Tips Sehat saat Traveling dengan Keluarga

tips sehat saat traveling dengan keluarga

Siapa sih yang tidak suka traveling, jika traveling orang sibuk dengan tiket murah, sibuk menentukan lokasi tujuan wisata, tetapi lupa dan tidak peduli tentang kualitas makanan dan makanan dianggap sesuatu yang gampang.

Saat traveling, makanan harus menjadi prioritas utama, karena dari makanan kita bisa menikmati traveling menjadi lebih berkualitas.


Dear Moms,

Berbicara tentang traveling, terakhir moms traveling dengan keluarga kapan dan kemana? lalu biasanya apa saja sih yang perlu dipersiapkan sebelum, saat dan sesudah traveling dengan keluarga?

Destinasi tempat liburan biasanya menjadi prioritas banyak keluarga ketika traveling dan makanan belum menjadi prioritas utama, cenderung makan makanan yang simpel tanpa memperhatikan kualitas dari makanan, apakah cukup nutrisi atau tidak.

Jika selama ini moms sudah mulai memperhatikan makanan mana yang baik dan mana yang tidak baik, harus diteruskan saat traveling ya moms. Rencanakan makanan, maka traveling akan menjadi lebih berkualitas, tubuh yang seimbang, maka tidak mudah stress.

Stress adalah penyakit yang paling berbahaya, karena dari dalam diri bukan dari luar, penyebabnya adalah makanan, dan bisa disembuhkan oleh diri sendiri salah satunya dengan makanan yang sehat.

Kondisi Tubuh Saat Traveling Seperti Apa Sih?

Moms, biasaya saat traveling itu kita happy, jangan terbalik ya saat traveling justru unhappy, traveling itu membuat orang exited dan juga melelahkan, terkadang tidak bisa tidur, karena jalan terus ke tempat destinasi impian.

Kondisi cuaca juga perlu diperhatikan saat traveling, karena tidak sama dengan kondisi kita sehari-hari, perubahan cuaca dapat membuat tubuh membutuhkan penyesuaian.

Menurut data survei, 30% para traveler mengalami alergi, diare, dan segala hal dalam pencernaan saat traveling. Makanan itu tidak sekedar enak dimakanan, tetapi makanlah makanan yang bisa mempertahankan masa otot.

Yang sering terjadi saat traveling adalah berat badan bertambah tetapi masa ototnya mengecil. Tubuh mengalami kenaikan berat badan, apakah karena otot, air dan lemak. Jika yang bertambah adalah lemak, justru otot mengecil dan akan berdampak tidak baik bagi tubuh.

Seringkali saat traveling justru makan tidak benar, sekalian diet, jangan ya moms, saat traveling makanan sangat penting apalagi makanan yang mengandung protein, untuk mengatur metabolisme tubuh khususnya otak. Otak itu seperti agar-agar, jika kekurangan cairan, efeknya mudah emosi, mudah tersinggung hingga badan menjadi mudah lelah.

Menjaga kebugaran dengan makanan, maka hormon happy akan keluar dengan jumlah yang baik makan tidak stress, sehingga traveling tetap berkualitas

Tips Sehat saat Traveling dengan Keluarga

Buat para Moms yang sering traveling dengan keluarga, sangat penting memprioritaskan makanan saat traveling, baik untuk diri sendiri maupun keluarga, maka harus dipersiapkan dengan baik. Persiapan yang bisa dilakukan yaitu sebelum traveling, saat traveling dan sesudah traveling.

Sebelum Traveling
  • Jika hendak traveling, sendiri atau dengan keluarga, harus siapkan perencanaan, karena perencanaan akan menentukan kualitas traveling.
  • Harus komitmen, harus mempertahankan pola makan sehat, jika dirumah mudah mempersiapkan makanan sehat. Saat traveling tidak ada alasan untuk tidak makan makanan sehat.
  • Tulis apa yang biasa kita makan sehari-hari, beli keperluan dan berapa banyak yang diperlukan dan termasuk alat masak dan belanja sesuai kebutuhan

Saat Traveling
  • Makanan segar itu penting ya moms, makanan instan jangan dijadikan sebagai suatu kebiasaan. Kita harus konsisten untuk tetap makan sehat saat traveling, memasak sendiri itu lebih baik, karena kita mengkonsumi makanan segar
  • Menyimpan di wadah-wadah, jadi ketika traveling kita mudah mencari jenis makanan yang sudah dipersiapkan dan mudah juga saat kita hendak memasaknya
  • Bawalah biskuit yang rendah kalori, oat, craker, buah kering jangan yang dikasih gula, buah sudah mengandung sukrosa yaitu gula buah alami
  • Kebersihan, makanan yang dikonsumsi, mulai dari mengolahnya, buah dan sayur dicuci dengan air mengalir, bisa ditambahkan sedikit garam saat mencuci sayurang untuk menghilangkan parasit dalam buah dan sayuran. Ketika mencuci buah dan sayur jangan direndam ya mom, karena ada beberapa buah dan sayur yang mengandung vitamin yang larut air.
  • Peralatan makan yang bersih, kebersihan peralatan makanan juga penting ya moms, untuk menghasilkan makanan sehat dari peralatan makan yang sehat juga. Cuci semua pelatan makan sebelum digunakan dan pastikan dalam keadaan bersih
  • Makan sesuai dengan pola kebiasaan yang rutin, menghindari makan-makanan yang mengandung garam, perbanyak cairan, perbanyak buah-buahan yang mengandung kalium.
  • Harus menyiapkan suplement, obat-obatan pribadi
Sesudah Traveling
Saat traveling atau tidak traveling, makan harus tetap sehat dan sering tapi sedikit, jangan makan langsung banyak ya moms, karena akan bermasalah dengan pencernaan, dan kasian juga lambung kita, jika makan langsung banyak makan lambung akan membesar dan lambung itu sebaiknya dalam ukuran normal yaitu kecil.

Orang Indonesia itu, saat traveling ngga bisa kalo ngga bawa sambel, teri kacang dan lain sebagainya, itu semua boleh dibawa kok moms, yang utama adalah saat traveling tetap makan sehat dan selalu menjaga kebersihan dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi saat traveling.

Prinsip Makanan Sehat

Gizi seimbang adalah yang paling baik ya moms, karbohidrat harus diturunkan, saat traveling karbohidrat harus dikurangi, lalu diganti jenisnya, nasi adalah karbohidrat sederhana, yang dapat menaikkan gula darah dan gula darah yang naik turun adalah penyebab obesitas.

Karbohidrat yang baik untuk di konsumsi adalah karbohidrat komplek, seperti nasi serat tinggi yang ada pada beras merah dan beras hitam, gandum dan mie dengan serat tinggi.

Saat traveling juga harus makan makanan yang bergizi tinggi, ada pada sayur, buah dan protein. Pilih buah dan sayur yang berwarna-warni, untuk protein, pilih yang lemaknya rendah, biasanya protein itu tinggi lemak, pilih yang rendah remak. Fungsi lemak itu sebagai pelarut vitamin, fleksibilitas otak dan mengandung vitamin B, E dan A

Ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan ya moms yaitu gula, garam dan minyak, ketiga hal tersebut boleh konsumsi tapi sedikit. Jika makanan manis, cenderung laper lagi, makanan gurih, natrium, yang ada dibumbu masak, kecap, makanan instan, bisa menaikkan tekanan darah, jadi traveling bisa terganggu, lebih gampang marah dan emosi tidak stabil.

Minyak, rasa gurih bisa meningkatkan napsu makan, tahu kan moms, jika napsu makanan sudah meningkat, berat badan juga meningkat dan jika berat badan diatas batas normal akan mempengaruhi kesehatan juga.

Saat traveling, protein diperbanyak dengan perbanyak makan buah dan sayur, hindari memasak dengan menggoreng, minyak tumis, makanlah makanan yang dikukus da makanlah makanan yang berkuah.

Makanan yang Dianjurkan Saat Traveling

Untuk keluarga yang hobby traveling, baik dalam negeri atau luar negeri, pasti banyak yang harus dipersiapkan, apalagi traveling bersama anak-anak, kita sebagai orangtua harus memikirkan makanan, apakah sehat, bersih dan cocok?

Belum lagi susah cari nasi, nah, ini adalah tips traveling dengan keluarga :
  • Bawa beras dan siapkan beras setakaran sekali masak agar memudahkan saat akan memasak nasi
  • Bawa kaldu dari rumah (bisa kaldu ayam, dading sesuai selera), kaldu bisa memasak bakso dll
  • Bawa bahan makanan dalam keadaan beku. Tempatkan di wadah tertutup dan lapisi dengan plastik agar tidak berceceran dalam koper
  • Masak masakan yang cepat matang
  • Bawa Mini Portable Digital Rice Cooker Cosmos CRJ 1031, dengan kapasitas 0,3 liter sehingga tidak makan tempat di koper, dan praktis bawanya.
Moms wajib punya Mini Portable Digital Rice Cooker Cosmos yaitu seri CRJ 1031, selain praktis dengan kapasitas 0,3 liter, rice cooker mini ini juga mutifungsi 4in1, jadi sangat cocok untuk dibawa saat traveling. 

Menu Praktis Saat Traveling

Karbohidrat Rebus: Umbi-umbian seperti kentang, ubi, bahkan pasta yang direbus bisa jadi salah satu pilihan asupan karbohidrat.
Sayuran Rebus : sayuran termasuk makanan yang mengandung banyak nutrisi dan mudah diolah saat traveling. Sayuran seperti brokoli, buncis, wortel tidak mudah busuk dan dapat langsung dimakan setelah direbus. Selain dimasak, sayuran ini juga dapat disimpan diwadah tertutup rapat, untuk dibawa sebagai bekal saat traveling
Telur Rebus : Selain dading, sumber protein juga terkandung dalam telur yang dapat direbus untuk diberikan kepada anak saat traveling. Telur rebus dapat bertahan lebih lama.

Memasak dengan Mini Portable Digital Rice Cooker Cosmos yaitu seri CRJ 1031

Moms wajib punya Mini Portable Digital Rice Cooker Cosmos yaitu seri CRJ 1031, selain praktis dengan kapasitas 0,3 liter, rice cooker mini ini juga mutifungsi 4in1, jadi sangat cocok untuk dibawa saat traveling.

Saya mau share resep sup bakso yang praktis dan lezat, yang bisa jadi salah satu pilihan menu masakan saat moms sedang traveling. Masaknya menggunakan Rice Cooker CRJ 1031.

tips sehat saat traveling dengan keluarga
Sup bakso untuk traveling dengan keluarga

Bahan-bahan :
  • 1 buah wortel, iris tipis
  • 1 batang daun bawang dan seledri, cincang
  • 1 buah kentang, iris tipis
  • 1 buah tomat
  • 7 butir bakso
  • Kaldu ayam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air Secukupnya
Cara Membuat :
  • Didihkan air beserta kalu ayam menggunakan Rice Cooker Cosmos CRJ 1031, nyalakan ke posisi cook
  • Masukkan potongan wortel, kentang ke dalam kaldu mendidih
  • Tambahkan garam & merica bubuk sesuai selera
  • Masukkan bakso
  • Masukkan potongan daun bawang, seledri dan tomat yang sudah dicincang
  • Setelah wortel dan kentang empuk, koreksi kembali rasanya
  • Sup bakso siap disajikan
tips sehat saat traveling dengan keluarga
 Rebus air dan kuah kaldu dan tekan tombol "cook"

tips sehat saat traveling dengan keluarga
 Masukkan wortel dan kentang yang sudah di potong tipis pada kuah air kaldu yang sudah mendidih

tips sehat saat traveling dengan keluarga
Masukkan bakso dan daun bawang seledri setelah wortel dan kentang empuk

tips sehat saat traveling dengan keluarga
Sup Bakso sudah matang, dan siap untuk disajikan saat traveling dengan keluarga

tips sehat saat traveling dengan keluarga
Hasil memasak sup bakso dengan menggunakan Rice Cooker Cosmos CRJ 1031


Memasak menu sup bakso saat traveling sangat mudah kan moms? tetapi memang dibutuhkan kesabaran dan tentunya konsisten untuk selalu memakan makanan sehat saat sedang travling atau tidak. Saya juga masih dalam tahap belajar, dan belajar itu kapan saja, dimana saja, dengan siapa saja dan seumur hidup.
--

Gimana moms, tips sehat saat traveling dan sharing menu saat traveling dengan keluarga, semoga membantu untuk para moms yang hendak traveling dengan keluarga ya..

Intinya jangan tinggalkan pola makan yang sudah diatur sebelumnya, saat traveling tidak ada halangan untuk tetap mengatur pola makan sehat, makan 3x sehari, perbanyak protein yang rendah lemak, ikan, telur bagian putih, perbanyak sayur dan buah, air putih, selalu bawa camilan yang healthy, hindari makanan siap saji, makanan lebih sering dengan porsi yang kecil.

Salam hangat,
Elly Nurul


 

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

29 komentar:

  1. Sejak liat foto mba Elly sama rice cooker cosmos ni udah ga sabar pengen tahu reviewnya ternyata mantap bener y mba jd klo travelling bisa bawa ini n memang klo travelling kudu wajib sedia makanan sehat

    jd pengen beli ini hehhee

    BalasHapus
  2. ehhh bagusss ini mbak biar kalo liburan ga mengandalkan mi instan mulu ehhehe

    BalasHapus
  3. Nyamnyam banget sop baksonya ya :) fungsional banget ni memang mini rice cooker cosmos nya.. terbaikk

    BalasHapus
  4. Enak banget itu sup bakso nya mbak, aku alhamdulillah udah punya nih jadi pengen coba buat di rumah. Gampang lagi ya bahan-bahannya juga

    BalasHapus
  5. duhh jadi pengen makan bakso deh..
    masak dengan ricecooker itu hemat yaa..

    BalasHapus
  6. Biasanya travelling makan mie instan eh skrg ada inovasi asyik nih travelling bareng keluarga dg bakso. . Nyummy. . Jadi laper. .

    BalasHapus
  7. Iya benar, perencanaan harus matang termasuk memikirkan dan mempersiapkan makanan sehat ya

    BalasHapus
  8. Ya ampun ini kyknya selain buat traveler jg rice cooker idaman anak kos banget ya mbak :D
    Bisa bikin sup2 bakso gtu. Jd pengen beliin adekku yg lagi kos hehehe :D
    TFS reviewnya :D

    BalasHapus
  9. Saya suka bgt sayur sop. Wortel yg dimasak pas itu suka bikin nagih. Apalagi sop bakso. Juara! Ngiler sop baksonya. Btw, Rice cookernya cocok buat anak kos tuh Kayaknya.

    BalasHapus
  10. aku tergoda dengan menu instant noodle, hohoho. Eh tapi ga boleh sering-sering makan yang instant. makasih yaa resep traveling sehatnya.

    BalasHapus
  11. Itu mah di rumah aku sedia. Boleh juga kubawa kalo traveling ya. Kecil bermanfaat. Bisa bikin menu nerkuah juga

    BalasHapus
  12. mungil banget ya terlihat praktis juga buat anak kosan, biar masak gak mubazir karna kebanyakan, dan aku wajib punya nih :)

    BalasHapus
  13. Wah aku naksir rice cookernya nih, praktis dan bisa dibawa kemanapun

    BalasHapus
  14. Asik banget kalau punya mini cooker ini ya mba, bisa dibawa kemna-mana, ga watir lagi saat bepergian sama anak, karena logistiknya pasti terjamin...

    BalasHapus
  15. Benar sekali kakak. Makanan sehat menjadi satu faktor penting saat travelling karena itu menjadi salah satu sumber energi untuk terus bergerak

    BalasHapus
  16. Nah aku tuh sering ngalamin traveling, makan ga menentu. Aduh aku beneran ngiler banget pengen punya mini rice cooker ini. Simpel

    BalasHapus
  17. Rice cooker-nya imut-imut, jadi pengen punya juga ��

    BalasHapus
  18. Traveling bukan malah asal makan ya tapi justru well prepare ya kak. Karena stamina PP travelling harus tetap di jaga.

    BalasHapus
  19. Jadi ingat dulu kalau pergi-pergi suka dibawain telur rebus sama mamah dan nasi tentunya. Eh btw, rice cookernya lucu, Mba. Aku juga pakai cosmos di rumah

    BalasHapus
  20. Aku jadi mau sup baksonya, eh rice cookernya juga. Lumayan banget kecil imut buat dibawa travelling, jadi hemat ya :)

    BalasHapus
  21. Mau Travelling...kudu sehat lah..., Kalo sakit gak bisa menikmati refreshing...


    Baru tau Cosmos imut ini...serba bisa lagi...rekomended banget ya buat yang suka Travelling...

    BalasHapus
  22. Seandainya di gunung ada listrik, pasti kami bawa alat masak buat memasak logistik. Sayang di gunung ga ada colokan. Jadi setiap mendaki, masih tetap pakai trangia

    BalasHapus
  23. klo seperti ini kan sayurannya jadi hangat dan jarang membuatnya juga mudah pas dibawa disaat travelling

    BalasHapus
  24. Emang paling pas dibawa traveling, aku udah buktiin sendiri. Mini rice cooker ini ngga ribet dibawa, dan lumayan ngurangin budget makan

    BalasHapus
  25. Traveling dengan bawa bekal dan menyiapkan sendiri lebih oke ya. Dijamin bersih dan sehat

    BalasHapus
  26. Aku nih salah satunya orang yg klo traveling pengennya jajan mulu.. Malah nafsu untuk makan berat tuh kayak ilang loh mba..

    Solusi banget yaa bawa rice cooker cosmos CRJ 1031, desainnya friendly banget buat dibawa traveling. Oh ya, satu lagi... Resep basonya boleh tuh aku coba.. Hihihi

    BalasHapus
  27. Wah mantaps Mba... saya kalau traveling bareng keluarga memang suka bekal makan sendiri untuk hari pertama dan kedua, bawa yg setengah jadi tinggal angetin milih hotelnya emang yg kayak tipe suites room gitu biar ada dapurnya.(yg murah tapi ..hahaha). sisanya terpaksa jajan di luar..pke ini utk hari ketiga bisa bikin dadakan deh .. mantap noted ah :)

    BalasHapus
  28. Apalagi kalau travellingnya berat (naik gunung) maka pasti haruslah menjaga kesehatan dengan baik. Minimal setiap paginya berolahraga lari kecil

    BalasHapus
  29. Waah, aku baru tahu nih ada rice cooker portable. Travelling jadi hemat yaaa kalau bisa masak sendiri. Apalagi kadang kalau travelling tuh makanannya suka gak cocok sama lidah. Kalau masak sendiri pasti urusan makanan aman deh selama travelling.

    BalasHapus

Instagram