Menjadi Dokter Gigi untuk Diri Sendiri & Orang Lain


Pernah ngga sih merasa ngga percaya diri karena nafas yang kurang sedap? gigi yang kurang bersih? gigi berwarna kuning? gigi merenggang sehingga sisa makanan lebih sering tertinggal di sela-sela gigi? atau bau mulut? pasti ngga enak banget deh kalo pernah mengalami hal tersebut. Selain mengurangi kepercayaan diri juga membuat orang lain merasa tidak nyaman, seperti tidak mau berlama-lama berbicara dengan kita dan yang paling menyebalkan adalah orang tersebut berkata sambil menutupi mulutnya "maaf ya, mulut kamu baunya kurang sedap" oh no! jangan sampai deh.. ngga mau kan punya pengalaman buruk seperti itu?.


Untuk menghindari hal-hal yang sangat tidak menyenangkan seperti contoh diatas, yuk kita mulai menghargai diri sendiri, menjalani hidup sehat dengan merawat kesehatan gigi dan mulut.

Berikut adalah cara saya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut :
 
1. Menyikat Gigi Secara Teratur

Kapan sih seharusnya menyikat gigi? menyikat gigi itu baiknya 2 kali sehari yaitu pagi (selepas bangun tidur) dan malam (sebelum tidur), namun jika kita memiliki masalah dengan gigi seperti gigi renggang atau berlubang, maka menyikat gigi setelah makan sangat dianjurkan. Dengan menyikat gigi setelah makan, dapat membersihkan gigi dari sisa makanan yang masih tersisa di gigi dan mungkin juga masuk ke gigi yang berlubang.

Gunakanlah sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut, juga jangan terlalu semangat alias terlalu kencang dalam menyikat gigi yaa.. karena jika terlalu keras dapat membuat gusi bergeser, jika gusi bergeser maka sisa-sisa makan dapat masuk kedalam rongga gigi sehinga gigi mudah rusak dan berlubang.

 
Dastan, anak kedua saya, suka sekali membersihkan giginya :) 

Membiasakan menggosok gigi secara rutin sejak dini sangat baik loh, karena merawat gigi merupakan investasi, jika anak males sikat gigi, nanti bisa timbul penyakit seperti gigi berlubang (karies) yang digolongkan kedalam penyakit infeksi bakteri. Jadi lebih mahal kan biaya berobatnya, mencegah lebih baik daripada mengobati, bener kan?

Intip deh Website http://cavityfreekids.org/ dan http://www.mouthhealthykids.org/en/ yang merupakan website favorit saya karena isinya bagus banget untuk orangtua dan anak-anak, berisi informasi tentang kesehatan gigi dan mulut untuk anak-anak juga ada berbagai lembar aktifitas, video dan permainan untuk anak-anak bermain sambil belajar tentang kesehatan gigi. Membangun persepsi yang menyenangkan anak ketika mereka pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut mereka amat sangat membantu kita sebagai orang tua :).
 
2. Gunakan Obat Kumur Antiseptik

Walaupun hanya bersifat sementara, namun obat kumur antiseptik sangat efektif untuk mengurangi bau mulut. Bagi saya seorang wanita bekerja, setiap hari bertemu dengan banyak orang, seperti rekan kerja, tamu-tamu lainnya, menjaga kesegaran mulut merupakan kewajiban.
Apalagi untuk seorang customer service atau marketing yang pekerjaan sehari-harinya selalu berkomunikasi dengan banyak orang, obat kumur sangat perlu dipersiapkan sebagai senjata ya :)

3. Membersihkan Karang Gigi

Penyebab bau mulut selain gigi berlubang adalah karang gigi, jadi bersihkanlah karang gigi setiap 6 bulan ya atau maksimal setiap 1 tahun sekali deh kalo merasa giginya sudah cukup bersih. Ke Dokter Gigi untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut itu memang butuh keberanian, biasanya laki-laki yang paling sering tegang jika sedang dibersihkan karang giginya, seperti suami saya, suka tegang dan belum pandai mengatur nafas, karena saat membersihkan karang gigi kita harus pandai mengatur nafas melalui mulut.

Dan persiapkan diri untuk mendengar suara dari alat pembersih karang gigi hehe sedikit bikin ngilu juga sih. Nanti kalo sudah sering ke dokter gigi juga sudah biasa dengan suara dari alat pembersih karang gigi itu :)



Holaa..

 Sudah rutin membersihkan gigi dan karang gigi belum?

Suami saya saat sedang dibersihkan karang giginya.. keliatan tegangnya ngga? :)

Dokter gigi juga sangat berpengaruh loh terhadap antusias kita ke dokter gigi, Alhamdulillah saya sudah menemukan dokter gigi favorit, boleh sekalian review ya.. Pertama, dokternya perempuan! gender banget sih! ngga jugaaa.. karena saya lebih nyaman dengan dokter perempuan. Kedua, lokasinya deket rumah, yaitu di RS Hermina Depok. Ketiga Dokternya ramah dan sabar banget walaupun sedikit pemalu tapi tetep cool dan asik saat memberikan penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan saya, namanya Drg. Novia Primananda, Sp.Ortho.

 Ini dia Dokter favorit saya, keliatan kan pemalunya.. :)

Bicara tentang kesehatan gigi dan mulut, sebenarnya bukan hanya Dokter gigi saja yang berhubungan dengan gigi loh, ada beberapa bidang Dokter yang berhubungan dengan gigi, yaitu :

1. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.K.K), penyakit kelamin juga bisa muncul di mulut, seperti kencing nanah. Info lengkap pada http://kencingnanah.org/
2. Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Sp.PD), infeksi gigi dan mulut dapat memicu penyakit teori fokal infeksi yaitu bakteri dari gusi yang terinfeksi melalui aliran darah dapat menimbulkan infeksi atau gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, bayi lahir prematur, diabetes dan gangguan pernafasan http://worldental.org/
3. Dokter Mata, Infeksi pada gigi dapat menjalar ke mata, seperti mata merah dan buram. Penyebab radang mata http://www.klinikmatanusantara.com/service/radangmata
4. Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa (Sp.KJ), Berbagai kondisi kejiwaan seperti depresi dan kecemasan yang berlebihan dapat menimbukan keluhan di mulut http://www.alodokter.com/kesehatan-mental
5. Dokter Spesialis THT, infeksi pada sinus atau sinusitis bisa disebabkan oleh infeksi gigi. http://doktersehat.com/infeksi-gigi-dapat-menyebabkan-sinusitis/
 
Itulah pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena mulut merupakan gerbang makanan, minuman hingga racun masuk kedalam tubuh kita. Gimana? apakah menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi resolusi hidup tahun ini? yuk, segera dimulai, saat ini juga dan jangan tunggu besok-besok yaa.. :)

Salam,
Elly
 





 

 


Elly Nurul

Lifestyle Blogger. Family Traveler. Beauty Enthusiast. Who Love Share about Family Things. Married to a wonderful Husband. Mother of two adorable kids, Keenan and Dastan.

4 komentar:

  1. duh blm bersihin karang gigi nih mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo segera bersihkan ya karang giginya, supaya lebih sehat dan percaya diri :)

      Hapus
  2. Saya salah satu orang yg gak pede sama gigu sendiri. Nyesel dah kenapa dulu males rawat gigi XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksimalkan yang ada sekarang ya kaka.. keep smile :)

      Hapus

Instagram