Tamasya dengan CommuterLine & TransJakarta


Familyfie at Bus TransJakarta :)

Saya mau tamasya, keliling liling kota, hendak melihat-lihat keramaian yang ada.. :)

Sabtu,  26 Maret 2016, Saya dan suami mengajak anak-anak melihat keramaian Kota Jakarta dengan menggunakan kendaraan umum. Hal ini kami lakukan selain untuk mengisi hari libur dengan melihat Tugu Monas, juga untuk memperkenalkan anak-anak tentang jenis-jenis alat transfortasi umum seperti Kereta Api dan Bus. Anak-anak sangat jarang menggunakan kendaraan umum, kami tinggal di Kota Depok, tepat berada di tengah daerah yang merupakan jalur utama Kereta Api atau CommuterLine dari Kota Bogor menuju Kota Jakarta.


Untuk menuju Tugu Monas, Jakarta, dari Depok kami naik CommuterLine pada stasiun Depok, sebelumnya kami sudah memiliki kartu akses untuk menaiki CommuterLine, jadi kami hanya top up sebesar Rp. 10.000,- hehe murah kan. Dastan anak kami yang paling kecil, sangat gembira sekali naik Kereta Api atau CommuterLine, ketika kereta api berhenti di setiap stasiun, Dastan selalu bilang “jalan lagi.. jalan lagi” intinya ngga mau keretanya berhenti hehe lucu ya dedek Dastan.

 Di dalam CommuterLine ngga mau duduk, mau liat kereta lewat aja.. :)

Selanjutnya kami turun di stasiun cawang, untuk kembali meneruskan perjalanan kami ke Kota Jakarta tepatnya menuju Monas dengan menggunakan alat transportasi lain yaitu Bus TransJakarta. Untuk menaiki Bus TransJakarta, kami menggunakan kartu flash BCA, diloket hanya top up Rp. 20.000,- InsyaAllah cukup untuk 3 orang yaitu Saya, Suami dan Keenan. (Dari halte cawang kami turun di halte kuningan barat untuk selanjutnya transit menuju halte kuningan timur untuk melanjutkan ke halte monas. Lumayan jauh jalannya dari halte kuningan barat ke halte kuningan timur, lumayan keringetan, anak pertama maunya jalan paling depan dan anak yang kecil ngga mau jalan sambil dipegangin, maunya jalan sendiri, saya agak was-was, walaupun jalanan di area koridor menuju halte semuanya berteralis (aman), namun bagian bawah jalanannya, tepatnya bagian pinggir kanan dan kiri jalan tidak full tertutup atau masih ada celah, anak bisa terjatuh terperosok jika tidak diawasi.

Sepanjang perjalanan dalam bus TransJakarta menuju monas, anak-anak tidak bisa diem duduk manis, apalagi anak pertama kami Keenan, duduknya pindah-pindah, depan belakang hehe karena memang didalam bus tidak begitu ramai penumpang, anak yang paling kecil, ceriwis banget “itu banyak mobil yak, ada gedung tinggi.. itu.. itu..” Alhamdulillah anak-anak tidak rewel, mereka sangat menikmati perjalanan tersebut.

Akhirnya kami sampai pada tujuan akhir bus TransJakarta yang kami tumpangi, saya dan suami menunjukan Tugu Monas yang merupakan icon kota Jakarta yang merupakan Ibu Kota Negara Indonesia tercinta, kami memang tidak berencana naik ke Atas Tugu Monas, hanya memperlihatkan saja. Jam hampir menunjukan pukul 12 siang, saatnya makan siang, saya dan suami mengajak anak-anak makan siang terlebih dahulu di daerah Sarinah Thamrin, untuk selanjutnya city tour, berkeliling kota Jakarta dengan bus khusus yang disediakan oleh Pemprov DKI secara gratiss.

 Menunggu makan siang datang, kita selfie dulu ya dek Dastan :)

Dedek Dastan pinter banget, makan sendiri nih :)

Makan siang sudah, istirahat sudah, saatnya menuju rencana berikutnya yaitu city tour, kebetulan depan gedung Sarinah Thamrin ada halte untuk menunggu bus city tour, kami menunggu bus di halte tersebut. Anak-anak sangat bersemangat sekali menunggu bus, dan terlihat juga banyak calon penumpang lain yang sedang menunggu bus tersebut. Lumayan lama kami menunggu, akhirnya ada 1 bus yang lewat, dan kami dan calon penumpang yang lainnya tidak bisa terangkut semua, karena bus sudah penuh penumpang, dan hanya tersisa untuk beberapa penumpang saja. Peraturan dalam bus tersebut, tidak boleh ada penumpang yang berdiri, jadi semua penumpang wajib duduk.

Baiklah, saya dan suami memutuskan untuk menunggu bus selanjutnya, jika bus selanjutnya kami tidak bisa naik juga, ya mungkin bukan rejeki kami hari ini menikmati city tour, lain waktu saja. Dan akhirnya memang bukan hari itu kami berkesempatan naik bus city tour, karena banyak calon penumpang yang juga hendak merasakan atau menikmati berkeliling kota Jakarta dengan bus tersebut.

Dan akhirnya kami menuju halte bus TransJakarta Sarina untuk kembali melanjutkan perjalanan pulang ke rumah kami di depok. Kembali ke rute perjalanan awal menuju halte transjakarta Cawang lalu melanjutkan perjalanan menggunakan CommuterLine menuju kota Depok.

Perjalanan yang sangat menyenangkan, walaupun tidak berhasil naik bus city tour, namun anak-anak senang sudah melihat Tugu Monas, naik Bus TransJakarta dan naik CommuterLine.

Alhamdulillah, semoga perjalanan ini menjadi pengalaman yang menyenangkan, memperkenalkan jenis-jenis transportasi pada anak, melatih mereka bersosialisasi, empati dan juga kemandirian.


 Wefie ceria.. Keseruan didalam CommuterLine :)

Sampai jumpa dalam perjalanan keluarga kami selanjutnya ya.. :)

Salam,
Elly

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram