Ancol Siap Sambut dan Memeriahkan Asian Games 2018

ancol siap dan sambut dan memeriahkan asian games 2018

Ancol sebagai salah satu venue untuk pertandingan cabang olahraga jetski dan layar, telah bersiap untuk menyambut dan memeriahkan Asian Games 2018. Semangat Ancol dalam mensukseskan Asian Games 2018, dapat memberikan warna positif untuk kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018.

Asian Games 2018 sebagai momentum untuk menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia sanggup menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dan juga bagi para atlet Indonesia untuk mengharumkan nama Indonesia dengan target perolehan minimal 20 medali dan masuk dalam negara 10 besar.


Hallo semuanya..

Pelaksanaan multi event atau pesta olahraga regional Asia (Asian Games) 2018 dalam beberapa hari akan segera dimulai. Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan telah bersiap untuk menyambut sekitar 30.000 atlet dan 45 negara peserta Asian Games 2018.

Jakarta dan Palembang akan menjadi kota pertandingan 44 cabang olahraga Asian Games 2018. Sebagai warga negara Indonesia, sudah selayaknya kita semua berbangga hati sekaligus bersemangat untuk bersama mensukseskan pelaksanaan Asian Games 2018.

Lalu bagaimana dengan persiapan Kota Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Indonesia dan lokasi pertandingan cabang olahraga dalam pelaksanaan Asian Games 2018?

Kesiapan Jakarta Menyambut Asian Games 2018

Dua minggu lagi pelaksanaan Asian Games 2018, Jakarta sebagai venue pertandingan olahraga siap menyambut dan mensukseskan Asian Games 2018. Selain venue pertandingan olahraga, Pemprov DKI Jakarta juga telah melakukan beragam aktifitas untuk mempercantik kota Jakarta.

Sarana prasarana serta infrastruktur di pusat Ibu Kota Jakarta juga terus dibenahi agar terlihat indah dan nyaman. LRT, pedestrian dan fasilitas umum menjadi konsen Pemprov DKI Jakarta agar para tamu undangan, pimpinan negara peserta, atlet dan keluarga atlet negara peserta dapat nyaman selama di Jakarta dalam pelaksanaan Asian Games 2018.

Informasi terkini tentang kesiapan Jakarta dalam menyambut Asian Games 2018, bukan bualan semata lho, itu semua saya dapatkan ketika menghadiri diskusi “Ngombrol Tempo” pada tanggal 26 Juli 2018 di Ancol, Jakarta Utara dengan tema "Kesiapan Jakarta Menyambut Asian Games 2018" bersama PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk, PT Tempo Inti Media, INASGOC dan Pemprov DKI Jakarta.

Berikut adalah beberapa narasumber yang hadir dalam diskusi Ngombrol Tempo, yaitu :
  1. Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta
  2. Teuku Sahir Syahali, Wakil Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Jaya Ancol)
  3. Buldansyah, Perwakilan INASGOC
  4. Budy Setyarso, Pempimpin Redaksi Koran Tempo sebagai moderator
ancol siap sambut dan memeriahkan asian games 2018
Para Pembicara "Ngobrol Tempo" 26 Juli 2018 di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Ancol

Diskusi berjalan selama 3 jam, peserta diskusi juga cukup beragam, hadir juga para penggiat olahraga dan komunitas olahraga. Acara yang  berlangsung di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Ancol berjalan cukup hangat, para peserta sangat antusias untuk bertanya dan mengungkapkan pendapatnya tentang persiapan kota Jakarta dalam Asian Games 2018.

Ancol sebagai Venue Cabang Olahraga Jetski dan Layar

ancol siap sambut dan memeriahkan asian games 2018
Lokasi Pertandingan Cabang Olahraga Jetski Asian Games 2018 di Ancol

Sebagai salah satu venue yang menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga jetski dan layar. Jaya Ancol telah mempersiapkan diri untuk menyambut para atlet baik dari Indonesia maupun negara Asia lainnya.
ancol siap sambut dan memeriahkan asian games 2018
Lokasi Pertandingan Cabang Olahraga Layar Asian Games 2018 di Ancol

Tidak hanya kesiapan sarana dan prasarana, Jaya Ancol juga merancang suatu rangkaian acara yang disusun dengan tajuk Ancol Asian Festival 2018. Rangkaian acara ini berisikan beragam atraksi, hiburan dan festival bernuansa Asia hingga Agustus mendatang.

Beragam kegiatan yang diadakan saat Ancol Asian Festival Meliputi

ancol siap sambut dan memeriahkan asian games 2018
  Agus Sudarno, Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, memaparkan rangkaian Ancol Asian Festival 2018 untuk memeriahkan Asian Games 2018.

 

Ancol Kampung Betawi di Pasar Seni

Suasana, dekorasi dan konten pasar seni akan disulap dengan unsur budaya Betawi selama 15 Juni hingga 18 Agustus 2018. Tidak hanya kuliner khas seperti kerak telur, laksa dan bir pletok.

Pengunjung juga akan dihibur oleh penampilan dari seniman-seniman Betawi. Tidak hanya itu, sejarah nama-nama tempat di wilayah Jakarta juga ikut dipamerkan dalam Wall of Frame, terlebih lagi setiap akhir pkan di gari ini digelar talkshow menarik yang mendatangkan narasumber yang ahli dibidangnya dan bercerita di foto booth ala betawi.

Asia Lantern Festival di Pantai Festival Ancol

Menampilkan berbagai budaya Asia yang dikemas dengan festival lampion yang menampilkan instalasi lampu-lampu penuh warna selama 4 Agustus sampai 2 September 2018.

Ada juga Festival Perahu Nusantara yang menampilkan perahu dengan hiasan unsur budaya nusantara di Pantai Lagoon dan The 1st Coffee and Tea Beach Festival di Danau Monumen Ancol. 

Pengunjung dapat melihat secara langsung keindahan lampion yang bertemakan negara-negara Asia sambil menyeruput kopi dan tea khas yang tersebar di Asia.

Ancol Aquanthlon di Pantai Lagoon

Sebuah perlombaan renang dan lari yang akan diadakan di Pantai Lagoon ini terbuka untuk umum baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Memperebutan hadiah bernilai puluhan juta rupiah, perombaan ini akan diadakan pada 12 Agustus 2018.

ancol siap sambut dan memeriahkan asian games 2018
Yang punya hobby renang dan lari yuk ikutan :)

Ancol Kemerdekaan Festival di Pantai Carnaval

Rangkaian ini merupakan penutup Ancol Asian Festival sekaligus memeriahkan perayaan HUT RI ke-73 dengan berbagai lomba seperti panjat pinang dengan 188 batang pohon. Acara ini juga akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi nasional dan memperebutkan beragam hadiah menarik.

Kesiapan Jakarta Menghadapi Asian Games

ancol siap sambut dan memeriahkn asian games 2018
Bapak Sandi Uno dalam Ngobrol Tempo di Ancol

Banyak hal yang telah dipersiapkan Jakarta untuk menyambut Asian Games 2018, baik yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun warga Jakarta.

Bapak Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta memastikan bahwa Jalan Sudirman Thamrin Harmoni  yang akan menjadi venue utama untuk ajang marathon sudah lurus dan mulus, karena beliau sudah mengecek dan merasakannya langsung.

Adapun upaya lainnya yang telah dipersiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam menyambut Asian Games 2018 yaitu :
  • Perluasan Ganjil Genap selama Asian Games diharapkan memperbaiki kualitas udara Jakarta.
  • Menghimbau agar masyarakat beralih menggunakan angkutan umum, karena salah satu PR dalam menyukseskan Asian Games yaitu persoalan kualitas udara, salah satu bentuk support sederhana yang dapat masyarakat lakukan yakni dengan bersama-sama mengurangi polusi dari penggunaan kendaraan pribadi
  • Selama Asian Games Pemprov DKI  menyiapkan shuttle bus khusus untuk membawa masyarakat ke venua-venue Asian Games.
  • Pemprov DKI berusaha untuk menjaga kestabilan keamanan

Asian Games 2018 Membuka Potensi Ekonomi

Setelah Asian Games sebelumnya dilaksanakan di Kota Hanoi, maka tahun ini pelaksanaan Asian Games akan dilaksanakan di 2 kota di Indonesia yaitu Jakarta dan Palembang.

Asian Games menurut Bapak Buldansyah dari INASGOC adalah lebih dari sekedar event olahraga, Asian Games adalah National Branding untuk promosi Indonesia dan membangun karakter Bangsa

Bapak Sandiga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta, saat diskusi menyampaikan bahwa pelaksanaan Asian Games 2018 dapat membuka potensi ekonomi Jakarta baik secara langsung maupun tidak langsung.
Contoh Ancol selain sebagai venue cabang olahraga jetski dan layar, dapat dikunjungi oleh para pendukung atau supporter, keluarga atlet hingga pejabat pemerintahkan atau perwakilan negara peserta Asian Games 2018.

Tentang Acara Ngobrol Tempo

Acara ngobrol tempo Acara yang rutin diselenggarakan oleh Tempo, merupakan kegiatan ruang diskusi, berkumpul serta berbicara mengenai suatu topik yang sedang atau ingin diangkat sehingga hangat diperbincangkan dan mengarah pada solusi yang produktif.

Tentang Asian Games 2018

Event olahraga Internasional ini merupakan kesempatan kedua bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah setelah Asian Games IV di Jakarta pada tahun 1962. Keikutsertaan Indonesia yang pertama kali (1951) hingga terakhir (2014).

Skala Asian Games 2018 cukup besar dengan 45 negara yang berpartisipasi dan lebih dari 30.000 atlet yang berlaga. Semua perwakilan atlet d Asia kini sedang melakukan persiapannya untuk membawa nama harum negara, tidak terkecuali atlet Indonesia.

Dari 44 cabang olahraga yang dipertandingkan, sekitar 15 cabang negara Indonesia diperkirakan dapat memberikan medali, seperti cabang olahraga bulu tangkis, panahan, sepeda, angkat besi dan jetski.
--

ancol siap sambut dan memeriahkan asian games 2018

Seluruh persiapan tidak akan ada artinya tanpa dukungan dan semangat dari masyarakat Indonesia, mari bersama mendukung dan menyukseskan Asia Games 2018!

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

39 komentar:

  1. Semangat deh klo ngomongin ttg Adian Games 2018 ini. Krn inilah pertamakalinya Asian Games diadakan di dua kota. Jkt dan Palembang. Dan salah satu lokasi pertandingan di Jkt itu adalah di Ancol. Duh kebayang asiknya nonton pertandingan di Ancol yg favorit bgt ini.

    BalasHapus
  2. Aku liat liputan ini di Tv, dan mupeng banget jadi pengen bisa naik jetski. Mudah2an tim Indonesia sapu bersih emas, amiinnn

    BalasHapus
  3. pasti ramai dan seru nih di Ancol
    jadi pingin liat AG langsung

    BalasHapus
  4. Wah Ancol pun ikut berbenah menyambut kemeriahan tingkat dunia ini ya, keren deh jadinya semua dibuat bersih dan meriah

    BalasHapus
  5. Ancolpas banget ya jadi veneu buat olahraga air, aku belum pernah liat olahraga jetski, jadi penasaran, kalau mau nonton langsung musti ke Ancol ya Mba? Oya, bangga sama Idonesia,bisa jadi tuan rumah Asian Games kali ini,semoga atlet Indonesia banyak peroleh medali emas :*

    BalasHapus
  6. Mantab Ancol. Sukses untuk ajang lombanya di lokasj nanti. Pasti seru niu kalo bisa liat lomba jetski nya..jadi pengen liat dan beli tiketnya.

    BalasHapus
  7. Aku dukung deh pelaksanaan Asian Games 2018 ini mba karena banyak manfaat juga yang dirasakan Indonesia. Namun aku yakin ini sih ga hanya butuh kerjasama satu dua pihak tapi seluruh masyarakat Indonesia. Asih ntar ke Ancol ah karena ada asian festivalnya

    BalasHapus
  8. Keren banget nih Ancol! Sukses dan lancar untuk pertandingan yang digelar di sana, amin!

    BalasHapus
  9. Semarak Asian Games memang sudah sangat terasa dimana-mana karena sudah semakin dekat. Semoga sukses menjadi tuan rumah yang mampu menyajikan yang terbaik para tamu-tamunya se-Asia. Semoga budaya Jakarta dan Indonesia semakin dikenal dan potensi ekonomu benar-benar terangkat menyejahterakan rakyatnya.

    BalasHapus
  10. wuhuuu..seru banget ya...apalagi bisa lihat secara langsung...kok jadi pengen nih...

    BalasHapus
  11. Ahhhh Ancol jadi bagus banget donk huhu belum kesana lagi nih. Btw kayaknya seru tuh ikutan aquathlon,,,sehat banyak hadiahnya pula.

    BalasHapus
  12. Euforia Asian Games 2018 hingga ke Ancol, pasti nantinya Ancol akan sangat ramai banget ya mbak. Penasaran sama Aquathlon

    BalasHapus
  13. baru tahu kalau Ancol jadi salah satu venue Asian Games.. wah pasti seru banget nonton langsung

    BalasHapus
  14. Baru tahu kalau Ancol juga jadi salah satu venue pertandingan Asian games nanti. Waahhh bisa nonton pertandingan sambil jalan jalan yaaa

    BalasHapus
  15. Ancol bakalan rame itu kalau gitu. Alhamdulillah deh karena itu juga akan berimbas pada potensi-potensi yang lainnya untuk turut berkembang. Seneng aku mba kalau ajang seperti ini diadakan, disisi lain memang Indonesia akan mengeluarkan banyak dana tapi disisi lain, kepercayaan terhadap Indonesia juga meningkat.

    BalasHapus
  16. Keren ya eforia Asean Games di Indonesia. Terasa semua menyambut, sampai Ancol pun

    BalasHapus
  17. Oooh ternyata Asian Games cabang olahraga jet ski dan layar nanti tuh di Ancol ya? Cool deh Indonesia �� Pantesan sarana dan prasarana diperbaiki semua ya serta fasilitas dibuat semenarik mungkin. Moga2 atlet kita ada yg meraih gelar juara di jet ski dan layar aamiin.

    BalasHapus
  18. Waw seluruh Jakarta nanti akan ramai dengan adanya atlet atlet Asean Games dari negara-negara Asia yah....seru kayaknya. Ancol pasti padat merayap dong nih, bakalan banyak yang nonton.

    BalasHapus
  19. Wah keliatannya seru ya pertandingan Jetski. Bangga rasanya Ancol jadi salah satu venue Asian Games.

    BalasHapus
  20. Mbak Elly aku baru tau kalau olahraga jetski itu masuk salah satu pertandingan Asian Games. Wah pastinya nanti Ancol ramai banget ya, tentu yang diuntungkan jg pedagang sekitra. Moga lancar2 penyelenggaraannya :D

    BalasHapus
  21. Aih, tak sabar menanti Asian Games tiba. Pasti seru banget. Yuk, dukung selalu para atlit yang berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara.. :)

    BalasHapus
  22. Wah keren ya persiapannya. Euforianya emang udah berasa banget. Semoga sukses ya acaranya. Jadi pengen nonton langsung deh

    BalasHapus
  23. Wuih, seru. Aku suka deh nonton olahraga air kayak jetski gitu. Mendebarkan sekaligus menantang.

    BalasHapus
  24. Udah lama gk ke Ancol, semoga kita bisa menjadi tuan rumah yg baik dlm menyambut atlet2 tamu seAsian

    BalasHapus
  25. Keren ya, moga sukses Asian Games 2018 di Indonesia. aamiinn ...

    BalasHapus
  26. Ternyata jetski itu termasuk cabang olahraga di Asian Games ya? Baru tahu lho aku. Seumur-umur baru dua kali ngerasain naik jetski dan kenceng bangeeet sampai horor sendiri. Pasti atlet jetski pada punya nyali tinggi tuh soalnya termasuk yang resikonya tinggi juga. Ancol bakalan ramai terus nih selama Asian Games.

    BalasHapus
  27. Udah lama banget gak ke ancol dan memang pengin ke sana lagi karena anakku minta ke sea world, asik klo ke sana lagi bisa nonton pertandingan jetski

    BalasHapus
  28. Selama ini saya suka bawa anak lihat yg latihan jetski di danau Saguling, Cimahi. Sekalian ayahnya belajar panjat tebing. Lokasinya deketan dan emang di situ. Seru.
    Ini apalagi kalau jetski nya lomba tingkat asian. Pasti lebih seru dan menantang lagi...

    Semoga kontingen Indonesia bisa beri yg terbaik. Amin.

    BalasHapus
  29. 17 hari lagi ternyata Asian Games bakalan digelar.. Semoga sukses untuk Indonesia menjadi juara umum 👍

    BalasHapus
  30. Aku dukung pelaksaan asean games karena ini kali pertama aku ngerasain asean games diadakan di Indonesia.

    Semoga acaranya berjalan lancar, dan indonesia selain menjadi tuan rumah tapi juga semoga bisa menjadi peraih medali emas terbanyak. Aamiin

    BalasHapus
  31. Wah seeu nih bisa sekalian nonton di ancol selain mandi2

    BalasHapus
  32. wah andaikan masih tinggal di jakarta
    aku pasti ke ancol deh segera
    deket dari rumah sana
    tapi sayang udah di Makassar nih
    cuma bisa liat dari tivi aja kali ya

    BalasHapus
  33. Semakin gak sabar bila baca blog tentang asean games, menanti banget itu akuu mbak. Persiapan ancol sdh oke banget ya mbak, semoga berjalan lancar nanti saat pertandingan jetski nya di ancol ya

    BalasHapus
  34. Perhelatan Asian Games membuat semua pihak berbenah dan mendukung. Asian Games ini juga sebagai momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan ke dunia luar.

    BalasHapus
  35. Jelas Ancol jadi primadona cabor olahraga air, jika persiapan sdh matang sprti ini.. Saya siap ramaikan asian games 2018

    BalasHapus
  36. Wah..Jakarta dimana2 lagi berbenah ya...., Biar makin kece cakep jelang Asian games...


    Udah ..lama ga ke Jakarta..., Dari 2005...pasti banyak berubah...apalagi jelang Asian games makin kece deh .

    BalasHapus
  37. Keren yah Ancol, dari Taman Impian kini menjadi tempat perhelatan. Ga tanggung-tanggung, event olahraganya skala Internasional lagi. Keueren banget. Duh jadi ga sabar nih pingin liat venuenya untuk cabor Jetski dan layar pasti keren banget deh.

    Salam Inspirasi,
    Sesuapnasi

    BalasHapus
  38. Iya, mba.. Jakarta sudah keliatan bebenahnya untuk ASEAN Games. Mobil dah mulai diterapkan ganjil genapnya. Trus kemarin jalan di Asia Afrika sudah ada beberapa halte bus nya ya. Mantabs lah.. semoga semua sukses perhelatannya

    BalasHapus
  39. Widihh ancol..
    Mantep dah, yuk ke ancol..

    Asian games 2018 juara...

    BalasHapus

Instagram