Yuk, Dukung Anak untuk Menjadi Juara Hebat Kebaikan

Keseimbangan Intelligence Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ) Anak
Berpengaruh Terhadap Kesuksesannya Dimasa Mendatang

Setiap orang tua mengharapkan memiliki anak yang cerdas dan sukses dalam kehidupan di masa depan. Harapan tersebut sulit untuk terwujud jika orang tua tidak memupuk kemampuan atau keterampilan anak sejak dini. Usia dini menjadi periode emas dalam tumbuh kembang optimal anak dan orang tua berperan penting agar anak dapat tumbuh menjadi anak hebat sesuai harapan.

Tingkat kecerdasan setiap anak berbeda-beda, ada anak yang memiliki nilai akademis yang baik namun tidak pandai dalam bergaul atau bersosialisasi sehingga tidak peka terhadap lingkungannya, ada anak yang memiliki banyak teman karena kebaikan hatinya sering membantu temannya, namun nilai akademisnya kurang. Dan yang paling ideal adalah secara akademis memiliki nilai yang baik juga memiliki kepekaan atau jiwa sosial yang cukup.

Agar Anak Menjadi Juara Hebat Kebaikan, Maka 
IQ dan EQ harus seimbang


Emotional Quotient (EQ) seseorang tidak dapat diukur, karena merupakan proses yang harus dikembangkan secara bertahap sejak usia dini. Proses perkembangannya dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan juga keluarga. Tentunya peran orangtua penting untuk menciptakan lingkungan yang dapat merangsang potensi anak agar dapat berkembang optimal.

Bicara tentang anak hebat, teringat video menarik dari Bebelac yang sering kita jumpai di televisi maupun media sosial lainnya. Pesan dalam video tersebut sangat menyentuh, bagaimana seorang anak yang masih balita memiliki jiwa sosial yang tinggi yaitu mau memberikan sandalnya kepada anak lain yang kehilangan sandal selepas melaksanakan shalat tarawih di Masjid. Jika hal itu terjadi pada anak saya, belum tentu anak saya mau memberikan sandalnya kepada anak lain :).

Aksi Hebat di Bulan Hebat :)
  
Bagi saya Bebelac sudah menjadi bagian dari keluarga, karena saya memilih bebelac sebagai nutrisi pendamping ASI selepas anak saya berusia 2 tahun. Alhamdulillah, pada Sabtu, 17 Juni 2017 saya dan keluarga kecil saya menghadiri kegiatan “Juara Hebat Kebaikan” bersama Bebelac di Patio Trattoria & Pizzeria, Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Bebelac untuk menginspirasi orangtua di bulan yang baik ini untuk melakukan kegiatan positif bersama anak sekaligus mengajarkan makna kebaikan kepada anak.

Ibu Andi Airin selaku Marketing Manager Bebelac Menjelaskan bahwa dengan nutrisi yang baik, anak dapat berkembang sesuai dengan fase pertumbuhannya

Menurut Ibu Binky Paramitha, Psikolog dari Rumah Dandelion berpendapat bahwa kampanye Juara Hebat Kebaikan memberikan dukungan dan inspirasi bagi Ibu untuk menumbuhkan kecerdasan intelektual dan emosi anak, sekaligus mengajarkan nilai-nilai kebaikan untuk membentuk karakter anak yang hebat. Ketika IQ dan EQ telah seimbang, maka anak akan lebih percaya diri, mudah menyesuaikan diri (adaptif terhadap lingkungan), mampu berkolaborasi serta peduli terhadap lingkungan sekitarnya, maka anak dapat tumbuh menjadi anak hebat.

Penjelasan dari Ibu Binky Paramitha, Psikolog dari Rumah Dandelion tentang pentingnya Keseimbangan IQ dan EQ Anak

Bagaimana Menumbuhkan rasa peduli anak?
Yang pertama, Orangtua menjadi role model, berperilaku sesuai apa yang diajarkan kepada anak agar anak dapat meniru perilaku tersebut, berempati serta menunjukkan kepekaan secara emosional dan sosial.
Yang kedua, Libatkan seluruh keluarga, seperti suami, kakek, nenek, kakak atau adik, buat aturan yang harus disepakati bersama, aturan juga harus disesuikan dengan usia anak. Tidak membela salah satu anak (tidak berat sebelah), semua anggota keluarga harus sama dalam menerapkan aturan.
Yang ketiga, Konsisten, orang tua harus konsisten seperti tidak pegang gadget sebelum jam 8 malam, jika sudah pegang  gadget sebelum jam 8 malam maka anak anak akan meniru orangtuanya, karena dibawah jam 8 adalah waktunya anak-anak untuk belajar. 


 Adik-Adik dari Rumah Yatim & Sanggar AP Stadela
Sharing Pengalamannya dalam berbuat kebaikan :)

Keteladanan orangtua sangat penting dalam keluarga, karena anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya, yuk sama-sama menjadi role model yang baik untuk anak, InsyaAllah kelak anak-anak akan menjadi orang sukses buah dari keteladanan yang baik dari orangtuanya.


Dukungan sosial yang dapat dilakukan Orangtua seperti :
Kesempatan : Berikan ruang untuk anak melakukan kebaikan sesuai inisiatifnya
Pendampingan : Bantu ketika anak kesulitan dan meminta bantuan
Apresiasi : Berikan pujian terhadap usaha, terlepas hasilnya


Dukungan atau pendampingan orangtua sangat penting, dengan selalu memberikan pendampingan kepada anak, maka rasa percaya diri anak akan tumbuh, bahwa anak merasa di perhatikan oleh orangtuanya dan anak akan lebih mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya untuk menjadi lebih baik lagi.

 Aksi Dastan untuk Menjadi Juara Hebat Kebaikan, mengelola emosinya dengan 
berbagi mainan dan makanan dengan kakak dan saudara :)

Anak saya Dastan termasuk anak yang cepat tanggap, namun masih perlu penguatan dalam kecerdasan emosionalnya. Modal kuat dalam dirinya adalah kemandirian, sejak usianya belum genap 2 tahun, sudah banyak melakukan segalanya sendiri dan sering tidak mau dibantu, seperti makan sendiri, pakai baju sendiri, sikat gigi sendiri dan lainnya. Untuk berbagi dengan kakaknya yang berusia 7 tahun terkadang masih sering diingatkan tapi tidak selalu, lebih sering berbagi atas keinginannya sendiri :).

 Foto Keluarga bersama Shiren Sungkar :)

Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk mengajarkan makna kebaikan kepada anak, dengan melakukan kegiatan positif bersama anak, kita dapat berpartisipasi dalam Juara Hebat Kebaikan, dari setiap 1 anak yang melakukan aksi hebat kebaikan maka akan ada 1 donasi yang diberikan untuk Rumah Yatim.

Selain share foto dan video cerita kebaikan Dastan di Website Bebelac, saya juga share cerita kebaikan di Instagram saya loh, bagaimana dengan cerita kebaikan anak-anak yang lain :)

Mari jadikan anak sebagai Juara Hebat Kebaikan dengan cara share cerita kebaikan si kecil yang menunjukkan cepat tanggap dan rasa pedulinya di http://bit.ly/JuaraHebatKebaikan
Kegiatan ini dimulai dari tanggal 5 Mei 2017 hingga 30 Juni 2017.


Yuk menjadi inspirasi untuk terus menanamkan pentingnya melakukan kebaikan pada anak sejak dini dan jadikan anak Juara Hebat Kebaikan.

Informasi lengkap :
www.bebeclub.co.id
Like Fage Facebook : Bebeclub
Twitter : @Bebeclub_ID

Salam Juara Hebat Kebaikan,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

13 komentar:

  1. Kakak kakak pintar banget sih senangnya bisa saling berbagi dan kerjasama

    BalasHapus
  2. Kakak kakak pintar banget sih senangnya bisa saling berbagi dan kerjasama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. untuk masa depan anak sukses dan cemerlang, apapun untuk kebaikan anak ya mih.. semangat!

      Hapus
  3. Konsisten memang nggak boleh dilupain ya mba... Harus berulang2 :D
    Moga bisa ktmu lagi ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess, konsisten memang sulit, tapi harus dijalankan dengan extra sabar ya mba, semangat!

      Hapus
  4. waaaah Dastan keren. Eventnya seru mba. Thanks tipsnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang dapat menjadi bagian dari keluarga Bebelac yang sangat peduli terhadap anak-anak dan juga Ibu-Ibu di Indonesia, semoga tipsnya bermanfaat yaa.. :)

      Hapus
  5. Mau juga ah ikut kampanye juara hebat kebaikan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay.. selamat menebarkan virus kebaikan melalui #JuaraHebatKebaikan ya mbak

      Hapus
  6. Kk Dastan Hebat euyy... harus mulai di pupuk dari kecil ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, usia dini saat periode penting mereka.. InsyaAllah mereka menjadi anak yang cepat tanggap dan peduli sebagai bekal kesuksesan mereka dimasa mendatang.. aamiin

      Hapus
  7. yes setuju banget, jaman dulu org2 masih hanya mentingin IQ pun aku udah sangat concern dng EQ ini. Makasih artikelnya mba Elly, jadi reminder lagi nih buat aku dan mama2 lainnya utk lebih mengasah IQ dan EQ anak biar jadi juara hebat kebaikan..

    BalasHapus

  8. I have read a few excellent stuff here. Definitely value bookmarking for revisiting. I surprise how a lot effort you set to create this type of excellent informative site. yahoo email login

    BalasHapus

Instagram