Membuat Sambal Mangga Serut dengan Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801

Membuat  Sambal Mangga dan  Rujak Mangga Serut dengan Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801
Blender Pintar Cosmos Blenz dilengkapi dengan Teknologi Blenz yaitu teknologi pintar dari Cosmos yang mengatur blender bisa berhenti sendiri.


Saat menggunakan Blender Pintar Cosmos Blenz, sekali pencet, bisa ngeblenz sendiri, bisa berhenti sendiri, hasil lebih halus. Moms tidak perlu lagi mengaduk manual saat sedang ngeblender, dan karena bisa berhenti sendiri,dan tidak  perlu tungguin blendernya sampai berhenti, jadi moms bisa sambil melakukan aktivitas lainnya.


Dear Moms,

Moms tentu sudah tidak asing lagi dengan buah  mangga, selain sebagai sumber vitamin dan mineral untuk tubuh, buah mangga juga buah yang mudah didapatkan.

Saat ini buah mangga sedang memasuki musimnya moms, banyak sekali penjual buah-buahan yang menjual mangga, ada 3 jenis mangga yang sering saya temui di Depok, daerah tempat tingga saya yaitu mangga harum manis, mangga indramayu dan mangga manalagi.

Ketiga jenis mangga diatas memiliki karakteristik yang berbeda-beda, mangga harum manis paling cocok untuk membuat juice, mangga indramayu dan manalagi cocok untuk membuat rujak.

Nah, berhubung stock mangga dirumah saya adalah mangga indramayu dan untuk menemani saya menikmati siang hari yang sedang panas, saya berniat membuat sambal mangga serut.

Moms tentu sering mendengar sambal mangga, saya juga pernah mendengar dan mencicipinya tetepai belum pernah membuatnya. Penasaran  juga sih, seperti apa sih jika saya membuat sendiri sambal mangga.

Berbekal pengetahuan dasar tentang membuat rujak dari ibu saya, cerita sedikit ya, dulu almarhumah  Ibu saya sering banget buat rujak utuk kami sekeluarga, dan Ibu juga berpesan sebagai wanita itu harus bisa masak, khususnya membuat sambal.

Bismillah, siang tadi selepas mengupas mangga indramayu saya langsung browsing di internet dengan kata kunci “cara membuat sambal mangga”. Dan wow banget ya.. banyak sekali informasi yang saya dapat tentang sambal mangga dan pada intinya cara membuatnya sama seperti yang Ibu saya pernah ajarkan.

Membuat Sambal Mangga Serut

Selain stock mangga dirumah lagi banyak, saya juga termasuk orang yang suka sambal, makan  nasi tuh ngga lengkap tanpa sambal, apalagi sambal terasi buatan Ibu, beuh.. nikmat banget, bagi saya makan nasi tampa sambal itu kurang nikmat.

Bicara tentang sambal mangga, saya penah menikmati sambal mangga dengan nasi anget dengan bebek goreng dan juga penah makan sambal mangga sebagai cocolan gorengan. Kedua pengalaman saya makan sambal mangga mendorong saya untuk membuat sambal mangga sendiri dirumah.

Karena niatnya sambal mangga untuk tidak sekali makan, maka saya membuat sambal mangga serut dalam porsi besar, sekalian buat cemilan makanan seminggu ini hehe.

Untuk proses pembuatan sambal mangga serut ini, saya menggunakan blender tabung besar, karena membuat bumbu dalamm jumlah besar. Dengan mengganti pisau untuk tabung kecil atau blender untuk menghaluskan bumbu.

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
Bahan untuk membuat sambal mangga serut

Bahan-bahan :
  • 5 buah mangga muda indramayu, serut dengan parutan khusus
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai rawit hijau
  • 3 batang gula merah
  • 1 bungkus asam jawa, untuk menghilangkan biji asam, sebaiknya rendam asam jawa dengan sedikit air, lalu biji kita hilangkan setelah asam jawa larut
  • Garam dan terasi secukupnya
  • Air secukupnya
membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Mangga Indramayu mengkel untuk membuat sambal mangga serut, mangga diserut menggunakan alat serut khusus

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Mangga Indramayu mengkel yang telah diserut

Cara membuat:
  • Masukkan cabai merah keriting, cabai rawit merah, cabe rawit hijau, gula merah, asam jawa, garam dan terasi. Tambahkan sedikit air, blender hingga halus.
  • Bumbu sambal sudah bisa disajikan, jika hendak membuat rujak mangga serut, tuangkan bumbu sambal keatas mangga yang sudah di serut
  • Masukkan serutan buah mangga, lalu blender kembali untuk membuat sambal mangga serut
Dulu, Ibu saya mengajarkan saya membuat sambal dengan cara di ulek, tapi ya moms, bukannya mau menghilangkan tradisi baik dari Ibu, tetapi jaman sekarang semua serba mudah, jadilah saya memanfaatkan kemudahan.

Karena saya juga membuat sambal mangga serut yang lumayan banyak, maka saya menggunakan blender pintar Cosmos Blenz CB 801 untuk menghaluskan bumbu sambalnya. 

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Sambal yang sudah jadi, bisa langsung dituangkan keatas mangga yang telah diserut, sebagai rujak mangga ya moms

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Sisa sambal, kemudian di blender bersama mangga yang telah diserut untuk dijadikan sambal mangga

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Membuat sambal mangga serut dengan Cosmos Blenz CB 801

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz CB 801
Membuat sambal mangga serut setelah di blender dengan Cosmos Blenz CB 801

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Sambal mangga serut siap disajikan

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Sambal mangga serut bisa sebagai teman makan soto juga lho moms

 

Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801

Saat Blogger Gathering dengan tema "Smart Mom Pilih Blender Pintar #BerhentiSendiri Bersama Cosmos, Jum’at,  9 November 2018 di sebuah restoran di Jakarta Pusat.

Saya mendapatkan informasi langsung dari Mas Ervin, Product Excutive Cosmos tentang Blender Cosmos Blenz CB80. Saat itu saya langsung jatuh hati, karena jarang banget ya moms kita temui blender yang memiliki kemampuan “berhenti sendiri” biasanya kita yang pencet tombol dan menggunakan feeling apakah yang kita blender sudah cukup halus atau belum.

Namun Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801 ini sangat membantu para moms ketika berada di dapur untuk menyiapkan makanan untuk keluarga, boleh dibilang sebagai asisten di dapur, karena blendernya pintar bisa berhenti sendiri lho.

Dengan harga yang super affordable? 1 paket Cosmos Blenz ini berisi :
  • 1 plastic goblet ukuran 1,2 liter
  • 1 penggiling bumbu

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 1 Set Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Tabung Cosmos Blenz CB 801 berukuran 1,5 L yang terbuat dari plastik

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Tabung Cosmos Blenz CB 801 berukuran kecil untuk memblender bumbu

Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801 ini jugamemiliki keungan lain yaitu :
  • Di bagian bawah mesin blender, ada karet penahan gerak, fungsinya sebagai penaham mesin blender tidak bergerak saat digunakan
  • Terdapat tempat untuk kabel, jadi mom tidak perlu khawatir kabelnya berantakan
  • Menggunakan Blenz Technology, Blender Pintar Cosmos Blenz dilengkapi dengan Teknologi Blenz yaitu teknologi pintar dari Cosmos yang mengatur blender bisa berhenti sendiri, dimana saat pemakaian mesinnya bisa berhenti sejenak setiap beberapa detik, lalu otomatis menyala lagi. Fungsinya tentu saja supaya apa yg kita haluskan rata dan cepat halusnya. 
Moms sudah paham ya kenapa Cosmos Blenz CB 801 disebut Blender Pintar, karena ketika kita sedang memblender, terkadang harus mematikan blender dulu, lalu kocok-kocok atau aduk-aduk tabung blendernya supaya yang di bagian atas turun.

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Bagian bawah Cosmos Blenz CB 801, terdapat karet agar blender tidak mudah bergerak dan ada tempat untuk menggulung kabel agar tidak berantakan


Dengan Cosmos Blenz CB 801, moms tidak perlu kocok-kocok lagi. Blendernya akan berhenti sendiri setelah 40 detik menyala. Selama beberapa saat, blender akan berhenti supaya bagian atas turun sendiri dan menyatu dengan bahan-bahan lainnya di bagian bawah. Setelah itu, blendernya akan menyala lagi. Jadi cukup aman dan tidak ngerepotin ya moms, sambil ngeblender moms bisa mengerjakan tugas lain.

Moms, Cosmos Blenz ini lumayan hemat listrik lho. Dayanya 250 Watt, dengan tegangan 220 volt / 50 Hz.
--

Bagaimana Moms, itu adalah pengalaman saya menggunakan Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801. Jika moms tertarik mencoba juga, tetapi masih ragu, moms bisa follow sosial media Cosmos juga ya, disana mom bisa mendapatkan iformasi tentang produk terbaru Cosmos dan ada juga ada resep-resep makanan dan minuman lainnya juga.
Shoppee : Cosmosofficialstore
Facebook Fanpage: Cosmos
Instagram: CosmosOnline
Twitter: @cosmosonline

Oh iya moms, sedang ada promo lho di Shoppee "Cosmosofficialstore", yaitu diskon 25% untuk semua pembelian Blender dan Juicer. Jangan lupa ya moms, masukan kode voucher "COSMBLENZ" berlaku hingga tanggal 30 November 2018 dengan minimum pembelian Rp. 200.000,-.

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Sebelum sambal mangga diblender dengan Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801

membuat sambal mangga serut dengan cosmos blenz cb 801
 Sesudah sambal mangga diblender dengan Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801

Membuat Sambal Mangga Serut dengan Cosmos Blenz CB 801

Blender Pintar Cosmos Blenz CB 801 ini bisa jadi asisten moms selama didapur, karena sekali pencet, bisa ngeblenz Sendiri, bisa berhenti sendiri, hasil lebih halus. Moms tidak perlu lagi mengaduk manual saat sedang ngeblender, dan karena bisa berhenti sendiri,dan tidak  perlu tungguin blendernya sampai berhenti, jadi moms bisa sambil melakukan aktivitas lainnya.

Semoga bermanfaat ya moms dan sampai jumpa lagi pada postingan saya selanjutnya tentang masakan lagi ya moms.

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

33 komentar:

  1. ya salam, salah nih aku baca tulisan ini siang siang begini, jadi lapaar akutuh

    BalasHapus
  2. Kualitas produknya ok banget! Ya tampilan fisik, juga spesifikasinya. Mantap bangettt Cosmos Blender.

    BalasHapus
  3. Aduh mba, aku jadi laparrrrr. Enak nih ya gurame goreng, garing2 dicocol ke sambelnya. Uhhh. Sedappp. Seneng ya bikin sambel sekarang gak ribet kelupaan matiin blender. Duh blendernya canggih bgt.

    BalasHapus
  4. Waduuuh segeeeer banget sepertibyaaa mba :). Jd kepikiran besok mau bikin sambal mangga untuk cocolan ayam goreng :D. Kalo makan di restoran yg nyediain sambal mangga, biasanya mangganya masih berbentuk serutan. Aku blm prnh coba yg halus begini. Ntr di coba ah :)

    BalasHapus
  5. Pernah coba sambal mangga di rumah saudara, jadi pingin bikin sendiri abis baca ini. Wah daya listriknya memang lebih hemat dari blender jadoel saya, cus cek lihat harga Cosmos Blenz!

    BalasHapus
  6. Baca review an blender ini benerapa kali jd makin mupeng pengwn punya..apalagi ada warna yg pink gini...whuaaa mauuiui

    BalasHapus
  7. Bisa berhenti sendiri inovasi bagus nih. Bisa otomatis ya. menyajikan berbagai menu dan olahan jadi semakin praktis nih. Kalau mau ada acara masak2 bisa lebih ringan

    BalasHapus
  8. Aduh bener-bener nih jadi nelen ludah aku saking ngilernya. Jadi pingin punya blender cosmos.

    BalasHapus
  9. Waduuh sambalnya mbaa, bikin ngeces nih.
    Sambal mangga, salah satu sambal favorit aku

    BalasHapus
  10. Tetanggaku rajin banget nih buat sambal mangga maklum kami punya tetangga juga mangganya berlimpah ruah hahaha. Akh ini mah alat rumah tangga kesayangan ibu2 nih

    BalasHapus
  11. Kalo versi orang Jawa Timuran, istilahnya namanya kemecer. Kepengen banget sampe keluar air liur. Hahaha... baca ginian pas malam-malam. Untung di rumah ada bahannya semua. Besok mo bikin ah ngikut resepnya ini.

    BalasHapus
  12. Ngiler aku ka liatnya. Tanggung jawab nih sampe ngeces. Enak banget ya punya blender yang ramping gini. Hemat tempat penyimpanan.

    BalasHapus
  13. Warnanya bikin mupeng ya mba Elly jd mau koleksi blender cosmosnya dh gitu bisa berhenti sendiri lg kalo sdh halus

    BalasHapus
  14. Para moms pasti seneng banget nih dengan hadirnya cosmos blenz yang bisa berhenti sendiri. Jadi berdoa semoga nanti pas nikahan ada yang kadoin ini buat daku, hihi

    BalasHapus
  15. Wah aku suka banget nih sambal mangga, mau coba bikin ah pass dimayan cuaca panas hari ini

    BalasHapus
  16. Wah seru banget banggettttt resep mangganya.... Lezat, enak sekali sambal mangganya, buat paper

    BalasHapus
  17. Saya cukup suka dengan sambal mangga, tp liat mangga seger2 gitu ko sayang ya..lbh enak dimakan langsung gitu. Blendernya bagus, warnanya juga cantik, dilengkapi fitur terkini ya

    BalasHapus
  18. Aku ngiler liat sambelnya Mbak Elly :D
    Iya lagi musim mangga ya jadinya bisa nih sering2 bikin sambel mangga :D
    Aku blm pernah makan sambel mangga sama soto sih, biasanya makannya sama ikan goreng :D

    BalasHapus
  19. Mauuuu rujaknyaaa haaa. Aku juga seminggu sekali sekarang bikin bumbu dasar, emang deh blender sahabat emak di dunia

    BalasHapus
  20. Cosmos ini serbaguna banget ya mbak, saya udah nyobain produknya dan emang bumbu yg saya giling pun menjadi tergiling sempurna. Jadinya saya gak perlu berlama2 di dapur lagi kl udah pakai blender Cosmos ini mbak. Mau nyobain jg nih resepnya di rumah

    BalasHapus
  21. Hemmmm... mantap banget ini. Bahaya kalau dilihat ibu hamil muda, ntar ngidam nih. Mudah banget ya buatnya dan nggak ribet kalau pakai blender cosmos...

    BalasHapus
  22. Sambal mangga serut ini pasti enak banget kalau cocolannya ikan bakar, yummy.

    BalasHapus
  23. Rujaknyaaa menggodaaaa, ngilerrrrr nih Mba Elly. Hiks. Duh, belum punya blender, lagi galau mau blender apa, tapi aku jd punya pilihan nih baca reviewnya Mba Elly, menolong bangwt emak emak nih kalau blendernya cantik dan mumpuni gini

    BalasHapus
  24. Waww...sambal mangga :D Bisa nih buat nemenin makan ikan goreng hhmm.. Bener2 pintar ya blendernya pakai blenz technology, jadi bisa berhenti sendiri nih. Kita ga usah mikir itu bumbu atau apapun sudah cukup halusnya atau belum dll. Canggih tapi hemat daya listriknya. Ceki2 ah tetarik juga daku :)

    BalasHapus
  25. Pas banget emang baca tulisan ini, musim mangga dimana mana. Jadi punya bahan baku utama buat bikin sambal mangga. Hehhe. Aku suka skali mba sambal mangga tapi biasanya aku serut. Baru tahu kalau di blender juga jadi pilihan. Aih kenapa aku ngiler yaaaa. Hahhaaa

    BalasHapus
  26. aku tuh suka banget sambel mangga lho mbak..langsung ngiler..cuma kalau masak nggak pernah pakai gula jawa kaya dibikin rujak gini, pakenya terasi

    BalasHapus
  27. Duh koq berasa ngiler ya, sedep asem asemnya nyampe ke lidahku nih sambel mangga. Aku suka sambel mangga tapi yang kumakan biasanya gak diblend mba, hanya diserut aja mangganya. Kapan-kapan kucobain deh resep yang diblend gini. (Lalu salfok liat blender cosmosnya manis banget warnanya ih)

    BalasHapus
  28. Mau dung rujak mangganya, sitaruh di lemari es pasti nikmat banget ya. Btw blendernya unyu banget dan cocok juga tuh buat ngebantu bikin Mpasi

    BalasHapus
  29. Jadi kebanyang mangga, tulisan ini pun seakan warna kuning. Berarti sampe akhir nov ya mba, aku mau nyoba resepnya dulu klo sedep nanti bisa aku jualin wakakaka.

    BalasHapus
  30. Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, resep sambal mangga serut punya kak Elly. Kemarin sempat lihat postingannya di IG. Tahunya resep lengkapnya ada di sini. Langsung lah nanti cuss beli mangga dan eksekusi...

    BalasHapus
  31. Sambal mangga, mangganya diserut trus diblender? Jd halus bgt ngga sih? Berair dong? Pengen bikin mumpung bnyk mangga

    BalasHapus
  32. Mba Nurul ini boleh banget dicobain yaaah apalagi sekarang lagi musim mangga, banyak sekali yang jual, kalo cocmosnya yaaah belum punya

    BalasHapus
  33. Suegeerrr banget nih mbaaaa
    pengin coba bikin jugaaa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus

Instagram