Menyapih Anak Hingga Usia 3 Tahun


Mamio and Dastan
Saat ultah bersama teman-teman yg lahir di bulan Januari 2014 :)


Melahirkan dan menyusui buah hati tercinta adalah anugrah yang sangat luar biasa yang diberikan oleh Tuhan YME kepada seorang Ibu. Menyusui atau memberikan ASI kepada buah hati hingga usia 2 tahun untuk menyempurnakan penyusuan adalah hal yang sangat luar biasa dan masa yang cukup sempurna dalam memberikan asupan makanan untuk buah hati tercinta.
Namun yang terjadi pada saya dan buah hati saya Dastan, sudah lebih dari 2 tahun anak saya masih suka menyusu (nenen). Kapan saja dan dimana saja, kalo sudah minta menyusu pasti anak saya selalu uring-uringan, jika sudah minta ya harus dikasih dan jika tidak dikasih ya menangis. Nangisnya itu loh bikin saya tidak bisa menolak, sedih banget kan kalo melihat anak sendiri menangis meminta sesuatu tapi kita tidak bisa memberikannya.

Bagi Ibu-Ibu yang memiliki kisah seperti saya, jangan panik ya.. tenangkan diri dulu dan cari solusi terbaiknya, saya memang sengaja menunggu waktu yang tepat untuk menyapih. Jika Ibu bahagia anak juga bahagia, kalo bahasa kekiniannya no drama.

Dan singkat cerita, sampai pada akhirnya Dastan yang meminta untuk berhenti menyusu atas keinginannya sendiri, tanpa saya memaksa, Dastan memenuhi janjinya sendiri untuk berhenti menyusu. Loh kok bisa? gimana ceritanya?.

Begini ceritanya.. ketika usia Dastan lebih dari 2 tahun dan Dastan masih suka menyusu, saya bilang ke Dastan seperti ini :

Saya “Dastan ko masih nenen, kan usianya sudah 2 tahun?”
Dastan “Kan belum 3 tahun”
Saya “Oke, nanti kalo sudah tiup lilin usia 3 tahun, Dastan sudah tidak nenen lagi ya?
Dastan “Oke oke”



Itulah dialog saya dan Dastan ketika hendak menyusui, dan akhirnya pada tanggal 18 Januari 2017 usia Dastan genap 3 tahun, sudah tidak meminta untuk menyusu lagi, dan jika minta menyusu, Dastan langsung berucap “Nenennya ngga enak”.



Alhamdulillah, harapan saya untuk dapat menyapih Dastan dengan weaning with love (wwl) terwujud, walaupun harus extra menyusui 1 tahun. InsyaAllah jika anak berhenti menyusu atas keinginannya sendiri itu lebih baik karena dapat melatih anak menjadi lebih mandiri, karena sudah bisa memutuskan sendiri mana yang terbaik untuk dirinya sendiri. 


 Congrats Dastan, sudah tidak menyusu lagi di usianya yg ke 3 tahun :)


Sekali lagi, jangan panik dahulu ya bu Ibu kalo si kecil masih suka minta menyusu walaupun usianya sudah lebih dari 2 tahun, yakin deh pasti ada saatnya, tetapi harus tetap diberikan pengertian ya, jangan hanya di diamkan saja tanpa diberi pengertian dan penguatan tentang batas waktu menyusu dan manfaatnya, jika dibiarkan saja tanpa ada usaha, nanti malah ngga bisa lepas menyusu :).



Salam semangat,


Elly

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram