Habito, Glasroc H dan XRoc: Dinding Generasi Baru dari Gyproc

Proses inovasi yang terus menerus dilakukan adalah upaya memenuhi kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan produk yang berkualitas


Dalam aktifitas keseharian, banyak kita jumpai daerah yang sedang dalam proses membangun, seperti membangun rumah, perkantoran ataupun bangunan lainnya. Di daerah rumah saya di Depok, banyak berdiri bangunan baru, lahan yang semula tanah kosong, saat ini dalam proses pembangunan, ada bangunan baru untuk rumah pribadi, perumahan, toko, rumah sakit, renovasi rumah dan ada juga rumah dirubah menjadi toko.

Bicara tentang membangun sebuah bangunan, tidak terlepas dari bahan bangunan. Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki tingkat kelembapan, curah hujan tinggi, serta rawan gempa di beberapa daerah, maka pemilihan bahan bangunan yang tepat akan menentukan kenyamanan dan ketahanan dari bangunan tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman, material bahan bangunan juga terus berevolusi loh, mulai dari batu bata tanah liat, batako, beton, bata ringan dan saat ini gypsum.

Yuk kita lihat apa kelamahan dan kelebihan dari masing-masing dinding dari masa ke masa :).


Dari gambar diatas terlihat masih banyak kelemahan dari masing-masing bahan material, seperti pengerjaan dengan sistem basah (menggunakan semen, pasir dan air) menyebabkan area kerja menjadi kotor dan berantakan, permukaan tidak rata dan mudah retak serta waktu pengerjaan yang cukup lama. Dari berbagai permasalah tersebut, dibutuhkan inovasi baru untuk menjawab permasalahan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tentunya diimbangi dengan kualitas produk yang baik.

Sejak tahun 2000 hingga sekarang, pertumbuhan industri bahan bangunan terus mengalami peningkatan, seperti PT. Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI) selalu berevolusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan bangunan berkualitas dan ramah lingkungan. Pada 2 Agustus 2017 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, SGCPI sebagai produsen bahan bangunan yang memproduksi papan gypsum di Indonesia dengan merek Gyproc memperkenalkan produk terbarunya yang paling inovatif "Dinding Generasi Baru", yaitu Habito, Glasroc H dan XRoc.

Wah, jadi semakin penasaran.. seperti apa ya Dinding Generasi Baru yang baru saja diluncurkan?. Mari kita mengenal lebih dekat dengan masing-masing produknya.

Habito (Papan Gypsum Terkuat)

Image from Instagram Gyproc_Indonesia

Papan gypsum Habito adalah salah satu produk generasi baru yang dirancang khusus untuk memungkinkan masyarakat mendesain ruang-ruang rumah dengan cepat dan fungsional. Gypwall sistem yang menggunakan papan Habito lebih kuat dan tahan lama, memiliki kualitas kedap suara yang baik dan lebih mudah digunakan. Habito merupakan solusi yang ideal untuk menyelaraskan kebutuhan ruang tempat tinggal saat ini dan di masa yang akan datang.

Menurut Bapak Hantarman Budiono - Managing Director PT. Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI), Habito menawarkan kemudahan baik dalam konstruksi, kecepatan pemasangan, hasil akhir yang rapi, kekuatan yang sama dengan tembok bata tetapi dengan keunggulan drywall dan utamanya fleksibilitas dalam memasang benda ke dinding serta akustik yang baik.

Keunggulan Papan Gypsum Habito


Papan Gypsum Habito dapat menahan beban hingga 30kg per titik tanpa menggunakan alat khusus, dapat langsung digantung hanya dengan menggunakan sekrup berdiameter 5mm, sudah langsung saya buktikan loh dan saya sangat terkesima. Habito mampu menahan berat badan saya 55 kg bahkan sepeda motor dapat digantung pada dinding. Saya juga sudah membuktikan bahwa Habito tahan benturan, sudah saya palu dengan seluruh kekuatan yang saya miliki, namun Habito tetap kokoh.

Iyess, papan Habito adalah papan gypsum yang terkuat,
sepeda, motor and saya duduk di kursi yang menempel di dinding..
ngga takut terjatuh  :)

Glasroc H (Papan Gypsum Tahan Air)

Image from Instagram Gyproc_Indonesia

Glasroc H (hydro) papan gypsum dengan performa khusus yang tahan terhadap area basah atau sering terpapar air, seperti kamar mandi, toilet, dapur atau tempat-tempat lain yang memiliki tingkat kelembaban tinggi. Mengusung teknologi GRG dengan menggunakan lapisan serat kaca alih-alih kertas yang umum digunakan pada papan gypsum untuk memberikan ketahanan terbaik terhadap paparan air dan jamur.

Inti gypsum-nya mempunyai daya tahan terhadap air sementara lapiran biru muda yang menutupi permukaannya akan menghalau air untuk melindungi konstruksi bangunan. Permukaannya dapat digunakan langsung untuk pemasangan ubin ataupun dekorasi tanpa menggunakan lapisan waterproofing. Glasroc H (hydro) idel digunakan pada lingkungan yang basah sehingga memberikan ketenangan kepada pelanggan yang menginginkan produk yang mudah digunakan dan dipasang namun memiliki ketahanan yang tinggi terhadap paparan air dan jamur.

Glasroc H (hydro) tidak cocok digunakan pada lingkungan dengan suhu lebih dari 49 derajat, namun memiliki ketahanan terhadap kondisi beku tanpa berisiko mengalami kerusakan. Tidak cocok digunakan di semua area yang terbenam air dalam waktu lama seperti lantai shower atau bagian kolam renang. Tidak cocok juga digunakan untuk area outdoor.


XRoc (Papan Gypsum Anti Radiasi Sinar-X)

Image from Instagram Gyproc_Indonesia

XRoc adalah papan Gyproc bebas timbal yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan terhadap radiasi sinar-X, papan ini mengandung mineral khusus barium sulfat. Barium sulfat adalah mineral alami yang memiliki sifat sangat baik dalam menyerap dan memendarkan energi elektromagnetik dari sinar-X.

Won Siew Yee - Marketing Director PT. Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI) menambahkan bahwa "XRoc adalah inovasi lain dari Gyproc dalam memenuhi kebutuhan pada fasilitas kesehatan, papan gypsum ini memiliki performa anti radiasi sinar-X sehingga cocok untuk dinding ruangan X-Ray pada rumah sakit".

Papan XRoc dianggap lebih aman digunakan dibanding timbal. XRoc dengan kandungan barium sufatnya memiliki reputasi ramah lingkungan yang mirip dengan gypsum dan dapat didaur ulang melalui proses produksi papan gypsum.


Bagaimana, sudah lebih mengenal tentang Habito, Glasroc H (hydro) dan XRoc belum?, menurut saya produk-produk tersebut sungguh inovasi yang sangat membanggakan, karena telah mengubah sistem dinding tradisional menjadi sistem dinding drywall, juga sebagai solusi untuk mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim yang terjadi di Bumi. Gypsum Gyproc ramah lingkungan, 100% dapat didaur ulang, tidak mengandung bahan beracun, tidak memerlukan banyak air dan dapat menghemat waktu konstruksi hingga 25-30%.


Sudah mengenal produk-produknya, sekarang kenalan dengan produsennya, yaitu PT. Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI)

SGCPI merupakan anak usaha dari Saint-Gobain, perusahaan global asal Perancis yang bergerak di bidang produksi material bangunan. Didirikan pada tahun 1665, perusahaan ini telah menjadi perusahaan bahan konstruksi terbesar yang dikenal dengan kemampuannya dalam mendesain, memproduksi, dan mendistribusikan bahan baku dan solusi yang merupakan kunci dari kesejahteraan manusia di masa depan.

Saint-Gobain berada dimana saja?, di tempat tinggal dan di keseharian kita: Gedung bertingkat, transportasi, infrastruktur, dan ragam aplikasi di bidang industri. Memiliki pendapatan penjualan sebesar Rp. 560,1 trilliun di tahun 2016, beroperasi di 67 negara dan memiliki lebih dari 170.000 pegawai di seluruh dunia.

Dimana masyarakat dapat membeli produk Gyproc?

Tertarik untuk merenovasi rumah dengan produk-produk dari Gyproc? atau merekomendasikan teman, saudara atau kantor untuk menggunakan produk Gyproc?. Produk Gyproc dapat dibeli pada setiap toko bahan konstruksi yang dilengkapi dengan logo Gyproc atau dapat langsung menghubungi custumer service ya.. :)


PT. Saint-Gobain Construction Products Indonesia (SGCPI)
Jl. Modern Industri XV Blok AF No. 1, Kawasan Industri Modern Cikande, Serang - Banten 42186
T. (0254) 849 5888. F. (0254) 849 5808
Head Office:
Menara Sentraya 21st floor
Jl. Iskandarsyah Raya No. 1A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160
T. (021) 2788 1968. F. (021) 2788 1738
www.gyproc.co.id

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

5 komentar:

  1. Wah menarik nih ada informasi tentang inovasi di bidang konstruksi. Emang bener mbak, kualitas ga pernah bohong, rumah pasti jadi awet, budget renovasi makin berkurang

    BalasHapus
  2. Wah bagus nih hypsum gyproc ramah lingkungan. Kebetulan banget aku mau ada perbaikan dinding tuang tamu dan kamar Rafa nih yg bocor melulu. Gypsum di pinggir langit2 rumahku mulai pada copot berjatuhan. Boleh nih aku rekomendasiin biar suami pakai ini aja. Tq infonya mbak Elly ��

    BalasHapus
  3. Urusan bahan bangunan kuserahkan ke suamiku aja deh. Tapi boleh jg kuremomendasikan ini.

    BalasHapus
  4. keren nih, gypsum bisa tahan sekian kilo dan tahan air pula, dan pastinya ramah lingkungan

    BalasHapus
  5. AKu baru tahu kalo ada dinding terbuat dari gypsum dan bisa sekuat ini, yang aku tau gypsum2 itu biasanya dipakai untuk karya seni, pelindung patah tulang kaki/tangan, dll.

    BalasHapus

Instagram