Pentingnya Pengelolaan Risiko dalam Manajemen Keuangan Keluarga

pentingnya pengelolaan risiko dalam manajeman keuangan keluarga

Manajemen keuangan pribadi dan keluarga sangat penting, apalagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, harus memahami pentingnya pengelolaan risiko.



Ketika anak sakit dan membutuhkan biaya rumah sakit yang besar, kita tidak punya asuransi, maka tabungan atau bahkan deposito kita gunakan untuk membayar biaya rumah sakit.  Namun, jika punya pengelolaan risiko seperti asuransi, bisa mendapatkan dana untuk mengelola biaya rumah dari asuransi.


Dear Ayah dan Bunda,

Pernah ngga mengalami tabungan terkuras hanya untuk membayar biaya rumah sakit yang besar? tabungan yang seharusnya untuk membeli rumah, kendaraan atau tujuan lain tidak bisa tercapai karena untuk membayar biaya rumah sakit.

Kita semua tentu tidak mau mengalami hal tersebut, sebagai orangtua jaman now kita sebaiknya bijak dalam manajemen keuangan keluarga khususnya pengelolaan risiko. Pengelolaan risiko salah satunya dengan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan.

Pentingnya pengelolaan risiko dalam manajeman keuangan keluarga ini saya dapatkan saat menghadiri mini workshop bersama Allianz Indonesia pada tanggal 13 Agustus 2018 di gedung Allianz Tower, Kuningan, Jakarta Selatan.

Saat mini workshop bersama Allianz saya belajar bagaimana melihat tantangan keuangan masa depan, seperti biaya sekolah anak, musibah atau penyakit kritis, resesi ekonomi hingga risiko jika seandainya kepala keluarga tidak lagi bekerja (phk atau demosi jabatan).

Allianz Smart Plan Games

Mini workshop bersama Allianz pada sessi I ini, para peserta diajak untuk bermain “special games” yang dibuat khusus dari Divisi Allianz Investment yang bertujuan untuk mengedukasi betapa pentingnya asuransi.

Allianz Smart Plan Games ini secara fisik seperti permainan monopoli, mungkin Ayah dan Bunda masih ingat ya dengan permainan monopoli saat masih kecil, dalam permainan monopoli, kita seakan-akan memiliki banyak uang, rumah, kendaraan dan masih banyak harta atau properti lainnya.

pentingnya pengelolaan risiko dalam manajeman keuangan keluarga
Edukasi tentang Pengelolaan Risiko dalam Manajemen Keuangan Keluarga dengan Allianz Smart Plan Games

Nah, dalam Allianz Smart Plan Games ini, kita diharapkan dapat mengumpulkan aset sebanyak-banyaknya, namun dihadapkan juga pada sekenario atau tantangan yang mungkin saja terjadi pada kehidupan nyata seseorang. Bagaimana Ayah dan bunda, penasaran ngga dengan Allianz Smart Plan Games ini?, saya sih ketagihan untuk main ini lagi hehe.

Saat bermain games ini, banyak istilah keuangan yang pernah saya dengar, tetapi saya tidak mengetahui apa kegunaanya dalam manajemen keuangan keluarga, seperti saham bank, saham konsumsi, obligasi, unit link dan lain-lainya.
 

Serunya Bermain Allianz Smart Plan Games

Kami para peserta mini workshop dibentuk dalam kelompok kecil, 1 kelompok terdiri dari 4 orang dan dipandu oleh 1 orang banker yang akan membantu kami dalam memandu games ini. Seperti halnya permainan monopoli, kami bermain secara bergiliran dan menjalankan pion sesuai dengan jumlah angka dadu setelah dikocok.

pentingnya pengelolaan risiko dalam manajeman keuangan keluarga
Banker kami yang bertugas membayar gaji bulanan serta informasi lainnya dalam Allianz Smart Plan Games

Seluruh peserta games ini memulai permainan dari level jabatan pekerjaan dikantor sebagai “supervisor”,  dengan gaji 2000 bersihnya 1400 (600 dipotong biaya bulanan), ada seorang banker yang bertugas untuk membayar gaji kami setiap peserta permainan melewati gajian.

Permainan berlangsung selama 1 jam, dan berikut adalah beberapa hal yang saya dapatkan saat bermain Allianz Smart Plan Games.

Kartu allianz

Saat pion berhenti pada kartu Allianz, maka peserta wajib mengambil kartu alliaz dan melaksanakan perintah dalam isi kartu tersebut, berikut adalah beberapa perintah yang kelompok kami temui saat bermain.
  • Bayar renovasi rumah
  • Bayar anak masuk sekolah
  • Menerima warisan dari orangtua 
  • Bayar tagihan kartu kredit
  • Bayar anak sakit
  • Bayar operasi usus buntu
  • Bayar zakat
  • Promosi jabatan
  • Bayar Liburan
  • Demosi jabatan

Asuransi Kesehatan

Saat pion beserta berhenti di “Asuransi Kesehatan” maka banker akan menawarkan “asuransi kesehatan” kepada seluruh peserta. Peserta cukup membeli asuransi dengan harga pertanggungan yang lebih besar dari harga pembelian asuransi.

Berikut adalah beberapa hal yang kami dapatkan saat pion berhenti pada asuransi kesehatan.
  • Beli harga 100 dapat nilai pertanggungan 200
  • Promo dengan harga asuransi murah, menjadi 80 dari harga 100

Deposito

Kesempatan untuk membeli bunga deposito sebagai salah satu asset

Saham

Kesempatan untuk membeli saham
  • Saham bank
  • Saham konsumsi
  • Obligasi

Asuransi Unit Link

Asuransi unit link adalah asuransi yang memiliki reksadana atau nilai investasi, ada beberapa unit link yaitu :
  • Unit link saham bank
  • Unit link saham obligasi

Skenario

Dalam permainan ini, kita juga dihadapan pada beberapa skenario dan tantangan yang terjadi pada kehidupan seperti :
  • Nilai saham yang berubah-rubah karena resesi ekonomi
  • Saham tidak bisa ditransaksikan
  • Penyakit atau musibah, penyakit kritis
  • Tambahan tanggungan
  • PHK
  • Kenaikan pajak penghasilan
  • Biaya rawat inap

Tantangan Permainan yang saya hadapi

  • Musibah banjir, dan terkena wabah penyakit itu salah satu tantangan yang harus saya hadapi, saya harus mengeluarkan biaya rumah sakit yang cukup besar, Alhamdulillah saya memiliki asuransi, jadi saya bisa menggunakan asuransi untuk membayar rumah sakit atas wabah penyakit tersebut 
  • Penyakit kritis, kembali saya harus membayar biaya rumah sakit yang cukup besar, saat itu asuransi saya sudah habis, maka saya harus membayar dengan uang cash (karena asuransi kesehatan sudah habis karena wabah penyakit sebelumnya.
  • Demosi jabatan, saya tidak gajian dan yang tentunya mempengaruhi keuangan keluarga
  • Membayar Biaya rawat inap
  • Membayar Medical check up

Bagaimana dengan Asset saya pada Akhir Permainan

Alhamdulillah, saya berhasil menjadi peserta yang memiliki asset akhir paling banyak, karena saya mendapatkan warisan dari orangtua yang jumlahnya sangat besar dan juga sering mendapatkan bonus dalam permainan tesebut.

Walaupun pada akhir permainan saya mendapatkan risiko pada “status pekerjaan” saya mendapatkan demosi jabatan yang mempengaruhi pemasukan, tetapi harta warisan, beberapa unit link dan saham yang saya miliki masih bisa untuk bertahan hidup.

Jika ngga punya cash, harus jual saham, jual diluar pasar belum tentu harga oke, kena penyakit resiko, belum tentu teman punya uang untuk memijamkan uang, (pengelolaan risiko) mengorbankan cash, investasi, dp rumah untuk resiko, untuk menanggulangi resiko dengan asuransi.

Kesimpulan

Dari permainan Allianz Smart Plan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa Manajemen keuangan keluarga sangat penting, apalagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak atau tanggungan.

Ketika menghadapi musibah atau penyakit kritis dan membutuhkan biaya rumah sakit yang besar, kita tidak punya asuransi, maka tabungan atau bahkan deposito kita gunakan untuk membayar biaya rumah sakit.  Namun, jika punya pengelolaan risiko seperti asuransi, bisa mendapatkan dana untuk mengelola biaya rumah dari asuransi.

Tabungan habis, pijam uang ke saudara atau teman dan harus mencairkan deposito, itu semua tidak akan terjadi jika kita memiliki pengelolaan resiko seperti asuransi, biaya rumah sakit dapat dibayar dari asuransi.

Jika kita memiliki pengelolaan risiko seperti asuransi kesehatan dan jiwa, maka tujuan ekonomi lainnya seperti membeli rumah, kendaraan dan lain sebagainya tidak akan terganggu.
--
Bagaimana Ayah dan Bunda semakin tercerahkan ya dengan pentingnya asuransi dalam kehidupan kita, semoga dapat bermanfaat ya dan kita semakin bijak dalam mengelola manajeman keluarga.

Salam hangat,
Elly Nurul

#AllianzSyariahIsNow #Allianz #AllianAsuransiSyariah #Asuransi #AsuransiSyariah

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

18 komentar:

  1. Wah, seru sekali, mendapat ilmunya melalui permainan, biasa akan lebih 'nyantol' hal-hal yang diajarkan :)

    BalasHapus
  2. Wuihhh kayaknya asik nih ya main games sambil belajar mengenai keuangan. Btw manajemen keuangan keluarga emang penting banget yes buat masa depan lebih sejahtera.

    BalasHapus
  3. Senang banget kalau dapat artikel pengelolaan keuangan kaya gini. Saya ikut belajar. Ikut menyerap ilmunya :)

    BalasHapus
  4. Terobosa baru ini mba mesti di coba belajar sambik bermain.. jadi kyk edhkasi terselubung

    BalasHapus
  5. Wih asik banget mba, bermain sambil belajar versi adulthood ya 😀 pengelolaan keuangan memang penting, biar ga kerempongan nantinya

    BalasHapus
  6. Mengelola keuangan memang penting banget ya, tahu teori tapi kadang saya sulit menerapkan huhuhu

    BalasHapus
  7. Hidup yang ritmenya naik turun memang perlu banget punya proteksi keuangan dengan asuransi untuk berjaga-jaga :)

    BalasHapus
  8. kita tahu manfaat asuransi pas ada kejadian ya. Pun di Indonesia insurance ini belum familiar di tiap keluarga.

    BalasHapus
  9. Eh serubanget bisa belajar keuangan, khususnya manfaat asuransi, dari permainan kartu2 kyk gtu, mirip2 monopoli ya kayaknya. Emang asuransi itu penting banget ya mbak. Namun, moga2 kita dan keluarga selalu dijauhkan dr sakit yaaa amiin

    BalasHapus
  10. Kayak monopoli? Berarti dirimu pas dapat warisan itu berarti dari kartu kesempatan atau dana umum kah Mbak? Hihihi... dari dulu aku kalo main beginian jarang menang. Nggak bisa main intuisi dan ngebaca peluang. Sering maunya main aman nggak suka banyak investasi. Sekalinya investasi lha kok kena resiko gede.

    BalasHapus
  11. Ini kayak mainan monopoli yaa. Jadi dpt ilmu banyak dari bermain. Termasuk jadi belajar produk2 yg dikeluarkan oleh Alianz

    BalasHapus
  12. ini yang namanya bermain sambil belajar. sekalian belajar ilmunya maka langsung bisa dipraktekkan. tentu cepet nyantol nih ilmunya. jadi penasaran juga pengan nyoba permainannya

    BalasHapus
  13. Kalau melalui games gini jadi cepat masuk ya ilmu nya. Seru juga....

    BalasHapus
  14. Setuju. Management keuangan sangat PENTING. Kita gk pernah bisa tebak-tebakan tapi hrs selalu punya dana cadangan

    BalasHapus
  15. Ngomong tentang memanage keuangan, aku masih belajar banget nih mba, masih susah ngilangin kebiasaan masa lajang. Padahal klo uda nikah, memanage keuangan keluarga itu penting banget yaa.. Eh padahal buat yg masih lajang juga penting yaa. .

    Sampai di blognya mba eli, aku jadi belajar memahami pentingnya pengelolaan risiko.

    BalasHapus
  16. ini main games gitu ya..seru ih..kayak monopoli deh, Dan jadi membuka wawasan banget ya, kalau hidup penuh ketidakpastian dan tantangan

    BalasHapus
  17. penting banget mba. AKu juga suka nih Allianz terutama yang syariahnya

    BalasHapus
  18. Seru banget sih belajar soal asuransi dan main game :D Aku perlu nih main game kaya gini hihi

    BalasHapus

Instagram