Kewirausahaan, Fokus Community Investment Prudential untuk Pemberdayaan Indonesia Timur

kewirausahaan fokus community investment prudential pemberdayaan indonesia timur

Prudential Indonesia memperluas komitmen tanggung jawab sosial untuk pembangunan berkesinambungan di Komunitas Indonesia Timur.


Selain bidang pendidikan, kesehatan dan keselamatan, kewirausahaan menjadi fokus utama program Community Investment Prudential di Indonesia Timur


Hello semuanya,

Jika bicara tentang Indonesia Timur, apa sih yang ada dalam benak kalian? apakah tentang kekayaan alamnya? tantangan sosial masyarakat seperti kesehatan dan pendidikan? atau apakah tentang kemiskinan dan pengangguran?
 
Boleh ya saya share informasi fakta tentang Papua yaitu :

Hasil survei BPS (Badan Pusat Statistik) 


"27,74% penduduk Papua masih hidup dalam kemiskinan, 63,770 orang Papua mengganggur dan Index kebahagiaan, menunjukan bahwa Papua salah satu daerah dengan indeks kebahagiaan paling rendah di Indonesia"
Hasil survei Literasi dan Inklusi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) :

"Pengetahuan masyarakat tentang keuangan lebih rendah dibanding daerah lain di Indonesia, yaitu 19,27% untuk Papua Barat dan 22,18% untuk Papua"


Duh, sedih ngga sih.. dari fakta-fakta diatas ternyata masih ada daerah di Indonesia yang dekat dengan kemiskinan, banyak penggangguran, hidupnya ngga bahagia dan pengetahuan tentang keuangan yang rendah.

Hal ini menunjukan bahwa kesejahteraan sosial ekonomi di Indonesia belum merata. Siapakah yang bertanggung jawab? tentunya tanggung jawab Negara dibawah komando Pemerintah. Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh pihak swasta sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat?

Community Investment Prudential Indonesia

Fakta-fakta tentang Indonesia Timur menggugah PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) untuk memberikan dukungan solusi atas tantangan sosial masyarakat Indonesia Timur.

Melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) yang kini berubah nama menjadi Community Investment Prudential Indonesia, selama bertahun-tahun telah melaksanakan beragam program CSR kepada masyarakat melalui komunitas. Membantu anak-anak melawan kanker, memberikan pelatihan-pelatihan literasi keuangan untuk wanita dan anak-anak hingga memberkan bantuan bencana alam.

Lalu bagaimana dan apa saja yang akan dijalankan oleh Community Investment dalam pelaksanaan program Pemberdayaan Indonesia Timur.

kewirausahaan fokus community investment prudential pemberdayaan indonesia timur
Ibu Nini Sumohandioyo, Corporate Communications & Sharia Director

4 Pilar Program Prudential Community Investment


Ibu Nini Sumohandioyo, Corporate Communications & Sharia Director, Prudential Indonesia menjelaskan bahwa Prudential Indonesia sudah bertahun-tahun melaksanakan program CSR yang terbagi menjadi 4 pilar, yaitu :

Edukasi, pelatihan literasi keuangan untuk perempuan sejak tahun 2009, bekerja sama dengan beberapa Kementerian dan menjangkau lebih dari 25.000 perempuan di 21 kota.

Filantropi, kegiatan dengan pemerintah, OJK, dan Asosiasi atau Industri yang nantinya bisa bekerjasama untuk melakukan lebih banyak lagi kegiatan khusunya literasi keuangan dan literasi inklusi.

Kesehatan dan Keselamatan, kegiatan kesehatan membantu biaya pengobatan untuk lebih dari 1.400 anak yang terkena kanker dan menyumbangkan 7 mesin Apheresis yang membantu dalam perawatan kanker.

Keselamatan, meningkatkan edukasi, kesehatan dan safety (safety dari gempa, di jalanan) ada 3 program yaitu :
  • Bencana, dengan memberikan banyak sosialisasi kepada masyarakat bagaimana jika ada gempa dan apa yang harus dilakukan
  • Keamanan pada saat dalam perjalanan, bagaimana aman dalam berkendara
  • First Aid, pertolongan pertama, banyak jiwa yang bisa diselamatkan, jika masyarakat mengerti bagamana cara melakukan pertolongan pertama. Masyarakat bisa membantu sesuai dengan kemampuannya
Indonesia Timur, ini merupakan program terbaru Pemberdayaan Indonesia Timur yang berfokus pada Entrepreneurship.

kewirausahaan fokus community investment prudential pemberdayaan indonesia timur
Bapak Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia

Kemitraan Prudential Indonesia dengan PJI (Prestasi Junior Indonesia)

Kemitraan stategis sangat penting dalam memaksimalkan pelaksanaan program-program yang berdampak sosial. Untuk memperluas tanggung jawab sosial di Komunitas Indonesia Timur, Prudential Indonesia kembali bekerjasama dengan PJI (Prestasi Junior Indonesia), dalam kerjasama kali ini untuk melaksanakan program Pemberdayaan Indonesia Timur.

Entrepreneurship atau kewirausahaan menjadi fokus program Pemberdayaan Indonesia Timur, diawali dengan melihat dan menilai langsung ke lapangan untuk memastikan area-area mana dan kelompok masyarakat mana yang akan menjadi wilayah target dan penerima manfaat.

kewirausahaan fokus community investment prudential pemberdayaan indonesia timur
Prudential Indonesia bersama Bapak Bambang Brodjonegoro Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI saat peluncuran program Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program


Bapak Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia, menjelaskan bahwa selain program yang tepat (mencari apa yang paling cocok, mencari orang dan mencari produk), pendampingan (teknologi, pembuatan & pemasaran) juga memiliki peran penting dalam keberhasilan program.

“Kami datang dengan komitment dan tanggung jawab kami dalam mencari solusi atas tantangan-tantangan sosial masyarakat di Indonesia Timur, dengan menyediakan dukungan yang dibutuhkan, dan pendampingan serta bekerjasama dengan lokal government” Rinaldi Mudahar, Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia.


Menurut data BPS ada 3,1% pengusaha di Indonesia, tantangan Indonesia Timur yang berfokus pada kewirausahaan adalah bagaimana mencetak wirausaha muda di papua. Ada 6-3% masyarakat Papua hanya sekolah sampai SMA, hal ini merupakan potensi untuk mencetak pengusaha muda di Papua.
Melalui “Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program” Pemberdayan Indonesia Timur selama 3 tahun, dengan mendapatkan bisnis dan orang yang tepat, dapat suistanable, mendapatkan pengusaha muda baru sampai akhitnya bisa memiliki karyawan sendiri.

Robert, PJI (Prestasi Junior Indonesia)
, sejak tahun 2006 (12 tahun) PJI fokus pada kegiatan financial literasi dan kewirausahaan, fokus khusus pada generasi baru (anak-anak muda) untuk mendapatkan kesempatan mendapatan pengetahuan.

Untuk Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program ini diharapkan dalam waktu 3 tahun, anak-anak muda di Indonesia Timur akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang dapat dibagikan kepada lingkungannya nanti.

Pemberdayaan 100 orang, dalam 3 tahun berikutnya, akan ada 100 bisnis baru dengan 100 keluarga yang lebih sehat, anak-anak bisa pergi kesekolah, munculnya lapangan pekerjaan baru dan tidak untuk 100 orang saja, tapi bisa menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia Timur lainnya.
Kerjasama yang sudah dilakukan Prudential Indonesia dengan PJI

Bapak Pribadi Setyanto dari PJI, dalam peluncuran Community Invesment Prudential Indonesia menjelaskan bahwa kegiatan bersama Prudential yang telah dilakukan selama ini adalah pada lingkungan sekolah, student company, melakukan aktifitas pemberdayaan orang muda yang relatif miskin.

Prudential Indonesia East Indonesia Empowerment program
Prudential Indonesia, Prestasi Junior Indonesia dan PJI saat menjelaskan program kerjasama pemberdayaan Indonesia Timur (13/8/2018)

Daerah Trenggalak contohnya, Prudential Indonesia dan PJI melakukan skema kegiatan, pendampingan, saat bisnis mulai berjalan, hingga penggunaan era digital/teknologi untuk berbagi. Tidak sulit mendapatkan para mentor untuk sharing pengalaman bisnis, karena bekerjasama juga dengan berbagai Perguruan Tinggi.

Aktifitas yang telah dilakukan Prudential dengan PJI ini sangat mungkin juga dilakukan di Indonesia Timur, mulai dari mencari orang dan tempat, pendampingan dalam menjalankan bisnis sehingga masyarakat di Indonesia Timur dapat lebih Mandiri dan Berdaya.

--

Semoga Program Pemberdayan Indonesia Timur yang merupakan pilar ke 4 dari Community Invesment Prudential Indonesia, menjadi awal keberhasilan dalam perluasan pembangunan masyarakat di Indonesia Timur.

Semoga dengan kegiatan ini, tingkat kemiskinan dan pengangguran dalam lebih sedikit dan indeks kebahagiaan masyarakat papua meninggat, karena telah menjadi masyarakat yang mandiri dan berdaya.

#PRUCommunityInvestment #EastIndonesiaEmpowerment

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

24 komentar:

  1. Senang ya Prudential luar biasa memberdayakan Indonesia Timur yang secara kekayaannya nggak bisa dikatakan sedikit

    BalasHapus
  2. Miris lihat fakta Papua. Semoga program dari Prudential ini mampu menyejahterakan Indonesia timur.

    BalasHapus
  3. Daku suka banget dengan program ini dan tentunya berharap semoga literasi keuangan di Indonesia Timur bisa tumbuh dan meningkat.

    BalasHapus
  4. Mantabs lah prudential menggapai indonesia belahan timur. Semoga teman2 disana bisa mendapat manfaat baik dr prudential

    BalasHapus
  5. Prudential terus berkenmbang ya. . Mantaps deh prudential, gudjoub

    BalasHapus
  6. Prudential selalu berinovasi dan manfaatnya sangat besar ya

    BalasHapus
  7. semoga literasi keuangan semakin merata di seluruh penjuru negeri ya mba.

    BalasHapus
  8. Program ini asli keren banget kak... Sukses terus deh buat Prudential agar lebih banyak lagi program positif yang diadakan

    BalasHapus
  9. sebagai orang yang pernah tinggal di Papua belasan tahun, senang deh ada perusahaan yang punya CSR khusus buat Indonesia Timur.
    sehingga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bisa segera terwujud.

    BalasHapus
  10. Seneng banget dengernya program CSR yang menengok Indonesia timur,,semoga program nya lancar dan sukses ya.

    BalasHapus
  11. Senangnya ada perusahaan yang peduli dengan wilayah Indonesia timur, khususnya Papua. Berharap pembangunan dan ondex kebahagiaan di seluruh Indonesia semakin merata

    BalasHapus
  12. Jadi Prudential ini seperti punya program CSR yg fokus Indonesia Timur gtu ya mbak?

    BalasHapus
  13. keren nih jadi memberi kail, bukan ikan supaya programnya sustain dan dapat bermanfaat bagi rakyat banyak di Indonesia Timur.

    BalasHapus
  14. Indonesia timur itu juara pemandangan alamnya. Meskipun fasilitas publiknya belum memadai. Keren ih Prudential merambah sampe sana

    BalasHapus
  15. aamiin ya rabb..
    semoga semua daerah Indonesia satu per satu bisa semakin berkembang y mbak

    BalasHapus
  16. Bagaimana bisa rakyat Papua mereka masih hidup terbelakang dan pengangguran aementara bongkahan emas setiap harinya diangkut dari sana ke Negeri Paman Sam. Nggak habis fikir. Seandainya mereka mau mendidik anak-anak Papua hingga jenjang tertinggi.

    BalasHapus
  17. Aku selalu berharap saudara saudara kita di wilayah timur (papua) memiliki kesempatan dan akses yg sama dengan kita yg hidup di P. Jawa ini sehingga mrk bisa hidup lebih baik dan sejahtera

    BalasHapus
  18. Prudential hebat banget yah, semoga program pemberdayan Indonesia Timur ini berjalan dengan lancar biar saudara kita disana juga terbantu.

    BalasHapus
  19. Program super positif dari Prudential untuk Indonsia bagian Timur. Semoga terus berkesinambungan dan memberikan dampak yang signifikan Kepada Saudara² kita disana. Amiiin

    BalasHapus
  20. Semoga Papua semakin berkembang, dan indeks kebahagiaan masyarakatnya semakin meningkat, amiin

    BalasHapus
  21. Keren Prudential. Ternyata CSRnya mantap begini. Semoga pemerataan pengembangan ekonomi di Indonesia timur segera tercapai

    BalasHapus
  22. semoga program ini bisa benar-benar mengangkat perekonomian lewat berbagai program csrnya ya

    BalasHapus
  23. Program prudential ini keren banget ya

    BalasHapus
  24. wah prudential emang lagi gencar untuk program pemberdayaan ya mba, baik buat karyawan atau pun masyarakat

    BalasHapus

Instagram