Cara Membuat Video Blog Jadi Kekinian Bersama Bella Panggabean

Bhinneka Community Zone "Cara Buat Video Blog Kekinian" oleh Bella Panggabean

Melihat para vloger beraksi dengan ciri khasnya masing-masing membuat saya kepo alias mau tahu bagaimana proses sebuah video vlong akhirnya dapat rilis pada channel youtube.

Untuk menghasilkan sebuah Video Blog atau vlog, tentu membutuhkan banyak persiapan, selain media untuk merekam gambar atau video juga script atau jalan cerita dari video vlog yang akan disampaikan kepada masyarakat juga penting. Apalagi bagi vlogger atau Youtuber yang telah memiliki penggemar setia dan sudah pasti video terbarunya sangat ditunggu-tunggu.

Ketika mendapatkan informasi dari Kumpulan Emak Blogger tentang kegiatan Community Zone bersama Bhinneka dengan materi talkshow tentang “Cara Buat Video Blog mu Jadi Kekinian” bersama Bella Panggabean, Director of Photoghrapy BellaPanggabean.com, dan saya langsung antusias mendaftar. Alhamdulillah pada 9 Desember 2017 dan kali pertama saya masuk ke kantor Bhinneka.Com yang menjadi tempat kegiatan Bhinneka Community Zone.

Bagus banget materinya khususnya bagi yang mau tahu bagaimana cara membuat video blog bagi serorang pemula seperti saya. Walaupun kegiatan berlangsung pada hari libur, namun tetap saya ikuti, kapan lagi bisa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan tidak berbayar alias gratis.

Bagaimana Membuat Video Vlog oleh Bella Panggabean

Untuk menjadi seorang vlogger atau youtuber, maka kualitas adalah menjadi syarat utama, buatlah video yang memikili kualitas bagus, mulai dari cara teknik pengambilan gambar, alur cerita hingga teknik mengedit video.

Konsisten juga diperlukan, karena penggemar akan menunggu nunggu video terbaru berdasarkan konsistensi seorang vlogger atau youtuber menyajikan konten serta jadwal postingan atau rilis pada youtube channel.

Materi "Bagaimana Buat Vlogmu Menjadi Kekinian" oleh Bella Panggabean 

Alat Untuk Membuat Video Blog atau Vlog: 

Alat-alat yang dapat digunakan untuk membuat video blog atau vlog yaitu:
  • Web cam
  • Mobile phone
  • DLSR Cameras with Video Capability (Canon 550D, Canon 5D Mark II)
  • Mirorless
  • Go pro 
Untuk menghasilkan sebuah video vlog yang bagus, apa saja sih yang harus diperhatikan, berikut adalah tips dari Bella Panggabean:
  1. Cari background menarik, agar hasil vlog terlihat bagus 
  2. Objek gambar jangan terlalu dekat dengan background atau latar/tembok, berilah jarak 1 m dr background 
  3. Dekatkan objek gambar dengan kamera. 
  4. Jangan pernah mengambil gambar dengan background warna putih, karena akan terlihat flat.
Tapi secara kesuluruhan untuk memulai membuat sebuah vlog adalah “Don't think too much” buat dulu, maka dalam proses pembuatanya kita akan mendapatkan pelajaran sedikit demi sedikit untuk menghasilkan sebuh video vlog yang bagus.

Dalam pengambilan sebuah video blog atau vlog, juga penting diperhatikan beberapa hal yaitu :
  • Pencahayaan
Sinar matahari adalah sumber  cahaya alami yang paling bagus, jadi jika sumber cahaya adalah matahari maka waktu terbaik dapat dilakukan pada jam 7-9 pagi dan 3-5 sore. Jangan membelakangi cahaya kalau kita tidak punya cahaya
  • Cahaya lampu
Cahaya lampu menjadi sumber pencahayan berikutnya ketika mengambil gambar atau video dalam ruangan dan ketika malam hari
  • Penggunaan Properti
Properti juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, jika video diambil dalam ruangan atau indoor maka harus diperhatikan furniturenya seperti meja, kursi bahkan karpetnya.
  • Suara atau Sound
Saat membuat video juga perlu diperhatikan sisi suara atau soud, suara pembuatan video harus jelas, usahakan tidak dalam keadaan bising dan jika akan menggunakan musik sebagai backsoud, gunakan youtube library yang free music archive, selama ada tulisan free copyright bisa dijadikan backsound untuk video vlog
  • Produk
Jika video vlog merupakan review atas sebuah produk, maka buatlah insert menggunakan produk yg akan ditonjolkan saat mengambil gambar, agar video review menjadi lebih elegant.

Wajah bahagia serta antusias peserta video blog

Jika teknik pngambilan video sudah dijalankan dengan baik, maka untuk menghasilkan sebuah video blog atau vlog yang menarik itu harus memiliki :
  1. Tell a good story, buatlah cerita yang bagus dengan sesimple mungkin. Ambil ide dari sekitar kita. Pilihlah kata-kata yang tepat sasaran, tanpa perlu berbelit-belit.
  2. Script adalah hal pertama yang harus dibuat sebelum membuat video.
  3. Tunjukkan apa yang kamu rasakan melalui video, jangan hanya cerita saja, agar orang lain bisa merasakan emosi yg kita rasakan. 
  4. Spesifikasikan video yang kita buat untuk siapa, apakah untuk anak kecil, orang dewasa, dll
  5. Bangun interaksi dengan penonton, seolah-olah mereka ada bersama dengan kita. Supaya orang lain bisa merasakan emosi yg kita

Kabar dari Microsoft Indonesia

Selain Bella Panggabean, pada Bhinneka Community Zone juga menghadirkan kabar terbaru dari Microsoft Indonesia. Masih berhubungan dengan  materi diskusi yaitu tentang cara pembuatan video Blog atau Vlog menjadi kekinian.

Microsoft Indonesia menyampaikan inovasi terbarunya yaitu laptop dengan seri i3, i5 dan i7. Dan masing-masing seri tersebut memiliki kelebihan masing masing. Dan untuk para blogger atau vlogger, seri i7 memiliki 4 processor quad core, jadi ngga akan lemot dan ngga bikin baper dalam membuat video blog atau vlog.

Dengan menggunakan  Windows 10, saat ini para blogger untuk bisa langsung membuat video yang siap tayang pada blog masing-masing blogger lho, ada fasilitas musik hingga edit text, wah keren kan dan simpel juga ya, jika selama ini pra blogger menggunakan movie maker, atau aplikasi lainnya pada smart phone, sekarang di windows 10 sudah bisa edit video.

Windows 10 adalah windows terakhir, jadi Windows yang tidak pernah diupdate akan rentan virus. Nah, Windows 10 creator update, bebas virus serta banyak fitur menarik lainnya.

Yeay, sudah mendapatkan informasi seputar video blog, sudah bisa langsung praktek nih, menurut Bella, buat videonya saja dulu, ketika dalam prosesnya nanti kita akan belajar menemukan hal-hal yang bisa membuat video blog yang memiliki standar bagus alias disukai oleh banyak orang.

Gimana, semoga materi dari Bella dan update terbaru dari Microsoft Indonesia membuat bersemangat membuat video blog atau vlog yang keceh ya.. tunggu video blog atau vlog dari saya ya!

And thank you to Bhinneka.com dan juga Kumpulan Emak Blogger untuk weekend saya yang berkualitas! ditunggu kolaborasi keceh selanjutnya.

Yeah, weekend berkualitas bersama Bhinneka.Com dan Kumpulan Emak Blogger.

Selamat membuat video blog atau vlog!

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

26 komentar:

  1. hai emak2 kece.. really sering kita ketemu dibebrapa event tapi baru tau namanya loh... salam kenal ya mba,, what should I call you? mba elly, mba nurul? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Emak, wah salam kenal juga ya.. panggil aku Elly aja mak, Nurul dah bangak banget hehe

      Hapus
  2. Penasaran sama Window 10 creator update ini, video editingnya simple banget kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess simple dan semakin memudahkan para emak2 dalam edit video untuk hasil video blog yg keceh ya mak

      Hapus
  3. emak-emak keceh ya bun hihihii





    mampir yuk bun ke blog http://nuvaderma.com/blog

    BalasHapus
  4. Pengen bgt bikin vlog tapi gak pede dg suara dan penampilanku. Jd tertunda mulu deh bikin vlognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suara kita bukan faktor utama mba, yg penting materi vlognya menarik apa ngga.. yuk semangat buat vlog!

      Hapus
  5. Pengen juga aku belajar membuat vlog, mba. Soalnya keseringan ambil video tapi wajahku nggak muncul di layar. Hahhahaa
    Tapi teryata seru juga ya belajar bikin vlog. Tapi faktor utama menurutku pencahayaan dan topik apa sih yang menjadi isi dari materi vlog iu. Jangan sampe deh isi vlog hanya 'kosong' :p. Terima kaish sudha berbagi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin lagi terus mba.. nah kalo wajah ngga keliatan mungkin di cek media pengambilan gambarnya apakah sudah representatif apa blm hihi iyessss pencahayaan juara dan topiknya juga harus keceh yg mba.. yuk semangat buat vlog!

      Hapus
  6. Asyik ya acara kayak gini terus kita praktekin. Keren deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ka Gita nanti kita kolaborasi buat vlog ya.. Miss u

      Hapus
  7. Tapi emang yang paling penting itu segera dimulainya itu ya mbak.. Plus gk kalah penting ya konsistennya... Tfs mbaak ��

    BalasHapus
  8. Makasih bgt infonya Mbak elly, aku ngumpulin uang dulu nih buat beli mirrorless atau dslrnya.

    BalasHapus
  9. Waah keren mbak, kbetulan saya dan suami hobi ngevlog. Thank's infonya mbak

    BalasHapus
  10. Mantap mbak acaranya, mau nih praktekin langsung

    BalasHapus
  11. Makasih infonya mbak.
    Pas banget nih artikelnya sama hobi saya yg suka ngevlog

    BalasHapus
  12. Aku mau banget vlog tapi belum tahu mulainya dari mana. Cara-cara editnya juga masih buta.

    BalasHapus
  13. Sebenernya membuat video itu hobi saya, mba. Cuma syarat konsistensi untuk posting di youtub ini nih. Ngedit videonya kan perlu detail yg lumayan. Saya milih jadi blogger aja deh.. hahaha.. video youtubenya sesekali saja. ^_^

    BalasHapus
  14. Salut sama para Vlogger, effort-nya gede banget ya mba untuk menghasilkan sebuah video. Aku sendiri bikin video sebatas kolase aja belum bisa se-keren Vlogger beneran, huhu... Semua ada ilmunya ya mba, nice share mba, thanks ya...

    BalasHapus
  15. Asli ini manfaat banget jadiii ooo ooo oooo yerus pas baca. Di rangkumnya juga maksimal jadi merasa beruntung ada tulisan ini walau gak ikut hadir

    BalasHapus
  16. Seru banget belajar dari ahlinya. Sayang kmrn gk jd ikutan krn bentrok jadwalnya.
    2018 salah satu yg kuinginkan bikin video dengan bener, kalau bisa kirim ke Net :D

    BalasHapus
  17. Ilmu2nya dulu aku kumpulin. Trus baru deh buat videonya. Naaahhh memulainya ini yg susah.

    BalasHapus
  18. Ooo... seru juga ya...

    BalasHapus
  19. Kalo buat video sendiri kayaknya belom sanggup deh hehehe. Kumpulin ilmunya dulu :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  20. Mbak Elly, Ku ada laptop serumah dan suami juga usah download video maker gitu. Tetap aja aku ga bisa. Apalagi windows nya udah di update, ya wasalam. Jadi selama ini masih buat dari hp aja, pake aplikasi yang free. Tips2 nya kepake nih mba, kebetulan cara buat video aku masih Abal banget. Makasih ya mba

    BalasHapus

Instagram