Mengenal Making Indonesia 4.0 Startup, pada Semarak Festival IKM 2018

semarak festival ikm 2018 mengenal making indonesia 4.0 stratup

Indonesia diharapkan semakin siap menghadapi era revolusi industri ke-4, dengan munculnya startup yang mampu memberikan layanan teknologi kepada industri khususnya dan masyarakat pada umumnya. 

Making Indonesia 4.0 Startup merupakan terobosan baru yang diharapkan dapat menjadi stimulan munculnya ekosistem startup di bidang teknologi industri 4.0 serta mampu menciptakan produk yang membantu sektor industri meningkatkan efisiensi dalam hal biaya, energi dan waktu.



Hello semuanya..
Beberapa hari jelang penutupan akhir tahun 2018, boleh ya saya berbagi tentang perkembangan industri IKM di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, tentunya penting untuk mengetahui perkembangan Industri IKM di Indonesia.
IKM itu apa? sebelumnya kita mengenal UKM Usaha Kecil Menengah, seiring dengan perkembangan industri di Indonesia menjadi IKM. IKM singkatan dari apa? itu adalah beberapa pertanyaan dari teman saya, sebagai respon atas postingan saya di Instagram.
Saat itu saya mengunduh foto sedang mengenakan tas dengan caption "Bangga ngga sih mengenakan produk IKM?" saat menghadiri Semarak Festival IKM 2018 di JS Luwansa Hotel and Convention Center, Kamis, 13 Desember 2018.
mengenal making indonesia 4.0 startup dalam semarak festival ikm 2018
Portingan saya di Instagram "Saya Bangga dong pakai produk IKM"

Sebenarnya saya juga baru tahu lho jika I dalam IKM adalah industri. Informasi ini saya dapatkan langsung  dari Bapak Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI dan Ibu Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal IKM, saat membuka Semarak Festival IKM 2018 di JS Luwansa Convention Hall, Jakarta (13/12/18) 
 

Apa itu Industri 4.0?

Teman-teman mungkin sering mendengar istilah Industri 4.0, lalu apa sih yang dimaksud dengan Industri 4.0?
IKM kini berkembang pesat dan menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat. Data Sensus Ekonomi BPS tahun 2016 menyebutkan, jumlah unit usaha IKM mencapai sebesar 4,4 juta unit usaha dan menyerap tenaga kerja sebanyak 10,5 juta tenaga kerja. 

mengenal making indonesia 4.0 startup dalam semarak festival ikm 2018
 Bapak Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI saat Pembukaan Semarak Festival IKM 2018
Sektor industri nasional memasuki era industri 4.0, “Making Indonesia 4.0” sebagai salah satu agenda pembangunan nasional untuk mempercepat pencapaian aspirasi menjadi negara 10 ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030" Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI
Bapak Presiden RI optimis lho, bahwa era industri 4.0 akan memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk memajukan perekonomian nasional, walaupun belum semua kemasan produk IKM yang menjual, berdesain menarik dan sesuai kebutuhan produk.
Peluang tersebut tentunya tidak hanya dimanfaatkan oleh Industri Besar saja, namun juga oleh Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Wirausaha Baru oleh Generasi Muda

Setuju ngga sih jika masa depan sebuah bangsa ada ditangan generasi muda? siapa yang akan menjalankan masa depan? Siapa yang memikirkan masa depan?
Berdasarkan Data Sensus Kependudukan BPS tahun 2016, saat ini hingga 15 tahun ke depan, Indonesia tengah menikmati masa bonus demografi dimana rasio populasi angkatan kerja meningkat dibanding non-angkatan kerja.

mengenal making indonesia 4.0 startup dalam semarak festival ikm 2018
 Salah satu produk IKM dalam Semarak Festival IKM 2018
Angkatan kerja disini maksudnya adalah usia-usia produktif, ini artinya era generasi milenial diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
Oleh karena itu pemerintah memberikan perhatian yang tinggi pada peran generasi muda melalui penumbuhan wirausaha-wirausaha baru.
"Kombinasi antara kuantitas dan kualitas baik dari sisi produk maupun sumber daya manusia, tentunya akan menjadi keunggulan dalam penumbuhan dan pengembangan IKM, ujar Bapak Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI pada pembukaan Festival Semarak IKM 2018.

Tembus Pasar Internasional, Menperin Beri Apresiasi Kepada IKM

Untuk mencapai sebuah apresiasi, IKM tidak hanya menghasilkan produk saja, tetapi menghasilkan produk yang memiliki ciri khas, sdm yang berkualitas, fasilitas pengembangan produk dan fasilitas pengembanan SDM.

Ciri khas produk menjadi hal utama yang wajib dimiliki oleh IKM, jika IKM telah menghasilkan produk yang memiliki ciri khas serta memiliki keindahan penampilan kemasan, tentu dengan mudah mendapatkan pembeli.

mengenal making indonesia 4.0 startup dalam semarak festival ikm 2018
Para Pemenang Kompetisi Startup dalam Semarak Festival IKM 2018


Dalam Semarak Festival IKM 2018, Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada para pelaku IKM nasional yang sudah bisa menembus pasar ekspor karena produk yang dihasilkan beragam dan berkualitas.

IKM Dayang songket merupakan salah satu IKM yang sering mempromosikan songket khas Sambas ke berbagai pameran di luar negeri seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Jepang dan Belgia.

Penghargaan One Village One Product (OVOP).


OVOP merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mengembangkan produk unggulan khas dari daerah sehingga mampu untuk menembus pasar global.

Disinilah aspek ciri khas produk yang berkualitas serta mampu mengembangkan kehidupan masyarakat daerahnya menjadi penentu keberhasilan produk OVOP. 

mengenal making indonesia 4.0 startup dalam semarak festival ikm 2018
 Para Penerima Penghargaan OVOP 2018 setelah menerima penghargaan dari Bapak Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian RI pada Semarak Festival IKM 2018

Semakin berkualitas produk IKM yang dihasilkan, tentu akan semakin tinggi penghargaan yang didapatkan.

Tahun 2018, terdapat 4 IKM yang mendapatkan penghargaan OVOP bintang 5 dan 26 OVOP bintang 4.

Produk dan SDM yang Berkualitas


Kementerian Perindustrian melalui Ditjen Industri Kecil dan Menengah, terus mendorong IKM untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas dan keindahan kemasan produk.
"Pada tahun 2018, pengembangan IKM memang difokuskan pada pembinaan dan peningkatan kualitas kemasan" - Dirjen Industri Kecil dan Menengah IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih.
Kemenperin memberikan dukungan bagi pelaku IKM untuk memperbaiki kualitas kemasan produk dengan membentuk Klinik Desain Kemasan dan Merek setahun 2003.

mengenal making indonesia 4.0 startup dalam semarak festival ikm 2018
 Salah Satu Produk IKM yang dipamerkan dalam Semarak Festival IKM 2018

Hingga tahun 2017, IKM telah menikmati bantuan fasilitas desain dan mockup kemasan yaitu :
  • 6.998 desain kemasan
  • 7.396 desain merek
  • 371 bantuan cetakan kemasan
Selain Klinik Desain Kemasan yang melayani bimbingan dan konsultasi pengembangan desain kemasan dan merek, Kemenperin juga memberikan fasilitas lainnya, seperti :
  • Fasilitasi SNI untuk Pakaian Bayi, Mainan Anak dan Produk Elektronik
  • Fasilitasi Sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP)
  • Fasilitasi Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)
  • Fasilitasi Sertifikasi Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)
  • Fasilitasi Kemasan bagi IKM
  • Fasilitasi untuk pengembangan SDM seperti : Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Kerja Barista & Perbengkelan Roda Dua.

mengenal making indonesia 4.0 startup dalam semarak festival ikm 2018
 Produk Mainan IKM yang sudah ber SNI

mengenal making indonesia 4.0 startup dalam semarak festival ikm 2018
 Produk Mainan dan Pakaian Anak yang sudah ber SNI

IKM dan Teknologi Terkini

Kenapa sih masih banyak produk IKM yang masih kurang menjual? banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain keterbatasan pengetahuan dan wawasan pengusaha IKM tentang kemasan.

Selain kemasan yang kurang menjual, IKM juga masih kesulitan untuk mengembangkan produknya, agar produk IKM dapat masuk pasar Internasional.

Nah, Kemenperin juga tidak tinggal diam lho, agar IKM naik kelas, mengajak IKM bergabung dalam program e-Smart IKM yang bertujuan meningkatkan akses pasar melalui fasilitas internet marketing.

Jadi, IKM jaman now tidak harus memiliki toko atau berjualan di mall untuk menjual produknya, IKM dapat menjual produknya melalui fasilitas internet marketing.

--

Akses IKM dalam memasuki pasar global sudah semain luas, Kemeperin sudah melakukan tugasnya dalam memberikan pendampingan dan bimbingan utuk pengembangan desain kemasan dan merek serta akses pasar global.

mengenal making indonesia 4.0 startup dalam semarak festival ikm 2018
 Semakin Bangga dengan perkembangan IKM di Indonesia, produknya semakin berkualitas dan memenuhi standar Nasional maupun Internasional

Indonesia Making Startup 4.0 akan menjadi empowerment IKM masa depan, Langkah Kemenperin ini sesuai dengan program Pemerintah yaitu implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

12 komentar:

  1. Kalau dilihat-lihat sebenarnya produk-produk buatan orang Indonesia itu bagus-bagus mbak, cuma kurang pemasarannya aja. Untungnya sih sekarang udah mulai go digital jadi bisa dijual via online lewat marketplace

    BalasHapus
  2. Tas yang dipakai mba Elly cakep banget, ternyata peoduk-produk IKM bagus-bagus ya, dan kita mesti dukung ya, apalagi produknya pun berkualitas

    BalasHapus
  3. Cakep itu kak produknya. Making Indonesia 4 0 memang sudah harus ada di semua lini ya terutama produsen2 ini yang justru jadi pondasi juga tuk ekonomi kita. Siap tembus pasar global deh

    BalasHapus
  4. Dukungan buat IKM semakin banyak, ini membuat semangat untuk menghadirkan yang kreatif dan berkualitas. Kuy dukung industri 4.0 untuk Indonesia semakin maju

    BalasHapus
  5. Dukungan buat IKM semakin banyak, ini membuat semangat untuk menghadirkan yang kreatif dan berkualitas. Kuy dukung industri 4.0 untuk Indonesia semakin maju

    BalasHapus
  6. Semoga Indonesia trus bersiap.dan semaakin bersiap yaa.produk kita memang sdh bagus2 tinggal.sentuhan packaging n marketing saja

    BalasHapus
  7. Salut saya sama IKM nasional yang sudah bisa menembus pasar ekspor, semoga semakin banyak pelaku usaha terutama anak muda yang bisa menghasilkan produk yang beragam dan berkualitas sehingga bisa tembus pasar internasional juga.

    BalasHapus
  8. Ikut bangga melihat produk IKM Nasional bisa menembus pasar internasional. Memajukan perekonomian Indonesia.

    BalasHapus
  9. Wuih, keren ya produk-produknya walopun diproduksi UKM. Potensial banget untuk berkembang menjadi lebih besar

    BalasHapus
  10. perubahan ada dimana-mana termasuk di dunia industri, untuk para umkm harus terus berkembang mengikuti zaman dan memperbaiki kualitas produk agar bisa bersaing dnegan yang lain

    BalasHapus
  11. UKM ..berubah jadi IKM, jadi bukan usaha kecil-kecilan tapi menjadi sebuah industri jangaka panjang..bahkan bisa ekspor..

    Keren..

    BalasHapus
  12. Memasuki era global dimana industri 4.0 akan menjadi tonggak persaingan ekonomi. Dan kitapatut berbangga IKM/UKM Indonesia setahap demi setahap siap melenggang di ranah international.

    BalasHapus

Instagram