38 Tahun Wacoal Indonesia, Fakta Yang Belum Kamu Ketahui

38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
38 Tahun Wacoal Indonesia, Fakta Yang Belum Kamu Ketahui

Tahun ke 38 Pembuktian Wacoal, menjadikan perempuan sebagai sumber inspirasi dari makna kecantikan, gaya hidup dan nilai sebuah seni.

“Hasil tidak pernah menghianati usaha” kata-kata yang tepat untuk menggambarkan perjalanan Wacoal dalam memproduksi pakaian dalam yang berkulitas serta memiliki fakta yang belum banyak diketahui.


Dear Ladies,

Tentu tidak asing mendengar brandWacoal” ya.. saya mengenal Wacoal pertama kali saat usia 25 tahun. Masih kuat dalam ingatan saya, kado ulang tahun dari rekan kerja sekaligus merayakan bahwa dalam beberapa bulan lagi saya akan menjadi seorang istri.. ciee.

Dua pasang bra dan celana dalam berwarna pink dan hitam, itulah koleksi Wacoal perdana saya..  ngga nunggu resmi menjadi seorang istri, langsung saya gunakan bra dan celana dalam Wacoal untuk menemani hari hariku menjalankan aktifitas sebagai karyawan sebuah perusahaan.

Tak berhenti sampai disitu, perkenalan dengan Wacoal terus berlanjut. Alhamdulillah koperasi kantor saya sangat aktif. Beberapa kali mengadakan bazaar (tertutup dan khusus perempuan)  dengan menghadirkan koleksi koleksi pakaian dalam Wacoal.

Bahagianya saya.. akhirnya kembali mengkoleksi pakaian dalam Wacoal yang cukup.. kenapa cukup? ehemmm harga bra Wacoal saat itu lumayan banget lho.. ya.. itung itung investasi sih, karena Wacoal tuh nyaman banget dipakainya dan awet, jadi ngga perlu sering sering beli deh hehe.

38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
Salah Satu Koleksi Wacoal Indonesia

Apa Kata Mereka Setelah Menggunakan Wacoal

 “Menggunakan bra Wacoal sepanjang hari tidak masalah, saya bisa bergerak dengan leluasa” Indah-Jurnalis
“Harga Lingerie Wacoal sedikit lebih mahal, tetapi bentuknya tidak berubah setelah dicuci dan selalu pas dengan sempurna jadi harga sepadan lah dengan kualitasnya" Rina-Ibu Rumah Tangga & Womenpreneur

Sejarah Wacoal

Beruntungnya saya, pada tanggal 19 September 2019 di CGV FX Senayan, Jakarta, bisa menjadi bagian dari perayaan 38 tahun Wacoal Indonesia.

Disana saya tambah jatuh cinta dengan brand yang saya kenal sejak 10 tahun lalu dan ternyata usianya tidak terlampau jauh dengan usia saya (ketahuan deh umur saya hehe).

Jadi, setelah opening, kami para undangan yang hadir disuguhi dengan pemutaran "Wacoal Movie" disini saya belajar sejarah tentang Wacoal.

Berawal dari para wanita Jepang yang tidak mengenal apalagi memakai bra, wanita Jepang memakai Juban, jadi payudara mereka cenderung lebih flat, karena harus dililit dengan kain. 

38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
Juban Membuat Payudara Perempuan Jepang Cenderung Lebih Flat, Karena Harus Dililit Dengan Kain

Berkat inovasi dan kegigihan Koichi Tsukamoto, pendiri Waco Sodji Company, pakaian dalam bergaya western seperti bikini, lingeri mulai populer di Jepang.

Pada tahun 1957 Waco Sodji berubah nama menjadi Wacoal Inc yang dikenal hingga saat ini dan terus berkembang pesat. Hingga kini sudah ada di 15 negara yaitu Indonesia, USA, UK, France, China, Korea, Hongkong, Taiwan, Thailand, Philippines, Singapore, Malaysia, Vietnam, Japan dan India.

Pada tahun 1981 Bapak Suryadi Sasmita dan Mulyadi Saputra mendirikan “Wacoal Agency” di Indonesia dengan nama PT. Sumber Indah Permai. Lalu berdirilah counters yang menjual produk Wacoal yang semua produknya masih di import dari Jepang. 

1982 Fist Factory in Bogor

Sampai akhirnya pada tahun 1982, PT. Sumber Indah Permai mendirikan pabrik di Bogor, hanya dengan 150 unit mesin jahit dan 80 orang operator.

1991, Joint Venture Agreement with Wacoal Japan

Ini sebagai tonggak awal PT. Indonesia Wacoal untuk terus membangun pasar di Indonesia dan menyerap tenaga kerja dan terus meningkatkan kinerja serta kualitas produk sesuai dengan standar kualitas Jepang. 

1994-2007 membuka store di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Citraland, Sogo Klapa Gading, Tunjangan Plaza Bandung, Blok M Plaza dan di Makassar.

2003 Mendapatkan Certified ISO 9001 

2007 Luludi and Sexy Look
Mengeluarkan lingeri for every woman, koleksi dengan gaya simpel, minimalis namun tetap nyaman, untuk segala usia dan style with high quality cotton and comfort.

2015 Mendapatkan penghargaan sebagai “The Best Achieving Total Costumer Satisfaction” ISCA 

2015 Meluncurkan koleksi pakaian dalam untuk pria dengan nama Mr. W

2008 One Stop Shopping

Dengan inovasi one stop shopping, tahun 2008 Wacoal online Shop resmi diluncurkan, dimana para wanita dapat memilih dan membeli produk pakaian dalam dengan jauh lebih mudah.

Berbagai keuntungan dapat kalian rasakan, yaitu dimana dan kapan saja, tidak perlu repot repot bawa belanjaan, pilihan koleksi lebih variatif, pengiriman ke seluruh kota di Indonesia, dan akses belanja 24 jam lho.

Mengapa Wacoal Banyak Diminati?

Wacoal memiliki bayak loyal customer lho, contohnya saya sendiri. Menurut saya, selain terus mengikuti perubaan trend dan gaya hidup, Wacoal Indonesia konsisten mengutamakan:
  • Good Fitting
  • Trusted Material
  • Perpect Functions

Fakta lain yang perlu kamu ketahui bahwa Wacoal menggunakan teknologi perangkat ukur 3D untuk menganalisa geometri tubuh perempuan dengan menggunakan kekuatan ilmu pengetahuan lho.

Bra membatu membentuk dan mengangkat payudara secara natural, jadi saat wanita berusia 40 tahun, perubahan keseimbangan hormon dan otot, mengakibatkan pengenduran di seluruh area tubuh.


38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
Wacoal Menggunakan Teknologi Perangkat Ukur 3D untuk Menganalisa Geometri Tubuh Perempuan


Wacoal telah merancang bra yang sesuai dengan usia 40 tahun yang dapat membuat tampilan di daerah dada bagian atas lebih berisi, shape dibagian pinggang, panggul dan paha.

Pengembangan produk Wacoal berokus pada lingeri dan shapper yang siluet dan support fitur tubuh, sehingga memberikan ruang bergerak yang nyaman, pas dan sempurna dengan bentuk dan ukuran tubuh perempuan

40 Lebih Komponen Dalam 1 Bra Wacoal & Pengujian Kualitas

Tahukan kamu bahwa ada 40 atau lebih komponan dalam 1 bra Wacoal. Komponen komponen tersebut disatukan dan dijahit dengan tangan lho, pekerjaan ini dilakukan oleh para penjahit dengan kemampuan tinggi.

Dipusat pegujian produk di Jepang, disana menggunakan mesin cuci untuk menguji kualitas dan daya tahan produk kami. Kualitas renda dan material lain yang digunakan untuk cup, starp dan komponen lainnya pun diuji. Daya tahan renda yang sensitif juga diuji.

Sedangkan untuk uji uji lainnya, termasuk uji kekuatan jahitan dan kain dilakukan dengan merujuk pada standar kualitas produk Wacoal Jepang.
38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
Uji Kekuatan Jahitan dan Kain Produk Wacoal Dilakukan dengan Merujuk pada Standar Kualitas Produk Wacoal Jepang.

Begitu selesai, setiap produk akan menjalani serangkaian uji fitting di setiap negara, mengecek apakah produk tersebut berfungsi sebagaimana layaknya. Dimana produk memiliki tekstur yang benar dan bentuknya tetep sempurna saat tubuh bergerak secara natural/normal.

Semua kain akan menjalani pengujian pra-produksi berdasarkan standar mutu Wacoal, itulah mengapa bra Wacoal memberikan bentuk yang baik dan kenyamanan dengan masa pakai yang lebih lama.

Semua produk Wacoal melalui semua proses ini, sebelum dipasarkan ke toko. Selanjutnya pramuniaga Wacoal yang terlatih akan membantu konsumen untuk menemukan produk bra Wacoal yang tepat, sesuai dengan ukuran, bentuk dan kebutuhan koleksi pakaian.
 

Bra Wacoal Berdasarkan Hasil Penelitian

Wacoal telah melakukan penelitian melalui kuesioner terhadap 100 perempuan Jepang, dan hasilnya bisa saja mengejutkan kalian semua. Dari seluruh responden, hanya 9,4% diantaranya yang mengenakan bra yang benar benar pas lho. 

Apakah kamu memilih bra hanya berdasarkan ukuran payudara saja? Ukuran payudara bisa saja sama, tetapi bentuk dan kekencangannya berbeda beda, sehingga pas tidaknya bra berbeda-beda.

Di pusat penelitian Wacoal di Jepang, menemukan bahwa bentuk payudara berubah-ubah dari waktu ke waktu lho.. ya iyalah.. masa mau disamain bentuk payudara sebelum menikah dengan setelah menikah.

Pilih bra yang tepat, pas dan nyaman. Sebaiknya kamu melakukan fitting yang sesuai setiap kali membeli bra.

Bra Wacoal Beragam dan Didesain Secara Ilmiah

Jangan khawatir, pramuniaga Wacoal akan membantu kamu menemukan bra yang sesuai dengan kebutuan kamu berdasarkan ukuran dan bentuk payudaranya agar terlihat sangat indah dan ideal

Wanita memiliki bentuk tubuh dan standar kecantikan yang berbeda-beda, tetapi wanita memiliki satu kesamaan dalam hal mengenakan bra yang tepat.

Untuk itu Wacoal terus bekerja keras untuk membantu para perempuan untuk terlihat lebih menawan.


38th Anniversary Celebration

Pada saat 38th Anniversary Wacoal Indonesia, turut hadir juga beberapa selebriti wanita seperti Laura Basuki dan Ririn Ekawati sebagai pengguna setia Wacoal.

Tak hanya itu saja, perwakilan dari Wacoal Indonesia mengucapkan apresiasi setinggi tingginya kepada masyarakat Indonesia yang telah mempercayakan kenyamanan pakaian dalam bersama Wacoal Indonesia.

Dengan demikian Wacoal Indonesia akan terus berinovasi untuk menghasilkan bra dan pakaian dalam untuk semua kalangan dari generasi ke generasi termasuk kaum pria.

38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
Wacoal Indonesia Mengapresiasi Kepercayaan Masyarakat Untuk Kenyamanan Pakaian Dalam

Fashion Show

Pada 38th Anniversary Wacoal Indonesia, setelah dilakukan Opening, Wacoal Movie, and Anniversary Celebration lalu dilanjutkan dengan fashion show yang menampilan karya karya terbaru dari Wacoal, Luludi dan MR. W yang berkolaborasi dengan Binus North Umbria.

38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
38 Tahun Wacoal Indonesia, Fakta Yang Belum Kamu Ketahui
38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
38 Tahun Wacoal Indonesia, Fakta Yang Belum Kamu Ketahui
38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
38 Tahun Wacoal Indonesia, Fakta Yang Belum Kamu Ketahui
38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
38 Tahun Wacoal Indonesia, Fakta Yang Belum Kamu Ketahui
38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
38 Tahun Wacoal Indonesia, Fakta Yang Belum Kamu Ketahui
38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
38 Tahun Wacoal Indonesia, Fakta Yang Belum Kamu Ketahui

Mini Gallery Wacoal Indonesia

Jadi, pada 38th Anniversary Celebration Wacoal Indonesia juga menampilkan "mini gallery" yang berisi tentang perjalanan 38 tahun Wacoal Indonesia termasuk menampilan bra dan materialnya.

Ada dua frame yang menurut saya menarik yaitu, frame yang menampilkan bagian bagian dari 1 buah bra. Ternyata dalam setiap 1 bra Wacoal itu bisa mencapai 40 komponen bagian lho.. dan itu hanya dimiliki oleh Wacoal.

Sedetail itu.. duh ngebayangin para penjahit bra Wacoal nih.. mereka begitu teliti ya.. sampai ada 40 bagian dan komponen tersebut saling berkaitan lho sehingga membentuk bra yang nyaman digunakan untuk setiap perempuan.

38-tahun-wacoal-indonesia-fakta-yang-belum-kamu-ketahui
Mini Gallery 38th Anniversary Celebratio Wacoal Indonesia
 
38th anniversary celebration wacoal indonesia
Ternyata Dalam Setiap 1 Bra Wacoal itu Ada 40 komponen bagian lho


--

Kesimpulan:

  1. Tahun ke 38 pembuktian Wakoal menjadikan perempuan sebagai sumber inspirasi dan makna kecantikan, gaya hidup dan nilai sebuah seni.
  2. Dengan good fitting, trusted material dan perpect functions menjadikan Wacoal tetap dipercaya konsumen dari generasi ke generasi dengan selalu mengikuti perubahan perubahan tren dan gaya hidup.

Itulah oleh oleh saya setelah menghadiri 38th Anniversary Celebration Wacoal Indonesia. Bagi kamu yang masih penasaran dengan koleksi koleksi Wacoal, Luludi dan Mr. W bisa intip intip melalui akun instagramnya atau bisa langsung order online melalui websitenya:

Wacoal : @wacoal_id
Mr. W : @mr.w_id
Website:  www.wacoal.co.id

Salam hangat,
Elly Nurul
 

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

35 komentar:

  1. Salah satu barang hantaran saya waktu menikah 21 tahun lalu adalah sepaket pakaian dalam, mulai dari long torso, bra, korset dan celana dalam yang semuanya merk Wacoal.
    Duh senangnyaaa...
    Apalagi waktu itu rasanya harga Wacoal selangit.

    Sekarang sih udah sering-sering ngadain diskon dan tetap jadi merk favorit dan dan anak gadisku.

    BalasHapus
  2. Dulu di kantor lama kalau ada sales Wacoal datang dan menawarkan diskon Wacoal beuh mba semua perempuan dari gadis belia sampe emak2 menyerbu termasuk aku yang pendiam ini karena memang nyaman banget..

    baru tahu pendirinya namanya Waco dan udah lama yah sejak 1982 sudah ada di Bogor jadi pengen beli bra lagi ehhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca postingan ini jadi kefikiran udah lama banget ga beli merk wacoal hahhaha

      Hapus
  3. Beughh ada 40 komponen dalam satu bra?
    Canggih jugak nih si Wacoal
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Ini aalah satu merk baju dalam andalan kami juga mba. Soalnya asli enaaaak yaaaa

    BalasHapus
  5. Sumber inspirasi nya keren ya, gak nyangka historisnya seperti itu setuju banget sih mind set bikin perempuan tetap cantik dan nyaman. No doubt deh ya pakai wacoal. Thanks waco soji. Hehehe

    BalasHapus
  6. Wacoal ini brand yang tetep eksis di lintas masa. Dari dulu selalu mupeng punya brand ini tapi belum beli2 juga krn harganya wow hehe...tapi harganya emang worth it sih dgn kualitasnya

    BalasHapus
  7. Aku mulai mengenal wacoal sejak awal puber. Ternyata memang pas toko besarnya dibuka di kotaku ya

    BalasHapus
  8. Dewi juga pengguna Wacoal, bahannya nyaman dan adem:) baru tahu juga nih sejarah Wacoal. Dewi suka variasinya bnyak dn elegan.

    BalasHapus
  9. Ini juga menjadi pakain dalam andalan waktu kerja, enak dipakai dan awet. Kalau istilah saya dan teman2 dulu, ada harga ada kualitas.
    Bahkan longtorso lama masih awet hingga kini, baru beberapa tahun ini ga dipake lagi, karena ga muat sama ukuran badan yg mulai memelar :D *minta ganti baru*

    BalasHapus
  10. Wah, ternyata Wacoal usianya udah 38 tahun aja sih. Beda2 tipis ama usiaku nih hehehe. Pantesan berasa nyaman banget dah pake Wacoal, ternyata ada 40 komponen dalam 1 bra, mantab!

    BalasHapus
  11. Wah ...Wacoal udah 38 tahun aja ya. Brand ini memang udah terkenal sejak dulu. Kualitasnya sudah terjamin, apalagi dengan 40 komponen dalam satu bra, kereen nih

    BalasHapus
  12. Mau coba Wacoal juga nih. Aku kadang salah milih pakaian dalam dan jadinya kurang nyaman saat dipakai. Padahal kenyamanan kan penting banget. Ternyata juga usia Wacoal sudah 38 tahun. Pro banget berarti nih

    BalasHapus
  13. Ibuku semuanya branya Wacoal. Inget banget waktu aku kecil Ibu selalu bilang, kalo gak Wacoal, nanti Ibu gatel dan gak nyaman.
    Akhirnya nurun ke aku sekarang.

    BalasHapus
  14. Baru ingat brand ini lagi. Dulu pernah punya kayaknya. Tapi aku nggak perhatikan. Ternyata ada buatan Indonesia juga.

    BalasHapus
  15. Lah aku nggak nyangka loh kalau Wacoal sudah 38 tahun, mbaaa. Ya ampun udah eksis dan maish bagus pula produk produknya ya mbaa. Mantap bener Wacoal ini :)

    BalasHapus
  16. Baru tau saya Wacoal inu brand jepang tak kirain brand dr amrik sono, dari dulu pengen beli tapi selalu gak kesampaian

    BalasHapus
  17. Kenal Wacoal sejak masih gadis dan baca majalah Gadis, sayang belum bisa beli karena harganya di luar kermampuan uang saku, he he.
    Saya suka desain Wacoal karena beda dengan bra biasa. Lingerie-nya juga cantik dan bikin yang pakai jadi seksi. Wacoal sebagai perusahaan besar benar-benar detail.

    BalasHapus
  18. Oh jadi awalnya wacoal ini dr Jepang lalu kemudian produsen yang di Indonesia join ma mereka ya mbak. Keren banget udah 38 tahun ya? Bagus sih branya buat menyangga aset ibu2 ya hehehe

    BalasHapus
  19. 40 komponen dalam 1 bra? Wow... baru tahu bisa sekompleks itu deh. Pantas saja ya Wacoal ini berkualitas dan nyaman dipakenya.

    BalasHapus
  20. Brand ini udah lama banget mbak, dan dari dulu nabung kalau mau beli pakaian dalam Wacoal hehe. Jadi ingat masa kerja, pasti belanjaannya ke Wacoal dan cari warna dan model terbaru hihi.

    BalasHapus
  21. Pantass jika Wacoal memang dicari banyak orang
    Karena ternyata proses dan bahan yang dipakai bukan sembarangan

    BalasHapus
  22. Ga salah deh ya kalau harga meker Wacoal itu lumayan soale emang terbukti bagus ya. Aku berharap di Wacoal ada tali bra yang besar gitu soale PD kalau pakai tali bra yang kecil suka kurang kencang gt.

    BalasHapus
  23. Wouw udah 30 tahun Wacoal ternyata. Memang produk2nya berkualitas dn pling ngerti kebutuhan perempuan, sukses selalu buat Wacoal

    BalasHapus
  24. Wacoal juga merek underwear favoritku lho mbak... Karena harganya lumayan mahal, belinya kudu nabung dulu, hehehe. Tapi tetep aja saya cinta Wacoal, hehehe

    BalasHapus
  25. Baru tau soal.brand wacoal mba aku hahahha. Jadi penasaran pengen punya 1 coba enaknya dimana modelnya apik apik pula

    BalasHapus
  26. Udah selama itu ya wacoal. Kere lah pokoknya. Sahabat setia perempuan. BHnya bikin nyaman

    BalasHapus
  27. bagus2 ya mbak produk wacoal. Modelnya juga lucu2.

    BalasHapus
  28. Wow keren. Sudah 38 tahun yang ternyata brand Wacoal ini. Nyaman kalau pakai Wacoal memang dan awet juga. Bahannya bagus soalnya.

    BalasHapus
  29. Wacol merupakan salah satu bra fav aku, mbak. Soalnya sangat nyaman dan awet.
    Aku baru tau ternyata Wacol sudah berumur 38 tahun :)

    BalasHapus
  30. Wowww 38 tahun, Wacoal ini sudah ada sebelum ak lahir brarti, Wacoal ini salah satu merk yg ak tau mam Elly, terbukti kok kerennya karena 38 tahun berkecimpung makanya ok banget.

    BalasHapus
  31. Ngga terasa udah 38 tahun ya mba. Makin lama makin banyak modelnya dan bagus2. Wacoal jd andelan kalau mau tampil agak seksi wkwkkwkwk. Kalau sehari2 Luludi aja udh cakep.

    BalasHapus
  32. E tapi bener banget loh kak, kalo pakaian dalam nya aja ga nyaman bisa ga nyaman keseluruhannya ya, makanya penting banget tuh pilih pakaian dalam yang nyaman kaya wacoal ini

    BalasHapus
  33. Dulu aku suka wacoal karena di mall mudah didapat, sekarang tinggal di pulau susah. Padahal, bra wacoal ini sangat nyaman di pakai. Jadinya, kalau ke kota pasti beli bra wacoal biar untuk nyetok kalau dah waktunya ganti

    BalasHapus
  34. Udah lama juga ya wacoal di Indonesia,,, ga nyangka aku tuh, emang kalo underware wacoal lebih tahan lama sih mau dicuci pake mesin pun kuat, bahannya juga nyaman, meski harganya sih lumayan wkwkwk tapi kan awet...

    BalasHapus

Instagram