Anak Prematur Bisa Tumbuh Optimal dengan Nutrisi dan Penanganan Tepat

nutrisi dan penanganan tepat untuk anak prematur
Nutrisi dan penanganan tepat untuk anak prematur

Kelahiran prematur dapat menjadi penyebab komplikasi kondisi kesehatan jangka pendek  seperti gangguan pernapasan dan peningkatan risiko infeksi , maupun jangka panjang  seperti hipertensi dan diabetes.



Upaya pencegahan agar bayi tidak terlahir prematur penting dilakukan sebelum kehamilan maupun saat kehamilan. Serta pemberian nutrisi dan penananan tepat terhadap anak prematur.


Holla..

Tahukah kamu bahwa kelahiran prematur merupakan penyebab kematian tertinggi pada bayi baru lahir di dunia maupun di Indonesia.

Penyebab terbesar dari bayi lahir prematur adalah karena infeksi saat kehamilan dan juga kehamilan berisiko tinggi seperti hamil saat usia ibu yang terlalu muda.

Maka upaya pencegahan agar bayi tidak terlahir prematur penting dilakukan oleh calon Ibu nih, yaitu sebelum kehamilan terjadi, atau saat mempersiapkan kehamilan, hingga sepanjang periode kehamilannya.

Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Teringat pesan almarhumah Ibu saya untuk selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan sejak saya kecil. Bahkan ketika saya mendapatan haid untuk pertama kalinya, almarhumah Ibu menyiapkan air rebusan daun sirih yang bisa saya gunakan untuk membersihkan daerah organ kewanitaan selama saya haid.

Pentingnya menjaga kebersihan organ kewanitaan yang sejak usia remaja sudah saya rasakan. Alhamdulillah saya sudah melahirkan dua orang anak dengan sehat, sempurna dan dengan proses persalinan normal.

nutrisi dan penanganan tepat untuk anak prematur
Kehamilan merupakan awal perjalanan indah menjadi seorang Ibu

Tidak Menikah Usia Remaja

Tak hanya tentang menjaga kebersihan organ kewanitaan saja, tetapi pesan kebaikan lain yang almarhumah Ibu saya ajarkan adalah untuk tidak menikah usia remaja.

Usia 25 tahun bagi almarhumah Ibu dirasa cukup bagi saya untuk siap hidup berkeluarga bersama pasangan hidup pilihan saya.

Siap dari sisi kematangan atau kedewasaan dalam mengelola emosi dan juga siap dalam organ reproduksi kewanitaan. Karena tujuan menikah adalah salah satunya mendapatkan keturunan yang kelak akan jadi generasi menerus keluarga.

Senantiasa menjaga kebersihan organ kewanitaan dan tidak menikah dalam usia muda merupakan dua hal pesan kebaikan alhamhumah Ibu yang sudah saya rasakan manfaatnya. 

Penyebab Kematian Bayi Terbesar di Indonesia dan Dunia

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada 10 negara sebagai penyumbang 60% kelahiran prematur di dunia.

Indonesia ada pada peringat 5 tertinggi dengan angka kelahiran prematur sekitar 675.500 pada tahun 2010.

Data lain dari EveryPreemie program dari USAID menyebutkan bahwa pada bulan Mei 2019, menemukan 528.000 anak lahir prematur setiap tahunnya.

Tak hanya itu saja lho.. komplikasi yang terjadi saat kelahiran prematur juga menyebabkan 27.800 anak usia balita meninggal setiap tahunnya.

Mengenal Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur adalah kelahiran hidup bayi kurang dari usia kehamilan 37 minggu. Bayi prematur yang tidak dirawat dengan benar dan kurang asupan nutrisi berisiko tertinggal tumbuh kembangnya.

Kelahiran prematur dapat menyebabkan komplikasi kondisi kesehatan bayi yaitu 
  1. Jangka pendek seperti gangguan pernapasan dan peningkatan risiko infeksi
  2. Jangka panjang yaitu peningkatan risiko penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes.

Bicara Gizi Bantu Anak Prematur Tumbuh Optimal

Dalam rangka memperingati Hari Prematur Sedunia tanggal 17 November, saya menghadiri acara diskusi “Bicara Gizi” bersama Danone Indonesia.

Acara ini merupakan acara rutin tahunan, dan tahun 2019 diskusi “Bicara Gizi” dengan tema “Upaya Pencegahan dan Tata Laksana Anak Prematur Agar Tumbuh Kembang Optimal”.

nutrisi dan penanganan tepat untuk anak prematur
Narasumber Bicara Gizi (ki-ka) Dr. M. Azharry Rully S, Sp.A, Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatalogi Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG-KFM, Dokter Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fetomaternal Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Cynthia Lamusu, Penyanyi dan Ibu dari dua anak kembar yang terlahir prematur, Arif Mujahidin, Corporate Communication Direcor Danone Indonesia dan MC


Hadir sebagai narasumber diskusi “Bicara Gizi” dengan tema “Upaya Pencegahan dan Tata Laksana Anak Prematur Agar Tumbuh Kembang Optimal” yaitu:
  1. Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG-KFM, Dokter Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fetomaternal Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)
  2. Dr. M. Azharry Rully S, Sp.A, Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatalogi Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)
  3. Cynthia Lamusu, Penyanyi dan Ibu dari dua anak kembar yang terlahir prematur.
  4. Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia

Diskusi Bicara Gizi diawali dengan pemaparan tentang kenali penyebab kelahiran prematur oleh Dr. Ali Sungkar yang menjelaskan bahwa penyebab kelahiran prematur yaitu:

  • Infeksi
  • Kelahiran kembar/ganda
  • Ketuban pecah dini
  • Preklamsia
  • Pendarahan

 

Faktor Risiko Persalinan Prematur

Selain itu Dr. Ali Sungkar juga menjelaskan bahwa sebagai orangtua khususnya calon Ibu harus memperhatikan apa saja yang menjadi faktor risiko persalinan prematur.
  • Riwayat persalinan prematur
  • Riwayat keguguran
  • Keputihan
  • Infeksi
  • Usia >35 minggu
  • Pendarahan pervaginaan trisemester 1
  • Beban kerja berdiri 40 jam/minggu
  • Kelainan uterus
  • Riwayat ketuban pecah

 
nutrisi dan penanganan tepat untuk anak prematur
Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG-KFM, Dokter Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fetomaternal Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)

 

Infeksi  Yang Berhubungan Dengan Kelahiran Prematur

Dr. Ali juga menjelaskan bahwa yang menjadi penyebab terbesar kelahiran prematur adalah adanya infeksi yang terjadi saat kehamilan seperti:
  • Infeksi menular seksual
  • Vaginosis bakterialis
  • Infeksi saluran kemih (Bakteriuria asimtomatis, Pielenofritis)
  • Pneunomia
  • Peritonitis
  • Penyakit Periodontal (Gigi dan Mulut)

Kompikasi Kondisi Kelahiran Prematur

Dr. Ali Sungkar juga menjelaskan bahwa kelahiran prematur dapat menjadi penyebab komplikasi kondisi kesehatan, baik dalam jangka pendek seperti gangguan pernapasan dan peningkatan risiko infeksi, atau jangka panjang yaitu peningkatan risiko penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes.

Anak yang terlahir prematur dapat memiliki kesempatan tumbuh kembang yang sama asalkan taat laksananya tepat.

Pemberian nutrisi sejak dini berdampak positif terhadap perkembangan syarat otak, terutama pada anak yang sangat prematur.

Pemantauan pertumbuhan anak menggunakan grafik pertumbuhan juga berperan penting untuk memastikan keberhasilan kejar tumbuhnya.

nutrisi dan penanganan tepat untuk anak prematur
Infeksi yang berhubungan dengan kelahiran prematur

Cara Merawat Anak Prematur

Menurut dr. M. Azharry Rully, anak prematur kehilangan masa pertumbuhan yang seharusnya terjadi saat masih dalam kandungan.

Nutrisi yang diterima pada minggu minggu awal setelah kelahiran diperlukan untuk membantu kejar tumbuh, sehingga mengurangi risiko terjadinya masalah dalam tumbuh kembang anak.

Air Susu Ibu (ASI) sangat direkomendasikan kerena memilk nutrisi paling baik untuk anak prematur, selain itu dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar dalam merawat anak prematur menjadi faktor penting dalam perkembangan kesehatan anak

“Meski lahir prematur, anak masih memiliki kesempatan untuk tumbuh sehat seperti anak anak lainnya. Ada tata laksana tertentu yang bisa diikuti dan diterapkan oleh orangtua dari anak prematur agar anak bisa mengejar ketertinggaan pertumbuhannya” Dr. M. Azharry Rully S, Sp.A, Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatalogi Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)
nutrisi dan penanganan tepat untuk anak prematur
Dr. M. Azharry Rully S, Sp.A, Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatalogi Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)

 

Tata Laksana bagi Orangtua dalam Merawat Anak Prematur

Agar anak prematur dapat tumbuh optimal, maka orangtua perlu manjalankan tata laksana dalam merawat anak prematur, seperti:
  1. Setelah mandi, pastikan tubuh anak benar benar kering dan segera selimuti untuk menjaga suhu tubuhnya.
  2. Hangatkan anak dengan metode kanguru, yaitu menghangatkan anak baru lahir menggunakan suhu tubuh Ibunya. Selain menghangatkan tubuh anak, metode ini dapat meningkatkan berat badan bayi dengan cepat dan memperkuat ikatan antara Ibu dan anak.
  3. Berikan ASI sesering mungkin untuk menjaga berat badan anak setelah lahir
  4. Jika anak belum bisa menyusu, maka ASI perah dapat diberikan dengan peralatan pendukung seperti sendok atau gelas. ASI selain sumber nutrisi juga dapat meningkatkan imunitas dan perkambengan tubuh anak.

Pengalaman Cynthia Lamusu dalam Merawat Anak Kembarnya yang Prematur

Kehamilan bagi Cynthia merupakan moment yang sangat ditunggu oleh dirinya dan suami, setelah bertahun tahun menunggu, akhirnya tahun 2015 Cynthia mengandung buah hati tercintanya.
Usia Cynthia saat itu memang masuk dalam usia kehamilan berisiko tinggi serta mengandung janin kembar.

Saat itu tekanan darah Cynthia tinggi yatu mencapai 170/100, karena dapat membahayakan dirinya dan anak kembarnya, maka yang terbaik pada saat itu adalah melahirkan anak kembarnya lebih cepat.

Tatjana dan Bima, nama anak kembar Cynthia yang terlahir prematur. Tatjana lahir dengan berat badan 2,12 kg dan Bima lahir dengan berat 1,24 kg.

nutrisi dan penanganan tepat untuk anak prematur
Tatjana dan Bima, anak Cynthia yang telahir prematur saat ini usianya sudah 3 tahun

Dukungan dari tim dokter dan keluarga yang akhirnya saat ini membawa Tatjana dan Bima terus tumbuh besar dan sehat. Alhamdulillah Cynthia selalu memberikan nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan Tatjana dan Bima dengan tepat.

Karena Cynthia tidak ingin anak anaknya yang terlahir prematur mengalami gangguan tumbuh kembang dan ingin melihat anak anaknya dapat tumbuh seperti anak anak yang terlahir normal.

Peran Nutrisi bagi Anak Prematur


Danone sebagai perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yakin dan percaya bahwa nutrisi memiliki peran penting untuk membawa perubahan positif pada kesehatan seseorang.

Dengan adanya Bincang Gizi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bahwa nutrisi dan penanganan yang tepat masa 1000 hari pertama kehidupan anak akan berpengaruh pada kesehatan jangka panjang khususnya anak prematur.

nutrisi dan penanganan tepat untuk anak prematur
Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia

"Sebagi Ibu dari tiga anak kembar yang lahir prematur, saya merasakan sendiri manfaat nutrisi dan dukungan medis dalam meningkatkan kesehatan dan perkembangan anak anak saya" Vera Galuh Sugijanto, Vice President General Secretary Danone Indonesia

--

Kesimpulan

  1. Kelahiran prematur dapat menjadi penyebab komplikasi kondisi kesehatan anak jangka pendek maupun jangka panjang.
  2. Komplikasi kesehatan anak prematur jangka pendek yaitu gangguan pernapasan dan peningkatan risiko infeksi
  3. Komplikasi kesehatan anak prematur jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes.
  4. Upaya pencegahan agar bayi tidak terlahir preamatur penting dilakukan sebelum kehamilan maupun saat kehamilan.
  5. Rawat dan berikan nutrisi yang tepat agar anak prematur dapat tumbuh berkembang secara optimal
Semoga informasi tentang bagaimana nutrisi dan penanganan tepat untuk bantu anak prematur tumbuh optimal ini dapat bermanfaat ya.

Salam hangat,
Elly Nurul 

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

12 komentar:

  1. JAdi ingat anak pertama saya juga dulu premature, tapi nggak separah anaknya Chintya sih, salut banget ama perjuangan Chintya mempunyai anak, udah lama nunggunya, lahirannya pun diuji kembali dengan prematur ya.
    Alhamdulillah sekarang udah gede aja anaknya :)
    Emang nutrisi yang cukup itu penting banget, khususnya buat anak premature :)

    BalasHapus
  2. Berarti saat menjadi calon orangtua, sebisa mungkin paham ya dengan kondisi kehamilan nantinya, agar memperkecil kemungkinan terjadinya bayi prematur

    BalasHapus
  3. aku saat baca ini jadi ingat perjuangan teman aku yang anaknya lahir prematur jg. Dimana dia berusaha banget untuk memberi gizi dan stimulasi yang maksimal agar anakknya nanti tidak berbeda jauh dari anak yang lahir normal. aku akan share tulisan ini ke dia ya mbaa.

    BalasHapus
  4. Ngikuti perjalanan Baby Tatjana dan Bima dari Mamanya hamil 7 bulanan hingga mereka lahir itu luar biasa, struggling-nya membesarkan duo Kembar gemes ini yang harus concern banget jaga semua ruangan tetap steril dan sebagainya, luar biasa sih memang. Dan sekarang dua2nya sudah besar dan pintar, makin gemeees. Menggali ilmu mengenai proses kehamilan hingga lahiran itu memang gak harus dilakukan setelah hamil ya, idealnya dari sebelum hamil sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin.

    BalasHapus
  5. Oh ternyata seperti itu ya Mba dampak dari kelahiran prematur. Aku selama ini kalau lihat bayi yang lahir prematur selalu kasihan karena tubuhnya keciiil banget, subhanallah. Alhamdulillah kalau lihat bayi prematur yang bisa berkembang dengan sehat. Penting juga agar ibu hamil jangan sampai terkena infeksi saluran kemih untuk mengurangi resiko kelahiran prematur.

    BalasHapus
  6. Merawat anak prematur memang harus lebih ekstra ya mbak. Tapi dengan perawatan baik dan sedari dini, bukan tidak mungkin anak-anak prematur bisa tumbuh sehat seperti anak normal lainnya

    BalasHapus
  7. Bisa banget (nanggapin judul :D )
    Beberapa anak temen dan kenalan ada yang prematur, emang agak susah nyusuin di aal sih, juga banyak cek kesehatan khawatir ada organ yang blm sempurna, namun begitu masa itu udah dilalui dengan stimulasi dan nutrisi yang baik insyaAllah semua akan baik2 aja.

    BalasHapus
  8. Bener banget mba aku setuju asal ibu cepat tanggap semua bisa ditangani ya Mba Elly
    bismillah semoga bunda-bunda di dunia, bisa melahirkan dengan baik dan debaynya tidak kurang suatu apapun.

    BalasHapus
  9. Saat hamil memang seharusnya seorang ibu bisa lebih aware sama kondisinya ya mba. Kadang kita merasa kuat dan bisa untuk melakukan banyak hal saat hamil, padahal seharusnya tetap memperhatikan komposisi antara kegiatan dan asupan nutrisi. Banyak berdoa juga ya buat kita para ibu, agar kehamilan kita selalu dalam lindungan Allah swt.

    BalasHapus
  10. Anak prematur memang harus extra penjagaan dan perawatan ya. Tapi namanya ortu mah apapun akan dilakukan demi anak-anak tercinta. Terimakasih sharingnya ya Mbak :)

    BalasHapus
  11. Penanganan anak-anak yang prematur memang harus ekstra ya Mulai dari nutrisinya sampai juga penjagaan dan perawatannya ya

    BalasHapus
  12. Iya bener mba, soalnya anak temenku ada yang premature kecil banget. Alhamdullilah gedenya sehat dan tumbuh dsngan baik

    BalasHapus

Instagram