Yuk Belajar Coding, Agar Anak Siap Menghadapi Persaingan Global

belajar coding di coding bee academy
Agar Anak Siap Menghadapi Persaingan Global, Yuk Belajar Coding!

Melalui ilmu coding anak bisa belajar bagaimana berfikir dengan lebih realistis, berkomunikasi dengan lebih baik, hingga mengembangkan kreativitasnya lebih baik lagi.


Coding perlu dikenalkan sejak usia dini, karena di masa depan akan lebih banyak berkarya melalui dunia digital dan anak siap menghadapi persaingan global.

Sometimes it is the people no one imagines anything of who do the things that no one can imagine” Alan Turing

Holla..

Dunia anak memang dunia bermain, namun orangtua perlu menstimulasi anak agar dunia bermain anak sekaligus menjadi tempat pembelajaran anak.

Belajar sambil bermain” merupakan istilah yang paling tepat untuk menggambarkan dunia anak anak yang penuh dengan keceriaan. Selain nutrisi yang tepat, stimulai yang terus menerus juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Setuju ya jika seorang anak nantinya akan menjadi seorang pemimpin? dan seorang pemimimpin yang baik itu akan dilihat dari caranya berfikir kreatif dan bagaimana menyelesaikan sebuah masalah.

Nah, sebenernya anak anak juga bisa diajarkan untuk berfikir kreatif dan memecahkan masalah lho, bahkan sejak usia dini.

Yang punya anak, adik atau keponakan ada yang suka main games? setuju ngga sih jika “games to teach problem solving and logic”? pernah terfikir ngga bahwa anak anak bisa menghasilkan aplikasi games sendiri?

Iyess, sebenernya anak anak bisa menciptakan aplikasi games sendiri lho, atau aplikasi aplikasi lainnya yang menjadi minat anak. Tentunya dengan memahami bahasa komputer seperti coding.

Apa itu coding? apa manfaat coding bagi anak? dan mengapa coding perlu diajarkan kepada anak sejak usia dini?.

Coding Is Fun!


Anak anak saya suka banget bermain games, dirumah anak anak boleh bermain games saat hari libur sekolah. Waktu bermain kami batasi dan tetap dalam pengawasan saya dan suami.

Bagi anak anak games selain hiburan juga melatih bagimana mereka berfikir kreatif untuk dapat menyelesaikan games tersebut. Menyelesaikan games dengan peringat pertama menjadi motivasi untuk mereka untuk senantiasa menjadi yang terbaik.

Sempat saya berfikir apakah mungkin anak anak bisa menciptakan games sendiri? games itu menggunakan bahasa komputer seperti coding, apakah anak anak mampu belajar coding?

Saya sendiri beranggapan bahwa coding hal yang rumit lho, namun setelah berkenalan dengan Coding Bee Academy ternyata belajar coding itu menyenangkan dan tidak serumit yang saya bayangkan.

Minggu lalu saya berkunjung ke salah satu cabang Coding Bee Academy di Permata Hijau, Jakarta Selatan untuk mendapatkan informasi seputar pembelajaran coding untuk anak anak saya yang sangat menyukai games.

belajar coding di coding bee academy
Salah satu siswa Coding Bee Academy yang sedang asik belajar coding


Coding Bee Academy adalah tempat memperkenalkan kurikulum computer science kepada anak anak sejak usia dini dengan konsep fun dan exciting yang langsung diadaptasi dari Amerika dengan tiga tingkatan basic, intermediate dan advance yang disesuaikan dengan perkembangan usia anak.

Di Coding Bee Academy anak anak mulai usia 5-18 tahun bisa belajar coding disini, pantas saja terlihat anak anak seusia anak saya 6 dan 10 tahun sedang asik belajar coding lho, tidak terlihat wajah kesulitan dalam belajar coding.

Anak anak di Coding Bee Academy, nampak menikmati belajar coding, tempat belajar coding juga sangat nyaman disesuaikan dengan usia anak dan terlihat anak anak sangat dekat dengan para guru atau instruktur disini.

Mmm.. sejauh ini firt impression terhadap Coding Bee Academy sudah sangat baik dan mulai yakin untuk menitipkan anak anak saya untuk belajar coding disini.

belajar coding di coding bee academy
Konsep belajar coding fun dan exciting di Coding Bee Academy

Mengapa Anak Perlu Mengenal Coding?

Beruntungnya saya saat berkunjung ke Coding Bee Academy di Permata Hijau, Jakarta Selatan bisa bertemu langsung dengan Bapak Eko Haripin yang merupakan Co-Founder Coding Bee Academy lho.

Ini yang disebut dengan “jika ada kemauan pasti ada jalan” disaat butuh informasi tentang coding untuk anak anak, malah bisa banyak bertanya kepada co fundernya langsung.

"Pendidikan berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) telah terbukti menumbuhkan beberapa keterampilan integral pada anak anak, beberapa diantaranya adalah kreativitas, kepercayaan diri, kolaborasi, dan pemikiran kritis untuk menyelesaikan masalah" Eko Haripin - Co-Founder Coding Bee Academy

belajar coding di coding bee academy
Bapak Eko Haripin, Co Founder Coding Bee Academy

Menurut Pak Eko, belajar coding bagi anak anak banyak manfaatnya, karena dengan belajar coding maka anak anak akan diajak untuk berfikir, seperti:
  • Ask, masalah apa yang perlu di pecahkan?
  • Imagine, Bagaimana cara memecahkannya?
  • Plan, Bagaimana langkah langkah untuk memecahkannya?
  • Crative, Ayo saatnya merangkai solusi!
  • Test, apakah solusi ini berjalan sesuai rencana?
  • Improve, apa yang perlu ditambah atau diperbaiki?
Di Coding Bee Academy, tools yang digunakan untuk memperkenalkan coding pada anak anak juga disesuaikan dengan usia anak, mulai dari permainan menggunakan alat peraga sederhana hingga menggunakan aplikasi program komputer.

belajar coding di coding bee academy
Tools yang digunakan untuk memperkenalkan coding pada anak anak juga disesuaikan dengan usia anak


Di Coding Bee Academy, anak anak belajar bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan, mulai dari A-Z, bagaimana anak bisa berfikit kreatif untuk bisa menjabarkan langkah langkah dalam penyelesaikan suatu masalah hingga akhirnya masalah tersebut terselesaikan.

Intinya melalui ilmu coding anak bisa belajar bagaimana berfikir dengan lebih realistis, berkomunikasi dengan lebih baik, hingga mengembangkan kreativitasnya lebih baik lagi.

belajar coding di coding bee academy
Di Coding Bee Academy, anak anak belajar bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan, mulai dari A-Z


Mmm.. setelah mendapatkan penjelasan langsung dari Co-Founder Coding Bee Academy, bagi saya mengenalkan anak pada coding merupakan sebuah pilihan yang sangat, karena  di masa depan anak anak akan banyak berkarya dan butuh berfikir kreatif dan menyelesaikan masalah.

Anak Anak Bisa Menjadi Pencipta Teknologi Lho!

Kita patut bangga lho, karena anak anak bangsa sudah menghasilkan 5 apikasi buatan anak negeri, mau tau apa saja aplikasi buatan anak negeri, yaitu:

  • Infinite Sky, game tampilan grafis 3 dimensi yang pernah masuk 10 top games di app store
  • Save The Hamster, diciptakan oleh 3 mahasiswa Universitas Trunojoyo dan berhasil meraih juara 2 Imagine Cup di Rusia
  • PicMIx, aplikasi filter dan beauty camera
  • Icon Pop Quiz, bekerjasama dengan perusahaan ternama Alegrium memungkinkan pengguna aplikasi menebak ikon ikon film, nama orang, brand atau karakter imajinatif
  • Catfiz, aplikasi chatting semacam whatsapp, line namun buatan Indonesia

Belajar Coding Sejak Dini Sebagai Investasi Anak

“Bukan hanya sekedar menambah pengetahuan, coding mengajarkan anak banyak hal tentang cara berfikir yang benar, melatih kreativitas hingga bagaimana bisa menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada” Susan Wojcicki, CEO of Youtube

Jika melihat pernyataan dari CEO of Youtube diatas, dan melihat perkembangan dunia digital saat ini saya yakin, bahwa pembelajaran coding pada anak merupakan investasi yang layak untuk diperjuangkan.

Melalui coding anak anak tidak hanya berfikir kreatif dan menyelesaikan masalah, tapi anak anak bisa menciptakan teknologi digital dan hal tersebut bisa sebagai modal anak anak untuk berkarya dimasa depannya nanti.
  • Banyak prestasi yang bisa diraih dengan coding
  • Coding ibarat sebuah super power bagi anak anak
  • Belajar coding tidak selalu di depan komputer
  • Belajar coding semudah belajar ABC
  • Coding memperluas sudut pandang anak

“Imagination is more important than knowledge” Albert Einstein
belajar coding di coding bee academy
Saat saya berkunjung ke Coding Bee Academy Permata Hijau, Jakarta Selatan

K12 Computer Science Education Fair

Masih belum yakin tentang manfaat coding untuk anak? anak anak bisa belajar coding dan menghasilkan teknologi dari belajar coding?

Pak Eko memberikan saya satu lagi tambahan informasi yang sayang banget untuk dilewatkan nih, yaitu event K12 Computer Science Education Fair.

K12 Computer Science Education Fair adalah Pameran Pendidikan Ilmu Komputer K12 akan menampilkan karya karya anak-anak TK, SD, SMA yang telah belajar coding lho.

K12 Computer Science Education Fair 2020 merupakan kerjasama Coding Bee Academy dengan BPK Penabur Jakarta yang akan diselenggarakan pada 6-8 Maret 2020 di Emporium Pluit Mall, Jakarta.

coding bee academy
K12 Computer Science Education Fair 2020, 6-8 Maret 2020 di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara

Ngga hanya menampilkan karya karya anak-anak TK, SD, SMA atau para coder muda di K12 Computer Science Education Fair juga ada Smart Talk Show dengan tema "Coding Future Kids” bersama profesional di bidang pendidikan yang akan membahas tentang pentingnya pembelajaran coding pada usia dini, dan pemaparan terkait pendidikan coding di dunia lho.

Pada Smart Talk Show di K12 Computer Science Education Fair 2020 akan dihadiri oleh Bapak Harris Iskandar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah dan juga perwakilan dari Code.Org yaitu Leonardo Ortiz Villacorta dan Jake Bell.

K12 Computer Science Education Fair 2020 ini disponsori oleh BCA, Emporium Pluit Mall, Acer, OCBS NISP, Rumah Edukasi, Valentiono Gress, Sinarmas Land, Agung Podomoro Land, The Pucuk Harum, Kodomo Challenge dan Niro Granite serta di dukung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Code.Org.
Untuk mendapatkan banyak informasi lain tentang Coding Bee Academy dan K12 Computer Science Education Fair bisa melalui website dan sosial media:

Instagram @codingbee atau @bpkpenaburjakarta

--

Kesimpulan

  1. Mengapa anak perlu mengenal coding? karena melalui ilmu coding anak bisa belajar bagaimana berfikir dengan lebih realistis, berkomunikasi dengan lebih baik, hingga mengembangkan kreativitasnya lebih baik lagi.
  2. Coding perlu dikenalkan sejak usia dini, karena di masa depan akan lebih banyak berkarya melalui dunia digital.
  3. K12 Computer Science Education Fair adalah Pameran Pendidikan Ilmu Komputer K12 akan menampilkan karya karya anak-anak TK, SD, SMA yang telah belajar coding.
  4. K12 Computer Science Education Fair 2020 merupakan kerjasama Coding Bee Academy dengan BPK Penabur Jakarta yang akan diselenggarakan pada 6-8 Maret 2020 di Emporium Pluit Mall, Jakarta.
  5. Dengan mempelajari coding sejak dini akan memiliki skill yang menunjang anak di masa depan, anak akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan juga lebih bisa berperan karena pengetahuannya yang lebih dibidang teknologi
Semoga informasi tentang manfaat coding sejak usia dini ini dapat bermanfaat ya, dan semoga bisa menjawab keraguan tentang manfaat mengajarkan coding pada anak bahkan sejak usia dini.

Ingin anak siap menghadapi persaingan global? yuk ajak anak belajar coding.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

18 komentar:

  1. Yang online ada ga, mbak?

    Anak saya yg no 1 dan 2 tertarik sama komputer

    Saya belikan buku belajar coding, eh ga tahunya bukunya tll mudah buat mereka, tll dasar

    Mungkin kl ada yg lebih advanced gt cocok

    Tp mereka kl baca buku coding 'beneran' belum faham

    BalasHapus
  2. Coding ternyata baik untuk melatih kecerdasan dan ketelitian anak ya. Juga untuk prestasi anak di masa depan

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu nih mbak ternyata mengajarkan coding kepada anak sejak dini banyak manfaatnya... terutama untuk meningkatkan kecerdasan mereka. Intinya mereka bisa menjadi pribadi yg mandiri yang mampu mengambil keputusan dg baik serta mampu tumbuh menjadi anak yang berprestasi.

    BalasHapus
  4. Wah, kebetulan anak saya yang cowok senang game, mengedit video dan semacamnya. Kayaknya nanti akan saya tawarin untuk belajar coding aja, siapa tahu dia tertarik. Lumayan ilmunya bisa jadi bekal di masa depan anak ya..

    BalasHapus
  5. Wah, perkembangan teknologi memang begitu cepat, ya, Mbak. Dan anak-anak pun perlu dipersiapkan untuk menghadapinya di masa depan. Coding yang dulunya hanya konsumsi orang dewasa, sekarang perlu juga dikenalkan pada anak sejak dini. Menarik ini. Seandainya anak saya diajak ikutan belajar coding kayaknya tertarik juga. Soalnya suka ngadep komputer entah itu nonton YT atau main game..

    BalasHapus
  6. Konsep belajar coding yang menyenangkan bagi anaka-anak ini ya mba.
    Anak saya juga suka bermain game, saya perhatikan rata2 mereka utk bisa menyelesaikan permainan jg menggunakan bahasa coding, tapi pada ga ngeh.
    Sepertinya informasi ini bisa sy tunjukkan pada dia agar tertarik mempelajarinya.

    BalasHapus
  7. Baca istilah coding rasanya kaya beraat dan serius banget ya mba.
    Ternyata anak-anakpun bisa, malah akan memacu kreatifitas, keren ya.

    BalasHapus
  8. Kalau anak generasi sekarang saya rasa belajar coding tuh menyenangkan ya buat mereka secara tiap hari bertemu terus dengan yang namanya gadget, terus penasaran dan akhirnya bikin aplikasi dan program sendiri, coding bee ini memfasilitasi banget buat anak tambah wawasannya akan teknologi coding

    BalasHapus
  9. Waah..keren ya, anak2 belajar coding. Ponakanku yg SMA hobby banget nge-game, mau g ya, klo disuruh belajar coding gini?

    BalasHapus
  10. Wah menarik banget infonya,Mbak. Jadi tau lebih banyak tentang belajar coding ini. Anak saya ada yang hobinya utak atik di laptop

    BalasHapus
  11. Anakku pas aku ceritain tentang coding bee ini langsung tertarik banget hehe secara selama ini dia demen banget main game, jadi pengen bisa buat aplikasi game dia sendiri.

    BalasHapus
  12. Belajar coding manfaatnya banyak, ya. Bukan cuma menambahk ilmu coding, tapi juga ke kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  13. Sepertinya anakku bakal tertarik nih dengan tema ini. Bisa jadi ide untuk memperkaya kegiatan anak.

    BalasHapus
  14. Kereen amat yaa...
    Aku salut sama anak-anak yang tekun dalam mempelajari satu bidang yang paling mereka minati.
    paling engga, orangtua sudah paham mengarahkan apa yang disukai anak.

    BalasHapus
  15. Beneran ini yang punya anak kecil mendingan dikursusin di Coding Bee Academy, buat bekel masdep jaman now yang persaingannya ketat, harus punya skill lebih kreatif di dunnia digital ini. Sekarang aku udah nyerah belajar lagii coding, dulu pernah buat keperluan di kerjaaan.

    BalasHapus
  16. Pengeeeen banget masukin anakku ksana :). Aku udh bbrp kali liat iklannya kalo sdg nonton mba. Udh tertarik tuh sejak itu. Apalagi anak2 suka banget main games, jd aku pikir sbnrnya ga ada salahnya jg mereka jd LBH paham bagaimana membuat games yg sbnrnya, ga cuma dimainkan.. ini memang zamannya teknologi kok. Udh senormalnya anak2 belajar begini sejak dini.

    Dan jujur aja aku jg tertarik mba pgn belajar :D., Secara gapteeekkk hahahaha

    BalasHapus
  17. sebenarnya mengajarkan coding sejak dini sih bisa menjadi investasi buat anak nantinya, karena persaingan global sekarang semua menyangkut teknologi. makanya nanti anak saya pun bakal di arahkan juga. hhe

    BalasHapus
  18. Keren ya anak-anak sudah belajar ilmu coding. Banyak manfaat buat masa depannya kelak.

    BalasHapus

Instagram