Ramadhan Staycation di BATIQA Hotel Cirebon

superior room batiqa hotel cirebon

Merasakan Pengalaman Ramadhan Staycation dengan suasana keramahan khas Indonesia di BATIQA Hotel Cirebon

Menikmati kenyamanan hotel sekaligus kuliner dan berbelanja batik menjadi pilihan banyak orang ketika mengunjungi kota Cirebon.

Kuliner cirebon yang menjadi favorit adalah nasi jamblang dan berbelanja batik sebagai buah tangan untuk orang-orang tersayang adalah kenikmatan tersendiri dan sangat wajib dilakukan saat berkunjung ke kota Cirebon.

Teringat beberapa bulan yang lalu, ada beberapa teman saya yang memposting keseruan mereka mengunjungi kota Cirebon melalui sosial media, perjalanan seharian penuh dengan menggunakan Kereta Api ke kota Cirebon hanya untuk kuniler dan berbelanja batik.

Suatu saat nanti saya akan kota Cirebon dan melakukan lebih dari apa yang telah teman-teman saya lakukan di kota Cirebon” kalimat tersebut terucap dalam hati sekaligus menjadi doa dan harapan saya.

Alhamdulillah, pada 25-26 Mei 2018 beberapa hari menjelang ulang tahun saya, Yang Maha Kuasa mengabulkan doa dan harapan saya tersebut. Hal ini menjadi kado indah bagi saya dan bersyukur karena Yang Maha Pengasih, karena telah begitu sayang kepada saya dengan mewujudkan doa dan harapan saya.

Dreams Come True, Cirebon!

Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini menjadi saksi bahwa doa dan harapan saya untuk mengunjungi kota Cirebon dapat terwujud, bahkan saya mendapatkan lebih dari harapan saya yaitu bermalam di hotel yang nyaman sekaligus memiliki ciri khas kota Cirebon.

Perjalanan pertama saya ke kota Cirebon ini bersama teman-teman dari BloggerCrony yaitu Ka Satto, Ka Wawa, Ka Akbar, Ka Doel, Ka Urmila, Ka Clara dan Ka Chichie. Kami berangkat ke Cirebon dengan menggunaan Kereta Api Tegal Ekspress melalui stasiun Kereta Api Senen pada Sabtu, 25 Mei 2018.

Bersama Ka Wawa, Ka Clara dan Ka Ciechie dalam KA menuju Cirebon (foto by Ka Wawa)

Perjalanan menuju kota Cirebon dengan menggunakan Kereta Api membutuhkan waktu 4 jam dan stasiun Cirebon menjadi tempat pemberhentian kami di kota Cirebon, Alhamdulillah sampai juga saya di Kota Cirebon, seneng ngga? ya senenglah harapan tewujud bersama teman-teman dari BloggerCrony.

Tidak lama setelah sampai di kota Cirebon saya dan teman-teman langsung menuju hotel yang akan menjadi tempat bermalam kami. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk kami bisa sampai ke Hotel Batiqa Cirebon, jarak 3 km dari Stasiun Kereta Api Cirebon dan hanya 10 menit menggunakan mobil jemputan dari Batiqa Hotel Cirebon yang merupakan fasilitas dari hotel.

bloggercroy to Cirebon

 Alhamdulillah sampai di Cirebon. Foto by Ka Satto

 

Connect, Discover, Relax. You're Welcome

Connect, Discover dan Relax, memang kalimat yang sangat tepat untuk Batiqa Hotel Cirebon. Beralamat di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Cirebon, Jawa Barat dengan lokasi hotel yang sangat stategis, tidak jauh dari stasiun Cirebon, dekat dengan Tempat Wisata (Goa Sunyaragi, Keraton Kesepuhan, Alun-Alun Cirebon), Shopping Mall dan juga Tempat Kuliner Nasi Jamblang Mang Dul. Duh jadi betah deh lama-lama di kota Cirebon ini.

lobby hotel batiqa cirebon
Lobby Batiqa Hotel Cirebon

Tak hanya itu saja, nuansa tradisional sangat kental, seperti ukiran yang terbuat dari kayu, ornamen bunga anggrek biru dan juga motif batik kawung khas kota Cirebon menghias indah setiap sudut hotel Batiqa Cirebon.

anggrek biru simbol dari logo batiqa hotel cirebon
Anggrek Biru sebagai sumber simbol atau logo Batiqa Hotel Cirebon

batiqa hotel cirebon lounge
Batiqa Hotel Cirebun Lounge

Ornamen batik kawung pada kaca lobby hotel nampak cantik ketika terpapar cahaya matahari

Lobby hotel, menjadi ruangan yang pertama kali ketika kita berkunjung ke sebuah hotel, banyak yang bilang bahwa lobby hotel sangat menentukan apakah kita sebagai pengunjung akan betah dan menyukai hotel tersebut atau sebaliknya.

Suasana keramahan khas Indonesia menjadi kekuatan Batiqa Hotel Cirebon, mulai dari petugas yang menjemput saat di stasiun cirebon, petugas gedung, petugas resepsionis hingga General Manager Batiqa Hotel yaitu Ibu Catleya yang sangat ramah menyambut kedatangan kami dari Jakarta.

fresqa bistro batiqa hotel cirebon
Bagian dalam Fresqa Bistro Batiqa Hotel Cirebon

Sarapan, sahur dan berbuka puasa semua tamu hotel di Fresqa Batiqa Hotel Cirebon
Selain keramahan, nuansa tradisional khas Indonesia juga sangat terasa, langkah kaki saya sangat bersemangat menjelajah setiap sudut Batiqa Hotel Cirebon. Sangat detail di beberapa titik hotel, seperti motif bunga anggrek, batik kawung dan ornamen kayu, khususnya bagian di belakang resepsionis.

Pemilihan warnanya juga lembut, seperti warna coklat, putih dan biru nampak seperti dirumah sendiri. Batiqa Hotel Cirebon memilih ornamen dengan warna yang soft sehingga paparan cahaya matahari yang masuk membuatnya semakin bersinar dan terlihat bersih.

catleya general manager batiqa cirebon
Ibu Catleya, General Manager Batiqa Hotel Cirebon, menyambut hangat kedatangan kami

Kursi kayu dan permainan tradisional congklak juga tersedia dalam Lounge Batiqa Hotel Cirebon, hal tersebut kembali memutar memori masa kecil saya yang suka bermain congklak, betah deh saya menunggu disini.

Melanjutkan langkah kaki saya, sebelah kiri lobby hotel atau depan bagian resepsionis terdapat ‘Fresqa bistro’ yang dibuat dengan konsep kekinian seperti layaknya cafĂ© atau tempat nongkrong, silaturrahmi sekaligus ngopi santai bisa banget nih di Batiqa Hotel Cirebon.

fresqa bistro batiqa hotel cirebon
Bagian luar fresqa Bistro Batiqa Hotel Cirebon

Selain menyajikan menu khas Cirebon, Fresqa Bistro ini juga menyajikan makanan kekinian seperti Mie Tom Yam, Mie Tofu Jjigae, Mie Bimbap dan juga Avocado Cofee. Duh itu makanan semua paling enak dimakan pada siang atau sore hari, jadi saya tidak sempat mencicipi makanan kekinian tersebut karena sedang puasa Ramadhan, InshaAllah next kunjungan bisa mencicipinya.

Ramadhan Staycation di Batiqa Hotel Cirebon

Setelah puas menjelajah lobby dan Fresqa Bistro, saatnya saya menjelajah sekaligus menikmati fasilitas lain yang ada dalam Batiqa Hotel Cirebon. Saya menempati kamar hotel type superior dengan twin bed, sekamar dengan ka chicie yang jago banget motret, kameranya juga keceh, duh ka chiche kapan yak saya punya kamera dan lensa fix seperti kamu, mau juga dong diajarin motret hehe. (eh ko jadi curat begini).

superior room batiqa hotel cirebon
Superior room tempat saya dan ka chichie bermalam

superior room batiqa hotel cirebon
Nyamannya berada dalam supperior room Batiqa Hotel Cirebon, apalagi yang Suite Room ya :)

staycation di batiqa hotel cirebon
Batiqa Hotel Cirebon, InsaAllah aku akan kembali :)

staycation at batiqa hotel cirebon
Miror selfie at Superior Room Batiqa Hotel :)

fasilitas dalam kamar superior batiqa cirebon
Fasilitas dalam kamar superior Batiqa Hotel Cirebon

kamar mandi superior batiqa cirebon
Kamar mandi dalam kamar superior Batiqa Hotel Cirebon

Batiqa hotel cirebon terdiri dari 97 kamar superior dan 11 kamar suite. Memiliki 4 ruang meeting yaitu Kawung 1, Kawung 2, Canting dan Malam. Fasilitas lain yaitu 24 hour room service, gym, highspeed wifi, shutte, lounge, meeting room serta Fresqa Bisto.

staycation at batiqa hotel cirebon
Saya berada dalam salah satu Suite Room di Batiqa Hotel Cirebon

meja kerja suite room batiqa cirebon
Meja kerja dalam Suite Room di Batiqa Hotel Cirebon
kamar mandi kamar suite batiqa cirebon
Kamar mandi dalam Suite Room di Batiqa Hotel Cirebon


Untuk kapasitas ruang meeting 15 hingga 150 orang yang berada di lantai 2 hotel, harga yang ditawarkan untuk paket pertemuan tanpa kamar (minima 15 orang) mulai dari 175k untuk maksimal 4 jam (half day package) sudah termasuk 1x coffee break dan 1x makan siang/malam. 200k untuk maksimal 8 jam (full day package) sudah termasuk 2x coffee break dan 1x makan siang/malam.

fasilitas gym di batiqa hotel cirebon
Fasilitas ruang Gym untuk para tamu Batiqa Cirebon yang dapat digunakan 24 jam

Atau paket meeting dengan kamar, dengan biaya sebesar 440k,-nett/kamar/malam, sudah termasuk makan pagi untuk 2 orang, welcome drink dan free wifi di seluruh area hotel. Dan ada juga paket residensial (twin-share) dengan biaya sebesar 550k,-net/pax/malam atau single dengan 700k,- net/kamar/malam sudah termasuk meeting room maksimal 12 jam, coffee break (2x), dan makan pagi, siang dan malam malam, fasilitas meeting (pinsil, note pad, lcd, sceen), standard sound system dan microfone serta koneksi internet dengan minimal 15 orang untuk pemesanannya.

ruang meeting batiqa cirebon
Ruang Meeting saat dijadikan tempat untuk berbuka puasa sebuah sekolah dasar di Cirebon

Buka Puasa dan Sahur di Batiqa Hotel Cirebon

Ramadhan identik dengan silaturrahmi dengan buka puasa bersama, untuk ramadhan tahun ini, Batiqa Hotel Cirebon mengeluarkan paket Bu Ramdan (Buffet Ramadhan). Per orang hanya dikenakan biaya sebesar 60k nett untuk bisa menikmati buka puasa di Batiqa Hotel Cirebon.

buffet ramadhan di batiqa cirebon

Selama Ramadhan, selain buka puasa Batiqa Hotel Cirebon juga menyediakan menu sahur sebagai pengganti sarapan untuk tamu yang menginap dan sedang berpuasa. Untuk sahur, sarapan dan berbuka puasa bertempat di Fresqa Bistro. Untuk sahur bisa dimulai dari jam 02.00 hingga waktu imsak tiba, sarapan mulai jam 07.00 – 10.00 dan buka puasa mulai jam 16.30.


menu buka puasa di batiqa hotel cirebon

Itulah staycation saya di Batiqa Hotel Cirebon, buat yang mau liburan sekaligus kulineran di Cirebon, Batiqa Hotel ini bisa menjadi tujuan liburan kamu bersama sahabat atau keluarga tercinta.

Dengan harga kamar mulai dari 800K untuk Superior Room dan 1,3K untuk Suite Room kamu bisa menginap di hotel bintang 3 di kota Cirebon. Reservasi melalui websitenya di www.batiqa.com atau email: reservation.cirebon@batiqa.com


staycation at batiqa hotel cirebon
                    Bersama teman-teman saat Staycation Ramadhan di Batiqa Hotel Cirebon


Alamat Batiqa Hotel Cirebon
Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Cirebon
Jawa Barat
Telepon : 0231.833 8000
Fax : 0231. 833 8008

Semoga bermanfaat ya..

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

20 komentar:

  1. Nyaman banget ya. Kapan-kapan semoga bisa ke Cirebon dan nginep di sini

    BalasHapus
  2. Wah seru ya staycation di batiqa cirebon, boleh nih kalau mudik ponorogo dan semarang lewat cirebon nginep disini kalau kecapean di jalan

    BalasHapus
  3. Wah ga jauh berarti ya dr stasium. Enak dijemput pula sama pihak hotel. Apa penjemputan juga berlaku buat perorangan?

    Tempatnya mantabs banget ya. Harganya juga mantbs.. xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga hotel sudah termasuk penjemputan Dan antar ke stasiun mba.. keceh kan yuk nanti staycation ke cirebon

      Hapus
  4. Aku mudik lewat Cirebon, selalu malam hari. Aku catat nih nama hotelnya

    BalasHapus
  5. duh keliatan comfy banget mbak.. boleh nih dicoba pas jalan-jalan ke cirebon..

    BalasHapus
  6. Huaaahh, aku jadi kangen Cirebon.. Pingin wiskulan di sana.. :D Keceee nih hotelnya Mba Nurul.. Aku suka banget motif batik kawung gitu.. :D Next, kalo ke Cirebon lagi bisa nig nginep di sana.. Ada shuttle juga ya kalo dari stasiun ke hotelnya.. Enak nih jadi gak ribet mikir mesti naik apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eiyaa, itu motif mega mendung maksudnya.. :)

      Hapus
  7. Cakep banget venuenya dan banyak ukiran batik sesuai namanya.

    BalasHapus
  8. Wiiiih senangnya yang abis staycation, aku kalau pulang kampung lewat sini biasanya mampir menikmati kulineran empal gentong :)

    Hotelnya indonesia banget ya designnya, asri dan kekinian juga...bisa buat rekomendasi kalo nginep di Cirebon nih :)

    BalasHapus
  9. Seru amat ya jalan-jalan ke Cirebon. Apalagi suasana Ramadan gini ya. Hotelnya nyaman ya buat bawa keluarga juga.

    BalasHapus
  10. Seruuuu Mbaaaa.. Cirebon adalah salah satu Kota yang blm aku singgahi, cuma lewat doang. Kayaknya boleh nih kesana sekeluarga kapan2, nginepnya bisa di Batiqa Hotel ini ya, kece :*

    BalasHapus
  11. Aku bbrapa kali ke Cirebon untuk nikmatin aneka kuliner lezatnya. Tapi baru sekali nginap pas liputan dulu. Kapan kapan ajak keluarga ah mginap di Batiqa

    BalasHapus
  12. Ooo aku baru tahu kalau logo Batiqa itu dari bunga anggrek biru. Dulu pertama kali tahu hotel ini pas dia bikin lomba blog berhadiah staycation gtu :D
    Kapan2 kalau ada kesempatan ke Cirebon, nginep sana jg ah TFS

    BalasHapus
  13. Beuh Cirebon bahaya mba bikin naik 3kg waktu bareng sama mombas hahaha. makan makan dan makan lagi, nah penasaran juga nih kalau.misalnya ke Batiqa di kasih rahasia tempat makan yg enak tapi murah gak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin pas ramadhan mih, jadi makannya terbatas hehe.. next mau kuliner lebih banyak.. batiqa menyediakan makanan khas cirebon juga dan kasih info juga mih Mana tempat kuliner disini.. karena waktu terbatas hanya 1 tempat kuliner yg aku aku kunjungi hihi

      Hapus
  14. Wah serunya mbaaa. aku udah lama nggak staycation, pingin deh nginap di sini, ngajak keluarga ke Cirebon. Btw makanan khas Cirebon ngengenin loh mba..

    BalasHapus
  15. Asyik banget ya kalau bisa menginap di hotel yang bener-bener bisa menservice kita dengan baik.

    BalasHapus
  16. Tempatnya bikin betah,,,, bisa bikin gak mau pulang :D

    BalasHapus
  17. Nyaman kayanya nih mbak. Hotelnya bagus ya mbak. Apalagi kalau servicenya jg bagus, pasti jadi betah

    BalasHapus

Instagram