Danone Tempat Kerja Menyenangkan Jaman Now

danone tempat kerja menyenangan jaman now
Bersama Corin Tap, Presiden Direktur PT. Tirta Investama (Danone-AQUA)

Salah satu faktor keberhasilan perusahaan untuk berkembang, ditentukan oleh keberhasilan manajemen dalam mengelola karyawan di perusahaannya.


Tempat kerja yang menyenangkan, kebijakan yang ramah keluarga serta pengelolaan sumber daya manusia seperti Talent Management atau manajemen bakat merupakan beberapa faktor yang menunjang keberhasilan perusahaan.

Memiliki tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan sangat penting agar menjaga mood saat bekerja. Apalagi pada jaman now, persaingan yang semakin ketat, maka para karyawan diharapkan menjadi seorang karyawan yang lebih kreatif dan produktif.

Harapan Tentang Tempat Kerja Menurut Kamu?

Seperti apa sih tempat kerja yang menjadi idaman atau harapan dari banyak orang khususnya pada jaman now ini? untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya membuat mini survey ke beberapa teman saya yang bekerja, begini jawaban mereka.

“Tidak memakai seragam, kantor yang tidak kaku, formal dan senioritas/hierarchy centre”, Uci, 27 tahun, Banker
“Lebih fleksible terutama waktu bagi sales dan kunjungan, lingkungan lebih kondusif dan integritas tidak dipertanyakan”, Anggi Swastika, 28 tahun, Karyawan Swasta
“Tempat kerja yang dapat mengaktualisasikan diri, berisi orang-orang yang open minded dan menilai pekerjaan secara objektif, memperhatikan karyawannya dari hal-hal kecil”, Sone puguh Apriliawan, 30 tahun, Corporate Trainer
“Fleksibel waktu untuk ibu terutama soal WFH, keberadaan ruang laktasi yang layak, memperpanjang waktu cuti melahirkan juga untuk para ayahnya”, Lisna Dwi Ardhini, 33, Karyawan Swasta

Apakah harapan tentang tempat kerja dari kedua teman saya diatas termasuk dalam harapan kamu juga? mmm.. kalo saya masih bekerja, harapan kedua teman saya itu juga menjadi harapan saya, tetapi saat ini saya sudah tidak bekerja kantoran lagi.

Sejak awal tahun 2018, saya memilih menjadi pekerja part time yang lebih fleksibel waktu bekerjanya sehingga memiliki waktu yang lebih banyak bersama anak-anak dirumah. Bosan dengan waktu kerja 8 jam sehari, belum lagi kena potong gaji jika terlambat ke kantor, duh kenapa jadi curhat begini ya!.

Sebenarnya selain waktu yang fleksibel, bagi saya kebijakan manajeman yang menunjang karir karyawannya sangat penting, agar karyawan lebih termotivasi lagi dalam bekerja dan berkontribusi lebih kepada perusahan.

Lalu adakah perusahaan yang memiliki kebijakan yang sangat diidamkan oleh karyawannya sehingga banyak yang tertarik untuk bergabung dalam perusahaan tersebut?

Dari mini survey diatas ternyata dari ke-4 teman saya ada yang berharap banget bisa bekerja di Danone Indonesia, karena Danone memenuhi semua harapannya tentang tempat kerja yang menyenangkan jamn now.

Apa dan bagaimana Danone Indonesia, Alhamdulillah saya berkesempatan untuk menghadiri acara "Discovering Talent Managemen at Danone" pada tanggal 8 Mei 2018 di kantor kantor pusat Danone Indonesia di Kuningan, Jakarta Selatan. Yuk kita kenalan dengan Danone Indonesia.

danone tempa kerja menyenangkan jaman now
Saat berada di kantor Danone Indonesia, saya anak SGM loh, anak saya juga minum susu SGM

Tentang Danone Group di Indonesia

Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Di Indonesia, bisnis Danone terdiri atas tiga kategori utama, yaitu :
  1. Air Minum dalam Kemasan dan Minuman Non Karbonasi
  2. Nutrisi untuk  Awal Kehidupan (Early Life Nutrition)
  3. Nutrisi Medis
Danone Indonesia memiliki 22 pabrik dan 2 mini plant dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang. Danone Group di Indonesia berkomitmen untuk menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang ramah dan ramah keluarga.

danone tempat nyaman untuk bekerja
 Arif Mujahidin – Corporate Communications Director Danone Indonesia
“Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk membawa kesehatan melalui makanan, kami ingin memberikan dampak positif  kepada sebanyak mungkin orang, dari segala usia,  lingkungan sosial & budaya  yang berbeda, termasuk karyawan kami", Arif Mujahidin – Corporate Communications Director Danone Indonesia

Komitmen Danone untuk Menciptakan Lingkungan dan Suasana Kerja yang Nyaman dan Ramah Keluarga.

Danone Talent Management

Merupakan program untuk pengembangkan keahlian dan profesionalitas karyawan Danone, sehingga diharapkan karyawan Danone dapat terus berkembang sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi Danone.

Ada banyak bentuk Talent Management bagi karyawan Danone Indonesia, yaitu :

Jaguar Program

Danone memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat  manajer  untuk terlibat dalam proyek antar negara

Endeavor Program

program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager

International Assignment

Secara regular kami mengirimkan karyawan kami ke Perusahaan Danone di negara lain, untuk mendapatkan pengalaman internasional.  Dengan international assignment ini, mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas

Talent Assessment and Development

Untuk memastikan bahwa talent yang kita miliki sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan oleh Danone secara Global, kami melakukan penilaian dan mapping seluruh karyawan Danone Indonesia yang kemudian dikalibrasi oleh talent committee di tingkat departmen, business unit dan Negara (cluster).

Management Trainee

program percepatan jalur karir, bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam  proyek-proyek menantang.

Setiap tahunnya, Danone Indonesia merekrut sekitar 60 Management Trainee dari universitas terbaik  dari dalam maupun luar negeri dengan penempatan di departemen yang berbeda. Pelamar untuk program ini meningkat setiap tahunnya, tahun lalu Danone Indonesia menerima lebih dari 40.000 pendaftar untuk program ini.

danone tempat kerja menyenangkan jaman now
 Ruang pusat informasi Danone Indonesia 
tempat kerja menyenangkan jaman now
Ruang tempat karyawan Danone Indonesia menerima tamu

Danone Parental Policy

Selain program talent management, Danone Indonesia juga berkomitmen untuk mendorong  karyawan perempuannya agar bisa berkarir cemerlang namun tetap dapat memperhatikan kesejahteraan keluarganya.

Hal ini dibuktikan dengan Parental Policy yang dikeluarkan Manajemen Danone Indonesia yaitu :
  • Cuti melahirkan 6 bulan bagi karyawan wanita
  • Cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya sedang melahirkan. 
danone tempat kerja menyenangkan jaman now
Evan Indrawijaya, HR Director Danone ELN Indonesia.

“Danone menyadari bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah masa kemasan anak agar mereka tumbuh optimal. Parental Policy kami keluarkan untuk mendukung  upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik dan sebagai upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di masa depan,” -Evan Indrawijaya, HR Director Danone ELN Indonesia-.
danone tempat kerja menyenangkan jaman now
Ruang laktasi bagi karyawan wanita setelah cuti melahirkan dan menyusui selama 6 bulan

danone tempat kerja menyenangkan jaman now
Isi lemari es dalam ruang laktasi.. semua demi masa depan anak bangsa :)
 

Keberagaman Inklusif (Inclusive Diversity)

Bentuk dukungan lainnya kepada perempuan dilakukan Danone Indonesia untuk karyawan perempuannya ialah dengan upaya membangun budaya keberagaman inklusif (Inclusive Diversity), yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah representasi perempuan di tingkat  direktur hingga presiden direktur untuk memimpin bisnis Danone Indonesia.

Sebagai seorang perempuan yang berhasil dalam karirnya, Corine Tap – Presiden Direktur PT. Tirta Investama  (Danone-AQUA) mengatakan bahwa “Keberagaman merupakan bagian dari budaya Perusahaan karena kami percaya bahwalatar belakang karyawan yang beragam dapat mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat.

danone tempat kerja meyenangkan jaman now
Corine Tap – Presiden Direktur PT. Tirta Investama  (Danone-AQUA)

"Di Danone Indonesia, kesempatan untuk berkembang tidaklah terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. Saya adalah  Presiden Direktur perempuan yang  sangat merasakan dukungan yang diberikan oleh Danone Indonesia dalam mengembangkan karir saya". -Corine Tap – Presiden Direktur PT. Tirta Investama  (Danone-AQUA)-
danone tempat kerja meyenangkan jaman now
                        Gustavo Hildenbrand – General Manager Nutricia Sarihusada

Tidak hanya sekedar bekerja, tetapi karyawan diharapkan dapat belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat, itulah harapan dari Gustavo Hildenbrand – General Manager Nutricia Sarihusada.

Meet The Talents 

danone tempat kerja menyenangkan

Tidak hanya bicara tentang program-program untuk pengembangan karyawan saja, tetapi saja juga mendapat kesempatan bertemu dan berdiskusi secara langsung dengan para karyawan Danone Indonesia yang telah merasakan bagaimana kenyaman kerja di Danone dan bagaimana program Management Trainee Danone Indonesia membantu pencapaian karir mereka hingga saat ini.

Ini dia para Danone Talent yang telah merasakan manfaat dari program Management Trainee Danone Indonesia, yaitu :
  1. Dwinta Astarini, Senior Brand Manager Nutricia
  2. Jovita Anggraeni, Supply Chain Network Optimization
  3. Dedy Suwartono, Head of Commercial Finance

(kiri ke kanan) Dwinta Astarini, Senior Brand Manager Nutricia, Jovita Anggraeni, Supply Chain Network Optimization dan Dedy Suwartono, Head of Commercial Finance

Para talent berbagi informasi bagaimana mereka merasakan kerja di Danone Indonesia serta mendapatkan dukungan dari manajeman perusahaan dan khususnya dukungan dari para senior. Dwinta dan Jovita pernah mendapatkan gelar sebagai MT Star Danone lho, habat ya.!

Padahal usia Dwinta dan Jovita masih dibawah 30 tahun.. jadi mikir kenapa saya baru tahu Danone sekarang ya.. sedikit menyesal sih, karena sudah melewatkan usia produktif bukan di dunia industri seperti Danone.

Yuk yang masih muda dan usia produktif coba bergabung di Danone Indonesia dan dapatkan kesempatan emas untuk menjadi MT Star Danone.

Dari hasil sharing para Danone Talent Management bisa saya ambil kesimpulan bahwa kerja di Danone Indonesa itu :
  • Tidak ada jarak antara karyawan baru maupun karyawan lama, senior atau junior
  • Karyawan diberi kebebasan dalam memberikan pendapat atau ide untuk kemajuan perusahaan
  • Kepercayaan serta dukungan penuh terhadap karyawan, tidak ada pembatasan ruang gerak karyawan untuk berinovasi
  • Kesempatan untuk berkarir di Luar Negeri, bisa dalam bentuk training atau menjalankan project ke Luar Negeri
  • Budaya kerja yang nyaman dan tidak menggurui
  • Menjadi diri sendiri dalam berpakaian, tidak harus selalu mengenakan pakaian formal, tetapi harus tetap berpakaian sopan

Bagaimana Jika Ingin Bergabung dengan Danone Indonesia

danone tempat kerja menyenangkan jaman now
Saya bersama teman-teman saat mengunjungi kantor pusat Danone Indonesia di Kuningan, Jakarta

Jika kamu kamu tertarik bergabung dengan Danone Indonesia dan ingin juga seperti Dwinta dan Jovita yang pernah mendapatkan MT Star Danone, bisa sering-sering buka website resmi Danone Indonesia.

Semua informasi lowongan kerja FMCG atau Professional Jobs in FMCG ada di website resmi Danone Indonesia. Dan jangan mudah percaya jika ada oknum yang mengatasnamankan Danone Indonesia yang menawarkan pekerjaan di Danone Indonesia dan kamu diminta membayar sejumlah uang, please jangan mudah percaya, cek and ricek terlebih dahulu.

tempat kerja menyenangkan jaman now
Dan Lounge, tempat karyawan Danone untuk bersantai dan bermain game
 
tempat kerja menyenangkan jaman now
Danone juga memfasilitasi ruang klinik dan dokter yang selalu siap siapa jika ada karyawan yang sakit atau membutuhkan perawatan dokter

Informasi seputar lowongan pekerjaan di Danone Indonesia silahkan follow juga media sosial Danone Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru dari Danone Indonesia, seperti lowongan pekerjaan, tips dalam dunia kerja dan kegiatan terbaru dari Danone grup.

Website : http://www.dancommunity.com/
Twitter : @dancommunityid
Instagram : @dancommunityid

danone tempat kerja menyenangkan jaman now
Informasi magang dan lowongan pekerjaan

danone tempat kerja menyenangkan jaman now
Tips menghadapi wawancara kerja

danone tempat kerja menyenangkan jaman now
Informasi terbaru kegiatan Danone Grup

danone tempat kerja menyenangkan jaman now
Informasi penting lainnya

Follow juga sosial media (Twitter dan Instagram) AQUA di @aqua_lestari dan Nutrisi Untuk Bangsa @nutrisi_bangsa untuk mendapatkan informasi terbaru terkait upaya dan komitmen Danone Indonesia untuk masyarakat Indonesia.

Salam hangat,
Elly Nurul


Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

20 komentar:

  1. Bagus ya Danone mengapresiasi karyawannya. Jadi makin terlihat lho kemampuan seseorang itu tergali kalau wadahnya ada. Good job!

    BalasHapus
  2. Ya ampun langsung jadi pengen ngelamar buat jadi karyawan Danone. Hihihi. Senangnya kalau ada ruang kerja yang tidak membatasi antara senior dan junior ya mbaa

    BalasHapus
  3. ya allohh.. mupeng deh ya jadi karyawan danone. semoga danone kedepannya makin bagus lagi ya mak!

    BalasHapus
  4. Danone masih buka lowongan gak? hihihi keren banget memikirkan karyawannya sampai segitunya..

    BalasHapus
  5. Kalau Suasana dn fasilitas nya kyk gini pasti betah hhmmm jd kepikiran mo krj d danone

    BalasHapus
  6. Terjamin sekali kerja di perusahaan Danone ya. Kalau buat wanita yang pasti cuti melahirkan yang lebih panjang, setuju banget kalau sampai masa ASI eksklusif selesai. Anak dsn ibu mendapatkan hak & kewajiban yang seimbang.

    BalasHapus
  7. Wow itu ASIP nya penuh yaa di kulkas. Bagus nih ada kantor yg mendukung ibu menyusui

    BalasHapus
  8. Danone nerima emak2 kerja di sana gak? hahahaa
    Seneng ya kalau lingkungan dan fasilitas di tempat kerjanya menyenangkan kyk gtu, ditambah lagi kalau gajinya gede xixixi :D

    BalasHapus
  9. Suasana kerjanya menyenangkan , bikin betah yang ngantor

    BalasHapus
  10. Keren ampun ampunan yaaa Danone iniii
    --kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  11. aku pernah main-main ke Kantor Danone nih, kantornya sih adem tapi perjalanan depok ke sananya yang lumayan panas hihihi.

    BalasHapus
  12. betah ya yang kerja di Danone, tempatnya kerjanya nyaman..

    BalasHapus
  13. Tidak pakai seragam agar kesan ngantornya ga kaku. Wah ini suamiku banget. Kerja di perusahaan listrik swasta di mana seluruh karyawannya bebas pakai baju apa saja asal tetap sopan dan rapi.

    BalasHapus
  14. Betul mba aku beberapa kali pernah shooting di Danone. pengakuan karyawan juga menyenangkan kerja disana. Babam juga bisa main game playstation hihi

    BalasHapus
  15. Waaah itu enak bangeeet. Tapi saya lebih seneng pake seragam, Mba. Jadi ga perlu pusing mikir baju kerja.. hahaha..

    Saya juga betah mbaa kalau jadi karyawan danone. Bisa dikirim ke luar negeri buat belajar.. xixixi..

    Btw, ga takut ketuker ya nyetok asi rame2. Kudu dinamain sepertinya.

    BalasHapus
  16. Wah,ini bikin karyawan nyaman makmur

    BalasHapus
  17. Duh jd penasaran dg atmosfer kerja di Danone. Blm pernah tahu detil sih ttg kesempatan kerja di Danone

    BalasHapus
  18. Duuuh bahagianya bisa cuti melahirkan selama 6 bulan. Perusahaan kaya gini nih perlu ditiru sama perusahaan lainnya karena sesungguhnya kebahagiaan karyawan akan berefek positif juga dengan kesuksesan perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  19. iya saya juga kalau bekerja di kantor tentu saja memilih kantor yang nyaman dan ramah karyawan, agar bisa menjaga mood saat bekerja. gak kebayang udahlah capek di jalan, di kantor juga capek hati hihihi makasih sharingnya mbak :-)

    BalasHapus
  20. wah enak banget sih kerja di danone. Sama banget mba, aku jga menyesal kenapa baru tau hal ini di usia produktif yang sudah liwat ini..hahhaha..

    bdw conggratz yah mba sudah menang di danone writting competition, memang keren sih tulisannya.

    salam inspirasi,
    sesuapnasi

    BalasHapus

Instagram