Resep Bahagia, Yuk Dipraktekin



“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”
(Qs. ar-Ra’du: 28).



Minggu lalu, adik ipar saya telah melahirkan putrinya yang ke-3, adik bayi lahir dengan kondisi sehat dan sempurna, sang Ibu saat ini dalam kondisi prima dan bahagia sehingga proses pemberian ASI berjalan lancar, semoga harapan adik ipar untuk dapat memberikan ASI secara Eksklusif dapat terwujud, Aamiin.

Melahirkan & menyusui adalah anugerah terindah dan kebahagiaan bagi seorang perempuan, kabahagiaan menjadi lebih sempurna sebagai seorang perempuan ketika dapat mendidik dan membesarkan anak-anaknya dengan cinta dan kasih sayang, hingga anak-anak tumbuh besar, dewasa menjadi pribadi yang sukses baik dalam karir maupun kehidupan keluarganya. Bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kebahagiaan, merupakan ungkapan kebahagiaan manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya.

kita sering mendengar kata “Bahagia Itu Sederhana”, memang bahagia itu sederhana, seperti makan siang bersama rekan kantor di restoran favorit, nonton film terbaru bersama suami atau terlibat dalam suatu kepanitian untuk kegiatan sosial, bagi saya itu merupakan suatu kebahagian.

Sudahkan kita bahagia?, jika kita belum merasa bahagia, mungkin ada beberapa hal yang masih mengganggu perasaan kita, sehingga aktifitas apapun yang kita lakukan, selalu tidak merasa bahagia. Beberapa resep bahagia berikut, mungkin bisa membantu untuk menemukan kebahagian : 

1. Perasaan Aman 
Sudahkan kita merasa aman? rasa aman dari hal-hal yang mengancam, seperti memiliki masalah di kantor, pekerjaan yang belum selesai karena selalu ditunda-tunda, perselisihan dengan rekan kerja, permasalahan dengan keluarga, terhimpit hutang dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut sedang terjadi, maka harus segera diselesaikan, jika hal tersebut terus menerus dibiarkan maka selama itu juga kita tidak akan bahagia, karena masih ada yang menggangu atau menggelisahkan perasaan. 

2. Perasaan Puas 
Standar kepuasan setiap orang berbeda dan akan selalu bertambah atau berubah mengikuti perkembangan zaman. Terkadang seseorang ketika telah meraih sesuatu, selalu merasa kurang dan inginnya mendapatkan lebih, seperti ingin memiliki wajah lebih cantik, kulit lebih putih atau ingin hidung lebih mancung, padahal Allah SWT telah mencipatakan manusia dengan sebaik-baiknya. Dan sebaiknya kita memenuhi apa yang menjadi kebutuhan kita bukan apa yang menjadi keinginan kita, karena kedua hal tersebut berbeda. Dengan mengenali diri sendiri, InsyaAllah kita sudah merasa puas dari apa yang telah kita dapatkan saat ini.

Alhamdulillah, memiliki suami yang sangat pengertian dan bertanggungjawab :)

3. Nikmati Kesunyian 
Menikmati indahnya matahari terbenam, aroma khas tanah pedesaan, kicauan burung adalah salah satu aktifitas yang dapat menemukan kebahagiaan. Melipir dari kebisingan kota serta menikmati kesunyian, adalah beberapa aktifitas yang perlu dicoba. Pada dasarnya setiap diri memerlukan tempat untuk menikmati kesunyian, merenung serta menenangkan fikiran, biasanya selepas menikmati kesunyian, badan dan fikiran menjadi sehat. 

4. Refleksi Diri 
Apakah kita sudah melakukan sesuatu atau bermakna untuk orang lain? apakah kita sudah cukup sadar dengan kekurangan-kekurangan diri kita? refleksi diri dibutuhkan untuk mengetahui siapa diri kita, apa yang menjadi passion kita, tulisan tentang passion saya bisa di baca Disini. Karena dengan mengetahui siapa diri kita dan apa yang menjadi passion kita, InsyaAllah kita tidak akan kehilangan arah untuk menjalani kehidupan ini.



Memiliki teman-teman yang saling suport juga merupakan kebahagiaan :)

Sebagai seorang muslim, tentu kita menyakini bahwa apa yang kita dapatkan hari ini adalah sudah menjadi ketentuan dari sang Maha Pencipta. Resep-resep diatas tidak akan menghasilkan jika kita tidak bersyukur kepada Allah SWT serta menyakini bahwa segala kegalauan dan kegundahan dalam hati akan hilang dan berganti dengan kegembiraan dan kesenangan jika kita berzikir kepada Allah SWT.



Lakukanlah kegiatan yang membuat anda tersenyum dan bahagia.. :)

Memang tidak mudah untuk mempraktekkan resep bahagia tersebut, butuh konsistensi dan keyakinan diri. Yuk dipraktekin.

Salam bahagia,
Elly

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

20 komentar:

  1. Hayuk kakak elly, hihihi. Biar awet muda dan kinclong kek kakaaaak, ahzeek, hahaha.

    BalasHapus
  2. Menarik, dan saya sedang menulis skripsi tentang happines. Mbak nya civitas akademik kah? Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess kakak, semoga cepat selesai ya skripsinya.. skripsi yang baik adalah skripsi yg selesai hehe.. ada yang bisa dibantu?

      Hapus
    2. Yes, semoga dapat selesai secepatnya mbak e, hehehe
      Boleh minta bimbingan skripsi mbak? Xixixixi

      Hapus
  3. terima kasih resep bahagia nya

    BalasHapus
  4. resep bahagia yang lekang ini mah... ahhh meet up lagi kakaaa...

    BalasHapus
  5. Karena kebahagiaan adalah kecukupan dalam jiwa. Keren mba elly!

    BalasHapus
  6. nice tips mba, makasih sudah berbagi

    BalasHapus
  7. Quote paling atas, mencerminkan isi yang disampaikan.. sangat bermanfaat pengingatnya bagi kita semua ya mba.

    BalasHapus
  8. Tenang itu saat kita merasa tenang dan damai..

    BalasHapus
  9. Bahagia itu memang seharusnya sederhana, seperti kalau pas naik commuter line trus lagi sepi, jd ga dempet2an huehe.

    BalasHapus
  10. Reseo bajagianya boleh juga neh, makasih tipsnya kak

    BalasHapus
  11. Menikmati kesunyian... ini yang paling disuka :)

    BalasHapus
  12. ah terimakasih buat "resep"-nya. Saya paling suka Refleksi ... apalagi sama totok wajah ... eeeeeeeh #gagalfokus

    BalasHapus
  13. Bahagia itu sederhana. Betul mbak, terutama kalau pandai bersyukur atau istilahnya puas dengan apa yang dimiliki. Tips yang kena banget!

    BalasHapus
  14. Iyes, sepakat sama semua tipsnya, super love deh :)

    BalasHapus
  15. Wajib dipraktekin sesegera mungkin nih! :D

    BalasHapus

Instagram