Menjadi Beautypreneur Bersama Viralisse

menjadi beautypreneur bersama viralisse

Peluang bisnis kecantikan di Indonesia sangat besar, terbukti bahwa Indonesia menjadi penyumbang terbesar kedua untuk pertumbukan perawatan kulit di dunia.



Bisnis kecantikan tidak hanya soal keahlian khusus dan modal besar, tetapi ide yang menarik dan juga bermitra dengan Viralisse yang akan melakukan co-creation untuk mewujudkan produk produk yang dinginkan hingga siap dipasarkan.


Dear Ladies,

Buat kamu yang suka banget pakai kosmetik atau skincare, pernah ada keinginan ngga sih untuk punya brand kosmetik sendiri? atau adakah keinginan untuk memulai bisnis kecantikan?.

Kalo aku perhatiin sih ya.. 2 tahun belakangan ini produk produk kecantikan mulai banyak diperkenalkan ke publik, mulai dari produk lokal maupun produk luar negeri. Dan yang jadi happening tuh produk halal dan organic.

Sebagai wanita yang butuh perawatan kecantikan kulit, saya menyambut baik banyaknya produk kecantikan yang semakin memahami dan mengerti kebutuhan wanita Indonesia.

Produk lokal yang menggunakan bahan alami dan tentunya halal menjadi pilihan saya dalam mengenakan kosmetik atau skincare.

Melihat banyaknya produk produk kecantikan bermunculan, ingin juga rasanya saya memiliki brand kecantikan sendiri. Kadang berfikir, kenapa aku ngga bisa ya.. sedangkan yang lain bisa kok dan justru berhasil di tengah ramainya produk produk kosmetik baru.

Berharap juga nantinya produk produk yang saya tawarkan mendapatkan apresiasi yang baik.. aamiin.

Tapi bagaimana caranya untuk memulai bisnis kecantikan, kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan sampai akhirnya memiliki brand kosmetik sendiri?.

Alhamdulillah, memang ya kalo niat baik tuh selalu ada jalannya.. nih aku kasih tau bagaimana caranya memulai bisnis kecantikan.

Peluang Besar Bisnis Kecantikan di Indonesia

Bagaimana memulai bisnis kecantikan ini saya dapatkan saat saya menghadiri acara Beautypreneur Gathering dengan tema “Digital Era of Skincare Business” Jum’at, 27 Juli 2019 di Apiary Menara Global, Kuningan, Jakarta Selatan.

menjadi beautypreneur bersama viralisse
Menjadi Beautypreneur Bersama Viralisse


Menurut Bapak Frank Iskandar, Business Develovment of Viralisse bahwa hasil riset dari salah satu perusahaan kosmetik tahun 2016, Industri kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia bernilai Rp. 33 triliun dengan rata-rata pertumbuhan 12% pertahun.

Data dari Global Head of Beauty and Personal Care Research Euromonitor Internasional Irina Barbelova, menyebutkan bahwa penjualan global produk skincare mencapai US$130 miliar pada tahun 2019.

Indonesia ternyata menjadi penyumbang terbesar kedua untuk pertumbuhan perawatan kulit di dunia lho, ini berdasarkan data yang diterbitkan Euromonitor Internasional dengan judul The Future of Skincare.

Bapak Frank juga menyampaikan bahwa pertumbuhan pesat bisnis skincare di era digital ini, tentu juga tidak terlepas dari peran media sosial, dimana para product reviewer dan endorser gencar merekomendasikan produk produk perawatan kecantikan.

Bahkan saat ini, tidak sedikit dari para product reviewer memiliki rangkaian produk perawatan kencantikan dengan brand sendiri, seperti brand KylieSkin by Kylie Jenner.

menjadi beautypreneur bersama viralisse
Frank Iskandar, Business Development of Viralisse

Viralisse Beautypreneur Partner

Ladies, saat Beautypreneur Gathering juga hadir Bapak Dr. Handoko Sastra Dinata, Owner PT. Alamanda. PT. Alamanda merupakan mitra dari Viralisse dalam membuat produk produk kecantikan.

Menurut Dr. Handoko, banyak hal hal yang harus diperhatikan sebelum menjadi beautypreneur atau memiliki brand sendiri, seperti:
  • Terdaftar HKI
  • Telah dinotifikasi BPOM
  • Unique
  • Inovatif
menjadi beautypreneur bersama viralisse
Dr. Handoko Sastra Dinata, Owner PT. Alamanda. Menjadi Beautypreneur bersama Viralisse

Keempat hal tersebut harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kecantikan sehingga beautypreneur boleh berbangga dengan produk yang dipasarkan sendiri nantinya.

Seorang beautypreneur itu harus jeli menangkap peluang, unique artinya harus punya ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh brand kecantikan lain.

Inovatif juga dibutuhkan, jangan membuat produk kecantikan yang pasaran, buatlah produk kecantikan yang berbeda, dibutuhkan dan memudahkan masyarakat ketika mengunakan produk kecantikan dari brand yang kita miliki.

Lalu apakah dalam memulai bisnis kecantikan itu harus memiliki keahlian khusus dan modal besar?
Ternyata bisnis kecantikan itu tidak meluluk soal keahlian khusus dan modal besar lho.

menjadi beautypreneur bersama viralisse
Menjadi Beautypreneur bersama Viralisse


Beautypreneur hanya perlu modal ide yang menarik dan uang tidak lebih dari 25 juta rupiah, maka sudah bisa memiliki brand kecantikan sendiri yang legal dan juga berkualitas.

Ladies, Viralisse menawarkan dukungan terintegrasi dari hulu sampai ke hilir bagi para beautypreneur.

Jadi kamu cukup siapkan ide atau gagasan awal mengenai produk yang diinginkan, lalu viralisse akan melakukan co-creation untuk mewujudkan produk produk yang kamu inginkan hingga siap dipasarkan deh.

menjadi beautypreneur bersama viralisse
Salah satu produk Beautypreneur bersama Viralisse

Agar kamu lebih memiliki gambaran tentang dukungan viralisse untuk mewujudkan harapan kamu menjadi beautypreneur, berikut adalah One Stop Solution yang ditawarkan Viralisse untuk para beautypreneur, yaitu:

Product Concept

Kamu bisa mendapatkan pengetahuan tantang data bahan aktif dan inovatif serta review market survey, agar kamu bisa mendapatkan gambaran yang sedang menjadi trend di pasar.

Brand Concept

Kamu akan dibantu dalam hal pembuatan konsep merk dan dibantu pembuatan desain logonya juga.

Brand Registration

Kamu akan dibantu untuk pendaftaran merk produk ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM RI

Product Formulation

Disini kamu akan dirancangkan formula agar komposisi bahan aktif yang terkandng dalam produk memberikan khasiat dan keamaan yang oprml

Packaging & Design

Kamu dibantu untuk memilih kemasan, dan mendesain serta membuat keterangan pada label kemasan yang sesuai dengan ketentuan BPOM

Stability Test

Test untuk memastikan produk stabil (warna, aroma, kekentalan, dll) dalam perionde tertentu

BPOM Notification

Notifikasi produk ke BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)

Production

Memastikan produk diproduksi dengan standar mutu ketat dan dengan jadwal yang tepat

Quality Control

Memastikan hasil produkdi massal telah memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan

Marketing Support

Membantu apabila kamu punya kebutuhan untuk pembuatan website, foto produk,video product review, pengelolaan sosmed, listing di marketplaceatau kebutuhan digital marketing lainnya.

menjadi beautypreneur bersama viralisse
Contoh produk Beautypreneur bersama Viralisse

 
Ladies, keamanan itu sangat sangat penting ya ladies, jadi semua produk yang kita buat untuk digunakan oleh orang lain harus mendapat ijin edar.

Oh iya, ini juga yang paling penting untuk diketahui bahwa fasilitas produksi di Viralisse:
  • Memiliki sertifikasi ISO 9001:2015
  • CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM
  • Sistem Jaminan Halal LPPOM MUI.

Ada tiga values utama yang dipegang oleh Viralisse, yaitu:

Integrity

Seluruh kerjasama tertuang juga dalam perjanjian tertulis dan menjaga kerahasiaan formulasi produk dan tidak menjual formula yang sama persis kepada pelanggan lain.

Quality

Kualitas alami, aman dan berkhasiat serta kualitas layanan business support untu para beautypreneur

Flexibility

Kemudahan akses kepada team supporting dan minimum pemesanan produk yang masih relatif terjangkau bagi beautypreneur pemula

menjadi beautypreneur bersama viralisse
Contoh produk Beautypreneur bersama Viralisse

Untuk memberikan solusi kebutuhan beautypreneur, maka produk kecantikan di Viralisse dibagi menjadi 3 kategori produk, yaitu:

Face Care

Face mist, facial wash, milk cleanser, micellar water, toner, day cream, night cream, peeling gel, facial scrub, lotion essence, serum, BB cream

Body care

Hand and body lotion, body scrub, body butter, sabun cair

Hair care

Shampoo, conditioner, hair tonic, masker rambut, serum rambut

menjadi beautypreneur bersama viralisse
Narasumber dan Peserta Beautypreneur Gathering bersama Viralisse

Tentang Viralisse

Viralisse adalah sebuah perusahaan pelopor one stop bagi para beautypreneur di dunia bisnis skin care contract manufacturing, memiliki dan manjaga values agar bisa terjalin hubungan yang berkesinambungan dengan para pelanggannya yaitu beautypreneur dengan prinsip together adalah komitmen Viralisse.

Jika kamu tertarik untuk menjadikan Viralisse menjadi mitra kamu untuk menjadi beautypreneur bisa menghubungi :

PT. Viralisse Adi CitraLippo St. Moritz #09-01
Jl. Puri Indah Raya Blok U1
Jakarta Barat 11610, Indonesia
Telepon (021) 30497711
Mobile: 0978 78999 579
Website: www.viralisse.com
Instagram: viralisse
 
--

Kesimpulan:

  1. Peluang bisnis kecantikan di Indonesia sangat besar, terbukti bahwa Indonesia menjadi penyumbang terbesar kedua untuk pertumbukan perawatan kulit di dunia.
  2. Bisnis kecantikan bukan hanya soal keahlian khusus dan modal besar, tetapi ide yang menarik dan uang tidak lebih dari 25 juta rupiah, maka sudah bisa memiliki brand kecantikan sendiri yang legal dan juga berkualitas.
  3. Viralisse dapat menjadi mitra untuk menjadi beautypreneur, dengan akan melakukan co-creation untuk mewujudkan produk produk yang kamu inginkan hingga siap dipasarkan.

menjadi beautypreneur bersama viralisse
Menjadi Beautypreneur Bersama Viralisse

Sudah siapkah kamu menjalankan bisnis kecantikan di Indonesia dengan menjadi beautypreneur?

Dari sharing saya tentang peluang bisnis kecantikan di Indonesia dan bagaimana memulai menjadi beautypreneur, semoga membantu kamu yang selama ini masih bingung ya.

Buatlah ide menarik, unik dan inovatif lalu bermitra dengan Viralisse, InshaAllah harapan kamu memiliki brand kecantikan sendiri dapat terwujud.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

25 komentar:

  1. aku pengen deh suatu saat punya produk home care merek sendiri kak, secara berangkat dari pengalaman diri sendiri yang susah keluar rumah buat perawatan selama punya bayi dan balita ya, kalo ada produk yang bisa dan praktis digunakan jadi solusi banget.

    BalasHapus
  2. belakangan emang bisnis kecantikan lagi digandrungi banget ya, alhasil banyak brand lokal bermunculan hehe

    BalasHapus
  3. Beberapa tahun ini emang gencar banget yaa skincare, udah semakin banyak yang perduli sama kesehatan kulit nih 😄

    BalasHapus
  4. Aku banget mbak pernah berangan angan pengen punya brand konsmetik sendiri apalagi aku penyuka liptint. Pengen deh.

    BalasHapus
  5. Dulu itu saya mikirnya kalo pengwn punya brand kosmetik semdiri harus punya pabrik dan tenaga ahil. Eh ternyata gak perlu yaa... Cukup kerjasama aja sama produsen seperti Viralisse ini.

    BalasHapus
  6. Bisnis dibidang kecantikan makin banyak peminatnya, secara banyak orang lebih tepatnya perempuan sudah mrnjadi kebutuhan untuk koametik itu sendiri

    BalasHapus
  7. kalau ide dari design kemasannya dan semua kandungan kosmetiknya, bisa juga didiskusikan bersama?
    Bagus kalau untuk yang memiliki profesi dokter kecantikan yaa...
    Pas.

    BalasHapus
  8. Sungguh, aku baru tahu bahwa Indonesia menjadi penyumbang kedua pertumbuhan bisnis skincare di dunia.

    Pantas saja begitu menjamur klinik-klinik kecantikan dan produk skincare ya.

    Ternyata oh ternyata "gula"nya di Indonesia.

    ... dan yang diuntungkan adalah konsumen!

    Jadi gimana nih mba, ada rencana launching Elly Skin, perhaps?

    BalasHapus
  9. mimpi punya brand kosmetik sendiri udah bukan angan2 lagi yah kaka elly, karena ya asal ada modal dan usaha bisa aja bikin sendiri

    BalasHapus
  10. wowo, bagus banget untuk insight kedepannya mengenai bisnis, bisa jadi inspirasi ya

    BalasHapus
  11. Banyak nih yg nanyain aku ttg gmn cara punya brand sendiri. Tp kendala modal yg ga besar dan ga mungkin bkn pabrik sndiri. Aku bs rekomendasikan ini sama mereka ya. So semua bs jd pengusaha hihihi.

    BalasHapus
  12. Bisnis kecantikan makin menjamur ya mba, jika memang produknya aman, berkualitas, pasti akan maju dan banyak yang mencarinya

    BalasHapus
  13. Zaman now ga cuma orang dewasa aja dan remaja yang kepengen cantik. Bayi, balita, anak sekolahan dan lansia juga mau kelihatan cute gitu. Makanya bisnis kecantikan makin menjamur dan diminati berbagai kalangan. Jadi tahu deh dari tulisan mbak Elly ini cara2 berbisnis di bidang kecantikan, ternyata banyak juga syarat dan ketentuannya ya. Keren deh seandaianya punya satu outlet brand sendiri aja udh keren hehehe :D

    BalasHapus
  14. aku cocok gak ya punya bisnis kosmetik kek artis gt, hehe. tapi kalo aku lebih suka ke skin care sih dibanding kosmetik, akunya soalnya ga bs make up

    BalasHapus
  15. Wuih penyumbang kedua di dunia? Wajarlah yaa.. secara dalam islam aja sudah ditentukan suatu saat nanti jumlah wanita lebih banyak dr pria. Nah, pasar banget kan buat beautyprenuer. Bahkan skrg pria pun banyak kok yg sudah sadar diri utk merawat kulit dan penampilan. Hmm.. apa ade bisnis itu aja ya.. hahaha.. ga cocok kayaknya.

    BalasHapus
  16. Senang banget makin banyak pilihan Skincare itu tandanya gairah perempuan terhadap perawatan wajah makin tinggi artinya. Terbayang juga punya bisnis kayak gini. Indahnya hahaha

    BalasHapus
  17. Menarik banget ya mbak, jadi beautypreuner ternyata bisa semudah ini jika bekerjasama dengan viralisse.alhamdulillah juga sudah memiliki sertifikat halal. Jadi tertarik deh.

    BalasHapus
  18. Apakah mba Elly bakal bikin brand skincare sendiri? Jadi bisa ngikutin beauty influencer yang udah bikin brand skincare dan makeup sendiri nih via Viralisse ya.

    BalasHapus
  19. Kayaknya Mama Elly klo punya brand kecantikan sendiri cocok deh, tinggal belajar lebih dalam lagi ya biar bisnis lancar

    BalasHapus
  20. Mba Elly cocok nih memulai bisnis beautypreneur. Image cantiknya dapat, tinggal kembangkan konsep dan ide uniknya aja.

    BalasHapus
  21. Jujur tertarik banget apalagi dibelakangnya juga udah ketahuan pengalaman dan nama baiknya dalam profesinya bisa sangat dipercay. Langsung ambil paket gak nih jadinya ?? Yuk joinan

    BalasHapus
  22. Ya ampun.... salute banget sama inovasinya Viralisse ini ya. Mau jadi beautypreneur ngga usah mikir bagaimana produksi dan printilannya, yang penting konsep dan unique ya....

    BalasHapus
  23. Skincare dan produk kecantikan emang booming banget ya beberapa tahun terakhir. Aku baru tertarik untuk cobain skincare ya baru-baru ini aja. Sempat kepikiran mau bisnis skincare juga sih karena peluangnya besar ya

    BalasHapus
  24. Thanks for sharing, sukses terus,.

    BalasHapus
  25. Hai Sis Elly,

    Terima kasih yang sudah visit dan memeriahkan event kami ya.Semoga acaranya dapat bermanfaat untuk teman-teman Beauty Bloggers semua.

    Jika ada hal yang ingin ditanyakan perihal viralisse, jangan ragu untuk menghubungi kami ya di kontak dibawah ini.

    Terima kasih ya Sis,dan semoga kita dapat bertemu lagi di lain kesempatan.


    Salam hangat,

    Felix Iskandar

    Viralisse
    Phone/WA : 087787012361
    Email : felix@viralisse.com

    BalasHapus

Instagram