Senam Hamil for a Healty Baby



Tarik nafas.. buang nafas… yak diulangi.. tarik nafas yang dalam.. buang nafas.. kalo ngga kuat jangan dipaksakan ya bu ibu.. hehehe itulah dialog sang bidan (trainer) pada saat gw menjalankan senam hamil pada usia kehamilan gw yang ke 36 minggu di RS Hermina Depok. Sebenernya kala itu bukanlah pertama kalinya gw menjalankan senam hamil, dulu 5 tahun yang lalu, saat kehamilan pertama, gw juga pernah ikutan senam hamil, dan alhamdulillah masih bisa ngikutin dengan baik, gerakannya ngga ekstrim ko.. cuma tarik nafas.. buang nafas.. dan banyak melantainya atau posisi tiduran.


Dulu tuh ya.. waktu pertama kalinya mau ikutan senam hamil, bayangan gw tuh seperti senam-senam pada umumnya, pake baju dan celana training plus sepatu olah raga.. tapi ternyata eh ternyata salah bok!!!.. di RS tempat gw senam hamil sudah disediakan seragam khusus.. kita tinggal pilih baju yang warna apa? ada pink, biru, tosca dll.

Kurang lebih satu jam gw senam hamil, standar senamlah ada pemanasan dan pendinginan.. oh iya untuk para Ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan 37 minggu keatas, langsung bisa mempraktekkan bagaimana cara mengejan layaknya akan melahirkan loh.. disitu gw dapat menyaksikan sekaligus belajar bagaimana cara mengejan yang baik sehingga dapat membantu dalam proses persalinan nanti.. hehe bagi gw sih senam hamil ngebantu banget ya.., bisa mempersiapkan diri gw menjelang persalinan khususnya latihan pernafasan, walaupun sang bidan (trainer) senam hamil bilang, banyak para ibu hamil lupa mempraktekkan teknik pernafasan pada senam hamil, karena pada saat berada diruang persalinan, para ibu hamil sudah kehabisan tenaga dan panik sehingga lupa deh.

Gerakan senam hamil juga sangat mudah diikuti, gw bisa ngelakuin senam hamil sendiri dirumah.. ya modal ingetan aja sih.. yang jelas sih gampang dan tidak perlu mengeluarkan banyak keringat hehe dan yang paling menyenangkan sekali, setelah selesai melakukan  senam hamil di RS, dapet cemilan deh.. yaitu bubur kacang ijo dan pisang goreng… yumm.. enak-enak!!

Begitulah pengalaman gw tentang mengikuti senam hamil.. harapan gw semoga di kehamilan kedua ini, gw dapat melahirkan secara normal, prosesnya cepat dan lancar, kalo kata kebanyakan orang sih, kalo udah anak kedua lebih mudah, dan biasanya lebih cepet dari tanggal perkiraan lahir.. gw meng-aamiinkan.. semoga dede bayi dalam kandungan gw sehat, sempurna tidak kekurangan suatu apapun.. gw bisa melahirkan normal dan diberikan kemudahan oleh yang Maha Pencipta.. aamiin.

Saat ini usia kehamilan gw udah 38 minggu, artinya dede bayi dalam kandungan sudah bisa dilahirkan, jadi statusnya siaga dan siap menuju persalinan.. doakan ya temans!.








Salam,

Elly

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

2 komentar:

  1. wah asyik tuh kayany snam hamil kbetuln ni istri lgi hmil
    btw sista tahu ga tko bju snam yg mnjual baju senam body image dmna yah ??

    BalasHapus
  2. matur nuhun teteh artikelnya bantu banget. oh iya teh bisa bagi info tentang baju senam aerobik yang jual di surabaya

    BalasHapus

Instagram