Mana yang lebih penting, Asuransi atau Investasi?

mana yang lebih penting, asuransi atau investasi

Asuransi berguna untuk melindungi seseorang atau keluarganya secara keuangan dari risiko yang sifatnya tidak terduga. Sedangkan Investasi berguna sebagai asset untuk memenuhi kehidupan masa depan keluarga.


Lalu idealnya seperti apa? pilih salah satu saja, atau harus memiliki keduanya yaitu asuransi dan investasi?


Dear Ayah dan Bunda,

Kembali berbicara tentang keuangan keluarga ya.. jika ditanya nih, menurut Ayah dan Bunda mana yang lebih penting, memiliki asuransi atau investasi?

Berdasarkan pengalaman bermain dalam Allianz Smart Plan, sebenarnya setiap orang memerlukan keduanya, asuransi dan juga investasi.

Asuransi berfungsi untuk melindungi keuangan, harta benda, dan keluarga dari berbagai resiko-resiko yang tidak terduga. Sedangkan Investasi untuk memenuhi kebutuhan setiap individu di masa yang akan datang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keduanya sama-sama penting bagi kehidupan seseorang.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah ketika dana yang dipersiapkan setiap bulannya terbatas. Maka, kita harus memilih mana yang harus diprioritaskan, apakah asuransi atau investasi.

Sebelum memilih mana yang lebih penting, asuransi atau investasi, Ayah dan Bunda perlu pertimbangkan hal-hal berikut, yaitu :

Premi atau Uang Pertanggungan

Premi yang merupakan uang yang dibayar kepada perusahaan asuransi dalam periode tertentu, sesuaikan premi dengan kemampuan dan juga melihat dari kesanggupan perusahaan dalam memberikan pertanggungan.

Jenis Produk asuransi yang biasa ditawarkan

Jenis produk asuransi beragam, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kecelakaan, dan asuransi penyakit kritis. Namun, bagi orang yang bekerja di perusahaan, biasanya sudah mendapatkan asuransi yang disediakan oleh perusahaan tempatnya bekerja, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi kecelakaan saat bekerja sebagai jaminan kecelakaan kerja.

Sebenarnya, semua jenis asuransi penting untuk dimiliki oleh seseorang, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Asuransi sebagai back up atau dana talangan jika sesuatu yang buruk terjadi. Kita tidak akan bisa melakukan investasi dengan aman apabila semua jenis asuransi sebagai dana talangannya tidak terpenuhi.

Kesimpulan

  1. Asuransi dapat dijadikan sebagai investasi masa depan, dana asuransi yang telah dibayarkan akan bertambah banyak, apabila terjadi resiko, dana tersebut bisa langsung digunakan
  2. Investasi reksadana, uang diinvestasikan agar bertambah banyak, namun ketika terjadi resiko, uang investasi bisa habis tidak tersisa karena tidak ada dana talangan yang meng-cover kerugiannya.
  3. Asuransi sebagai prioritas utama dibandingkan dengan investasi reksadana, karena fungsi asuransi sebagai dana talangan atau dana darurat dan juga berfungsi sebagai investasi.
  4. Investasi berguna untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang dan menjaga agar daya beli kita tidak tergerus dengan inflasi
  5. Asuransi dan investasi, keduanya sama-sama penting.
--
Bagaimana Ayah dan Bunda, mana yang lebih penting, Asuransi dan Investasi?, jawabannya adalahnya keduanya sama-sama penting, namun jika ditanya mana yang lebih prioritas, maka Asuransi yang harus diprioritaskan.

Asuransi selain sebagai perlindungan diri, juga sebagai perlindungan keuangan keluarga, sebagai dana darurat serta investasi juga
.

Salam hangat,
Elly Nurul

#AllianzSyariahIsNow #Allianz #AllianAsuransiSyariah #Asuransi #AsuransiSyariah

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

6 komentar:

  1. Keduanya penting! Sepertinya yg bikin beda prioritas adalah status dan kemapanan. Kalau masih jomblo rata-rata mentingin investasi, kalau sudah berkeluarga pasti pilih asuransi hehe

    BalasHapus
  2. Asuransi sama investasi itu dua-duanya penting banget kak, saat ini aku juga lagi jalanin kedua nya buat masa depan lebih sejahtera aihh hehe.

    BalasHapus
  3. Betul banget asuransi itu bisa jadi investasi masa depan. Tapi kudu jelas dulu masalah asuransinya ada yang bisa diambil dan ada yang hanya untuk cover pengobatan.

    BalasHapus
  4. Investasi mbak, asuransi juga masuk dalam investasi lho. Suami juga mengasuransikan anak anak niatnya investasi.

    BalasHapus
  5. kalau memang di rasa belum ada backup ya keduanya penting.makanya nih dijelaskan juga supaya gak tergoda sama gaya hidup

    BalasHapus
  6. Bagi saya dua2nya penting.. Saya pilih keduanya utk meng-cover hidup saya..

    BalasHapus

Instagram