alhamdulillah banyak manfaatnya memang hampir semua anakku pembaca yang baik, 3 orangnya jadi penulis...Alhamdulillah.... :D

    BalasHapus
  21. Ngerasakan banget deh manfaat read aloud alias baca buku dengan cara dinyaringkan ini. Dulu dijajak sama alm. bapak. Gak terlupakan ceritanya. Bahkan sampe sekarang. Jadi banyak berimaginasi. Kepengen begini begitu, pengen jadi ini itu. Tapi huhu, aku sekarang ke anak2 gak sering. Banyak malesnya. Kudu membiasakan lagi kayak alm. bapak ke aku.

    BalasHapus
  22. Anak-anak ku memang suka kalau dibacakan buku cerita, tapi paling malas kalau disuruh baca buku sendiri. Tapi kadang, ortu kan juga capek ya kalau bacain buku terus-menerus

    BalasHapus
  23. metode read aloud juga dapat memberikan imajinasi pada anak ya. ortu juga harus rajin membimbing anak2nya utk membuka wawasannya

    BalasHapus
  24. semoga anak - anak kita bisa semangat dan mencintai membaca ya mba, dengan read aloud ini salah satunyaaa

    BalasHapus
  25. banyak ya manfaat dari read aloud, salah satunya pemerolehan bahasa untuk anak ya mbak.

    BalasHapus
  26. Manfaat metode Read Aloud besar juga dirasakan oleh anak-anak. Jadi inget waktu sekolah, saat membaca disuruh baca nyaring. Efek positifnya juga bisa menumbuhkan minat baca sejak dini

    BalasHapus
  27. metodenya lumayan ya untuk dipelajari, bermanfaat sekali dan mengedukasi. minimal bisa read aloud walau ga terlalu professional

    BalasHapus
  28. Metode read aloud ini ngebantu anak banget pas di sekolah loh. jadi anak lebih ngerti dan berani tampil untuk kelasnya jg

    BalasHapus
  29. saya juga suka melakukan kegiatan read aloud ini bareng anak di rumah. Rasanya menyenangkan dan anakku jadi ketagihan ingin dibacakan buku secara nnyaring

    BalasHapus
  30. Koleksi buku di Let's Read dan metode membaca nyaring atau Read Aloud menjadi kolaborasi yang apik untuk mendukung tumbuhnya minat baca pada anak yaa mbak

    BalasHapus
  31. Iya yah baru kepikira read a loud juga bisa utk janin. Karena seyog
    mereka sudah dapat mendengar suara ibu sejak dalam kandungan

    BalasHapus