Mengenal Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dan “Allianz Uang Duka”

tukar-sampahmu-lindungi-dirimu
Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu

Masyarakat di Indonesia, khususnya yang berasal dari kelompok emerging consumers masih belum menjadikan asuransi sebagai kebutuhan yang penting, padahal risiko bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja.



Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” sebagai edukasi kepada masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah, mengenai akses perlindungan asuransi melalui penukaran saldo tabungan di bank sampah.


Holla..

Pada tulisan saya kali ini tentang hasil mengunjungi Financial Expo (FinExpo) 2019, di Kota Kasablanka (Kokas) Mall, Jakarta.

Ternyata event yang digelar selama 4 hari ini mendapat dukungan penuh lho dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) sebagai puncak dari bulan inklusi keuangan yang dilaksanakan setiap bulan Oktober.

Jum’at sore menjelang malam, saya berkeliling melihat booth yang mengikuti Financial Expo (FinExpo) 2019 terlihat perbankan serta perusahaan asuransi ikut serta dalam expo ini.

Ada satu booth yang paling membuat saya tertarik untuk mendekat, karena desain boothnya sangat tidak biasa, terlihat botol plastik dan tutup botol plastik dalam booth sehingga benar benar mengalihkan pandangan saya.

Booth Allianz Indonesia, tepatnya berada disisi kiri panggung utama, nuansa biru dan putih mendominasi serta adanya tulisan “2 botol = 1 asuransi” menjadi magnet sehingga mendatangkan pengunjung, termasuk saya.

tukar-sampahmu-lindungi-dirimu
Suasana Booth Allianz Indonesia saat Fin Expo 2019 di Kota Kasablanca


Kira-kira apa ya maksud dari 2 botol = 1 asuransi? langsung deh saya bertanya kepada petugas yang ada dibooth, bahwa pengungjung yang datang ke booth Allianz Indonesia, lalu menukarkan 2 botol plastik maka akan mendapatkan perlindungan asuransi.

Wah, bagi saya ini program yang sanat menarik, dengan menukarkan 2 botol plastik bisa mendapatkan perlindungan asuransi dari Allianz Indonesia. Kenapa yang ditukar berupa botol plastik? asuransi jenis apa yang diberikan, berapa lama berapa jumlah pertanggungannya?

2 Botol Plastik bisa Mendapat Asuransi


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sampah plastik menjadi ancaman keberlangsungan bumi. Berdasarkan studi yang dirilis oleh McKinsey and Co. dan Ocean Conservancy, Indonesia sebagai negara penghasil sampah plastik nomor dua di dunia setelah Cina.

Sedih ngga sih mendengar negara sendiri sebagai negara penghasil sampah plastik nomor dua di dunia.. bahkan ada seorang penyelam menangkap sebuah gambar yang menyedihkan tentang lingkungan Indonesia, bagaimana sampah plastik menumpuk di laut.

tukar-sampahmu-lindungi-dirimu
Ilustrasi Sampah di Lautan by Freepic


Padahal ya sampah plastik sebenarnya bisa memberikan nilai ekonomis jika dipilah dan dikelola dengan benar. Kenyataan ada sekitar 65 juta ton sampah yang dihasilkan di Indonesia setiap harinya, hanya 7% yang didaur ulang, sementara 69% berakhir di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA).

Nah, Allianz Indonesia termasuk yang tidak tinggal diam nih, bagaimana agar masyarakat dapat bijak mengelola sampah, khususnya sampah botol plastk.

Bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan dan Hari Asuransi yang diperingati pada bulan Oktober 2019, Allianz Indonesia melakukan perluasan segmen pemasaran untuk tiga produk asuransinya meliputi produk asuransi jiwa mikro, produk asuransi kecelakaan diri, serta produk asuransi jiwa berjangka kumpulan.

Program ini ditujukan kepada masyarakat kelompok emerging consumers melalui Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dan Program "Allianz Uang Duka”.

Tujuan program ini untuk membantu masyarakat kelompok emerging consumers untuk memperoleh akses perlindungan asuransi dengan cara yang sangat mudah dan harga yang terjangkau.

Hal ini sejalan dengan tujuan Allianz Indonesia untuk memberikan perlindungan ke lebih banyak orang di Indonesia (to insure more people), tidak hanya fokus pada pertumbuhan premi saja.

Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu”


Melalui Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu”, Allianz Indonesia melakukan perluasan akses perlindungan asuransi jiwa mikro Sekoci dan perlindungan asuransi kecelakaan diri kepada masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah.

Program ini memungkinkan masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah mendapatkan perlindungan asuransi dengan cara menukarkan saldo tabungan di bank sampah.

Lho kenapa kepada masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah? karena saat ini pemahaman masyarakat khususnya masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah terhadap penetrasi asuransi dan inklusi finansial.

Duh, jangankan mikirin asuransi dan pengelolaan keuangan keluarga, untuk kebutuhan hidup sehari-hari saja mungkin mereka masih kesulitan.

Ini yang membuat saya seneng berlama lama di booth Allianz Indonesia karena bisa mendapatkan informasi tentang berbagai inovasi dan sinergi Allianz Indonesia untuk menyediakan layanan keuangan dan akses asuransi bagi segmen masyarakat yang belum tersentuh.

Dalam Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” ini apakah Allianz Indonesia bekerja sendirian? Oh tentu tidak, Allianz Indonesia bersinergi dengan mitra strategis yang menyediakan aplikasi digital MySmash untuk mendukung kegiatan operasional Bank Sampah di seluruh Indonesia.

Apa yang pernah mendengar MySmash? Jujur saya baru mendengarnya lho.. ternyata aplikasi digital MySmash berfungsi sebagai kanal distribusi baru untuk memberikan akses perlindungan asuransi jiwa mikro “Sekoci” bagi  masyarakat yang menjadi nasabah Bank Sampah.

Jika sebelumnya Allianz Idonesia memberikan akses perlindungan asuransi jiwa mikro “Sekoci” lalu melalui program “Tukarkan Sampahmu, Lindungi Dirimu” ini untuk asuransi kecelakaan diri. Dan proses pendaftarannya juga ngga ribet, bisa dilakukan secara manual melalui bank sampah tempat nasabah menabung sampah.

Lalu bagaimana dengan yang tidak tergabung dalam nasabah bank sampah seperti saya? Eits jangan salah, saya telah menukarkan 2 botol plastik pada booth Allianz Indonesia di Kokas dan langsung mendapatkan asuransi lho.

tukar-sampahmu-lindungi-dirimu
Saat Saya Berada di Booth Allianz Indonesia untuk Program Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu


Jadi prosesnya adalah, setelah saya menukarkan 2 botol plastik di booth Allianz, saya di minta data diri, KTP dan menyebutkan nama ahli waris. Setelah itu satu hari kemudian saya mendapatkan email sertifikat polis Asuransi Kecelakaan Diri.

Dengan manfaat Asuransi
  • Santunan kematian akibat kecelakaan Rp. 2.000.000,-
  • Santunan biaya pengobatan untuk cidera akibat kecelakaan Rp. 200.000,-
Ini berlaku untuk satu bulan yaitu sejak tanggal 18 Oktober 2019 hinga 19 November 2019.

Program “Allianz Uang Duka”


Bersamaan dengan Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu”, Allianz Indonesia juga memperkenalkan Program “Allianz Uang Duka”, yang memberikan santunan kematian dari produk asuransi jiwa kumpulan Allianz, yang dapat diakses oleh masyarakat warga Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan tingkat kelurahan.

Seperti yang kita ketahui, asas gotong royong dan kekeluargaan sudah menjadi tradisi untuk dijalankan oleh masyarakat warga RT, RW & tingkat kelurahan saat salah satu dari warga masyarakat mengalami musibah atau kedukaan.

Allianz Indonesia melihat hal ini sebagai salah satu kesempatan untuk memperkenalkan akses dan produk asuransi kepada warga melalui proses pengumpulan dana yang kemudian dinamakan Program “Allianz Uang Duka”.

Penetrasi Asuransi, Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan dari Allianz


Perluasan akses perlindungan dan produk asuransi melalui kedua program ini merupakan wujud komitmen Allianz Indonesia untuk mendukung program pemerintah dan OJK dalam meningkatkan penetrasi asuransi, literasi keuangan serta inklusi keuangan ke berbagai segmen masyarakat Indonesia.

Untuk lebih memaksimalkan awareness masyarakat, Allianz Indonesia mengikuti acara Financial Expo yang diadakan oleh OJK dan melibatkan Lembaga Jasa Keuangan perbankan, asuransi dan multifinance di Mal Kota Kasablanka Jakarta, tanggal  17 – 20 Oktober 2019.

Tak hanya di Jakarta, Allianz Indonesia juga mengikuti perayaan Hari Asuransi yang diadakan oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar Bali, tanggal 20 Oktober 2019.

Dalam kedua acara tersebut, Allianz Indonesia melakukan sosialisasi  Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai akses perlindungan asuransi melalui penukaran saldo tabungan di bank sampah.

Sampah plastik yang berhasil dikumpulkan di booth Allianz akan dikoordinasikan dengan bank sampah setempat untuk dikelola dan dipilah untuk didaur ulang, dan setiap penukaran sampah di booth Allianz akan mendapatkan perlindungan asuransi dari Allianz Indonesia. 

tukar-sampahmu-lindungi-dirimu
AllianzIndonesia Insuring More People melalui program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dan “Allianz Uang Duka”

 

Tentang Allianz Indonesia

Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya. Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia. 

--

Kesimpulan

  1. Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai akses perlindungan asuransi melalui penukaran saldo tabungan di bank sampah. 
  2. Sampah plastik yang berhasil dikumpulkan di booth Allianz akan dikoordinasikan dengan bank sampah setempat untuk dikelola dan dipilah untuk didaur ulang, dan setiap penukaran sampah di booth Allianz akan mendapatkan perlindungan asuransi dari Allianz Indonesia.
  3. Program “Allianz Uang Duka” untuk memberikan santunan kematian dari produk asuransi jiwa kumpulan Allianz, yang dapat diakses oleh masyarakat warga Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan tingkat kelurahan.

Semoga informasi tentang program Program “Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu” dan Program “Allianz Uang Duka” dapat bermanfaat ya.. untuk informasi lebih lanjut bisa melalui Website dan Sosial Media Allianz Indonesia ya.

Website : www.allianz.co.id
Instagram : @AllianzIndonesia
 

Salam hangat,
Elly Nurul


Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

16 komentar:

  1. Ajegileeeeeee, dua botol plastik dapet asuransiiii.

    Kalau begini, jadi harusnya makin banyak orang yang terdorong buat ngambilin sampah-sampah di laut, dan kasih ke allianz ya, biar asuransinya ngumpuuuuuul.

    BalasHapus
  2. Programnya ALLIANZ sungguh mantuuullll!!
    Keren banget, bisa mengajak masyarakat utk peduli lingkungan dan mau mengumpulkan sampah plastik, widiiihh mayan banget kalo bs dituker insurance ya Mbaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Masya Allah. Programnya mulia sekali. Bisa atasi limbah plastik sekaligus kasih asuransi ke masyarakat

    BalasHapus
  4. Menyedihkan ya, Mbak, negara kita itu penghasil sampah terbesar si dunia. Mudah-mudahan dengan gerakan bank sampah, masalah sampah di Indonesia bisa teratasi

    BalasHapus
  5. Program ini sangat unik dan menarik sekali. Selain bisa mengurangi sampah plastik juga bisa mendapatkan asuransi :)

    BalasHapus
  6. ya ampun mbak keren banet ya ini programnyaa,,,, bisnis jalan tapi kasih dampak yang bagus buat lingkngan

    BalasHapus
  7. Kepengen ini acara ada di Pekanbaruu....Bagus dan keren banget. Saya sendiri sedang berusaha mengurangi sampah plastik, tapi ya tetap aja gak bisa signifikan, kalau satu kota dapat edukasi begini (plus asuransi) makin banyak yang bisa ngurangin sampah

    BalasHapus
  8. salut banget deh, mendukung banget program zero waste

    BalasHapus
  9. Wah bagus nih kepedulian Allianz terhadap dampak dari banyaknya sampah plastik sampai membuat program keren seperti 2 botol plastik = 1 asuransi.

    BalasHapus
  10. Wah ini menarik sekali. Lain dari yg lain. Ada unsur edukasi untuk lebih mencintai lingkungan. Di kampungku juga ada program ngumpulin botol tiap Sabtu tapi duit hasil penjualannya masuk ke kas RT hiks hiks

    BalasHapus
  11. Keren banget sih programnya semoga makin banyak yang tau ya mengenai program ini karena membantu jaga lingkungan juga kan ngumpulin botol plastik.

    BalasHapus
  12. Wah program baru Allianz ini keren sekali nih. Bisa ikut mengurangi sampah plastik sekaligus bisa mendapatkan perlindungan asuransi untuk diri sendiri. Trus program Uang Duka juga oke banget karena bisa diikuti bareng warga se-RT gitu ya. Makasi atas infonya, Mbak

    BalasHapus
  13. Bank sampah di lingkunganku belum jalan nih mba. Susaaaah banget menggerakkan warga untuk suka rela setor sendiri, sedangkan kalau harus ada petugas, dananya belum ada untuk menggaji. Semoga segera sadar akan pentingnya gerakan ini ya, plus mendapat keuntungan bisa mendapatkan asuransi seperti program ini.

    BalasHapus
  14. Huwaaa keren banget allianz sih
    Tukar botol dapet asuransi heheheh.
    Coba kalau semua bergerak.nih. Indonesia bebas sampah nih

    BalasHapus
  15. Kira kira di Surabaya ada ngga ya sosialisasi Allianz gini?
    Jadi pengen juga tahu detail langsung dari pihak Allianz

    BalasHapus
  16. Yeay keren banget program ini sekalian mendidik calon nasabah untuk cinta lingkungan. Aku juga mau coba cari tahu berbagai produknya asuransinya mbak.

    BalasHapus

Instagram