Lebih Hangat dan Nyaman dengan Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Halal

lebh hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal

Tidak ada yang melebihi kehangatan orangtua kepada anak, sekalipun kehangatan diberikan oleh Kakek, Nenek atau bahkan seorang pengasuh.

Kehangatan orangtua kepada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan kegiatan memijat anak dengan menggunakan minyak kayu putih dan minyak telon halal. Kehangatan dan rasa nyaman akan dirasakan baik oleh orangtua maupun anak.


Hi Bunda,

Berbicara tentang kehangatan dengan anak, apa saja sih kegiatan yang dilakukan bunda untuk menciptakan kehangatan bersama anak-anak dirumah? apakah selalu menyempatkan sarapan atau makan malam bersama? membacakan dongeng atau buku cerita sebelum tidur? atau memberikan pelukan kepada anak setiap saat?

Apapun bentuk kehangatan yang dilakukan oleh bunda kepada anak, yang utama adalah apakah kehangatan tersebut membuat anak menjadi nyaman atau tidak.

Lalu apakah ada perbedaan dalam memberikan kehangatan kepada anak laki-laki dan perempuan? pada dasarnya tidak ada perbedaan. Namun, biasanya aktifitas anak laki-laki itu lebih banyak dan lebih berani dalam mengeksplorasi setiap apapun yang ditemuinya, bahkan membuat was-was sebagian orangtua atas perilaku anak-anak, setuju ngga bun?

Memiliki dua orang anak laki-laki, cenderung aktif dan sering melakukan hal-hal yang membuat panik bahkan kehabisan langkah dan kata untuk mencoba menghentikan aktifitas anak-anak menjadi pemandangan saya setiap hari.

“Aduh aku capek” itu adalah kata-kata yang paling sering anak-anak saya ungkapkan ketika mereka selesai bermain, tidak lama kemudian langsung main lagi deh. Rasanya bagi mereka, kata-kata hanya sekedar ungkapan, mereka belum sampai pada pemahaman rasa capek yang sesungguhnya.

Sebagai orang tua, tentu tidak boleh membatasi ruang gerak anak untuk bereksplorasi, yang dapat orangtua lakukan adalah memberikan pengawasan kepada anak-anak agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Keluhan Anak Aktif Bergerak


7 jam disekolah, ditambah selepas pulang sekolah bermain sepak bola dihalaman sekolah bersama teman sekolah. Lalu dirumah, bermain lagi bersama adik atau kakak, kejar-kejaran, petakumpet, kadang akur kadang berantem.. lalu main bola lagi… dunia anak memang masih senang “bermain” ya bun, apalagi anak-anak saya masih balita dan bahkan anak dibawah 10 tahun.

Lalu apa saja yang menjadi keluhan dari anak-anak yang aktif bergerak dan bereksplorasi? selain bahaya kuman yang mengancam kesehatan, juga badan menjadi pegal-pegal. Jangankan anak-anak ya bun, kita saja sebagai orang dewasa sering mengalami badan pegal setelah beraktifitas seharian.

Jika badan pegal enaknya diapain ya bunda? apakah dipijet? Iyess bener banget, saya sering minta pinjetin suami saya, saat perut kembung dan mual atau masuk angin, rasanya dipijat itu terapi yang paling ampun untuk atasi badan pegal hehe.

Yang paling ahli dalam urusan pijat memijat anggota keluarga dirumah adalah suami saya, bukannya saya tidak bisa memijat, tetapi karena saya khawatir salah dalam memijat. Logis dong ya bun, daripada anak sakit setelah dipijat, lebih baik tidak memijat.

Tetapi anggapan saya ternyata salah, memijat anak itu ternyata mudah dan memiliki banyak manfaat bagi anak dan bagi orangtua juga. Pada dasarnya memijat anak itu akan mudah dilakukan ketika bunda memahami teknik memijat anak.

Manfaat dan Teknik Memijat Anak


lebih hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal
Narasumber Mums Blogger Gathering bersama Baby HUKI
Kiri-Kanan: Yosh Aditya (MC), Risa Trisanti (Marketing Manager Baby HUKI), dr. Amendi Nasution, SpKFR (K) (Dokter Spesialis Rehab Medik Brawijaya Hospital Antasari) Arina (Fisioterapis Brawijaya Hospital Antasari)


Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 9 Juni 2018, saya menghadiri acara Mums Blogger Gathering yang diadakan oleh Baby HUKI. Bertempat di Hotel Ashley Jakarta, acara yang bertema "Lebih Hangat dan Nyaman dengan yang Halal" berlangsung hangat dan ceria dan dihadiri oleh lebih dari 30 mums blogger.

Acara Mums Gathering bersama Baby HUKI dipandu oleh MC Yosh Aditya serta dihadiri oleh beberapa narasumber yaitu Risa Trisanti, Marketing Manager Baby HUKI, dr. Amendi Nasution, SpKFR (K), Dokter Spesialis Rehab Medik Brawijaya Hospital Antasari, serta Arina, Fisioterapis Brawijaya Hospital Antasari. Hadir juga Zatta Ligouw dan Kania Safitri sebagai influencers.

Menjelang lebaran, tradisi baik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah Mudik. Lalu apa saja sih persiapan para bunda yang berencana mudik atau tidak mudik tapi asisten rumah tangga yang mudik? Lalu, bagaimana dengan bunda yang masih memiliki anak kecil, adakah persiapan khusus saat mudik agar si kecil tidak crancky atau rewel?

Menurut mba Risa, yang harus bunda lakukan dalam mempersiapkan mudik atau perjalanan :
  • Packing keperluan anak untuk mudik, jauh jauh hari.
  • Siapkan pakaian nyaman buat si kecil dan sesuai kebutuhan jika anak sudah besar.
  • Masukkan semua ke dalam tas khusus, termasuk botol susu, dot serta obat-obatan penting.
  • Jangan lupa untuk memastikan makanan, minuman, dan peralatan yang dipakai si kecil sudah bersertifikat halal.

Minyak kayu putih dan minyak telon anak jangan lupa untuk selalu dimasukan ke dalam tas ya bunda, agar anak terhindar dari kembung dan masuk angin. Juga nyaman selama perjalanan yang biasanya melelahkan.

Minyak kayu putih serta minyak telon adalah barang yang wajib saya bawa saat berpergian, dan penasarannya lagi, bahwa baby HUKI mengeluarkan minyak kayu putih dan minyak telon dengan tagline 'halal'.

Bunda, ternyata minyak telon dan minyak kayu putih Baby HUKI sejak awal dikeluarkan aman dan halal, dan demi kenyamanan maka minyak telon serta minyak kayu putih Baby HUKI diurus sertifikasi halalnya hingga akhirnya tersertifikasi halal oleh MUI.

Menurut Mba Risa, Minyak kayu putih dan minyak telon baby HUKI terjamin kehigienisan serta kehalalannya, sejak awal hingga proses akhir. Alhamdulillah ya bunda.. jadi kita lebih nyaman memakai minyak kayu putih dan minyak telon baby HUKI.

lebih hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal
Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Baby HUKI

Mba Risa juga menambahkan bahwa dalam minyak kayu putih, terdapat zat aktif yang bernama Sineol. Sineol ini yang membuat kayu putih dapat berfungsi untuk menghangatkan badan, mengatasi kembung, serta mencegah gigitan serangga. Kadar Sineol di dalam minyak kayu putih HUKI yang tinggi lebih besar dibanding produk lain. Sehingga efek yang ditimbulkan jauh lebih baik dibanding produk lain.

Aroma, tekstur dan kehangatan dari minyak kayu putih dan minyak telon baby HUKI didesain pas untuk kulit bayi lho bunda. Jadi, untuk kulit bayi saja aman, apalagi untuk orang dewasa.

Minyak kayu putih baby HUKI, sudah bisa dipakai oleh anak usia 3 tahun ke atas, sedangkan untuk yang masih bayi bisa menggunakan minyak telon Baby HUKI.

Bunda tentu sangat paham akan kegunaan minyak telon bagi anak, yaitu :
  • Menghangatkan badan
  • Mencegah kembung dan masuk angin
  • Baik digunakan untuk pijat.

Minyak telon baby HUKI bisa untuk memijat juga? bisa bunda, karena di dalam komposisi minyak telon, terdapat kandungan Oleum Cocos (minyak kelapa) yang berfungsi sebagai pelicin. Kandungan minyak kelapa minyak telon baby HUKI dibuat pas sehingga selain dapat menghangatkan badan bayi, teksturnya pas digunakan untuk pijat bayi.

Jadi dengan minyak telon baby HUKI mendapatkan 2 manfaat sekaligus atau 2 in 1, yaitu kehangatan minyak telon serta kelembutan baby oil buat pijat.

Selain sudah tersertifikasi halal, minyak kayu putih dan minyak telon Baby HUKI memiliki kehangatan yang sudah disesuaikan dengan kulit anak, tekstur lebih pas untuk dioleskan di badan bayi dan anak dan pas juga dipakai untuk memijat bayi. Dan juga dengan kemasan serta tutup model flip cover yang praktis.

lebih hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal
Praktek Pijat Bayi bersama Baby HUKI

Praktek serta obrolan soal pijat memijat ini dibawakan oleh dr. Amendi dari Brawijaya Hospital. Salah satu pelayanan unggulan di Brawijaya Hospital Antasari adalah Baby Massage atau Pijat Bayi yang didukung oleh dokter spesialis rehab medik anak dan terapis profesional. Pijat Bayi berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil melalui stimulasi sentuhan yang dapat merangsang semua sistem sensorik dan motorik untuk pertumbuhan otak, membentuk kecerdasan dan perkembangan fungsi pada si kecil sesuai tahapan usianya.

Praktek pijat bayi oleh Baby HUKI dan Brawijaya Hospital Antasari ini diperkenalkan kepada semua bunda yang hadir dalam rangka hari pijat internasional yang jatuh pada tanggal 7 Juni 2017. Teknik pijat ini bisa kita lakukan di rumah, maupun diperjalanan saat sedang bepergian lho bun.

Para bunda yang hadir langsung belajar mempraktekkan teknik memijat bayi atau anak oleh mba Arina dan dr. Amendi.

Langkah-langkah memijat bayi dan anak yang telah diajarkan oleh mba Arina juga bisa dilihat di video youtube HUKI di bawah ini ya bunda.

Teknik Pijat Baby HUKI

Gimana bunda, ternyata mudah ya memijat bayi atau anak, duh sudah ngga sabar nih untuk segera mempraktekan apa yang telah diajarkan Mba Arina kepada anak-anak saya. Sampai dirumah saya ceritakan tentang praktek memijat bayi dan memperlihatan video dari baby HUKI kepada suami saya.

Eh ternyata yang paling semangat justru suami saya.. ya sudah ngga apa-apa deh, yang penting yang memijat anak adalah orangtuanya sendiri dan bukan orang lain, karena jika orangtuanya langsung yang memijat anaknya maka akan menambah kedekatan atau bonding antara orangtua dan anak.

Teknik pijatan yang dilakukan kami kepada Mas Keenan lebih fokus pada bagian punggung, kaki dan jari kaki, karena Mas Keenan mengeluh capek dan pegal kakinya.

lebih hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal

lebih hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal
lebih hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal
Mas Keenan nyaman sekali ketika dipijat bagian punggung dengan menggunakan minyak telon halal Baby HUKI

Kurang lebih 15 menit suami saya memijat anak pertama kami yaitu Mas Keenan yang berusia 8 tahun dengan menggunakan minyak telon Baby HUKI yang menghangatkan. Sedangkan anak kami yang paling kecil, berusia 4 tahun saat itu sedang tidak enak badan, dan menurut Ibu dr. Amendi bahwa sebaiknya jangan melakukan pijatan pada anak ketika dalam kondisi badan anak sedang tidak baik atau sedang sakit.

lebih hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal

lebih hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal
Fokus pijatan kepada Mas Keenan yang mengeluh capek dan badan pegal yaitu pada punggung, kaki dan jari kaki

Menurut suami saya, selain hangat, ternyata minyak telon baby HUKI enak juga buat pijat, nggak kering ditangan. Mas Keenan pun merasa sangat nyaman dan ngga lama kemudian tertidur pulas.

Ini beberapa gerakan Teknik Pijat HUKI. Berikut ini langkah-langkahnya.

BAGIAN DADA

Pertama-tama tuangkan 2-3 tetes minyak telon ke pergelangan tangan lalu buat gerakan yang namanya LOVE MOTION yaitu mengikuti gerakan membentuk seperti hati, dimulai dari ulu hati mengarah ke bahu atas lalu turun lagi ke ulu hati. Ulangi sebanyak 3 kali.

Lalu lanjutkan dengan gerakan kedua bernama CROSS. Dimulai dari bawah ke atas bahu, kemudian bersilangan di sisi lainnya. Lakukan berulang sebanyak 3 kali. Bermanfaat untuk membantu otot-otot pernafasan baby di bagian dada depan.

BAGIAN PERUT

Gerakan ke tiga ini berbentuk huruf  I LOVE U. Gerakan pijat membentuk huruf I, L, U. Dimulai dari bagian kiri baby. Lakukan sebanyak 3 kali. Ulangi untuk bagian sebelah kanan baby. Fungsinya untuk otot-otot perut apabila baby dalam keadaan kembung ataupun susah buang air besar.

Gerakan ke empat namanya Walking Finger. Lakukan tap di bagian perut dengan 3 jari searah dengan usus besar dari bagian kanan ke bagian kiri perut baby. Fungsinya untuk mencegah kembung, kram otot perut, dan kolik pada perut anak.

BAGIAN LENGAN TANGAN

Untuk bagian lengan, gunakan gerakan ke 5 yaitu Milking  atau Memerah. Gerakannya seperti memerah. Mulai dari bagian atas kearah bawah kemudian naik ke atas lagi. Ulangi sebanyak 3 kali. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot lengan pada baby ketika baby dalam posisi tengkurap. Lakukan gerakan yang sama untuk lengan bayi sebelah kiri.

Gerakan ke enam adalah Rolling / Memutar, caranya dengan melakukan gerakan memutar dengan 2 tangan kita, dari pangkal lengan sampai ke pergelangan tangan. Fungsinya untuk membantu menguatkan otot lengan menopang badan baby saat posisi tengkurap.
Gerakan ke  tujuh adalah Finger Shake. Gerakan memijat jari-jari baby satu per satu. Lakukan gerakan memutar dari pangkal jari ke ujung jari. Fungsinya untuk menguatkan motorik halus serta otot lengan dan jari agar baby bisa menggenggam sesuatu lebih kuat.

BAGIAN TUNGKAI KAKI

Khusus untuk bagian tungkai kita bisa menggunakan gerakan ke delapan yaitu Milking / Memerah. Dimulai dari atas ke arah pergelangan kaki, kemudian naik lagi ke arah pangkal paha. Fungsinya untuk  menguatkan otot-otot besar di tungkai kaki untuk menopang ketika baby berdiri sampai berjalan.

Selanjutnya adalah gerakan ke sembilan, Squeezing / Memeras. Gerakan memutar/sirkuler dengan satu tangan memutar dari pangkal paha ke arah pergelangan kaki. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar di tungkai
.
Gerakan ke sepuluh adalah Finger Shake, yaitu gerakan memijat jari satu per satu dari pangkal jari ke ujung jari. Fungsinya ntuk menguatkan otot-otot jari baby.

BAGIAN PUNGGUNG

Bagian punggung dipijat dengan gerakan ke sebelas yaitu LOVE MOTION kembali. Gerakan membentuk hati dimulai dari bagian tengah punggung ke arah bahu kemudian kembali ke arah tengah punggung. Fungsi untuk menguatkan otot-otot pungung saat menopang ketika baby tengkurap maupun duduk.
Gerakan ke duabelas adalah Gerakan Spiral. Dari bawah leher dengan gerakan memutar sepanjang tulang belakang sampai ke arah bokong baby.Fungsinya untuk rileksasi punggung dan menguatkan otot-otot sepanjang punggung.
Gerakan terakhir yaitu yang ke tigabelas adalah gerakan Menggaruk. Dilakukan dari bawah leher turun sepanjang punggung,pinggang sampai ke arah bokong. Fungsinya untuk menguatkan otot-otot besar punggung, pinggang, dan bokong baby.

lebih hangat dan nyaman dengan minyak kayu putih dan minyak telon halal
Memijat anak diatas 3 tahun bisa dilakukan dengan posisi anak tiduran atau sambil duduk dan anak dalam ketika anak keadaan sehat dan rileks

Gimana bunda, menurut bunda termasuk mudah atau susah? cobain deh praktek bersama anak dirumah, InshaAllah memijat dapat menjadi bonding time orangtua dengan anak, jangan dipijat oleh pengasuh atau orang lain ya bun.. nanti anaknya lebih dekat dengan pengasuh atau orang lain gimana, mau ngga? hehe

Masih ragu, lho kenapa, jangan dong hehe.. ngga apa-apa bunda, kalo masih butuh informasi tentang minyak kayu putih atau minyak telon baby HUKI bisa membaca informasinya di website dan sosial media Baby HUKI 

www.babyhuki.co.id
Facebook: babyhukiofficial
Instagram: babyhukiofficial

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

7 komentar:

  1. Ternyata yang butuh dipijat nggak cuma manusia-manusia tua macam kita ya, Bunda. Tapi anak-anak juga :D

    BalasHapus
  2. Di rumah selalu nyetok minyak kayu putih dan minyak telon. Apalagi di makassar saat ini lagi sering turun hujan jadinya dingin. Untung ada minyak kayu putih buat ngangetin badan.

    BalasHapus
  3. Setelah mudik wara sana wara sini cocok nih pijat bersama biar tubuh rileks dan segar lagi. Pakai minyak telon Huki lebih nyaman dipijatnya. Bikin urut mengurut makin terasa dan menyerap hangatnya...

    BalasHapus
  4. Iya mbak, awalnya juga saya kira pijat bayi tu kyk apa gu. tapi begitu Maxy lahir, dulu dokter suruh mijat terus, akhirnya paham kalau memijat bayi tu gak yg keras2 gtu, bayi cuma butuh nyaman deket ibunya. Btw aku juga pakai Huki, bau minyaknya bau khas bayi banget :D

    BalasHapus
  5. mas keenan nampak menikmati ya hihihi.. anak pertamaku juga suka nih dipijet seperti ini pake baby huki, walau pijet nya gak seperti orang dewasa yang harus pake tenaga.. hehehe :D baby huki ini emang enak ya wanginya, gak terlalu panas juga dibadan ❤️

    BalasHapus
  6. alhamdulillah sduah halal dan bisa digunakan untuk anak di rumah karena sudah halal, ku belum pernah pake ini tapi

    BalasHapus
  7. Minyak kayu putihnya ada juga ya Huki. Asik ya bisa ikutan acara ini, setuju sih kalau anak2 itu baiknya dipijat oleh ibunya agar menambah kedekatan antara ibu dan anak, selain itu sang anak juga akan merasakan kasih sayang ibunya jg

    BalasHapus

Instagram