Tips Menurunkan Berat Badan Saat Ramadhan

Sudah turun berapa kilo selama ramadhan?
Foto Sumber Google


Mendapatkan berat badan yang ideal adalah dambaan setiap wanita, apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Menjaga berat badan adalah wajib dilakukan, selain agar penampilan tetap menarik juga karena alasan kesehatan. Menurunkan berat badan adalah tantangan yang besar dan sulit bagi wanita usia 30-an seperti saya, karena metabolisme tubuh mulai melambat.

Ramadhan bisa dijadikan momen yang paling tepat untuk menurunkan berat badan loh, tips dari saya ini sudah saya praktekan sejak  Ramadhan tahun lalu dan Alhamdulillah berhasil, mau tahu ngga saya turun berapa kilo? Yuk simak beberapa tips berikut :
 
1. Mengurangi Makanan Manis

Slogan “berbukalah dengan yang manis”, selalu gencar dipromosikan oleh produsen makan dan minuman khususnya produsen sirup, padahal sirup mengandung gula yang sangat banyak, tapi paling enak banget diminum saat buka puasa apalagi dicampur es batu.. yumm seger banget!. Dan teh manis, hampir setiap orang khususnya di Indonesia berbuka puasa dengan minum teh manis, bener ngga? membuat teh manis dengan gula kan?, nah! manis lagi.

Teh manis dan sirup tidak saya konsumsi selama ramadhan. Untuk takjil atau membatalkan puasa, saya lebih memilih mengkonsumsi kurma untuk mendapatkan rasa manis, kurmanya juga saya pilih yang bagus loh ya (ngga sebut merek ah kan bukan promosi hehe), berbuka puasa dengan mengkonsumsi kurma juga merupakan anjuran Rasulullah SAW, insyaAllah semua anjuran Rasulullah merupakan keberkahan bagi umatnya.

2. Mengurangi Makan Nasi Putih

Sumber karbohidrat yang tinggi salah satunya dari nasi putih, apalagi nasi putih anget baru mateng, makannya pake ayam goreng dan sambel terasi, karena nikmatnya luar biasa, jadi nambah deh hehe, nah itu bikin perut kenyang tapi bikin timbangan naik juga.

Saya tetep makan nasi putih ko, tapi porsinya sedikit aja dan saya konsumsi ketika makan sahur, ketika berbuka puasa saya tidak makan nasi, tapi makannya lontong haha sama aja dong? Eits, jangan salah makan lontongnya juga jangan banyak-banyak maksimal 2 aja yah. 

3. Tidak Makan Gorengan

Selain lontong, hidangan berbuka puasa paling nikmat dengan gorengan, bener ngga? hayoo ngaku.. hampir setiap pedagang musiman pada ramadhan semua menyajikan makanan gorengan seperti tahu, bakwan, martabak kulit lumpia, risoles dan lainnya. Enak sih tapi ya itu “ngga sehat”, karena gorengan memiliki kadar lemak yang tinggi, satu sendok teh minyak mengandung kurang lebih 50 kalori, nah kira-kira butuh berapa  sendok teh tuh untuk menggoreng gorengan hayoo? yang pasti lebih lah dari 50 kalori hehe
 
4. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sumber karbohidrat yang lebih sehat ada pada buah dan sayuran, serat dalam buah dan sayuran membantu menjaga perut tetap sehat dan membuat kita kenyang. Buah yang selalu saya konsumsi selama ramadhan adalah pisang dan pepaya. Siapa yang tidak suka buah pisang? kalo saya sih suka banget, sepertinya dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai buah pisang deh, selain mudah didapatkan karena mudah tumbuh diseluruh bagian negara Indonesia juga di beberapa negara lainnya, buah pisang juga kaya kandungan gizi dan nutrisi.

Pepaya memiliki manfaat  memperlancar buang air besar, tidak hanya itu pepaya juga dapat membantu membersihkan usus dari racun-racun yang tak sengaja diserap tubuh. Pepaya memiliki kandungan serat dan antioksidan yang dapat mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

Gimana tipsnya? ngga susah kah? dengan tips diatas pada ramadhan tahun lalu berat badan saya turun 5 kilo dalam waktu 2 minggu loh. Tahun ini, sebelum puasa ramadhan berat badan saya 57 kilo dan hari ini nih barusan nimbang di klinik kantor sudah 53 dong.

Alhamdulillah yaa.. berkah ramadhan jadi bisa diet sehat, yuk, coba dipraktekin, masih ada 2 minggu lagi loh, supaya lebaran nanti semakin keceh.. Aamiin.

Salam,
Elly

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

5 komentar:

  1. Aku mau klo kece kaya mba mahhh.. gorengan itu godaannya garang hahah

    BalasHapus
  2. Aku mau klo kece kaya mba mahhh.. gorengan itu godaannya garang hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gorengan, godain mamih babam dong :)

      Hapus
  3. Pantes body dan mukanya Ka elly makin kinclong dan kece yak, ini toh rahasianya :)
    Kalau aku sendri semenjak tau food combaining (belum menrapkannnya saecara keseluruhan sih) jadi agak mengurangi minum teh, kecuali kepengen banget or pas lagi sakit krn teh anget manis itu enak sih yaa hehe...

    Smoga makin sehat dan kece selalu ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih dibilang keceh sama nona yang juga super keceh, body kamu itu loh slim bingits nona.. loph banget deh

      Hapus

Instagram