Ngumpul Sehat bareng Medialogy, Dukung Bersama Asian Games 2018

ngumpul sehat bareng medialogy untuk dukung bersama asian games 2018

Mendukung pesta olahraga terbesar di Asia menjadi tanggung jawab sekaligus kebanggaan kita sebagai warga negara Indonesia.

Dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti melakukan olahraga yang teratur menjadi salah satu bentuk dukungan kita atas pelaksanaan Asian Games 2018.


Holla..

Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games ke-4 yaitu pada tahun 1962, dan tahun 2018 ini, Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 setelah 56 tahun yang lalu.

Sebagai warga negara Indonesia, sudah selayaknya kita bangga, karena Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games 2018 yang ke-18.

Lalu, sebagai generasi millenial, apa sih yang bisa kita lakukan untuk mendukung Asian Games 2018? di era digital ini, banyak yang bisa dilakukan, salah satunya dengan aktif memberikan informasi yang positif tentang pelaksanaan Asian Games 2018 pada media sosial masing-masing.

Sumber informasi yang positif bisa didapatkan pada official website Asian Games 2018 dan juga sumber lain yang dapat dipercaya.

Ngumpul Sehat Bareng Medialogy


Ngumpul Sehat” 2 kata yang membuat penasaran ngga sih? nyumpul sehat itu biasanya identik dengan olahraga, kumpul bersama sambil makan makanan sehat bareng, bener ngga sih?

Ngumpul Sehat bareng Medialogy pada Sabtu, 7 Agustus 2018 di Jakarta Selatan, selain bisa olahraga bareng juga mendapatkan informasi penting seputar Asian Games 2018.

Ngumpul sehat ini benar-benar membuat saya sehat secara fisik maupun mental lho, karena banyak informasi seputar Asian Games yang baru saya ketahui hari itu dan mengenal olahraga yang minim alat.

Olahraga minin alat? olahraga apa itu? ko bisa? sabar.... nanti saya jelaskan, sebelumnya boleh ya saya share juga informasi seputar sejarah Asian Games dan fakta-faktanya yang saya jamin bisa membuat teman-teman semua bersemangat untuk menjadi bagian dari sejarah olahraga di Indonesia.

Tentang Asian Games

Asian Games Pertama

Asian Games pertama kali dilaksanakan pada tahun 1951 di kota Delhi, India. Diikuti oleh total 489 atlet yang mewakili 11 negara Asia. Ada 57 pertandingan dari 8 cabang olahraga.


Drama Tuan Rumah Asian Games ke-18

Ada 3 negara yang menjadi kandidat tuan rumah Asian Games ke-18, yaitu Vietnam (Hanoi), UEA (Dubai) dan Indonesia (Surabaya). Vietnam terpilih dengan suara terbanyak yaitu 29, Indonesia 19 suara dan Dubai mengundurkan diri.

Lalu pada tanggal 17 April 2014, Vietnam  resmi mengundurkan diri sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 dengan alasan kesiapan negara dan kondisi resesi ekonomi.
Indonesia Tuan Rumah Asian Games ke-18

Karena Vietnam mengundurkan diri, Indonesia menyanggupi menjadi tuan rumah walaupun dengan sisa persiapan 4 tahun. Asian Games 2018 juga menjadi yang pertama dilaksanakan di 2 (dua) kota sekaligus yaitu Jakarta dan Palembang.

Maskot Asian Games



ngumpul sehat bareng medialogy untuk dukung bersama asian games 2018

Saya bersama Maskot Asian Games 2018, Kaka, Atung dan Bhin-Bhin


Dengan nilai keberagaman dan kesatuan itulah kami memperkenalkan 3 maskot dengan energi berbeda, merepresentasikan energi yang terdapat pada Asian Games.

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Dampak Ekonomi Pelaksanaan Asian Games 2018


Pelaksanaan Asian Games 2018 memiliki dampak positif bagi ekonomi RI, khususnya wilayah Jakarta dan Palembang. Dampak langsung terhadap ekonomi RI Jakarta sebesar Rp. 22 triliun, sedangkan dampak langsung untuk perekonomian Sumatera Selatan Rp. 18,5 triliun.

Asian Games 2018 berdampak besar pada perekonomian khususnya kontribusi sektor pariwisata, dimana dampak langsung pada ekonomi negeri diprediksi bernilai Rp. 3 triliun.




Pemasukan belanja wisatawan mancanegara diperkirakan mencapai Rp. 2,6 triliun dan pengeluaran panitia sebesar US$50 juta dengan total Rp. 3,3 triliun.




Mengenal Olahraga Calisthenics bersama Coach Aufra

Ini nih olahraga yang saya info diawal tadi, Calisthenics adalah olahraga minim alat atau olahraga yang menggunakan berat badan seseorang sebagai alat atau beban dalam berolahraga.

Gimana, gimana.. penasaran ngga? bagaimana gerakan olahraga calisthenics yang dapat dilakukan sendiri dirumah, Coach Teuku Aufra Maretto yang cukup dipanggil Coach Aufra menjelaskan dengan sangat perlahan tapi pasti, tsahhh aposeh.

ngumpul sehat dukung asian games 2018
Coach Aufra saat mencontohkan gerakan sederhana yang penting untuk dilakukan sehari-hari


Coach Aufra mengawali penjelasan dengan pentingnya berolahraga, banyak alasan yang membuat orang malas berolahraga yaitu :
  • Tidak ada waktu
  • Tidak ada peralatan berolahraga
  • Mahal, sayang uangnya
  • Tidak mengerti gerakan-gerakannya
  • Malu dilihat orang, karena belum bisa apa-apa
  • Takut angkat yang berat-berat, nanti cedera
  • Males gerak
Hayoo.. dari beberapa alasan diatas, mana yang paling menjadi hal terberat banyak orang? “Males Gerak” iyess menjadi hal utama seseorang malas berolahraga.

ngumpul sehat dukung asian games 2018
Yuk rutin berolahraga sebagai penunjang aktifitas harian

Sebagai blogger dan Influencer yang sehari-hari ngga jauh dari Gadget dan Laptop, betul ngga? terlalu fokus pada hp dan laptop, lalu mengabaikan posisi duduk yang baik, hasilnya punggung, pinggang dan leher cepet pegal.

Menurut Coach Aufra, Posisi aktifitas kita sehari-hari sangat  berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita dimasa depan loh! mau tubuh kita menjadi bungkuk?

ngumpul sehat dukung asian games 2018
Konsisten dan disiplin menjadi kunci penting dalam berolahraga

Investasi paling mahal adalah kesehatan, jadi sejak dini harus menjaga kesehatan, dengan banyak bergerak. Coach Aufra mempraktikkan bagaimana cara-cara sederhana agar kondisi tubuh tetap baik dan bugar.

Menurut Coach Aufra, olahraga yang baik itu yang dijalankan dengan konsisten, jangan hanya sekedar niat, tapi konsisten, dimulai dari hal yang ringan tapi rutin, seminggu minimal 3 kali. Jika sedang asik didepan laptop atau komputer, usahanya setiap 20 menit bergerak, seperti berdiri, berjalan atau sekedar menggerakkan tangan agar tidak tegang atau pegal.



Bagaimana teman, semoga informasi tentang Asian Games 2018 dan tentang olahraga bermanfaat ya.

Semangat beri dukungan kepada Indonesia negara kita tercinta sebagai tuan rumah pelaksaan Asian Games 2018 dan selalu menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga.

Investasi paling mahal adalah kesehatan, jadi ngga bakal rugi melakukan olahraga, yuk ah ajak aku olahraga juga ya.. supaya lebih semangat olahraganya.. bersama-sama lebih menyenangkan bukan?

Salam hangat,
Elly Nurul

Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

12 komentar:

  1. Setuju banget lly, kesehatan adalah investasi yang paling mahal. Wajib banget menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat dan berolahraga. Apalagi olahraga coach aufra ternyata gampang banget ya dilakukan, bener banget cuma butuh niat doang.

    BalasHapus
  2. Maskot Asian games imut imut banget ya mba, pingin punya boneka si Kaka ^^

    BalasHapus
  3. Suka banget liat maskot - maskot Asean games, cute banget yah.

    BalasHapus
  4. Aku jg terlalu banyak alasan nih buat olahraga, ada ajaa alasannya buat gak jadi kalo mau olahraga.
    Gerakan ringan pdhal bisa membua badan lebih fit ya mba .

    BalasHapus
  5. Maskon Asian Games lucu anget, gemesin, acara sehat begini perlu nih biar makin bugar

    BalasHapus
  6. Acara ngumpulnya benar2 sehat ya Mba, for Me ini pertama kalinya ikut olahraga Calisthenics, kiraim bakalan serem, ternyata buat Ibu hamil masih aman gerakannya.

    BalasHapus
  7. Ngumpul yang bermanfaat ini mah. Kalau saja dekat saya juga mau hehehe.

    Banyak olahraga baru yang Sebelum nya saya tidak ketahui setelah mantengin berita Asian Games jadi ngeh dikit-dikit...

    Yuk sukses kan Asian Games Jakarta Palembang :)

    BalasHapus
  8. Setuju sih karena memang kita harus berolahraga walaupun cuma yang ringan aja. Dan itu saya usaha lakukan, minimal jalan kaki atau jogging

    BalasHapus
  9. Suka Ama kata kata, kesehatan adalah investasi terbesar kita, bener bgt kak... Emang kita kudu lebih banyak olahraga ya kan buat investasi juga

    BalasHapus
  10. Aku tercolek nih tentang poin olahraga konsisten. Huhu... Pengen bisa konsisten tapi kok ya bantal dan guling keliatannya lebih menarik dri itu... Suka tetiba berasa mangg gitu pas jam-jamnya pengin olahraga.

    BalasHapus
  11. wah kumpul-kumpul asyik nih..ngomongin olahraga, saya lagi rajin olah raga sekarang. walau cuma lari 1km. tapi bisa rutin tiap hari

    BalasHapus
  12. Acara ngumpul yang berfaedah banget ya kak, aku setuju banget klo kesehatan itu investasi yang mahal makanya deh tuh jaga baik-baik.

    BalasHapus

Instagram