Bandung Trip Day 2 : Kawah Putih Ciwidey

Minggu, 1 September 2013.

ini keenan habis ngambek..
ngga mau turun ke kawah putih, jadi matanya sembab and sipit.. (:

Hari kedua saya dan keluarga berada di Bandung, setelah menikmati sarapan pagi di hotel, kami langsung check out untuk menuju daerah Ciwidey tepat jam 10 pagi. Mmm.. yup tujuan wisata kami hari ini adalah Kawah Putih, Bandung Selatan. Menurut informasi, untuk menuju lokasi ini membutuhkan waktu 2 (dua) jam atau sekitar 46 km dari pusat kota Bandung, kami melalui pintu tol Kopo menuju daerah Soreang dan Ciwidey. Ternyata lumayan jauh ya hiks.. cuaca di luar nampak berawan, panas terik dan kondisi jalan yang tidak terlalu bagus membuat badan kami mulai pegal-pegal hehe.. tapi hamparan kebun strawberry yang indah nan menyegarkan mata sedikit mengurangi kejenuhan kami dan Alhamdulillah jam 12:30 siang akhirnya kami tiba di lokasi.

Udara sejuk dan suasana ramai penuh pengunjung baik kendaraan pribadi maupun bus pariwisata menjadi pemandangan pertama kami di lokasi ini. Untuk menuju lokasi Kawah Putih ini, dari gerbang selamat datang membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit dan tidak diperbolehkan menggunakan bus pariwisata, hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan angkutan umum yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata ini.

Lagi-lagi hamparan pohon pinus nan menjulang tinggi menjadi pemandangan kami menuju lokasi atas terdekat kawah putih, sisi jalan yang berkelok-kelok, turun dan naik juga hempasan angin dari angkutan umum, kendaraan resmi yang sudah disiapkan oleh pengelola tempat wisata ini menjadi bahasan kami sepanjang perjalanan, mungkin karena para supir angkutan umum itu sudah terbiasa dengan track jalan, jadi ngebut adalah hal yang wajar hehe.

jalan menuju parkir atas kawah putih
lokasi parkir atas.. 100 meter dari kawah putih

Mengenai awal terjadinya Kawah Putih ini, menurut sejarah, Kawah Putih merupakan sebuah kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10, kawah hasil letusan tersebut akhirnya terisi dengan air hujan dan bereaksi dengan kandungan belerang yang ada di kawah tersebut sehingga menjadi seperti sekarang.

Subhanallah.. saya dan keluarga dapat menikmati indahnya kawah putih ini, air kawah nampak biru telur asin seakan kompak dengan birunya langit yang menunjukkan indahnya ciptaan sang maha pencipta Allah SWT. Air kawah ini mengandung belerang yang sangat tinggi, jadi pengunjung tidak diperkenankan untuk mandi atau berenang di kawah ini. Disarankan juga pengunjung untuk menggunakan masker bila berada di dekat kawah, masker ini banyak dijual di lokasi dengan harga Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah).



panampakah kawah putih ciwidey.. subhanallah

Kamera atau handphone wajib dibawa ke lokasi ini.. sayang banget bila kita tidak mengabadikan moment indah Kawah Putih nan eksotis ini. Bagi saya ini bukan kunjungan yang pertama, karena saat saya kecil tepatnya SD (sekolah dasar) pernah ke lokasi ini, tapi saya tidak terlalu ingat juga sih hehe.
Harga tiket masuk Kawah Putih :
  • Wisatawan Asing: Rp 30.000,- per orang
  • Wisatawan Domestik : Rp 15.000,- per orang
  • Mobil naik atau parkir atas : Rp 150.000,- (parkir diatas dekat lokasi kawah putih) per-mobil
  • Angkot : Rp 10.000,- per orang, PP (pulang pergi)

bumil pamer perut buncit.. hehe
21 weeks of my pregnancy.. (:









Sungguh pengalaman yang menyenangkan, liburan tidak harus jauh-jauh.. Bandung memiliki tempat-tempat indah yang layak untuk dikunjungi hehe.

Selamat berlibur.. (:

Salam,
Elly

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram